medicine · Sekedar Info... · Uncategorized

Obat-obat Cacing

Pertama-tama, kita lihat dulu bagaimana tahap perjalanan penyakit kecacingan (istilah untuk cacingan).

1. Telur cacing pindah dari daerah sekitar anus penderita ke pakaian, seprei, mainan, kemudian melalui jari-jari tangan telur cacing pindah ke mulut dan tertelan. Larva akan menetas ke dalam usus kecil dan tumbuh di dalam usus besar (2 hingga 6 minggu)
2. Cacing dewasa betina bergerak ke daerah sekitar anus dan tersimpan dalam kulit-kulit anus. Gerakan cacing menuju anus inilah yang menyebabkan gatal-gatal. Telur bisa menetas lebih cepat (3 minggu) dan cacing muda dapat masuk kembali ke dalam rectum (anus) dan usus bagian bawah.

Gejala kecacingan:
1. Rasa gatal yang hebat di sekitar anus
2. Nafsu makan berkurang dan berat badan turun
3. Kulit di sekitar anus lecet, kasar, iritasi pada vagina
4. Pada anak kecil, akan lebih sering rewel karena gatal dan waktu tidur yang berkurang karena terganggu

Diagnosis :
Cacing kremi dapat dilihat dengan mata telanjang pada anus penderita, terutama 1-2 jam setelah anak tertidur pada malam hari.
Dengan menempelkan selotip di sekitar anus akan dapat terlihat telur maupun cacingnya.

Obat-obat Cacing

1. Albendazole
Efektif untuk pengobatan cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing cambuk, cacing kremi, cacing tambang.
Cara kerja : membunuh cacing, menghancurkan telur dan larva cacing dengan jalan menghambat pengambilan glukosa oleh cacing sehingga produksi ATP (adenosine tri phosphate) sebagai sumber energi untuk mempertahankan hidup cacing berkurang, hal ini menyebabkan kematian cacing.
Obat ini nggak boleh untuk ibu hamil karena bersifat teratogenik embriotus. Untuk wanita yang masih bisa hamil ( usia 15-40 tahun), pemberian obat ini adalah saat terjadi menstruasi (yang pasti dalam keadaan nggak hamil)

Dosis sedian : 400 mg per tablet.
Dewasa dan anak diatas 2 tahun : 400 mg sehari sebagai dosis tunggal.
Tablet dapat dikunyah, ditelan atau digerus lalu dicampur dengan makanan.
Efek samping : perasaan kurang nyaman pada saluran cerna dan sakit kepala, mulut terasa kering
Perhatian : jangan diberikan untuk ibu menyusui
Hati-hati untuk penderita gangguan fungsi hati dan ginjal
Hindari penggunaan pada anak di bawah 2 tahun

Sumber : www. dechacare.com/albendazole-p570-html

2. Mebendazole
Merupakan turunan benzimidazole sebagai antihelmintik untuk cacing gelang, cambuk, kremi dengan aksi menghambat produksi energi.
Tidak boleh digunakan untuk wanita hamil dan menyusui, dan tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 2 tahun.
Efek samping : nyeri perut, diare, kejang (pada bayi) dan ruam kulit

Dosis : 2 kali sehari 60 mg selama 3 hari untuk cacing gelang dan cacing cambuk
100 mg dosis tunggal untuk cacing kremi
Merek dagang : vermox

Sumber: wordpress.com/mebendazole-obat-cacing
millsehat.web.id

3. Pirantel Pamoat
Obat ini adalah obat cacing yang paling banyak digunakan, dapat membunuh cacing tambang, cacing gelang, dan cacing kremi (Drugs.com,2013)

Cara kerjanya adalah dengan melumpuhkan cacing, dengan demikian akan mudah keluar bersama tinja, kemudian akan mati.
Obat ini dapat diminum dalam keadaan perut kosong, atau diminum bersama makanan, susu, atau jus (Drugs.com, 2013)
Pemakaiannya adalah dosis tunggal, sekali minum. Dihitung berdasarkan berat badan yaitu 10 mg/kg BB, tidak boleh melebihi 1 gram (MIMS , 2013)

Jika berat badan 50 kg, dosisnya menjadi 500 mg.
Bentuk sediaannya adalah 125 mg per tablet, 250 mg per tablet, dan 250 mg per ml sirup

Merk dagang : Combantrin, Upixon
Sumber : MIMS annual (1998) combantrin edisi 8
Drugs.com 2013 pyrantel pamoat
Combantrin product info

Mengenai aturan minum obat cacing 6 bulan sekali, belum ditemukan teori secara pasti, ini hanya untuk antisipasi jika
selama 6 bulan terkena kecacingan.

Pengalaman ayahku, beliau mengalami gatal di sekitar leher. Setelah minum pyrantel pamoat 4 tablet @125 mg atau 500 mg sekali minum, gatal-gatalnya berkurang dan bahkan hilang. Awalnya dikira alergi, bedak pengurang gatal dan obat alergi biasa nggak mempan.. eh ternyata kecacingan….

230 thoughts on “Obat-obat Cacing

    1. kalau boleh tau, nama obat atau kandungan zat aktifnya apa? memang beberapa obat menyebabkan efek samping tidak nyaman di lambung…

      1. Oiya mbak Albendaole nama merek dagangnya apa ya?
        Kalo tau juga merek dagang yg ada kandungan ‘oxantel pamoat’?

        http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/2029

        Saya baca ada yg melakukan penelitian gabungan dari pirantel pamoat (merek dagang combantrin) dosis tunggal/ sekali minum diawal penelitian trs 30 menit kemudian baru mebendazol (merek dagang vermox), kemudian hari kedua dan ketiga pagi hari hanya minum mebendazol. Dosis bisa dilihat di link ada .pdf nya.
        Hasilnya memuaskan.

        Dari sini saya berfikir ga apa apa jika minum 3 hari berturut2.

        Trs saya baca lagi gabungan dari mebendzole + pirantel pamoat vs albendazole tunggal masih dilink penelitian jg. Hasilnya katanya bagus albendazole tunggal.

        Ada juga link oxantel pamoate + albendazole.

        Hanya berbagi informasi.
        Selain itu tanya merek dagang albendazole dan oxantel pamoat apa ya…?

      2. @ lambak03 : terima kasih atas informasinya yang bermanfaat.
        saya sudah baca linknya, yang penelitian dari USU. Itu jenis infeksi yang pengobatan seperti itu saya baca di kriteria inklusinya, terdapat dua atau lebih jenis cacing yang berbeda. sehingga pengobatannya juga kombinasi.
        pirantel pamoat dan mebendazol bekerja saling sinergis (menguatkan), jadi memang lebih efektif untuk membasmi jenis cacing tertentu, untuk itulah maka sebenernya kita harus memastikan dulu jenis cacingnya apa, jadi lebih tepat sasaran.

        3 hari berturut-turut nggak apa-apa untuk infeksi tertentu, mebendazol 100 mg diminum 2 x sehari selama 3 hari berturut-turut

        http://reference.medscape.com/drug/mebendazole-342658

        itu juga berdasarkan jenis infeksinya . tulisan 100 mg PO q12hr artinya 100 mg per oral (diminum) quaque (setiap-bahasa latin..) 12 hora (jam) –> 100 mg 2 x sehari untuk jenis cacing hookworm, roundworm, whipworm, seperti di penelitian USU.

        Albendazole : Helben (Mecosin)
        Oxantel pamoat sepertinya belum ada..atau saya yang belum tau merek dagangnya🙂

        terima kasih atas kunjungannya

    2. anak saya umur 4 thn,cacing kremi nya sering keluar lewat anus dan sangat mengganggu,sampai gak bisa tidur,biasanya nya saya kasih combrantrin syrup,tp kok skrng gak mempan lg ya,mlm saya kasih combantrin tp besok msh keluar kremi nya dan sangat menggangu anak saya,BB anak saya 20kg/4thn,sebaik nya saya kasih apa,tlng takaran dosis nya

  1. Sy terkena gatal di bagian anus sdh 4 hari, sy minum merk combantrin ttp tdk mempan, setelah sy baca di web sy temukan merk vermox dan segera membelinya di apotik, tp setelah sy baca ini tablet kunya dan aturannya dosis tunggal, yg membuat sy lebih bingung lagi tertera ”hasil terapi yang memuaskan akan nampaksetelah 3 hari pemberian obat. Mksd nya apa yaa ?.. Nah trus klo misalnya vermox ttp gak mempan sy hrs gmn gan ?..

    1. mas Endi kemaren minumnya dikunyah gak? mebendazole memang lebih kuat dari pada pirantel pamoat (combantrin) jadi klo belum sembuh, lebih baik periksa ke dokter aja, mungkin akan diobservasi penyebab gatalnya… makasih atas kunjungannya

  2. ank sy usia nya 2th, sminggu sblum nya buang air kbtulan pake pampers dn di tinja nya ada cacing pnjang _+ skitar 20cm dn brwarna putih, trus sya ksh obt cacing dgn kandungan piperazine citrate, mlm hri sy ksh obt itu dn pagi hri nya sy ulang lg, dn siang nya pas buang air di tinja kluar lg cacing dgn ukuran yg lmayan pnjang skitar 20-30cm sbnyak 5 ekor dlm keadaan msh hdup,sy kaget dn tkut,apa ada kmungkinan cacing2 itu msh ada dlm usus ank sy dn apa obt itu aman buat ank2 dn tindakan apa yg hrs sy ambil

  3. ibu Eni : maaf baru balas, apa yang ibu lakukan sudah benar, piperazine dapat diulang keesokan harinya. Piperazine hanya melumpuhkan cacing, jadi ada kemungkinan cacingnya masih hidup. Jika setelah itu sudah tidak ada cacing lagi berarti sudah sembuh, Kalau masih ada, dapat segera ke dokter untuk diketahui jenis cacing dan obat yang cocok. Terima kasih, semoga si kecil sehat selalu

    1. @ mbak Tenni : tidak ada informasi lebih lanjut mengenai pyrantel pamoat (combantrin) pada ibu menyusui. Pyrantel pamoat sangat sedikit diserap sehingga kemungkinannya ada dalam asi sedikit. Sebaiknya jika hendak minum combantrin, minum setelah selesai menyusui malam hari, sebelum tidur. Demikian, semoga dapat membantu. Terima kasih

  4. obat yang cocok u anak 3 tahun dan bisa mematikan cacing dalam tubuh apa ya?…anak saya masih pake pampers, takut aja kalo cacingnya blm mati trus uget2, bisa2 anaknya trauma mau bab, tq

    1. Untuk anak dibawah 5 tahun paling aman pirantel pamoat (combantrin) meskipun cara kerjanya hanya melumpuhkan. Saran saya setelah si anak minum combantrin cair pada malam hari, tidak perlu pakai pampers dulu hingga buang air besar pada pagi hari,, demikian bunda semoga bs membantu , terima kasih

  5. sy, sdh minum vermox, sy ulang tp belum 2 minggu, hasilnya sy kremian lg, laku sy minum lagi, skrg tunggu hasil, tapi sy menyusui dan nekat minum, ga tahan rasa gatalnya, apa efeknya thd bayi saya? klo tdk diobati ntar bayi malah ketularan. dilema? gmn ya mb. tp sy pergi ke dokter dulu dan dokter tahu kl sy menyisui, dan tetap mmberi vermox.

  6. oh ya, kalo balita dikasih vermox brp dosisnya? utk mncegah penyebaran penularan. apakah hrs menghindari makanan manis dan gula selama
    konsumsi obat vermox, utk meningkatkan daya kerja obat?

  7. periksa dokter, ternyata kremian, diberi vermox, krn dubur meradang dkazih fasolon salep n antibiotik. seblm 2 minggu (kira2 semingu lbh) sy ulang vermox lg, tp kok msh gatal setelahnya, apa karena blm 2 minggu jd telurnya blm menetas shg obatnya percuma.krn ga tahan gatalnya, sy minum lg 2 hari lalu, tp masih gatal juga . sy menyusui anak usia 11 bln, efekny apa y terhadap anak sy ya mb ? apakH selama terapi vermox hrs diet gula, karbohidrat ato makan/min lain? sy smp kasihan sm bayi sy, sy takut kalo menular ke bayi saya ato efek yg ditimbulksn kpd anak sy, mengingat mudah sekali menular makanya hrs sy basmi, pikir saya. sy yakin sekali kremian. soale sy prnh liat cacingny keluar dr (maaf) dubur saya. hi… sy ngeri sekali..padahal sy termssuk org yg memiliki standar hygine yg tinggi.tolong mb…

    1. @ mbak Nining : Vermox (albendazole) memang bersifat mematikan cacing dan tidak boleh digunakan untuk anak dibawah 5 tahun.
      Kalau memang dari dokter mbak Nining tetap diberi Vermox, pengaturannya menyusui dulu sepuas-puasnya (atau menyiapkan stok asi) baru minum obatnya satu tablet tersebut.
      kalau dari yang saya tahu, siklus hidup cacing kremi adalah 2 minggu sampai 2 bulan sehingga sudah benar pengulangannya. tapi harus diperhatikan juga tidak boleh digunakan jangka panjang.

      higienitas harus tetap dijaga, seperti memotong kuku, menghindari menggaruk anus, mencuci bahan makanan dengan air mengalir, dsb

      untuk anak balita cukup pyrantel pamoat (combantrin) dosisnya untuk 2 th 5 ml (kalau tepatnya dosis 10 mg/kg berat badan)

      pada penggunaan vermox, tidak ada pengaturan makanan yang harus dihindari/dilakukan. Semoga membantu ya dan semoga segera hilang cacingnya,, sehat semuanya

  8. bulan mei lalu saya minum vermox karena saya merasa daearah anus kalo malan sangat gatel ,,,efeknya ada sih gejala gatal hilang namun bulan ini nampak gejala gatal lagi sekitar anus , sya berencana untuk minum vermox lagi tapi dosisya per hari selama 3 hari berturut turut,,,apakah cara saya ini aman karena sya stres sudah menjaga kebersihan namun tetap cacingan ,,umur saya 38 tahun…mohon petunjuk

    1. @ kaisar : vermox (mebendazole) dosisnya 500 mg sekali sehari saja, tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan. saran saya kalau memang masih cacingan bisa coba albendazole 400 mg sekali sehari (ada generiknya) obat cacing tidak disarankan untuk digunakan selama 3 hari berturut-turut.
      tetap jaga kebersihan ya dan jangan sering menggaruk anus.
      semoga lekas sembuh

  9. mb,st sdh kirim commnt, n jwb mb sngt mbantu, tp 2 bulan ini sy sdh konsumsi 5 vermox(sy ulang tiap 2 minggunya) tp kenapa msh ada cacing kremonya juga. sebenarnya jus wortel sm santan kelapa itu manjur ngga ya? efek pd bayi yg sy susui itu apa ya mb? trs pengalaman ayah mb itu kecacingan kok gatalnya si leher?

    1. Mb nining Sudah ke dokter? Saya belum pernah baca dan mendengar soal jus wortel dan santan kelapa
      Efek ke bayi yang disusui setelah minum vermox kurang diketahui secara ilmiah hanya saja vermox dapat masuk ke dalam asi dan ini sebisa mungkin dihindari pada bayi

      Iya mbak bahkan ada yg batuk tidak sembuh sembuh dgn penberian obat batuk, setelah minum obat cacing malah sembuh .. Wallahualam

      1. iya mb, sy sdh ke dokter, jaga kebersihan, alhmdll kedua anak saya(4 th dan 1 th) tdk menunjukan gejala tertular, krn sy jaga kebersihan scr total spy tdk menyebarkn telur2 cacing. tp kok sy rAsa saya msh ada gejala2’blm tuntas cacingnya, msh geli di anus, spt ada yg merayap, jelas itu kremi kan (hiiii…..ngeri kali…..saya.) apa krn sebagian masuk kedlm asi shg resapan obatnya ke cacing berkurang daya kerja nya ya mb? jus wortel sama santan bnyk dipakai sbg obt tradisional, blm tau juga, blm coba. kalo sdh sy susui kira2 brp jam kah setelah minum vermox boleh menyusui lg? atau sy peras buang lbh dulu sbl di susukan lagi?

      2. Tapi sudah diulang beberapa kali kok masih ada ya mbak?
        Vermox 500 mg kan satu kali sehari ya.. ‘minumnya malam aja setelah menyusui,,

        Ini saya cari waktu paruh mebendazole blm ketemu, ada mebendazole tapi yg disuntik waktu paruh nya sekitar 1,5 jam, artinya setelah 1,5 jam kadar obat dalam darah tinggal separuhnya, jadi setelah sekitar 3 jam obat sudah tidak ada di darah,,, jika obat yg diminum juga demikian berarti jarak aman menyusui adalah sekitar 3 jam mbak

        Soal kelapa sih pernah dengar tapi gak tau jelasnya bagaimana..
        Semoga si kremi segera kabur deh…🙂

    1. @ Fer Ai : kurus bisa karena genetik, dan kemungkinan kamu genetik ya.. kalao badannya kurus tapi bagian perutnya besar kemungkinan cacingan, tapi kalo kurus biasa aja ya bukan kecacingan.. gak ada salahnya juga minum obat cacing
      jaga kebersihan setiap hari yaa..selamat hidup sehat🙂

      1. Mbak. Saya mau tanya
        Saya kan kurus tapi perut agak gendutan gitu. Aku mau coba minum obat cacing, buat jaga jaga aja sih. Sapa tau emang cacingan *jangansampek😱
        Boleh gak aku minum obat cacing mbak ? Trus obat apa ya yg cocok ?

      2. Ladiina, hehee,.. minum obat cacing boleh. minum pyrantel pamoat ya, atau merek dagangnya combantrin. dosisnya, jika berat badanmu 50 kg, minum 500 mg, sekali minum, malam sebelum tidur.
        tapi menurutku, itu perut bisa dikecilin dengan sit up, atau nyoba belly dance kalo bisa.. bagus buat membentuk perut/otot perut

        salam sehat

  10. 3 hari lalu saya malam hari sudah minum combantrin yang isi 2 ,pgi nya mules dan poop..tpi setlah poop hingga sekarang kenapa msih terasa gatal pada( anus )saya dan perut saya pun terkadang seperti melilit.mhon bantuan nya,langkah minum obat apa yg hrs saya mnum.trims

    1. @ Lidia : apakah sudah pasti kecacingan? setelah minum pyrantel pamoat apakah lihat ada cacing keluar, kalau memang pasti kecacingan, dipastikan jenis cacingnya. (cek Lab). Obat cacing yang bisa diminum mebendazole tergantung jenis cacingnya untuk menentukan berapa lama pemakaian obatnya hingga tuntas

  11. saya baru minum obat cacing, combantrin tablet awalnya saat saya sudah minum daerah perut bagian bawah saya seperti kram…sudah 24 jam saya minum tapi masih belum dapat bab (masih kesulitan)..bagaimana ya?apa saya harus minum lagi ato minum obat untuk melancarkan BAB?trims

    1. Shasa maaf baru balas,.. Gimana perutnya skg? Reaksi tiap org terhadap combantrin beda beda ya saya malah lgs diare..
      Combantrinnya 500 mg? Kalo iya tidak perlu diulang,, kalo memang susah BAB bisa minum pencahar tpi selama masih bisa yg alami (pepaya , vegeta) ya gak perlu pencahar., demikian semoga bs membantu

  12. Mbak, saya mau tnya, obat cacing yg cocok untuk anak usia dibawah 2 thn. Apa ya? Melihat anak saya yang suka main masukkan benda kemulutnya, pasti terkena cacingan juga. Karena perutnya agak buncit dan belakangan nafsu maKannya berkurang. Mohon infonya ya, tq

    1. mbak Eva : dibawah dua tahun itu brapa ya bunda? kalo hampir dua tahun bisa minumkan combantrin sirup. minumnya malam menjelang tidur. untuk anak, dikemasannya ada takaran sesuai usia anaknya.. silakan ke apotek temui apotekernya., semoga putranya segera membaik

      1. Saya 4 hari ini merasa anus saya gatal dan beberapa kali sempat saya garuk saking tidak tahan. Lalu saya beli combantrin yg cair dan setelah saya minum tapi gatal gatal nya masih ada dan saya tidak tahan. Lalu saya beli obat vermox katanya apotekernya di hisap pelan pelan. Oh iya saya sedang menstruasi. Apa setelah saya minum vermox saya bisa sembuh? Tolong mbak saya nggak tahan sama gatalnya rasanya risih banget. Makasih mbak.

      2. Salam kenal mba krisanisa. Mau bertany Ttg anak saya mengalami gatal di anus. Gjala cacing kremi. Saya sudah mberikan kombantrin, tp anak saya masih mengeluh cacingan. Apa yang harus sy lakukan apa saya harus mengulang pwmberian obat. trus obat merek apa yg bisa langsung menybuhkan untuk anak sya. Terima kasih

  13. Saya merasa sangat gatal tak tertahankan di anus, hampir 2 minggu, setelah saya cari2, penyebabnya ternyata si kremi, lalu saya minum combantrin 2 tablet, alhasil sudah tidak ada gatal di anus lagi. Namun setelah satu minggu, rasa gatal terkadang kembali meskipun tidak separah dulu, terutama setelah BAB. Apakah saya harus minum obat cacing lgi?, kalo iya, obat cacing jenis apa yg harus saya minum. Terima kasih

  14. @ mbak sarah : maaf atas respon yang telat. Apa masih gatal mbak? Vermox sudah lebih kuat dari combantrin, semoga sdh nggak gatal lagi, sepertinya dosis combantrin cairnya kurang kalo yg sirup. Dosisnya adalah 10 mg/kg BB sedangnya per botolnya yg sirup hanya 250 mg. tidak ada aturan pasti kapan bisa minum combantrin lagi setelah sebelumnya mbak, tapi paling tidak untuk pencegahan bisa 6 bulan sekali, besok combantrinnya yg tablet aja mbak
    Selanjutnya selamat menjaga kebersihan ya

    1. Tambahan buat mbak sarah klo gatalnya bisa dioles cream anti gatal seperti hydrocortison atau betametason (yg ringan) klo sampai luka akibat sering digaruk bs pake betametason yg ada kombinasi dg antibiotik (betason N, benoson N, dll)

  15. @ kiki : saya menemukan info di http://emedicine.medscape.com/article/225652-treatment bahwa pengobatan tersebut bisa lebih dari sekali dosis dengan jarak 3 mnggu. Jadi setelah 3 minggu minum combantrin yg pertama tadi, bisa minum 2 tablet lagi, jeda 3 minggu minum 2 tablet lagi biar tuntas (sampai 3 x aja)
    Combantrin cukup efektif untuk membasmi si kremi (enterobiasis) berdasarkan journal http://trstmh.oxfordjournals.org/content/66/1/170.abstract
    Semoga lekas membaik

    1. Sis pertama sy sudah minum obat combantrin yg 125mg 2 tablet ! Tp tdk ada reaksi efek samping, tiap pagi BAB saya lancar malah, lalu sekitar 2 minggu sy minum lg 2 tablet yg 125mg tp tetap sama gak ada reaksi efek samping! Itu gimana ya? Setiap selesai makan cacing2 di perut bunyi , apakah cacing2 itu belum mati dan masih memakan sari2 mkanan sy? Artinya BB saya gak bisa naik ya? Solusinya apa?

      1. dengan minum combantrin dan bisa BAB, itu cacingnya sudah lumpuh dan ikut keluar bersama BAB.. tidak semua orang mengalami efek samping obat,, sifatnya individual.
        hehehe, kok bisa tau kalo yg bunyi di perut itu cacing-cacing? jangan khawatir, insya Allah dengan pengobatan yang sudah 3 x itu sudah tuntas
        naik enggaknya BB dipengaruhi banyak hal: ada pola makan, stress, pola hidup (olah raga), genetik, dan lain-lain
        kalau mau naikin BB , dibikin seneng hatinya, makan yang sehat, olah raga teratur dan tidur yang cukup..
        ada yang bilang klo makan nasi goreng malem sebelum tidur bikin gemuk.. entahlah🙂

    1. @ suci : di apotek kimia farma sudah dicari? domisili dimana?
      di apotek UGM jogja insya Allah masih ada tablet generik tapi hanya sedikit jumlahnya.. saya juga kurang tahu apakah belum ada lagi apakah sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia..karena di luar negeri masih ada obat albendazole sirup
      mohon maaf kalo tidak bisa membantu

  16. Hahaha soalnya bunyi cacingnya besar ! Jd kedengaran, itu berarti cacingnya masih ada ya? Padahal sudah minum obat
    kan sy baru 2 kali minum combantrin ! Trus yg ke 3 kalinya sy minumnya kapan?? Terus sekali minum dosisnya brp mg ?
    Gimana kalo nanti sudah 3x minum combantrin tp cacingnya masih bunyi?

    1. menurut saya sih belum tentu itu suara cacing,, yg ketiga minumnya setelah 3 minggu. satu kali minum dosisnya 500 mg (2 tablet combantrin yang 250an mg)
      kalau masih belum sembuh, sebaiknya konsultasi ke dokter sehingga ada penanganan yang lebih tepat dan akurat

      1. Oh berarti saya harus minum 2 kali lagi yah? Krn waktu minum pertama dan ke dua cuma minum yg dosis 125mg 2 tablet ! Jadi baru 500mg yg sy konsumsi selama 2 kali pengobatan ! Seharusnya kan 2 kali pengobatan dosisnya 1000mg kan sis? Jd sy harus minum 2 kali lagi yag dgn dosis 500mg sekali minum?

  17. @ kiki : begini ya cara minumnya combantrin. jika berat badan anda 50 kg lebih maka dosisnya 500 mg sekali minum.
    kalau berat badannya 30 kg (kurus amat yak ,hehe) dosisnya 300 mg sekali minum. karena dosis combantrin adalah 10 mg per kg Berat Badan.

    jadi dilarang minum 1000 mg karena dosis maksimal sehari adalah 500 mg.
    jadi kiki minumnya yang tablet 250 mg dua biji diminum malam sebelum tidur (sayangnya nggak ada sediaan tablet yang langsung 500 mg).
    kalau 3 minggu berikutnya masih belum sembuh, minum lagi dengan dosis yang sama (250 mg dua biji). kalau ke apotek tanya combantrin tablet sediaanya hanya 2 macam yaitu 125 mg x 4 biji sama 250 mg x 2 biji, nah yg dibeli yg 250 itu lebih praktis
    semoga segera hilang cacingnya…..

  18. hai sis saya kmrn bru mnum obt cacing,, pirantel pamoat combantrin.. pagi ny stlah srapan kerasa mau bab tapi ak than dlu krn udh kbyang cacing bkal kluar utuh wlaupun lumpuh,, tp ada yg bilang cacing ny udh dibasmi diprut kluar tinja ny item,, duh yg mn yg bnr y sis parno nih dgr kata cacing tuh geli bgt.. ak baru mnum satu tablet yg 250 2 tblet itu.. ap saya hrus mnum lagi biar ccing ny hncur dprut? hhe

    1. Hai juga sis enno
      Don’t… Please cukup itu 2 tablet aja yaa kalau mau diulang, tunggu tiga minggu lagi ntar minum 2 tablet lagi
      Yeee jangan dibayangin atuuh hiiii serem kalo dibayangin…
      Secara teori, pirantel pamoat melumpuhkan cacing cacing dan akan keluar bersama tinja untuk kemudian mati.
      Uda ajaa jangan dipikirkan yaaa🙂 tiga minggu lagi diulang (dosis 250mg x2) dan biarkan mereka lepas bebas jangan dipikirin hehehehe….

  19. Apakah minum obat cacing harus 6 bulan sekali?
    Soalnya bulan 9 yang lalu saya minum obat cacing jenis pyrantel pamoat.
    Kalo saya mau minum lagi dibulan ini, tanpa menunggu 6 bulan, boleh gak?
    Terimakasih ..

  20. Apakah minum obat cacing harus 6 bulan sekali?
    Soalnya bulan 9 yang lalu saya minum obat cacing jenis pyrantel pamoat dosis 500mg.
    Kalo saya mau minum lagi dibulan ini, tanpa harus menunggu 6 bulan, boleh gak?
    Terimakasih…

    1. mbak Maya sari, saya pernah tanya juga dan mencari tau apakah harus 6 bulan jedanya, ternyata nggak ada keharusan soal itu. yang saya dapat dari journal malah pengobatan dengan pirantel pamoat bisa diulang setelah tiga minggu sejak pemberian yang pertama sebanyak tiga kali agar pengobatan tuntas.
      untuk selebihnya (lebih dari 3 x tidak ada keterangan soal itu)
      jadi misal mbak maya mau minum lagi dosis 500 mg di bulan ini bisa aja mbak kan dah sejak september ya

    1. albendazole generik murah sekali saya lupa tepatnya 2500 rupiah mungkin,, tapi sayangnya sekarang susah banget nemukan albendazole generik di pasaran,, kalo yg brand namanya albenza, tapi saya sendiri di apotek (jogja) blm pernah sedia albendazole yang paten/brand jadi maaf kurang tau harganya
      mungkin sampe saat ini yg punya albendazole adalah rumah sakit negeri.. kalau yg brand mungkin RS swasta (sediaan sirup biasanya)
      maaf kalo nggak bisa membantumbak Siti, terima kasih dah berkunjung🙂

  21. Maaf.. Kalau cacing kremi nya masuk ke vagina gimana cara pengobatannya ya?? Apakah sama dengan pengobatan cacing kremi pada umumnya.. Apakah dengan meminum obat cacing bisa membunuh cacing kremi yg ada di vagina ??

    1. @ timot : terima kasih atas pertanyaannya, saya jadi belajar lebih jauh lagi. Ini saya baca sekilas di buku Infectious Disease of The Female Genital Tract , saya baca kalo infeksi cacing yang sampai ke vagina, drug of choice nya adalah pyrantel pamoat artinya, obat itu juga bisa membunuh cacing di vagina. Semoga lekas sembuh
      https://books.google.co.jp/books?id=BOsDwhZhDy0C&pg=PA380&lpg=PA380&dq=effectivity+or+pyrantel+pamoate+im+vaginal+vaginitis&source=bl&ots=TTK2NsG2Mt&sig=8j_dMJWR5WKLRRK30709PaTebio&hl=en&sa=X&ei=FGm_VKqVGtHo8AXW34GACQ&ved=0CCQQ6AEwAg#v=onepage&q=effectivity%20or%20pyrantel%20pamoate%20im%20vaginal%20vaginitis&f=false

      1. Mbak saya kemaren nggk tau kalau hamil, terus saya ccingan, saya cari nggk ktmu trus saya biarkn dlu karena trllu malam ntuk mmbeli obt, lalu saya merasa ccing itu msuk ke vagina. Esoknya saya langsung minum combatrin. Lalu apakah cacing itu masih hidup? Dan bisakah mempengaruhi janin saya?

      2. combantrin sifatnya melumpuhkan cacing. setelah keluar melalui feses, cacing akan mati dengan sendirinya.
        hmmm,, kalo cacing mempengaruhi janin apa engga, saya ngga tau jelasnya., bisa coba ditanyakan ke dokter kandungan, mengingat janinnya masih awal trimester pertama. tapi klo combantrinnya, menurut saya tidak mempengaruhi janin karena segera termetabolisme. sebenarnya masih belum banyak data mengenai obat combantrin pada ibu hamil, tapi memang obat pyrantel pamoat ini lebih aman dari pada albendazole dan mebendazole

  22. Untuk anak umur 6 tahun obat cacing yang tepat apa ya? Dosis dan pengulangannya gmn?
    Apakah untuk anak dibawah 5 tahun minum combantrin setelah pengulangan dengan jeda 3 minggu sebanyak 3 kali minum, sdh bs sembuh? Klo misalkan blm sembuh langkah apa yg harus dilakukan, apa hrs diberi combantrin lg dgn dosis dan pengulangan yg sama?
    Oya untuk pencegahan stelah sembuh dosisnya brp,dan diulangnya dgn jarak brp? Ditunggu bgt jwabannya….

    1. @ sdr Lilik, maaf telat respon.

      obat cacing paling aman untuk anak anak adalah combantrin (pyrantel pamoate) dosisnya 10 mg/kgBB. jadi misal berat badan si anak 20 kg, minumnya 200 mg. kalau sediaan sirup combantrin, brarti ngga sampe satu botol. pengulangannya setelah 3 minggu, diminumkan lagi jika memang masih ada, sampe tiga kali juga. tapi klo dah gak ada gejala, lebih baik dijeda 3 bulan kemudian.

      Kalau sejauh yang saya baca, dikatakan aturannya demikian. jika memang belum sembuh, ada yang diganti dengan obat cacing golongan kuat seperti albendazole mebendazole dengan dosis tertentu, sebaiknya dipastikan lagi dengan test apakah cacingnya masih ada (anal swab) dan konsultasi ke dokter saja.

      setelah sembuh, sebenarnya nggak ada patokan harus enam bulan sekali, tapi kebanyakan ibu-ibu memberikan tiap 6 bulan untuk pencegahan. Selama nggak menunjukkan gejala kecacingan, saya rasa nggak perlu terlalu sering.
      demikian, semoga bisa membantu. lebih lanjut, silakan tanya Apoteker di apotek tempat anda beli combantrin, Semoga Apotekernya dapat memberi jawaban yang lebih jelas. Terima kasih🙂

      source: mims.com

  23. Saya udah minum obat conbantrinnya tp masih gatal, apa boleh saya mandi dengan pk untuk membasmi cacing yg sudah menyebar dibadan terutama di anus dan vagina?

    1. mbak Azizah, PK bisa digunakan untuk menghilangkan gatalnya, tapi tidak bisa membunuh cacingnya, mungkin harus obat cacing golongan albendazole atau mebendazole mbak, sampaikan ke dokter riwayat sakitnya dan pengobatannya, semoga lekas sembuh ya

  24. Bb saya 45kg jdi kalau mau minum combantrin nya dosis nya bagaimana ya. Dan brapa kali. Apa setelah minum tsb, cacing ny keluar hancur atau utuh ? Dan stelah minum ini. Apa tubuh sy bebas dari cacing ?
    Terima kasih
    Mohon penjelaaannya

    1. @rs ari: combantrinnya dosis 500 mg , silahkan minum yang tablet 250 mg dua biji (karna ngga ada sediaan combantrin 500 mg dalam satu tablet).
      minumnya malam sebelum tidur ya, dua tablet itu, diminum dengan air putih.
      diharapkan pagi harinya cacing akan keluar dalam keadaan lumpuh, trus nanti mati.
      Ada beberapa yg merasa mules setelah minum obat ini, saya juga merasa mual mulas, ngga nyaman di pagi harinya, tapi setelah dua hari, rasa ngga nyamannya hilang.
      Belum tentu juga setelah minum itu pasti sembuh, paling tepat ya tes anal swab untuk tahu masih ada cacing ngga. kalau memang ngga merasa ada gejala kecacingan, insya Allah berarti ngga ada cacingnya lagi (agak susah memang membasmi cacing, soalnya siapa tau didalam masih ada larva cacing)..,
      demikian , semoga membantu, terima kasih kembali.

  25. Merk albendazol apakah gk mengeluarkan cacing waktu pup, dan brp harganya, saya takut bgt yg nmanya cacing, tp jga takut klau cacingan..saya tunggu infonya

    1. maaf telat reply karena lg semedi,hehe. semua cacing yg mati keluar lewat bab. cuma kalo pake albendazol/mebendazol, cacing keluar dalam keadaan mati/hancur.
      cari di apotek, merek vermox, harga sekitar 19.600 (insya Allah ga sampe 20ribu rupiah) jangan diperhatikan cacingnya, ..semoga segera sembuh ya

  26. Mbak saya sudah minum obat combantrin yang 500 mg , tapi gak ada efek samping, bab pun susah, jadi harus gimana? Rasa gatal nya masih ada

    1. @fitra: sekarang gimana? kalo masih gatal bisa diulang ,minum combantrinnya, jeda 3 minggu, bisa diulang lagi sampe dua kali. banyakin makan serat biar gampang BAB ya, sebaiknya beberapa hari sbelum minum obat, banyakin makan sayur buah biar gampang BAB dan cacingnya bs keluar.
      kalo gatalnya mengganggu, bisa dioles obat gatal seperti betametason cream/salep

    1. kalau berat badan 50 kg atau lebih, butuh dosis 500 mg, iya ,jadinya minum 4 biji itu, satu demi satu, pelan pelan hehe..
      kalo beratnya 40 kg bisa 3 biji aja

    1. @siti: belum tentu kecacingan. berdasarkan informasi yang saya baca, perut yang besar belum tentu karena kecacingan. salah satu tanda adalah gatal di bagian anus, tetapi kebanyakan pasien tidak menujukkan gejala yang spesifik..

  27. Mba, mau tanya dong. Saya tiga hari yg lalu diare, sehari bisa ampe 4 kali. Yang jadi pertanyaan, tiap selesai mencret, di dubur saya kayak ada perasaan geli gt mba, saya takut saya kecacingan. Awalnya saya makan dia*et (karena pengalaman saya, kalau saya diare pasti karena salah makan, dan biasanya kalo udah dikasih dia*pet, diare langsung berhenti), tapi gak mempan mba. Pas hari ke tiga (kemaren), malamnya saya konsumsi com*antrin 500mg, tapi tadi pagi ampe sekarang saya belum bab mba (harusnya udahkan ya, karena efek obatny?). Apa yang harus saya lakukan mba? Please, need your advise asap

    1. @ Diva , diapet memang dari bahan alami dan efeknya bisa jadi agak lama baru bisa berefek. nah mungkin hari ketiga baru berefek yaitu memampatkan BAB.
      karena dah minum combantrin dan jadinya belum BAB, ngga apa apa, ditunggu aja sampai BAB. kalo udah BAB insya Allah dah normal metabolisme tubuhnya.
      kalo belum BAB juga, banyakin makan sayur/buah/nutrijell/yoghurt, kalo belum mempan juga, bisa minum vegeta.
      kalo masih merasa cacingan, bisa diulang minum combantrin 500 mg setelah dua minggu (agak lama ya jedanya)…
      demikian, semoga bs membantu. cepat pulih lagi

  28. Mau tnya, dubur sya pernah gatal2 trus saya belikan obat combatrin di apotik, setelah minum kok tidak ada efek apa2 ya? Apa obat combatrin nya tidak mempan terhadap cacingnya? Mohon solusinya. Terima kasih

    1. @ Raihansyah, maksdnya tidak ada efek tu apa ya?
      apa yang dimaksd nggak ada efek mules sakit perut?
      combantrin di minum malam, nah paginya BAB, itu salah satu tanda cacing lumpuh keluar bersama kotoran., tapi klo engga BAB bisa jadi belum keluar, bisa diulang lagi minumnya setelah 2 minggu

      kalo sampe mules sakit perut gt, itu salah satu efek sampingnya, emang ngga nyaman, jd kayak diare gitu, tapi ngga perlu obat untuk mengatasinya selama ngga banyak cairan yang keluar.

      sebenernya untuk tau obat combantrinnya berefek ato engga, bisa tes anal swab (pake semacam tape khusus, terus diamati di mikroskop)
      memang susah susah gampang membasmi cacing krn kadang ngga ada gejala yang dirasakan…

  29. Saya menderita anemia. Kalo di lihat dr kelopak mata kalo orng normal kan merah. Kalo saya hanya merah di pinggirnya saja. Tengahnya putih. Kepala sering cenut cenut. Berat badan saya tidak naik tidak turun mau makan sebanyak apapun. saya mempunyai kebiasaan buruk mengigit kuku jari. Sudah lama tidak minum obat cacing. Tp jarang batuk, dubur tidak gatal, feses tidak muncul cacing, diare hanya kalau mendekati menstruasi. Apa anemia yg saya alami benar2 dikarenakan cacingan?

    1. kadang gejala kecacingan itu ngga kelihatan, kalo dari riwayat kebiasaan, bisa jadi ada kecacingan. kalo soal anemia, anemia itu banyak penyebabnya, salah satunya juga karena kecacingan, dan juga kekurangan zat besi.
      saran saya Thalia minum obat penambah zat besi/darah bisa tonikum bayer (sirup) ataupun sangobion (kapsul) cukup sekali sehari saja. bisa pagi atau malam.
      lalu, malam sebelum tidur bisa minum combantrin 500 mg (kalo pake yg kemasan 250 mg bisa minum 2 biji). semoga paginya cacing bisa keluar bersama kotoran.
      demikian, semoga ngga anemia lagi. banyakin makan sayuran hijau seperti bayam ya

  30. Halo mba

    Sudah 2 minggu saya merasa gatal di anus dan sekitar nya, lalu kemarin akhirnya saya minum 500mg combantrin. Berkurang sedikit gatal nya, tp masih terasa dan masih blm nyaman. Kalau saya basmi lg dgn vermox apa bisa? Minum nya ada jeda nya juga? Atau bs dihari berikutnya. Thx.

    1. halo juga mas Seno, maaf ya baru balas, sudah seminggu
      kalo masih ngga nyaman, sebenarnya bisa minum combantrin lagi tapi bisa juga bisa minum vermox, minumnya dua minggu setelah minum combantrin.,(salah satu aja)
      kalau secara potensinya, vermox lebih kuat dari pada combantrin
      demikian, semoga lekas membaik

    1. @ Isti dary sopia, saya cari info terbaru belum ada, tapi berdasarkan informasi yang saya baca, albendazole paling efektif membunuh cacing
      http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6625078

      sayangnya albendazole agak sulit didapatkan di apotek, ada di apotek viva generik (untuk wilayang Jawa tengah dan Jogja)
      demikian, semoga bisa membantu, terima kasih atas kunjungannya

      1. Mba mau tanya.. saya sedang mengalami gangguan lambung kronis n sbtu lalu sy brobat n diberikan obat lambung neciblok,pantoprazole 4mg,dan narfoz 8 mg.stelah minum obt ini sy jd sulit bab pdhl prt trasa mulas n minggu nya sy mengalami sembelit yg mengakibatkan luka di anus n bdarah ktika bab. Tadi maa sy mrasa gatal di anus sy..tp sy tidak tau apakah itu gatal krn gejala ambeien atau krn kcacingan ya? Tp sy sudah beli vermox dan combantrine tp msh ragu utk meminumnya krn tkt ganggu lambung. Saat ini sy jg sdg minim makan n hny makan yg lunak2 shg sy sgt khawatir jk sy mnm obt cacing nanti ktika bab nampak cacing nya. Sy minum combantrine biasanya n trakhir minum skitar stahunan yg lalu. Bagaimana mnrt pdpt mba? Apa yg hrs sy lakukan. Trimakasih mba

  31. mbak Anita., itu obat obat untuk gangguan lambungnya seperti neciblok, menyebabkan efek samping sembelit. mbak Anita juga merasa mual ya? itu narfoznya isinya mengatasi mual.
    kalau melihat gejalanya sih bukan karena kecacingan mbak, meskipun belum tau juga. bisa jadi efek obat neciblok dan pantoprazol yang menyebabkan sembelit, ingin BAB tapi gak bisa jadi ada perdarahan.
    kalau gatalnya, saya kurang tahu pasti , menurut saya bukan kecacingan, ngga perlu minum cobantrin atau vermox dulu.
    lebih baik telpon dokter yang meresepkan obat anda dan menyampaikan reaksi tubuh anda setelah penggunaan obat-obat itu.
    sudah benar bahwa makannya yang halus halus dulu

    semoga lekas sembuh ya..🙂

    1. Selamat siang mba.. trimakasih ya sudah menjawab ptanyaan sy.. iya btul mba sy mual n sendawa berlebih bhkn wkt msk ugd sy muntah hingga 7x dlm hr itu mgkn krn itu diresepkan obt2 tsb ya mba? Tp sy tdk diinfokan bhw obt2 tsb menyebabkan sembelit. Krn wkt diopname sy jg diberikan obt2 tsb tp gk sembelit mknya sy pkr akan aman. Tp tnyata…

      Oya mba krn gk tahan sm gatalnya sy putuskan mnm vermox 500mg hrs sbtu lalu tp ttp gatal. Klo minum vermox sudah psti cacing2 mati kan mba? Spt kremi gitu..krn yg suka bikin gatel kynya kremi ya. Sy msh bingung.pgn ke dokter tp risih jg klo dicek bagian anusnya hehe.. mohon bantuannya ya mba. Makasi sblmnya

      1. mbak Nita, biasanya efek samping baru muncul setelah penggunaan jangka waktu tertentu, tapi ada juga yang langsung muncul efek yang tidak diinginkannya.
        iya, dengan vermox lebih kuat membunuh cacing, semoga bukan karena cacingan ya apalagi dah minum vermox tetap gatal.
        itu obat obatan lambungnya sampai kapan? semoga setelah berhenti penggunaan obat obat tersebut bisa sembuh juga gatalnya..
        biasanya kalo ke dokter, harus cek laboratorium biasanya anal swab, trus nanti ketauan kecacingan bukan, dan jenis cacingnya apa…
        terima kasih juga mbak nita

  32. hallo mba..saya baru sj melahirkan 18hari lalu..dn skrg msih nifas..jd masih menggunakan pembalut.
    bbrp hari lalu kynya sy merasakan gatal d sekitar anus..tp biasa aja..sy pikir krn gesekan tepi pembalut.
    nah td sy berasa ada yg keluar dr anus..pas k toilet..ternyata ada cacing yg keluar..warna pink/putih pnjngnya mgkn 10-20cm (geli bgt.. jd kepikiran ampe skrg). pdhl sy tdk minum obat cacing sm sekali. brarti sy cacingan y?
    obat apa yg bs sy minum dan amat untuk menyusui?
    makasih mba

    1. halo juga momywid selamat atas kelahiran bayinya.
      iya, bisa jadi gejala kecacingan,
      obat cacing yang paling aman buat ibu menyusui adalah pyrantel pamoat (combantrin) meskipun masih terbatas penelitian tentang hal tersebut.
      http://www.cdc.gov/parasites/pinworm/health_professionals/

      cuma pyrantel pamoat bekerja dengan melumpuhkan cacing, nanti cacing keluar dan akhirnya mati.
      minumnya malam hari 500 mg (kalo sediaannya 250 mg berarti dua tablet). diminum setelah menyusui bayi,.

      1. td malam sy sdh mengkonsumsi combantrin 2 tablet (@250mg).. baru BAB pukul 12:00 siang. apakah sdh yakin sembuh ya mba? soalnya BAB biasa aja.
        kayanya sy tidak mengalami gejalan gatal atau geli d sekitar anus, apa mgkn g terlalu berasa ya?
        untuk memastikan sembuh tidaknya gmn ya? apa perlu diulang minum combantrin dgn jeda 3 minggu?
        Kemungkinan yg berjumlah ratusan d usus itu telur cacing apa cacingnya ya? serem aja ngebayangin cacingnya keluar banyak bgt.

  33. kadang memang ada gejala tapi kadang juga nggak ada gejalanya.
    meskipun BAB biasa saja, bisa jadi caing lumpuh sudah keluar bersama kotoran, jadi selama tidak ada gejala , tidak perlu mengulang minum combantrin 3 minggu lagi., kecuali ada gejala seperti susah makan, gatal gatal lagi, bisa minum obat dengan dosis yang sama.
    hehe.. jangan dibayangin , saya juga kurang tau kalau itu, telur (larva) atau cacing🙂

  34. Halo,,,
    Saya mau tanya mengenai dosis vermox dewasa (mebendazole 500mg).
    Apakah tidak apa-apa kalau mebendazole 500mg dikonsumsi selama dua hari berturut-turut? Jadi sehari 1 tablet, diminum selama 2 hari.
    Apakah tidak ada masalah jika dikonsumsi seperti itu?

    1. @mika collin : tergantung kasus penyakitnya apa., tapi 500 mg per hari dan hanya 2 hari masih masuk range therapy., sebaiknya pastikan dulu jenis cacingnya apa,
      kemudian dosisnya bisa cek di link ini
      http://www.drugs.com/dosage/mebendazole.html

      kalau berdasarkan link ini
      http://home.intekom.com/pharm/janssen/vermx500.html
      minum vermox yang kedua adalah pada saat setelah 4 minggu pemberian dosis pertama, itu pun jika masih terinfeksi.
      terima kasih atas pertanyaannya🙂

  35. Halo mba saya mau tanya,, sbulan lalu selang 3 hari sy maaf* ML dg suami sy,, sy mengkomsumsi obt combatrin syrup utk anak saya,, karena anak sy susah disuruh minum obat,, jadi sy iseng2 jg mncontohkan dy mnum obt combatrin tsb (sy hanya minum 1sdk takar) pdhal sy tdk cacingan dan stlah mnum itu selang 2 jam saya bab tp tdk ad keluhan apa2,, cuma smpat agak pusing sdikit. Nah jdi prmasalahannya adalah setelah kmrin sy testpack hasilnya positif hamil,, jdi sya takut mba apakah ada efeknya obt combatrin yg saya minum saat itu? Karena pada saat saya minum itu trnyata saya lgi proses pembuahan terjadi. Saya takut ada apa2 dg kehmilan saya mba,,terimakasih mbaa,,maaf agk nyeleneh pertanyaannya..😀

    1. hanya 1 sendok takar ya, dan selang tiga hari, insya Allah aman, nggak papa.
      berdasarkan informasi yang saya baca, belum ada bukti yang pasti mengenai efek pyrantel pamoat pada orang yang berencana hamil, orang yang sedang hamil, dan orang yang menyusui
      hehe.,, ngga papa mbak Putri, terima kasih atas pertanyaan beserta informasi yang jelas (kalo ke dokter, cerita riwayat seperti ini bisa jelas pengambilan keputusan si dokternya juga hehe… )

    1. aamin, pyrantel pamoat termasuk golongan obat bebas terbatas kok mbak (lihat tanda lingkaran biru di kemasannya)
      terima kasih kembali🙂

  36. Kemarin bayi sya pup bu… Trus sy lhat di clananya ada cacing kecil/kremi. Apa nama obat cacing yg aman buat byi sya yg usianya mshh 7bulan.

    1. @bunda, apa memang benar itu cacing?
      tidak ada obat cacing yang cocok untuk anak dibawah 2 tahun bunda.,
      lebih baik konsultasikan ke dokter saja jika memang benar benar itu cacing

      1. Anak saya 3 thn, 2 hari lalu saya beri obat cacing combantrin sesuai dosis yg d anjurkan dokter, stelah mnm obat cacing anak saya sering mengeluh skt perut dan hari ke 2 anak saya mengeluh skt perut nya dan langsung muntah2, byk sekali muntah nya saya jd panik, apakah ini efek samping dr mnm obat cacing? Krn wktu umur 2 thn anak saya jg saya ksh obat cacing combrantin malah diare 2 hari berturut2,,kata dokter klo diare setelah mnm obat cacing itu menandakan positif cacingan, nah skrg setelah anak saya berumur 3 thn malah skt perut n muntah2 setelah mnm obat cacing, apakah itu wajar coz saya jd trauma bila beri obat cacing ke anak saya klo byk efek samping ny coz kasian anak saya jd ga nyaman.

      2. mbak saya mau nanya tdi pagi saat saya bab, cacing ukuran 20-25cm keluar dri feses saya, saya jdi ngeri saat saya banyangin.
        sore harinya saya bli obat combantrin Pirantel Pamoat yg 250mg isinya 2 kapsul jdi total 2 kpsul 500mg, sedankan berat bdan saya 75kg, nah saya harus gmana?
        minum 3 sekaligus?? oh ya umur saya 21thn.
        saya takut ntar klo cacingan ini makin parah😥

        terimakasih

  37. @bunda risty : wah sayang sekali ya, kalau efek samping sakit perut dan diare memang iya, dan angka kejadiannya banyak, sifatnya self-limiting disease atau bisa sembuh sendirinya, cuma memang kalo sampe diare apalagi pada anak, yang diwaspadai adalah kejadian dehirasinya., apalagi kalau muntah muntah
    sejauh ini penggunaan combantrin dengan efek samping muntah saya belum tahu Bun, kalau kata dokter gimana? soalnya memang combantrin (pyrantel pamoat) adalah obat cacing yang paling aman

  38. @ ian : itung dosisnya 10 mg/kgBB, maksimalnya 1000 mg, jadi 3 tablet itu yang @250miligram an, jadi total 750 mg
    sebaiknya diulang lagi setelah 2 minggu pemberian obat yang pertama, lalu 2 minggu kemudian setelah penggunaan yang kedua . demikian, semoga cacingnya hilang tuntas yaa🙂

    1. oh jadi gitu ya mbak, gak tau juga nih cacing di perut saya udah pada mati atau tidak, soalnya selama minum combantrin yg 500mg cacing nya belum pernah keluar saat saya BAB, apa mungkin cacingnya udah mati ya -_-.???
      satu lagi mbak kalau saya minum obat combantrin lagi 2 minggu kemudian, apa saya harus minum obatnya 2 keping sekaligus yg 500mg??

      maaf mbak kalau saya banyak nanya😦
      terimakasih

      1. cara kerja combantrin adalah melumpuhkan cacing, nanti cacingnya mati sendiri kalau udah keluar, nah makanya kalo udah BAB, cacingnya udah keluar dalam keadaan lumpuh. udah BAB kan? setelah minum obatnya

        kalau mau mengulang, minum obatnya 2 keping yang 250 mg alias dosis total 500 mg (bukan 2 keping yang 500 mg, nanti jadinya 1000 mg)
        Semoga bisa tuntas ya, ngga papa, seneng kalo bisa bantu, kalau masih ada yang ditanyakan lagi, please feel free to contact me🙂

      2. cacing nya gk keluar mbak„ Apa cacing pita nya gk mati ya??
        anus saya sih gk kaya cacingan lagi, apa cacing nya udh mati ya?

  39. mbak saya mau tanya anak saya umur 2 thn 8 bulan kena cacing dalam kulit,di pantatnya saya pernah konsultasi kedokter dsarankan kasih obat syrup combantrin tp sepertinya tdk mempan karena sdh satu minggu kelok kelok nya masih memanjang n anak saya menggaruk2 terus,apakah boleh saya kasih lagi obat albendazole,,,trmksh sebelumnya,,

    1. @Kisma : obat albendazole bisa diminum anak diatas usia 2 tahun. Tanyakan kepada apoteker tempat anda beli obat, berapa dosis yang pas untuk anak anda. dan, sebaiknya pastikan juga jenis kecacingannya, misalnya cacing kremi atau yang lainnya, terima kasih

  40. @ ian : untuk pastinya, harus tes lab (anal swab) kalo dgn mata telanjang sih emang gak ketauan. kadang cacing lumpuh keluar ga kelihatan, tapi kadang keluar tapi masih ada larvanya di dalam., harus cek lab untuk tahu pastinya🙂 cuma, kalo ngga ada keluhan apa apa, bisa jadi sudah mati

      1. secara aturannya, bisa diulang setelah 2 minggu sejak minum yang pertama. itu untuk pengobatan.
        kalau pencegahan disarankan 6 bulan sekali, tapi anjuran itupun saya belum nemu dasarnya

        kalau dirasa kurang mantab, minum combantrin 2 minggu setelah minum yang pertama, dosisnya sama (500 mg sekali minum sebelum tidur)

    1. mbak Rini, cacing yang bisa sampe kulit itu cacing tambang (hookworm), pengobatannya selain pake albendazole bisa mebendazole (vermox), kayaknya vermox lebih mudah dicari. Cacing tambah biasanya juga menghisap darah jadi bisa terjadi anemia, pengobatannya bisa ditambah zat penambah darah

      1. kemarin saya sudah priksa suami saya ..
        dan sudah di semprot kaya obat untuk membunuh cacingnya sampe gosong kulitnya
        setelah itu langsung dsruh minum mebendazole 2 tablet sekaligus
        itu kan kemasannya langsung 2 jadi diminum
        setelah seminggu
        trnyta suami masih ngerasa gatel
        kira kira dosisnya gmna yah minum obt cacing kulit itu ??
        dan berbahaya gak mba

    2. itu cacing tambang mba…
      slama blum nyampe pmbuluh darah tu cacing bkalan terus jalan2 di bawah kulit…
      kasih albendazol ajh…atau obat anthelmintik lainnya…
      lebih efektif lgi klo cacing (larva) nya di tangkep dgn cara di belek kulit nya…

      1. @ rini kurnianingsih : maaf ngga kebaca ternyata, iya ngga apa apa minum obat itu, gimana sekarang?
        @ jojo : terimakasih, iya albendazole atau mebendazole mempan

    1. kemarin
      500 mg 2 tablet sekaligus mba kemarin pas si kasih resep sama dokternya setelah di smprot cacing kulitnya
      nah selang semingguan
      ternyata masih gatell tuh
      saya baru minumin lagii 1 tablet 500 mg mebendazole .

      apakah bisa sembuh yah mba dan cacingnya ituu bisa bener bener mati ??
      dan cacing kulit itu bahaya gak mba

      1. mbak Rini, brarti resepnya 1 gram ya? dokter pasti punya pertimbangan sendiri kenapa butuh dosis tersebut.
        apakah ada keluhan mual muntah? jika ngga ada, insya Allah gapapa dosis itu. beberapa infeksi ada yang membutuhkan hingga 800 mg sehari.

        setelah seminggu masih gatal dan akhirnya memutuskan minum 500 mg mebendazole lagi ya? untuk tau sudah hilang belum, di cek laboratorium. memang pengobatannya butuh pengulangan. sebaiknya konsultasikan ke dokter yang menangani suami mbak Rini, karena beliau yang tahu kondisi pasiennya, semoga bisa sembuh tuntas ya🙂

    1. mas Fais,terima kasih atas pertanyaannya
      combantrin bisa untuk mengatasi cacing kremi dan cacing gelang, hanya saja pilihan untuk cacing gelang (drug of choice-nya) adalah albendazole atau mebendazole

      1. Mba, sepuluh hari lalu saya minum obat combantrin. Siang nya cacing gelang keluar saat BAB. Tapi seminggu kemudian anus saya terasa gatal2 lagi. Apa kemungkinan belum tuntas ? Boleh kah saya minum obat combantrin lagi walau belum 3 minggu

  41. Tolong infonya sis..
    Saya ada bayi umur 1 th 6 bulan sering garuk2 sekitar anus apakah itu krn cacingan?
    Obat yg pas apa ya? Dosis pkeinya?
    Trus bg kita yg dewasa ini obatnya yg bagus apa artinya jgn ada penampkan si cacing aas cacingnya hancur?

    1. @agustian , kecacingan pada balita banyak gejalanya, seperti rewel, susah tidur karena gatal, nafsu makan berkurang., lihat juga riwayatnya apakah suka gigit kukunya, setelah bermain tanah, atau ada salah satu anggota keluarga yang kecacingan juga. (belum tentu garuk anus berarti cacingan)

      sayangnya, untuk anak dibawah 2 tahun tidak ada obat yang pas, tapi kalau memang sudah pasti cacingan, pyrantel pamoat (combantrin) adalah obat yang paling aman, dosis untuk anak 2 tahun: 1 sendok takar (5 ml) combantrin sirup, diminum malam sebelum tidur.
      untuk dewasa dengan keadaan cacing hancur : mebendazole tablet

      1. Mba saya mau nanya, knpa kalau kita kena cacing pasir/cacing tambang/cacing larva, dari dokter itu cuma di semprot pakai chlorethyl aja, knpa gak langsung di kasih resep albendazole aja,.??

      2. Hi..ak lg minum vermox gatau ada cacingnya atau gk. Psti ada ya setiap tubuh. Umur 20. Tp takuttt..klo bab cacingnya keluar utuh. Dia hancur kan?? Duh sebenernya paling geli sma cacing.liat cacing asli aja takuttt… Huaaa.. Tp minum vermox. Cacingnya ga berbentuk cacing kann .mksh

  42. @ian : chlorethyl atau ethylchloride cuma buat ngilangin nyeri/gatalnya dan sebagai pendingin, sebagai pencegahan migrasi larvanya. saya kurang tau persis kenapa nggak langsung dikasih albendazole

  43. @rev, mekanisme aksi vermox (mebendazole) adalah menghambat microtubulus cacing dan menurunkan glucosa cacing sehingga cacing akan mati. aman kan? hehee…

  44. Quote : “itung dosisnya 10 mg/kgBB, maksimalnya 1000 mg, jadi 3 tablet itu yang @250miligram an, jadi total 750 mg
    sebaiknya diulang lagi setelah 2 minggu pemberian obat yang pertama”

    berat badan saya 90 kg. kemarin malam baru saja mengkonsumsi kombantrine 500mg, dan sudah pup, pagi ini. dan sudah tidak gatal. tp di celana dalam, masih terlihat ada cacing kremi.
    apakah dosis yg saya konsumsi kurang? karena saya baru saja mengkonsumsi setengahnya.

    saya sudah berusaha hidup bersih, tp kok kremian jg. sedih dan geli jg.
    oh ya, kremi di celana itu apa bisa mati, hy di siram air panas saat mencuci? atau dibuang saja?

  45. @Irma, terima kasih pertanyaannya. karena sudah minum 500 mg , tidak perlu ditambahin lagi dosisnya, kecuali masih ada gejalanya. kalau memang masih ada gejalanya, dua minggu lagi bisa minum sampai 1000 mg (semoga ngga perlu sampe 1000 mg).
    cacing kremi yang ada di underwear sebaiknya dibuang saja, karena kalau larva atau telurnya masih ada yang menempel bisa jadi sumber infeksi berikutnya.
    dan seperti sprei dan perlengkapan tidur lebih baik dicuci dengan air panas (saya belum dapat informasi yang tepat mengenai bisa nggak nya cacing, larva, dan telurnya mati). Semoga nggak kecacingan lagi ya, emang susah susah gimana gitu, kita ngga tau dapet dari mana, padahal udah merasa bersih, kuku juga nggak panjang🙂

    1. Terimakasih atas balasannya. Cukup jelas. Yup. Akhirnya aku buang semua underwearnya kmrn.. Geli jg mau nyucinya. Hehehe. Yup, 2 mgg dari mengkonsumsi obat kmrn, akan aku ulangi lg.

  46. boleh anak diberikan obat cacing saat masih mencret…usianya 2 tahun…obat cacing dari resep dokter..anjuran dokter di berikan kalu pencernaan bagus tapi sdah seminggu masih bab encer dan malas makan nohon penjelasanx

    1. dokter menyarankan untuk memberikan obat cacing saat pencernaannya membaik karena salah satu efek dari obat cacing adalah terjadinya diare dan gangguan pencernaan.

      apakah diketahui penyebab diarenya apa? kalau tidak ada infeksi, bisa diminumkan obat diare anak, sirup neo kaolana dan semacamnya. setelah pencernaannya membaik, baru kemudian pengobatan dengan obat cacing. efek samping obat cacing akan hilang setelah selesai pemakaian obat cacing tersebut.
      demikian, semoga sedikit membatu, terima kasih

  47. Mbak, saya punya teman, klo liat dari gejalanya ya sepertinya beliau cacingan, sebab apa yg dia derita pas dengan yang di paparkan di google, jadi saya mau tanyak
    Lebih bagus konsumsi obat yang mana y? Mebendazole 500mg (vermox) atau Albendazole (Combantrine).
    Kalau saran saya kamren sih, combantrine
    Tapi petugas apotik nya memberi beliau vermox mebendazole 50

  48. Mbak, saya punya teman, klo liat dari gejalanya ya sepertinya beliau cacingan, sebab apa yg beliau derita pas dengan yang di paparkan di google, jadi saya mau tanyak
    Lebih bagus konsumsi obat yang mana y? Mebendazole 500mg (vermox) atau Albendazole (Combantrine).
    Kalau saran saya kamren sih, combantrine
    Tapi petugas apotik nya memberi beliau vermox mebendazole 50

    1. @sri elmala : kalau saya sarankan juga yang combantrin isinya pirantel pamoat karena lebih aman, tapi memang beberapa orang kurang mempan jika cacingnya adalah cacing gelang (misalnya), tapi untuk terapi pertama, lebih baik yang combantrin.
      vermox memang lebih manjur dari pada combantrin, mungkin itu pertimbangan petugas apoteknya…

    1. @sahrul : belum tentu sakit perut., sifatnya individual. kalo saya agak mules..
      cacing akan keluar bersama kotoran, lumpuh ataupun hancur (kalo combantrin sifatnya melumpuhkan cacing), ada yang terlihat ada yang engga..

  49. Saya pernah makan obat cacing albendazole 1 tablet sebelum tidur. Bsok hari ny sya tdak mnerima efek ap2 slain mual2.. apkah sya mmang trkena pnyakit cacing atw tdak..soal ny bdan saya kurus ttapi prut sya buncit… jika sya trkena pnyakit cacing obat ap yg cocok untk sya.. trma ksih..

    1. @Revi, sebaiknya dalam pengobatan penyakit cacing, yang tepat adalah tes jenis cacingnya dulu, (tes laboratory, anal swab, dll)
      setelah tahu jenis cacingnya, baru pengobatan yang tepat.
      setelah minum albendazole, harapannya cacing keluar bersama kotoran di pagi hari.
      Soal kurus tapi perut buncit, belum tentu tanda kecacingan.. yang sering adalah gatal gatal sekita anus atau kulit
      demikian, semoga membantu

  50. @Niva: hallo Niva, hmmm, saya ngga tau pasti ya, saya bukan dokter, saya apoteker, dan setau saya bisa aja ada kemungkinan kena bersamaan.
    iya, bisa di tes lab🙂 maaf ya ngga bisa jawab dengan jelas

    1. maaf mau bertanya, merek dagang albendazole selain helben apa ya? tapi yang bentuk sediaannya sirup, karna saya cari cari helben tidak nemu di apotek manapun di bandung. mungkin ada ya g bisa kasih info yang jual helben atau merk lainnya di sekitar bandung di apotek mana ya? terimakasih.

      1. selain helben saya ngga tau, yang tablet aja di jogja juga agak susah nyarinya..
        kemaren juga tanya temen di apotek jogja susah nyari albendazole… maaf ngga bisa bantu

    2. mas klo anjuran minum albendazole 1 hari 1 kali atau 1hari 1 kali selama 3 hari/??…trus minumnya sesudah makan atau sebeleum???

  51. Saya phobia banget dgn cacing mbak…karena waktu umur 8 thn prnh mnum pyrantel trus bab nya kelhatan ada cacing yg utuh keluar dr anus..stlh itu sampai umur skrg 34 thn tdk prnh mnum obat cacing alias trauma…semasa smu prnh keluar cacing dgn sendirinya dr anus kmungkinan besar gara2 makan duren terlalu banyak…sekarang terasa gejalanya di sekitar leher…apakah jika saya minum albendazole pada saat pup nanti apakah akan kelihatan gak cacingnya…atau hancur…thx

    1. kalau pyrantel memang sifatnya hanya melumpuhkan cacing ya, jadinya keluar kadang masih utuh.. kalau albendazole lebih kuat, kemungkinan besarnya hancur…

  52. selamat pagi ! saya ingin bertanya ka, bdn sy kan kurus sy sdh mencoba utk min banyak tpi tdk naik2 net bdn sy, kira2 apakah sy cacingan ?Kalo iya obat cacing apa ya yg cck untuk sy yg berumur 20th ya ka?
    terima kasih sebelumnya..

    1. Okta, belum tentu kamu kecacingan. banyak faktor yang menyebabkan kita makan tapi ngga gemuk, seperti genetik, pikiran, stress, kurang olah raga (jadi metabolismenya ngga lancar), atau bisa juga cacingan.
      kadang cacingan emang ngga ada gejalanya. kalo anus gatal gatal, kemungkinan besarnya iya kecacingan. lebih akuratnya cek lab cacing lewat anal swab.
      tapi kalo mau langsung nyoba minum obat cacing, minum yang paling aman yaitu combantrin. jika berat badanmu 50 kg, minum dosis 500 mg sekali minum malam hari.
      di apotek adanya dosis 250 mg, jadi minum 2 tablet dalam satu malam.

  53. Saya sebenarnya sudah lama kutus drastis sekitar 5 tahun lebih saya biarkan karena saya pikir mungkin memang sedang kurusan. Tapi 2 tahun ini rasanya agak aneh,,, saya ngerasa perut selalu merasa kosong padahal baru makan. Makan jadi sering tapi berat badan ga naik2. Baru seminggu ini saya minum conbantrin,, ga tahu itu cacing krluar semua atau gimana tapi perut saya masih sering mules semenjak itu. Gimana ya dok.. Apa cacing nya masih ada atau efek saja? Lalu biar ga mules lagi bagaimana ?? Terima kasih

    1. @purnama, mulesnya karena habis minum combantrin? sampe sekarang masih mules? biar ngga mules gimana ya, soalnya harus tau dulu kenapa mulesnya. perut melilit atau gimana.. coba tanyakan ke dokter aja
      apa pernah tes gula darah?

  54. mau naya donk kalau mengkomsumsi obat albendazole 400 mg 1×1 selama 3 hari…trus sesudah makan atau sebelum??

    1. Belum tentu cacingan,tapi ngga ada salahnya minum pyrantel. Dosis yg diberi brp? Sebenarnya dosis 375 mg aja cukup (125 mg x3 tablet) tapi 500 mg juga gapapa. Minumnya malam hari sebelum tidur,satu kali minum aja

    1. Msw,benar, diminum saat haid ngga apa apa
      Adakah yg menyarankan diminum selama seminggu?
      Apa dah tau jenis cacingnya? Saran saya anda bisa minum dosis 400 mg dosis tunggal, dan diulang 2 minggu kemudian. Jadi misal malam ini minum 400 mg, 2 minggu kemudian pada malam hari minum lagi 400 mg

  55. Mbaa,mohon info dan bantuannya ya..
    Anak saya 3th 8bln,udh dri 2minggu lalu bapil disertai demam n mual muntah. Udh priksa ke rs demam n pileknya sembuh,tp batuknya smpe skr msh. Nah, 2hari yg lalu anak saya bab,pas dicebokin trnyata ada cacing yg ikut kluar. Krna takut dan bingung,akhirnya sya belikan combantrin. Yg mau sya tanyakan,kira2 dgn pemberian obat td apa cacing2nya bs kluar melalui pup nya?trus untuk batuknya yg tk kunjung sembuh apa ada kaitannya dg cacing yg brsarang di paru2?bagaimana pengobatannya mbaa..mohon bantuannya..
    Terima kasih.

    1. Bismillah, ibu Ranisya, anaknya ngga ada penurunan berat badan dan mengi (nafasnya bunyi) kayak orang asma kan ya? klo ngga ada gejala seperti itu insyaAllah ngga ada cacing yang bersarang di paru parunya.
      combantrin adalah obat yang paling aman dan ringan, apalagi untuk anak. iya, cacing akan keluar melalui tinja saat buang air besar.

      obat batuknya apa yg udah dikasih dokter? semoga bentar lagi sembuh

      1. Alhamdulillah nafasnya gak bunyi mbaa,,cm saya takut aja kok batuknya gk sembuh2,pdhl udh dikasih obat dr dokter anaknya yaitu puyer racikan utk bapil. Pileknya sembuh tp batuknya masih ada,,saya khawatir cacingan mbaa..
        Setiap kali setelah minum susu selalu muntah mbaa,,badannya jg kliatan kurus..utk berat badannya msh sama. Untuk pemberian combantrin pada anak sebaiknya dilakukan kpn y mbaa??sya kemarin mmberikan combantrin pd siang hari dgn tkaran 5ml,,saya hrus memberikan lagi kapan ya mbaa??

  56. ngga apa apa ibu, mungkin lagi pergantian cuaca, atau udaranya kering, atau musim hujan.
    batuk adalah respon tubuh dalam mengeluarkan sesuatu dari tubuh. obat dari dokter aja di minum., kalau seminggu lagi masih batuk, bisa ke dokter konsultasi lagi, dan sampaikan riwayat pengobatannya kalo minum combantrin. Semoga sembuh secepatnya tanpa harus ke dokter.

    combantrin sebaiknya diminum malam hari, harapannya pagi saat BAB, cacing keluar bersama kotoran. kalau pengulangannya, 2 minggu setelah pemberian yang pertama, dengan dosis yang sama. kali ini diminumkan pada malam hari sebelum tidur ya

  57. Apa benar? Albendazole dapat menghancurkan cacing di dalam perut?
    dan tidak terlihat saat BAB? soalnya saya takut sama Cacing.

    1. albendazole menghambat produksi energi dari cacing, sehingga nantinya cacing mati
      http://www.drugbank.ca/drugs/DB00518
      mungkin tidak hancur 100% dan mungkin tidak di dalam perut, bisa jadi mati saat di usus.,atau setelah keluar.. tapi obat ini lebih keras dari pada pyrantel pamoat (combantrin)
      saya sendiri ngga pernah minum albendazole, jadi kurang tau ya terlihat atau ngga saat BAB..

  58. Makasi bgt buat info lengkapnya
    Ini lg proses detoks cacing, karena saya punya kebiasaan mkn sembarangan dan mkn ikan mentah (sashimi)
    Oiya untuk info, 2hari lalu saya beli ALBENDAZOLE di apotek KIMIA FARMA harganya 5rban.. begitu beli, langsung minum 1butir albendazole malam hari dengan jarak 2jam stlh mkn malam.. gilee efek sampingnya parah.. kepala pusing, badan gatal2 sampe insomnia.. ga bisa tidur smp jam 6pg, walopun ketiduran tetep aja tidurnya ga nyenyak.. dan saya rencana detoks cacing dengan cara minum 1butir albendazole x 3hari berturut2 utk ngilangin cacing pita.. gmn pendapat mbak krisanissa?

    1. halo Niko, makasih kunjungannya. eh emangnya udah pasti cacing pita? kalo iya, malah sampe satu minggu, ngga cuma 3 hari.. kalo belum jelas jenis caingnya, sekali minum aja, nanti diulang setelah dua minggu, satu kali minum juga

      oh gitu ya efek samping albendazole,makasih infonya
      semoga cacingnya mati hancur ya, host nya sampe insomnia gitu hehee… cepet sembuh tuntas ya.
      salam

      1. Slmt malam mba anissa. Anak saya usia 6 merasa gatal di anus. Saya sudah beri kombantrin tp anak saya masih terus mengeluh gatal di anus. obat apa yg bisa saya berikan supaya bisa benar2 bebas dari cacing. Terima kasih sebelumnya.

      2. mbak yakiiin?? untuk musnahkan cacing pita harus minum albendazole selama 7 hari terus menerus??

        saya pernah baca artikel dri situs luar negeri (saya ga save websitenya), cukup 3hari saja dan diulangi 2minngu slanjutnya..
        karena efek samping dari minum obat cacing adalah gangguan pada organ hati apalagi jika dikonsumsi jangka panjang….

        jika mbak ada artikel penelitian ilmiah tentang pengobatan cacing pita, tolong dishare ya.. biar ada pertimbangan logis sebelum ngambil tindakan, coz udah ngerasain efek 1x minum aja parah banget apalagi 7hari berturut2… apalagi jika efeknya merusak organ hati..

    1. @In, albendazole bisa untuk anak 15 tahun, dosisnya 400 mg sekali minum saja, bisa diulang setelah dua minggu

  59. @saskia, dosisnya kemarin berapa mL mbak? combantrin sirup anak 6 thn , 2 sendok takar ya. kalau memang sudah 2 sendok takar, bisa diulang dua minggu lagi dengan dosis yang sama mbak.
    combantrin obat yang paling aman untuk anak-anak mbak.
    coba alas tidur diganti/dicuci.. kuku tangannya dicek, jangan sampai memasukkan makanan tanpa cuci tangan terlebih dahulu. semoga bebas cacing ya

  60. kak aku kan sdh minum combantrin, tetapi masih gatal, pada hari setelah aku minum. apakah tanad cacingnya masih ada? obat apa yg cocok agar cepat sembuh? dan bolehkah aku minum obat cacing lagi 1 hr setelah minum combantrin dengan merek yg sama atau beda?

    1. @ In, haduh maap telat bngt balesnya. diulang lagi aja dengan merek dan dosis yang sama dua minggu setelah minum obat yang pertama. dosisnya 500 mg kan?
      obat combantrin gapapa minum pas haid 🙂

    1. @In, maksudnya dosis 1,5 itu berapa mg? atau maksudnya 1,5 tablet dari dosis sediaan yang 250 mg? dosis sediaan combantrin dipasaran ada yang 125 mg per tablet sama 250 mg per tablet
      dosis combantrin adalah 10 mg/kg Berat badan. kalau beratmu 50 kg jadinya 500 mg, bisa minum dari 2 tablet yang dosis 250 mg

  61. Mbak, seminggu yang lalu saya alergi tapi blm tau alergi apa, efeknya badan gatal semua, apalagi bagian perut terasa sangat gatal dan bengkak. Setelah minum obat dari dokter udh gak lagi, tapi kemaren mulai gatal lagi dan seperti sebelumnya yg paling gatal itu bagian perut sampe bengkak, sejak alergi saya jadi gak bisa bab, pdhal makan kyk biasa, malahan cuma jdinya perut yg makin gede, anus nya juga kadang gatel dan malamnya gk bisa tidur, kata dokter saya disuruh coba minum obat cacingan, bisa jadi cacingan bikin alergi gitu. Nahh itu baiknya saya minum yg combantrin atau albendazol ya? Soalnya geli juga sama cacing
    Aman gk kalau klu sambil mengkonsumsi loratadine dan dexaharsen?
    Mksih

    1. @Themel, albendazole 400 mg sekali minum, diminum malam sebelum tidur ya.
      ngga apa apa itu sama loratadine dan dexa. obat itu ngurangi gejala gatal-gatalnya. semoga habis minum albendazole ngga gatal lagi

  62. @Niko, cacing pita cystecercosis dimana terdapat larva cacing pita juga, itu pengobatannya bisa lebih dari 3 hari

    http://www.cdc.gov/parasites/cysticercosis/health_professionals/
    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1780999
    http://mji.ui.ac.id/journal/index.php/mji/article/view/206

    mengenai albendazole untuk cacing pita, pada dasarnya iya, bener selama 3 hari dosis 400 mg tergantung apakah juga ada larvanya atau engga.
    mengenai efek samping, saya baca banyak angka kejadiannya ya, menurut saya pemberian obat ini harus mempertimbangkan manfaat dan resikonya
    kalau belum jelas jenis cacingnya dan menghendaki minum albendazole, cukup 1 tablet aja
    maaf saya belum menemukan hasil penelitian terbaru mengenai albendazole pada cacing pita

  63. @In.. iya boleh aja, yang penting setelah itu cuci tangan yang bersih, cukup jaga kebersihan aja dan sering ganti pakaian

  64. Saya barusan minum combantrin.
    Baru minum 1 tablet, 125
    Efek sampingnya lemes, mual gak ilang2.
    Mau minum lagi tapi gimana gitu
    Soalna rasanya masih mual.

    1. @antik, sebelum minum combantrin nggak ada gejala apa apa? kalau memang yakin mual lemesnya karena combantrin, dihentikan aja, ngga usah minum lagi
      cukup 1 tablet tadi aja

      1. Bismillah.mbk anak saya 2th 5bln.tgl 11juni minum c0mbantrin,msh stengah botol.apakah sisanya harus dibuang?makasi

  65. Bismillah..
    @ummu abdirrahman terimakasih pertanyaannya.
    Combantrin sirup (pyrantel pamoate) stabil di suhu 15-30 derajad, jadi bisa disimpan di suhu ruang tapi kalau sudah dibuka, sirup sebaiknya disimpan di kulkas (8 derajad C). Sediaan sirup bisa bertahan hingga 2 bulan.
    Pemberian combantrin ini bisa diulang stelah dua minggu. Jadi kalau memang putranya mau minum combantrin lagi separuhnya setelah dua minggu, bisa disimpan di kulkas dan diminumkan nantinya.
    tapi kalau kiranya tidak perlu mengulang terapi, sisanya bisa dibuang bu..

  66. Permisi mau tanya, apa ada cacing yang bisa membuat hb turun? Kalo iya cacing apa ya? Soalnya hb saya turun dan dianjurkan oleh dokter untuk minum obat cacing. Saya beli vermox, dan kalo diminum cacingnya akan langsung mati dan hancur nggak ya? Ohiya, kalo saya juga gak ada gejala cacingan tetap ada kemungkinan cacingan juga gak ya? Terima kasih sebelumnya.

  67. @Hana, cacing yang bisa membuat anemia adalah cacing tambang (hookworm). sama dokter juga dianjurkan minum suplemen zat besi kah?
    iya, vermox bisa, albendazole juga bisa. kalau albendazole, 400 mg single dose.
    Rata rata obat cacing melumpuhkan cacing dengan menghambat pembentukan energinya. kalau dengan albendazole dan mebendazole, memang sifatnya lebih kuat, bisa jadi hancur, tapi bisa jadi juga lumpuh dan mati di luar

    kalo ngga ada gejala kecacingan, tetep bisa juga kena cacingan.
    hindari jalan kaki tanpa alas kaki, cuci tangan sesering mungkin🙂

  68. anak sy 30bln, lebaran kmrn tinjanya ada kermi trus beli combantrin kosong adanya upixon, q kasih pagi mlm nya mencret 3x pagi muntah sampe sore mules2 sorenya keluar cacing putih 3ekor mati 3cm gtu, tp badan anak sy lemes, panas, ga mau makan. caranya gmn biar anak sy cepet normal lemes terus ga mau makan pdhl uda dikasih vit? thx

  69. upixon isinya piperazine ya bu, ada yang sensitif terhadap obat ini. Bagaimana keadaan sekarang? semoga lebih baik. sudah benar apa yang dilakukan Ibu, berikan vitamin. Makanannya yang lembut dan jangan dipaksakan, yang penting mau makan meskipun sedikit. perbanyak minum seperti jus. Kalau tidak alergi susu, bisa diminumkan susu (kadang susu membuat diare juga). Semoga lekas pulih dan ceria lagi ya

  70. Mba.. Sya dulu ngerasa di anus agak gelik2 wktu saya duduk sholt kdang2 ngerasa gelik2 di anus saya pikir itu cacingan.. Mka 2bln yg lalu sya mnum combantrin alhmdlillah bsok nya syg lihat kluar kayak pnjang2 kitaran 15 cm sya ngk tw itu cacing ap bkn krna sya ngerasa gelik dan parno.. Stlh itu sya merasakn lgi seperti ad yg meryap di anus sya..jdi 3mnggu kdpn sya mnum combantrin lgi malah ttp sama mba ngk ad effect nya dan dihri ni jga sya juga mnum combantri sudh 2 hari berturut tnggl nunggu reaksi nya saja. Krna berat bdan sya dri dulu ttp di 55kg mba ngk naik ngk kurang pshal udh mnum susu penambah berat badan dan udh fitnes eh ngk kunjung gemuj juga.. Jika klok sekarang masih ad cacingan ap sya musti ganti obat nya lagi mbak.. Ap sya musti pke obat lain bukan combantrin lgi.. Mohon pnjlsan nya mbaq.. Soal nya kalo beli obat cacing di apotek itu agak merasa malu juga mbaq.. Msaq anak muda cacingan..heheh

    1. @Deru, makasih ya udah dijelasin panjang lebar. sebenernya untuk tahu beneran cacingan apa engga, kamu harus tes lab dulu, misalnya anal swab, nanti diketahui jenis cacingnya, jadi pengobatannya juga akan tepat sesuai jenis cacingnya.

      tapi kalau kamu yakin masih cacingan dan belum mau cek lab, bisa minum yang lebih kuat dari combantrin. minum vermox (mebendazole) atau albendazole juga boleh, salah satu aja,minumnya satu kali sehari diminum malam hari

      yakin ngga stress? bisa jadi beratnya tetep karena stress atau lagi banyak pikiran dan aktivitas yang lumayan berat.
      ngga perlu malu kalo beli obat cacing di apotek, yang penting sembuh🙂

  71. mbak sy mau bertanya. umur saya kan 18 th dan berat 50 kg. saya sudah pernah minum combantrin dan setelah saya minum keesokan hariny tdk ad ap ap. nah setelah setahun kaki sy terasa ad yg menggeliat(itu bikin sy takut dan cemas). pertanyaannya obat apa ya yg cocok buat sy. tpi sya mau mencoba selain combantrin (vermox atou abendazol). mohon dijawab y mbak. terima kasih

    1. @m.aziz, vermox atau albendazole, sama aja, lebih kuat dari pada combantrin. bisa minum yang mana aja, mana yang mudah ditemui.
      minumnya cukup sekali minum aja 1 tablet, di malam hari. kalau masih merasa ada gejala yang sama, bisa diulang dua minggu kemudian.
      Sebaiknya memang di cek di laboratorium apakah benar cacing atau bukan , dan biar pengobatannya tepat..cepat sembuh yaa 🙂

  72. Tolong tanya, tadi pagi jam 9 anak saya berusia 6 tahun minum obat cacing dari puskesmas , lalu jam 12 siang bab, setelah itu jam 16.00 an setelah bangun tidur siang , dia mulai muntah muntah sampai saat ini, tolong dong ini saya harus bagaiamana? Bagaimana cara menghentikan muntah nya? Kalau saya browsing tadi sih memang ada kemungkinan gejalanya muntah. Help pls urgent

    1. @sdr Charles : obat cacing dari puskesmasnya apa ya? mungkin memang salah satu efek sampingnya mual muntah

      apa punya stok obat yang mengandung domperidone ? misalnya Vometa sirup, atau Vosedon syrup, atau domperidone sirup generik
      bisa diminumkan, maksimal 3 kali sehari (seperlunya) dosisnya 0.25 mg/kgBerat badan
      atau silahkan lihat di kemasan sirupnya, untuk usia 6 tahun.
      Jika membeli di Apotek, tanya apotekernya..

      hidrasi (cairan) tubuh anak harus diawasi, jangan kekurangan cairan. meskipun sedikit, beri minuman sedikit sedikit, dan madu.. (atau air madu)

      Semoga segera sehat

  73. anak saya umur 4 thn,cacing kremi nya sering keluar lewat anus dan sangat mengganggu,sampai gak bisa tidur,biasanya nya saya kasih combrantrin syrup,tp kok skrng gak mempan lg ya,mlm saya kasih combantrin tp besok msh keluar kremi nya dan sangat menggangu anak saya,BB anak saya 20kg/4thn,sebaik nya saya kasih apa,tlng takaran dosis nya

    1. @bundanya Rinaldi, dosis yang sudah diberikan brp mg?
      memang paling aman buat balita adalah combantrin syrup (pyrantel pamoat)
      untuk dosisnya, untuk 20 kg berat badan adalah 200 mg
      jadi sekitar 8 ml (ngga sampe 2 sendok takar obat)
      kalau sudah 3 kali diberikan dan tidak ada perubahan, silakan ke dokter ya bunda..
      semoga lekas sembuh

  74. Sblumny trimksh atas infonya min,
    min, sya lakai-laki brumur 23 tahun, badan kurus, dan sring merasa ada pergerakan, maaf di sekitar anus. intinya sya cacingan . sya udah pernah minum combantrin tpi spertinya cacng-caingya balik lg. sangat di sayangkan jika makanan yg sy makan zat giziny hrus d serap oleh cacing, kira2 langkah ap yg harus saya ambil untuk menghilkang cacing d perut saya, dan obat apa yang kira2 ampuh. saya baca di koment atas tentang minum obat cacing dengan mngkombinasi dengan obat yg berbeda. sy msh kurang paham, mhon pencerahanya. Saya benar2 ingin terbebas dari cacing2 ini.

    1. @wawan, terima kasih juga atas komentarnya
      udah pernah minum combantrin ya.
      kali ini bisa minum vermox yang isinya mebendazole dosisnya 100 mg, diminum satu tablet itu pada malam hari, bisa diulang setelah 2 minggu sejak minum tablet yang pertama. Itu saja cara minumnya, sambil menjaga pola hidup ( ngga garuk garuk, selalu cuci tangan setelah dan sebelum melakukan aktivitas, sering ganti pakaian dalam, sprei, dll)
      semoga bisa terbebas dari kecacingan

  75. Mba kucing saya habis muntah cacing, cacing yang kluar lumayan panjang n menggelung. Sy jg sering nguwel” kucingnya, apakah saya bisa ketularan cacing dr kucingnya atau gak ya ? Sy takut ketularan cacingan, soalny sy sering merasa lapar dan pgnny makan trs. Apa langkah yg hrs sy ambil slain mnjauhi si kucing ? Atau sy hrs mnum combatrin sbg penanggulangan pertama ? Brp dosis yg dipakai dan brp kali sy hrs minum, terimakasih.

    1. @Betty ada kemungkinan bisa tertular kecacingan. saran saya minum combantrin 500 mg sekali minum (malam hari). misalnya 1 tabletnya dosis 250 mg, minumnya berarti 2 tablet ya.
      diulang lagi dengan dosis yang sama, 2 minggu setelah minum yang pertama. semoga sehat dan bebas dari cacing. terima kasih kembali

  76. Ass. Wr. Wb setelah sy baca banyaknya pertanyaan & jwb an pun sangat membantu. Sy ada keluhan pada kulit dibagian samping perut sy terasa sangat gatal dan berjalan seolah membuat jalur dan berair, apakah sy terinveksi cacingan.? Obat jenis apa yg harus sy konsumsi, harap penjelasan nya bu,,

    1. @wiwin, waalaikumsalam wrwb. berair? bisa jadi virus, bukan karena cacing.
      merah? gatal? agak berair? mungkin kena virus aja. bisa dioleskan acyclovir cream, bisa didapat di apotek. dioleskan ditempat yang gatal dan sekitarnya, bisa sampai 5 kali sehari. kalau udah seminggu ngga ada perbaikan, silakan ke dokter.
      semoga hanya karena virus dan bisa sembuh dengan obat oles (topikal) , jangan banyak di garuk2 ya.
      cepet sembuh ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s