Sekedar Info... · Uncategorized

Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Buta Warna di Rumah Sakit Yogyakarta (Wirosaban)

Kali ini aku mau sharing pengalaman mengurus surat keterangan sehat jasmani dan rohani, juga surat bebas buta warna. Hari ini kami putuskan untuk datang ke rumah sakit (RS) Yogyakarta di daerah Wirosaban Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama RS wirosaban atas saran dari teman-temannya adek yang  pernah membuat surat-surat itu di RS tersebut. Katanya, di RS itu biayanya murah dibandingkan RS yang lain. Berbekal kalimat itu, kami pun mantab mengurus surat-surat itu di sana 🙂

Sampai di RS Wirosaban sekitar jam 9 kurang. Kami kurang familiar dengan RS ini, aku sih udah pernah sekali jaman dulu waktu nengok teman kantor yang lahiran, tapi suamiku belum pernah ke sana, untungnya adek kami ikut menemani ke RS. Rumah sakitnya cukup bersih dan luas.

Pertama-tama, kita ambil nomer antrian di loket pendaftaran dan mengisi formulir yang disediakan RS. Jangan lupa bawa KTP dan bolpoin sendiri ya. Setelah itu masuk ke dalam, menunggu nomer antrian kita dipanggil petugas untuk datang ke loket yang ditunjuk. Ada sekitar 8 loket yang disediakan, jadi ngga perlu nunggu terlalu lama., Sip..bagus!

Setelah nomer kita dipanggil, kita akan ditanya apa keperluannya, sampaikan aja kalo kita mau membuat surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas buta warna untuk keperluan melamar pekerjaan. Kita akan diberi struk untuk di tiga poli yaitu check up medis untuk mendapatkan surat sehat jasmani, poli jiwa untuk mendapatkan surat sehat rohani, dan poli mata untuk mendapatkan surat bebas buta warna. Di struk itu tertera nomer rekam medis kita dan tertera nomer antrian di tiap poli.

Langsung aja ke poli check up, meskipun nomer antrianku no 12, tapi bisa dilayani kalau memang tidak ada pasien. Di sana kita akan dicek tekanan darah, berat dan tinggi badan oleh perawat, selanjutnya menunggu dipanggil dokter. Dokter akan mengecek gejala anemia, amandel, paru-paru, dan pemeriksaan kondisi seperti biasa. Setelah itu kita diminta bayar ke kasir dulu baru bisa ambil suratnya. Oke, biar ngga bolak balik, langsung ke poli jiwa/kesehatan jiwa. Nomer antrianku adalah no 21, tapi aku dipersilakan masuk aja sama perawatnya, ditanya keperluannya apa. Mungkin karena aku ngga terapi jadinya didahulukan ya hehehe.. Kita akan diberi 1 bendel soal dengan jumlah soal 75 biji, tinggal dijawab ya atau tidak sesuai yang kita rasakan. Setelah selesai mengerjakan soal, kita juga diminta bayar dulu baru bisa ambil. Kalau yang di poli mata, bayar dulu baru diperiksa. Lumayan kaget waktu bayar, soalnya harganya 50% dari harga yang diperkirakan, harga dari kabar teman adekku. Total yang harus dibayar untuk 3 jenis surat keterangan itu adalah Rp. 77.500,00 dengan rincian check up Rp 17.500,00 , kesehatan jiwa Rp. 30.000,00 , dan tes buta warna Rp. 30.000,00.

Tes buta warna di poli mata juga ngga perlu antri lama, padahal nomer antrianku 30. Setelah di cek dengan buku tes buta warna, kita akan dicek kemampuan matanya dalam membaca huruf di papan, seperti tes di optik. Wah kacau, aku dah tau minusku mungkin bertambah, dan aku ngga pake kacamata, bener-bener blurr di baris kedua. Lalu di cek lagi sama dokter mata, dengan menggunakan lensa untuk tau kira-kira kemampuan mata kita seperti apa. Bu dokter ngga menjelaskan aku minus berapa, cuma ditulis kemampuan lensa kanan dan kiri, kondisi bola mata dan keterangan bahwa aku bebas buta warna. Alhamdulillah yang penting semua kondisinya baik.

Setelah itu kita bisa mengambil surat keterangan sehat jasmani dan rohani dengan memberikan nota bukti pembayaran. Waktu yang kami butuhkan untuk melakukan serangkaian tes hingga dapat suratnya adalah sekitar 1,5 jam, yang menurut kami tidak terlalu lama untuk pengurusan surat di RS besar.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s