Belajar masak · Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Tempe di Tanah Rantau

Jangan sepelekan makanan yang satu ini. Yup, tempe, makanan yang termasuk makanan paling murah di Indonesia. Di luar Indonesia, makanan ini harganya bisa berkali kali lipat.

Kemarin, kami dioleh olehi orang tua temen yang datang dari Jogja ke Sapporo. Oleh-olehnya tempe bungkus daun-koran, yang banyak dijual di pasar dan mamang tukang sayur. waahh bahagianya hatiku. Sejujurnya, aku masih punya tempe frozen di freezer, yang tempo hari aku nitip temen yang lagi di Tokyo. di Tokyo, harganya 1000 yen 3 biji tempe. Stop! jangan dihitung rupiah, bisa bisa ngga jadi makan tempe deh . Oke, sekarang tempe frozennya tinggal 1. Alhamdulillah, karena ada tempe daun yang ngga bisa disimpen freezer, jadinya ini dulu yang dieksekusi. jadilah si mendoang goreng.

Ini resepku

bawang putih, lada, garam, ketumbar, kunyit bubuk sedikit, dan irisan daun bawang

tepung tenpura untuk menggoreng

dan, inilah tempe daun special dari Jogja

2016-06-29-21-11-58-821

aku memang baru pulang dari Jogja kemaren Maret, tapi kok ya tetep aja makanan yang satu ini ngangeni banget. Kalau mau bawa tempe daun, harus bawa yang belum jadi, disimpan di bagasi, dan penerbangannya sehari (ngga pake transit lama).

Maukah aku bikin tempe sendiri? well, aku pernah 3 kali bikin waktu di Kumamoto, satu kali berhasil , yang dua kali gagal. Waktu itu dikasih ragi tempe sama temen. Iseng iseng bikin pas summer. Temenku ada yang berhasil bikin tempe, difermenstasinya di bawah futon, hehehe.. Sekarang aku ngga tertarik bikin sendiri, Sapporo seringnya dingin (alesan, pemales, hahahaa). Di Sapporo juga ada yang jual tempe, di warung jawa toko Indonesia ada. Merek tempe favoritku di Jepang cuma tempe Rusto, soalnya ngga langu, meskipun tetep kalah enak sama tempe fresh Indonesia. Harganya 1 biji 350 yen, kalau beli 3 jadi 1000 yen (untuk wilayah Tokyo dan sekitarnya), Hokkaido tambah ongkir.

 

 

rustos-tempe
tempe Rusto -photo: j-cul.com

Temen temen yang mau ke luar Indonesia bisa sangu keripik tempe, cari kadaluwarsa yang paling lama🙂

terima kasih sudah baca ceritaku

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s