medicine · Sekedar Info... · Uncategorized

Memilih Obat Sakit Gigi

Pernah sakit gigi? Belum pernah sakit gigi? Sakit gigi itu nggak enak plus nggak nyaman banget rasanya. Kalau mengalami sakit gigi, apa obat yang bisa dipakai? Mari kita kenali satu per satu.

1. Asam Mefenamat
Tau merek spontan?? Eh salah.. Ponstan ? (banyak masyarakat suka nyari spontan di apotek padahal maksudnya Ponstan, ngekek sendiri apotekernya, hihii)
Ya, Ponstan dari Pfizer adalah merek terkenal untuk asam mefenamat. Asam mefenamat itu adalah generiknya atau nama zat aktifnya. Harga 1 butir ponstan sama dengan 10 butir asam mefenamat. Khasiatnya sama aja, menghilangkan nyeri pada gigi.
Cara kerja asam mefenamat adalah menghambat sintesis prostaglandin yang disebabkan oleh nyeri.
Obat ini cocok untuk orang yang tidak mengalami masalah pada pencernaannya karena obat ini bersifat asam.

Dosisnya 3 kali sehari 1 tablet (500 mg) setelah makan, digunakan sampai nyerinya hilang. Selain Ponstan masih banyak merek yang lain seperti Pondex, Mefinal, Licostan, dan lain-lain

2. Antalgin
Obat yang satu ini sangat terkenal sebagai penghilang nyeri pada sakit gigi. Efek anti nyerinya cukup kuat, lebih kuat dari asam mefenamat. Merek dagangnya biasanya merupakan kombinasi dengan vitamin B complex. Contohnya : adalah neuralgin, dolo neurobion, dan lain-lain.

Biasanya dokter gigi meresepkan antalgin yang dikombinasi dengan obat relaxant otot yaitu diazepam. Obat ini termasuk golongan psikotropika jadi nggak bisa dibeli tanpa resep dokter dan menyebabkan efek mengantuk. Contohnya : Danalgin, proneuron, cetalgin, Analsik, dan lain-lain.

Dosis Antalgin /antalgin plus kombinasi : 3 kali sehari 1 tablet (500 mg) setelah makan.

3. Ibuprofen
Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi demam, tapi bisa juga dipakai sebagai anti nyeri pada sakit gigi.

Sediannya adalah 200 mg dan 400 mg. Dosisnya adalah 200 mg 3-4 kali sehari setelah makan.

4. Paracetamol
Obat ini juga terkenal sebagai anti piretik (penurun panas) tapi manjur juga untuk sakit gigi. Obat ini paling aman untuk sakit gigi pada anak-anak. Dengan berbagai merek dagang yang tersedia di pasaran. Ada panadol sirup, paracetamol sirup (generic), sanmol sirup, pamol sirup, biogesic sirup dan masih banyak lagi.

Dosis minum dewasa : tablet 500 mg 3-4 kali sehari setelah makan
Dosis anak < 1 thn : ½ sendok takar (80 mg)
1-3 thn : ½-1 sendok takar (80-160 mg)
4-6 thn : 1 sendok takar (160 mg)
7-12 thn : 2 sendok takar (320 mg)
3-4 kali sehari hingga sakitnya hilang

5. Kalium Diclofenac
Obat ini sangat cocok untuk sakit gigi dan gusi yang disertai bengkak. Obat ini efeknya cukup cepat. Merek yang paling terkenal adalah Cataflam dengan dosis 25mg, 50 mg, bentuk powder, ataupun tablet dispers yang mudah larut. Obat ini juga harus diminum setelah makan karena sering menyebabkan iritasi lambung.

Dosis maksimal sehari adalah 150 mg. Obat ini tidak boleh untuk anak-anak (dibawah 14 tahun).
Obat ini terdapat dalam merek : cataflam, kaflam, eflagen, X-flam, dan lain-lain

6. Natrium Diclofenac
Obat ini juga cocok untuk sakit gigi yang disertai peradangan (bengkak) karena ada efek anti inflamasi. Tapi harus diperhatikan, obat ini tidak disarankan untuk pasien yang hipertensi. Sama seperti kalium diclofenac, obat ini juga menyebabkan iritasi lambung, jadi minumnya setelah makan.

Sediaannya adalah 25 mg dan 50 mg, dan dosis dewasa 75-100 mg sehari, tidak untuk anak-anak.
Obai ini terdapat dalam merek : renadinac, voltaren, voltadex, neurofenac, dan lain-lain

Obat-obat tersebut di atas adalah obat nyeri yang hanya bisa digunakan jika nyeri atau seperlunya aja. Nyeri akan tetap ada jika penyebab nyerinya nggak diatasi. Bisa jadi terkena infeksi, bisa jadi ada gigi yang mendesak gusi, atau penyebab lainnya.

Jadi, kalau sakit gigi dan masih tetap sakit dengan penggunaan obat tersebut selama 3 hari, sebaiknya ke dokter gigi untuk ditangani lebih lanjut.

Semoga bermanfaat

 

Info Spesialite Obat Indonesia Volume 47, 2013

200 thoughts on “Memilih Obat Sakit Gigi

    1. Hai Ega… wah kayaknya sakit giginya gak nahan banget ya sampe pengen kombinasi 3 analgetika.. hehe..

      ketiga obat tersebut mekanisme kerjanya hampir sama, cuma memang efek pengurang radangnya paling besar pada diklofenak sodium. Penggunaan ketiganya dapat meningkatkan efek samping obat tersebut, jadi saran saya cuma PCT ama diklofenak aja…dan, ingat ya obat tersebut hanya mengurangi gejala nyeri/bengkak, harus diatasi penyebabnya biar sakit giginya hilang…
      Terima kasih, semoga bermanfaat dan bisa segera sembuh

  1. waah bagus bgt infonya.. terimakasih..
    mau tanya doong kebetulan saya lagi sakit gigi niih, trus ada yg rekomendasi suruh minum Mefinal sama Amoxicilin sekaligus habis makan.. itu gimana yaa..? apa boleh..? ada efek samping yg negatifnya gk yaa..?

    keluhan saya gigi berlubang, karena masih di hari kerja insyaAllah saya baru mau ke dokter di akhir pekan… jadi minum obat duluuu.. naah agak bingung niih mau pilih obat mana..

    makasih..

  2. waaah bagus bgt infonya.. Tks..

    mau tanya doong aku kan lagi sakit gigi niih, nah kebetulan ada yg rekomendasi di suruh minum obat Mefinal sama Amoxicilin sekaligus setelah makan.. itu gmn yaa..? apa boleh..? apa ada efek samping negatif nya gk..?
    makasih..🙂

    1. terima kasih mbak Tiara ..

      iya, kebanyakan orang langsung tembak dengan amoxicillin. sebenarnya itu tidak kami sarankan kalau tidak ada rekomendasi dokter. Amoxicillin digunakan untuk mencegah infeksi pada gigi berlubang, tapi belum tentu bisa sembuh juga… nah sayangnya sekarang amoxicillin udah kebal karena banyak yang menggunakan sembarangan (gak sampai habis) jadi saran saya mbak Tiara pake penghilang nyeri dulu aja..(2-3 hari) efek sampingnya tentu ada.. setiap obat ada efek sampingnya

      setelah sempat ke dokter, nanti kan penyebab nyerinya diatasi (lubang giginya ditambal), nah kalau memang diresepkan antibiotik harus diminum sampai habis ya.. jangan takut dengan efek sampingnya,, karena semua sudah dipertimbangkan manfaat lebih besar dari efek sampingnya.. demikian semoga bisa membantu ya mbak…
      salam kenal, terima kasih kunjungannya,,lekas sembuh yaaaa…🙂

  3. utk product cataflam itu baiknya setelah makan apa sebelum ya? karena ada beberapa artikel yang menganjurkan segera di minum sebelum makan.. terima kasih atas infonya, Jazakumullah khoir

    1. @ mas Agus : iya, Cataflam diminum setelah makan, karena pada beberapa orang dapat menyebabkan iritasi lambung.. maka disarankan penggunaannya setelah makan. terima kasih sudah berkunjung

  4. saya skit gigi,gigi lubang dan gusi bengkak, apa perlu meminum cataflam dan amoxicillin secara bersamaan agar gusi bengkaknya cpt kempes? atau cukup cataflam saja?
    trima kasih banyak

    1. @ mas Agung : Amoxicillin pada gigi berlubang memang dibutuhkan untuk mencegah infeksi, tapi sebetulnya itu harus rekomendasi dokter, jadi sebaiknya minum cataflamnya saja.. kalau masih sakit bisa konsultasi ke dokter, semoga lekas sembuh, terima kasih

    1. waalaikumsalam putri .. cataflam dosis 25 mg bisa 3 kali sehari, kalau yang 50 mg bisa dua kali sehari. Dosis maksimal untuk cataflam adalah 150 mg per hari dalam dosis terbagi. ..
      kalau satu tablet aja udah cukup mengurangi/menghilangkan nyeri, gak perlu dilanjutkan sampe 2 atau 3 kali… terima kasih Putri

  5. Hi! Saya mau tanya, saya sedang sakit gigi geraham tumbuh. Usia 24 tahun. Sebenarnya gigi tsb tumbuh sejak tahun 2012 lalu. Dan tumbuh sekaligus empat-empatnya. Untuk yg geraham atas keduanya sudah keluar tanpa masalah. Nah untuk yang bawah kiri dan kanan, jika terkena makanan keras atau yg ‘nyelip’, gigi tsb langsung sakit bahkan bs berhari2 dan disertai demam. Seperti yg sedang saya alami skr ini. Saya sudah foto panoramic dan tdk ada masalah dgn posisi gigi saya. Selama ini jika sakit spt ini tiba2 datang, saya menggunakan Cataflam agar saya tetap bisa makan. Pertanyaan saya, apakah tidak apa-apa saya selalu menggunakan Cataflam agar saya bisa makan? Karena di kemasannya tertera harus dengan resep dokter. Atau ada rekomendasi obat lain selain Cataflam? Karena biasanya setelah saya minum Cataflam, 4 jam kemudian nyeri kembali lagi.

    Mohon maaf kalau terlalu panjang. Jazakillahu khair.

    1. Hai Sari… saya juga pernah punya pengalaman yang hampir sama. ada gigi geraham terakhir yang mau tumbuh tapi terdesak karena ada gusinya,, suakit banget… waktu itu sempat tanya-tanya ke teman yang punya pengalaman sama, dan dia dibedah mulutnya,, saya takut dan nggak mau..hasilnya saya coba ngilangin nyeri dengan ponstan.. sekitar berapa lama ya,,lupa, tapi nggak setiap hari setelah itu hilang sendiri, gusi dan geraham saling menyesuaikan dan bekerja sama, jadi si empunya gigi gak perlu bedah, alhamdulillah (proses itu berlangsung hitungan tahun)

      cataflam itu termasuk obat keras, dan setiap obat keras harus dengan resep dokter. Sudah pernah konsultasi ke dokter gigi? klo foto panoramicnya bagus insya Allah gigi akan menempati posisi dengan sendirinya.

      Kalau Sari punya riwayat sakit lambung, sakit lambungnya akan semakin parah dengan penggunaan cataflam terus menerus (jangka lama) jadi sebaiknya tidak untuk jangka lama.
      Saran saya sebaiknya ke dokter gigi saja untuk mendapatkan solusi yang tepat
      mohon maaf juga kalau terlalu panjang🙂 wa iyyaki

  6. Numpang tnya y…,klw mengingat efek samping asam mefenamat sama diclofenak mana yg lebih sedikit menimbulkn resiko efek samping,prnah baca jg asam mefenamat disamping iritasi lambung jg bs mengakibtkn penympitan pembuluhdarah, apa Iya,bagaimana dgn diclovenak..saya sakit gigi blkng lobangny sdh 40 prsen,tp br akhir2 ini dikunjungi nyeri yg hebat,saya konsumsi cataflam duluny 1hr » 3 btr , hr ke 2 pakai asam mefenamat,bagus ny pakai mana y..?

    1. asam mefenamat dan diclofenak sama-sama merupakan obat anti inflamasi non-steroid dimana dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, terutama pada pasien yang memiliki faktor resiko penyakit jantung (kardiovaskuler). solusinya adalah dengan memulai pengobatan dengan dosis terapi minimal dan jangka waktu penggunaan yang sesingkat mungkin

      ada bengkaknya nggak? kalau iya lebih baik pakai diclofenak, dan kalau sudah nggak sakit, ke dokter gigi saja untuk dibersihkan dan ditambal.. semoga lekas membaik ya

      1. Hai ..mbak krissan,smg sehat slalu dan senatiasa dlm lindungan Tuhan YME,.Terima ksh atas email nya ya,sakit gigi saya sdh sembuh,atas saran ny mbak saya minum diklofenak habis 3 tablet,sdh sembuh,…Tapi maaf mbak saya mw nanya lg nih,apakah zat yg terkndung dlm diklovenak ada yg mengarah ke unsur narkoba gak,soal ny saya mau melamar pekejaan,tes urine adalah salah satu syarat ny,mohon pencerahanny ya….,trims

      2. @ Vino : syukurlah kalo sudah sembuh…
        diclofenak bukan merupakan zat aktif turunan narkotika jadi aman aman aja kalau mau di tes.. sukses ya..

      3. @ Vino : kalau obat batuk yang mengandung DEXTROMETHORPHAN itu merupakan zat awal dari narkotika tapi bukan narkotika.. jadi jangan minum obat batuk itu sementara ini sebelum tes

    1. @ Abeng :
      cefadroxil : antibiotik,, manjur. cuma biasanya kalau untuk gigi tu amoxicillin, kalau Cefadroxil lebih tepat untuk infeksi saluran napas.
      paracetamol : untuk beberapa orang manjur, tapi ada yang lebih manjur dengan asam mefenamat, tapi asam mefenamat tidak disarankan untuk pasien dengan sakit lambung/maag

      jika disertai bengkak, paracetamol saja kurang tepat, karena aktivitas anti radangnya kecil, lebih pas dengan diclofenak, demikian, semoga membantu

  7. gigi alhamdulillah ga sakit tp gusinya yg bengkak + sakit soalnya geraham bungsu mau tumbuh tapi tumbuhnya salah, stlh d ronsen gusi harus d operasi, d potong biar ga kegencet terus sm tu gigi yg salah tumbuh, cm blm sempet dpotong skrg lg kambuh bengkak + sakitnya ga tahan bgt, posisi lg d luar kota + ga memungkinkan untuk k dktr gigi yg bkn langganan/ biasa nanganin sy. obat pengurang rasa sakit yg paling manjur apa ya? pondstand, antalgin, asammefenamat sekali minum 2, smua ga mempan😥

    1. hai mbak Anggi.. sudah minum obat-obat itu ya?
      coba Cataflam yang D50 atau Cataflam Fast . Cataflam D50 : dilarutkan dalam air lalu diminum, bentuknya tablet putih. Cataflam fast bentuk sachet isinya puyer gitu diarutin air dan diminum, itu cepat berefek,, sebagai anti nyeri dan anti bengkak..
      Semoga bisa membantu

  8. slm kenal mbak, sy skg lg mengalami gusi bengkak lmyn besar. sy sdh minum cataflam. nyerinya langsung hilang tapi sktr 5 jam kmudian kmbuh lagi. bengkaknya jg gak berkurang. sy sd hbs 2 tablet. Kira2 hrs dtruskan atau gnti obat lain mbak? atau hrs ke dokter aja? tq mbak

    1. hai mbakyul, mungkin ada infeksinya itu, segera saja ke dokter dan sampaikan obat apa yang telah diminum beserta dosisnya supaya dokter tidak meresepkan obat yang sama ya,, semoga lekas sembuh.
      sementara belum ke dokter, untuk menghilangkan nyeri bisa pake cataflam dispers 50 mg atau yang cataflam fast tapi cukup 1 butir/1 sachet aja

  9. Maaf,saya mw tanya mbak..! Gigi saya bru berlubang kl siang itu nyeri kepala sebelah kl mlm menjelang pg itu giginya yg nyeri kayak mw bengkak… obat ap ya mbak yg cocok u/ sakit gigi yg aq alami.

    1. Revan : sudah minum obat apa? ya kalau sudah jelas berlubang sebaiknya ke dokter gigi untuk dibersihkan lalu ditambal.. sementara untuk mengatasi nyerinya bisa pake mefinal 500 mg (asam mefenamat) atau cataflam 50 mg diminum setelah makan ya. kalau sudah sempat ke dokter nanti kemungkinan diberi antibiotik yang harus diminum sampai habis dan penghilang nyeri yang lebih manjur lagi..
      demikian, semoga lekas sembuh ya

    1. Mbak intan : kalau untuk anak Paling aman paracetamol syrup, meskipun efek antiradangnya kecil tapi cukup menyembuhkan nyeri dan bengkaknya

  10. hari ini saya sakit gigi dan dianjurkan beberapa merk yg keburu saya beli yaiti kaflam dan licostan, terima kasih infonya, saya jadi tau efek dan penggunaan yg tepat utk masing2 jenis obat dan kategorinya.

  11. Hy mba,, saya sakit gigi (bolong) trus minum asam mefenamat 500mg + Clindamycin 300mg,, bisa nggk ?? apa ada efek samping?? Thanks

    1. @ Lizzie : Clindamycin itu antibiotik, kalo memang ada indikasi infeksi ya bisa minum itu, sesuai anjuran dokter . Gigi berlubang belum tentu infeksi tapi memang bisa berakibat infeksi..
      Kalau asam mefenamat untuk menghilangkan nyeri aja. Jadi kalo sudah terlanjur minum clindamycin, minum sesuai resep sampai habis ya

  12. Mbak mau nanya ni,sy sakit gigi dan gigi sy bolong,sy minum antalgi dan ampicillin skali lansung sembuh,tp sy gak minum lg,gak apa apa atw sy lnjut minum,?mksh

    1. @najwa : ampicillin itu antibiotik, meskipun sudah sembuh harus diminum sampai habis. Kalau sudah terlanjur tidak dihabiskan, untuk selanjutnya jika anda dapat antibiotik, diminumnya sampai habis ya meskipun satu butir saja bikin cespleng…
      begitu.. semoga nggak sakit gigi lagi

  13. Hallo semua, saya mau berbagi, sy minum obat cataflam 50 mg bertahan cuma 4 jam dan sakit lagi, akhirnya saya ke dokter dan diberi obat yang sama cataflam ditambah obat kumur Aloclair@plus oral rinse fungsinya meredakan nyeri secara cepat dan membantu proses penyembuhan rongga mulut, indikasinya membentuk suatu film pelindung yang akan menempel pada rongga mulut dan menjadikan barier mekanik pada daerah yg sakit sehingga menghilangkan nyeri akibat paparan terhadap ujung syaraf. Mendukung terjadinya proses penyembuhan yg alami dari jaringan yg rusak. Ternyata bisa bertahan cukup lama. Sy sempat berpikir kalau efek cataflam habis pasti sakit lagi, tapi setelah saya kumur dengan AloClair malah sakit hilang dan gigi bisa mengunyah, tapi masih berhati2. Semoga bermanfaat .

    1. @ Elia : terima kasih atas infonya Elia, benar sekali soal Aloclair ada juga sediaan yang gel untuk dioleskan, bisa juga untuk menghilangkan sariawan,. saat ini banyak dokter gigi yang meresepkan Aloclair, meskipun harganya cukup mahal, tapi efeknya cepat dan banyak yang cocok..

  14. Indah nya brbagi…….sangat bermamfaat bg yg mengalami sakit gigi,yg prnah sakit gigi mgkin boleh jengkel sama Megi Z serta pencipta lagunya,smoga sj mereka jgn prnah mengalami sakit gigi,krna sakit gigi rasanya tdk karu2an, saya prnah mengalami nyeri bgtu hebat pd wkt larut malam dr jam 2 sampai pagi tdk bs tidur,possi saya wkt itu lg dikmpung halaman, jauh dari fasilitas medis.Dari bawang putih,bawang merah atw apapun yg disarankan tetangga saya coba tuk mengobati gigi tsb,tp hasilny nihil,satu2nya cara yg saya lakukan adalah mengambil 1 baskom air,hingga sampai pg entah berapa baskom air yg saya habiskan, tp air ny bukan untuk di minum,melainkan dimasukkan ke mulut(berkumur),selama air itu msh dingin dlm mulut,nyeri nya agak kurang,tp kaena suhu badan panas, maka sebentar saja air dimulut itu sdh tdk terasa dingin lg,lalu buang air tsb dan brkumur lg,bgtulah seterusny smpai pg…., sekarang saya slalu menympan cataflam (bukan iklan ya..) tuk jaga2 ,yg direkomendasikn mbak Kriannisa..,makasih ya..mbak,moga sukses slalu….

    1. @ vinookta : hihihii geli baca ceritanya btw bisa tuh pake minyak cengkeh, ditaruh kapas terus dioles ke giginya atau dikompres gitu,
      alhamdulillah kalo ada manfaatnya, sukses selalu juga untuk vinookta, semoga nggak sakit gigi lagi deh🙂

  15. Sy mengalamj skt gigi krn lubang dan gusi bengkak. Utk saat ini skt gigi tsbt sdh aga ilang hanya msh linu, tp utk gusi sdh bengkak smpe terlihat di pipi bawah dkt leher. Sdh 12 hr jalan. dan 2x ke drg…mnrt drg ada infeksi kronis jd membutuhkan proses yg lama utk kempes. Sedangkan sy sdh sangat tersiksa dan pgn cepat di cabut saja. obat yg di anjutkan cataflam 25mg+clindamycn 300mg, smpe habis. Lanjut lg cataflam+nucoxic meloxicam 15mg,smpe habis. Skrng msh tetep bengkak..cataflam di ganti kaditic 50mg + clindamycin+sy coba gigi lubangnya sy sumpal pake kapas yg di olesi obat cap burung kakak tua. Berhub sy ada alergi tthd obat yg 500mg seperti amoxicilin, paracetamol,mefinal,dll (mata sy suka bengkak ky orng hbs dipukulin). Apa ada masukan utk obat yg lbh tokcer nan aman yg hrs sy konsumsi selain obat2 diatas? Berhub bsk bengkaknya memasuki hr ke 13😦 .

    1. @ yogie : hampir 2 minggu ya? Apa saran dokter? Apa nunggu kempes baru dicabut? Wah ada alergi obat ya berarti antalgin juga alergi? Padahal cukup manjur tu tapi harus pake resep dokter kalau mau yg sekalian penenangnya (danalgin, analsik, proneuron, dll)
      Berhubung alergi, cataflam yg fast aja bentuk serbuk (sachet) dilarutkan ke air,, semoga lekas sembuh dan hilang bengkak di pipi

  16. Mbak Gigi saya bolong dah minum asamefenamat tp g mempan tetep aja sakit,, obat apalagi yg lbih ampuh dan bsa dbeli tanpa resep dokter ya?

    1. @ bima : obat neuralgin yg isinya antalgin 500 mg juga manjur minumnya 3 kali sehari, kalau sdh ketauan berlubang, segera ditambal ya semoga lekas sembuh

      1. Saya pnya skit ggi kambuhan gra2 ggi saya pecah,,
        Bahkan ggi saya udah d bur 3x, soalnya setiap kmbuh hebat hrs d bur buat ngluarin gasnya,,
        Nah kebetulan ini sakitnya kambuh, sya mnumkan postan tapi selang bbrapa jam tlpak tangan n kki saya gatal, sblmnya sya mnumkan mefinal 500mg jg kagak mmpan,,
        Saya jg d anjurkan buat nambal ggi saya dgn catatan ggi yg brsngkutan dimatikan dulu bru d tambal, tp kan kalo gginya dmatikan lama kelamaan bkal mnjadi kehitamnan kan? Makannya sya nolak buat d matikan gginya,,
        Nah mnurut anda, saya hrs bagaimna? Udh mulai lelah sm sakit yg sring kmbuh & kmbuhnya d sebabkan ketika ngunyah,,
        Trimakasih bnyak🙂

      2. @ mas ibnu : ponstan dan mefinal itu isinya sama saja, sebaiknya penyebab nyerinya yg diatasi,, untuk kasus ini memang harus ditambal kalau nggak ya bakal kambuh,, sementara belum ke drg bisa minum cataflam fast bentuknya sachet sekali sehari jika perlu aja

    1. @ mbak fitri : Berdasarkan informasi di drug information handbook, tidak dicantumkan berapa dosis maksimal asam mefenamat (mefinal) dalam sehari. Aturannya untuk yg dosis 250 mg bisa diminum tiap 4 jam seperlunya dan maksimal penggunaannya adalah satu minggu
      Semoga membantu. Terima kasih

  17. saya pernah sakit gigi. saya minum cataflam 3x 1 sehari tanpa ada dosisi dari dokter. saya bli di apotik. saya minum pagi siang dan sore setelah makan…semetara sich ga ada keluhan…saya mau tanya…apakah aman ya? trimakasi

    1. @ tutdi : Pada dasarnya jika digunakan sesuai indikasi, cataflam aman. Namun karena efek sampingnya pada lambung cukup banyak terjadi maka tidak disarankan untuk digunakan jangka panjang paling tidak seminggu penggunaan. Demikian, semoga bermanfaat

  18. sis mau tanya dong saya sakit gigi geraham bungsu lobang2 dan harus dicabut tapi berhubung di rumah sakit itu dokter cabut giginya dah mudik terpaksa saya dikasi obat sambil nunggu tu dokternya mudik.. nah berhubung gigi saya gk bisa toleransi ampe 2 minggu.. saya besok berencana ke rumah sakit lain lagi buat cabut gigi tapi saya sudah minum clindamycin 300mg dan analsik.. saya browsing katanya tu clindamycin bs bikin asam lambung naek ya ? ada bbrp yg bilang stlh makan clindamycin ada gejala sesak nafas dan dada panas nyeri ulu hati sgala lah😦 padahal saya dah bilang ke dokternya dok saya punya asam lambung kronis dan ketergantungan omeprazole.. kok malah dikasi clindamycin ya😦 saya baru makan 1 tu clindamycin kira2 mending saya stop aja atau gimana ya sis ? soale dokter cabut gigi di rumah sakit b nya baru ada 2 hari lagi😦 tengkyu ^^

    1. Nindya , yang namanya efek samping itu sifatnya individual, jadi belum tentu terjadi pada dirimu,, cuma ya kalau ada riwayat sakit lambung biasanya dihindari penggunaan obat yang memicu asam lambung. setelah minum 1 kapsul nyeri lambung ngga? diminum setelah makan. kalau lambung aman, teruskan aja,
      itu dikasih ama dokter buat pencegahan infeksi aja.. obat nyerinya juga sebelum dicabut jadi pas nyabut udah nggak sakit, biasanya nanti pasca cabut masih dikasih obat antibiotik sama penghilang nyeri lagi..
      semoga membantu

    1. @ mbak Ima : alhamdulillah terima kasih mbak… asam mefenamat bukan antibiotik itu pereda nyeri aja, jadi tidak perlu sampai habis minumnya… terima kasih sudah berkunjung🙂

  19. Hai kak aku remaja 17th kata dokter gigi geraham atas ku udah sakit kronis perlu dicabut kata org kalo gigi atas dicabut bisa brpngaruh sm saraf mata apa bener? Aku dikasih resep obat sm dokter asam mefenamat 500gr cefradoxil 500gr sm dexamethason 0.5gr tp gusiku bengkak sampe pipiku bulet bgt kak ada saran obat yg manjur buat aku? Kalo menurut kakak aku minum resep obat dokter itu plus aku beli sndiri cataflam gmn kak? Mohon penjelasannya ya kak terimakasih.

    1. @ dewi oktaviani : gimana sekarang giginya? maaf ya lama balasnya
      kalau syaraf gigi itu banyak berpengaruh, sering kan sakit gigi trus kepalanya ikut sakit.. tapi kalo soal pengaruhnya ke mata., aku kurang tahu persis..
      dexamethasone udah bener tu buat ngurangin bengkaknya kalo mau ditambah cataflam bisa aja tapi asam mefenamatnya gak perlu ya, jadi salah satu aja.. dexa nya tetep gak papa cefadroxil oke

      biasa memang kayak gitu, aku dulu pas masih kuliah apa sma yaa gigi geraham belakang juga mendesak mau tumbuh, suakit banget ,,klo temenku di bedah mulut, gusinya dibuka..nah klo aku tak biarin aja cm minum ponstan beberapa lama gt hehe..alhamdulillah gusinya kebuka sendiri tanpa oprasi ..

  20. Ass.
    Mbak, saya sakit gigi nih karna graham ada lobangnya,mau ditambal ke dokter takut mbak.
    Jd saya minum Mefinal 500mg, baru sekali minum sih, tp kok masih sakit ya cenat-cenut?

    1. waalaikumsalam wrwb gimana sekarang sakitnya?
      kenapa takut hehe.. malahan enak tu dibersihin terus ditutup.. minta aja yang pake laser jd gak sakit.. coba deh ke puskesmas, klo di Jogja kayaknya ada..
      gak mempan pake mefinal ya? coba cataflam 50 mg atau yang cataflam fast (dilarutin ke air) setelah gak sakit, silakan ke dokter gigi ya

  21. mbak .. sy mau bertanya jika diresepkan obat cefadroxil 500 2xshr 1kaps , mefinal 500 3x shr 1 tab, dan stobled 3xshari 1tab.. itu utk sakit gigi kyk gmn ya mbak .. ? terimakasih ya mbak ..^O^O^

    1. Itu untuk sakit gigi dengan radang (inflamasi/bengkak) disertai perdarahan
      Lalu ada infeksi d gigi
      Cefadroxil sebagai antibiotiknya (sampai habis)
      Mefinal sebagai penghilang nyeri dan bengkak
      Stobled isinya herbal untuk mengatasi perdarahan dan inflamasi
      Terima kasih juga atas kunjungannya🙂

  22. Mba ,sy mau tanya skrg gigi sy sakit dan gudimya bengkak,sdh d kasih dokter gigi obatclindamycin 300 dan asam mefenamat 500 dg dosis 3×1, tp kenapa ya ud 2 hsri ngk ada perubahan,ttp ajs sakit dan bengkak,mhn infonya.tks

    1. Clindamycinnya diteruskan sampai habis, asam mefenamat bisa diganti dgn cataflam 50 mg seperti saran mbak elia
      (Bisa cataflam fast 50 mg yang bentuknya serbuk atau dispers yang dilarutkan ke air)
      Efektivitas asam mefenamat sebagai antiradang tidak sekuat kalium diclofenac (cataflam) kalau 3 hari belum sembuh sebaiknya datang lagi ke dokter yang bersangkutan
      Semoga lekas membaik ya

      1. Mbsk saya menyusui.. gigi gerahan kanan bengkak krn tambalan dilepas untuk di cabut minggu depan. Obat apa yg aman untuk mengatasi gusi yg bengkak ? Saya konsumsi asan mefenamat dan amoxilin. Dr meresepkan flagyl 500mg dan novalgin.
        Thanks..

  23. @ mbak Ratna , itu asam mefenamat sama amoxicillinnya dapet dari dokter? karena Flagyl juga suatu antibiotik cuma dia kerjanya beda dia membunuh bakteri yang anaerob (nggak butuh udara untuk hidup). Novalgin isinya metamizol golongan penghilang nyeri yang fungsinya mirip dengan asam mefenamat.

    Jadi kalo memang amoxicillin dapat dari dokter juga, minumnya ditambah flagylnya. Amox 3 kali sehari? Flagyl 2 kali atau 3 kali? itu bisa bersamaan..minumnya kalau bisa setelah menyusui ya
    untuk menghilangkan bengkaknya bisa pakai salah satu analgetik, saran saya yang novalgin, tapi setelah menyusui juga. Kira-kira jarak aman pasca minum obat ke menyusui lebih dari 2 jam
    semoga lekas sembuh

  24. Mbak numpang tanya.aku abis operasi gigi geraham belakang.lalu d ksh cataflam,clindamycin,dan paracetamol. Yg mau aku tanyakan knpa efek clindamycin itu sangat tidak bersahabat.dada serasa sesak dan bikin muntah.mohon maaf jika mau bertahak itu rasanya sesak sekali.mau menelan mknan pun sakit sekali di dada dan tenggorokan. Mohon info apakah ada cara untuk menghilangkan efek clindamycin tsb.saya sudah mencoba mnum air putih sebanyak mgkn.tetapi mah tetap nyeri di dada.mohon bantuan ny mbak.trims.

    1. @ mas rivan : maaf baru balas, apakah sudah habis clindamycinnya? Bisa jadi itu efek dari obat lain selain clindamycin tapi bisa juga clindamycin, efek samping itu bersifat individual dan untuk pengatasannya jika memang tidak dapat ditoleransi tubuh sebaiknya ganti dengan obat golongan lain. Clindamycin memang salah satu golongan antibiotik yang cukup kuat dgn beberapa efek samping terutama pada saluran cerna, tapi kalau untuk saluran napas saya belum pernah tahu.
      Untuk obat obat yg tidak nyaman bagi lambung pengatasannya dengan minum obat tersebut setelah makan.. Demikian, semoga lekas membaik ya

    2. Mas rivan saya juga sama merasakan efek clindamycin sesak sekali di dada, cara mengatasi efek clindamycin gmn ya mas ?? Thnks …

  25. Mbak numpang tanya, gigi saya sempat ditambal di puskesmas beberapa hari yang lalu, keesokan harinya gigi saya mulai sakit walaupun saya makan tidak mengenai gigi tersebut.. Ada teman yang menyarankan untuk meminum dahulu Omestan dan melihat perkembangannya.. Di kemasannya tertulis harus dengan saran dokter.. Ada kah sarannya.? Apakah saya harus mengkonsumsi saja sblm ke dokter atau bagaimana.?

    1. @ acong silakan minum omestan. Itu hanya penghilang nyeri sementara aja. Isinya asam mefenamat sama kayak ponstan, mefinal, lapistan..
      Memang semua obat keras harus dengan saran dokter seperti asam mefenamat itu karena tidak setiap orang tahan dengan sifat asamnya.
      Kalau memang saudara acong nggak ada masalah lambung, silakan minum omestan 3 kali sehari jika nyeri, maksudnya kalo satu aja dah hilang nyerinya ya sudah cukup
      Nanti kalau misalnya sakit lagi baru ke drg untuk diketahui penyebabnya
      Semoga nggak jadi sakit ..hehe..

  26. Saya mau tanya gigi saya berlubang tp ga bengkak saya coba konsumsi asam mefenamat+amoxcilin lumayan reda tp jd sakit di lambung krna memang sya punya riwayat infeksi lambung..saya coba k dktr gigi akhirnya gigi saya di bersihkan dn di tmbl smntara tp stlah 2 hr ini malah jd bengkak nyerinya gatal.. dokter cm kasih neuromec .. apa itu aman utk lambung dn dpt mengatasi sakit di gigi sya dn bengkaknya ???

    1. hai Junie.. waduh amoxicillin buat coba-coba hehe..
      itu bengkak setelah dari drg mungkin masih penyesuaian, apakah dikasih antibiotik sama dokter? kalo iya sebaiknya diminum ya sampai habis. kalo cuma neuromec aja itu isinya vitamin B komplex dan antalgin, lebih aman buat lambung. iya bisa untuk ngatasi nyeri dan bengkaknya
      semoga lekas sembuh

    1. Radang gusi biasanya pake cataflam, ponstan mempan.. Mungkin gusinya jadi infeksi ya?
      Aloclaire gel dioleskan (memang untuk penggunaan oral) , tapi mahal harganya.. (80-90rb) Yg aloclaire kumur kurang mempan..

  27. Kalo gigi geraham terakhir paling ujung bawah tumbuh (gusi bengkang dan sakit), sampai ngefek ke telinga kayak ditusuk (peradangan), kepala sakit dan ikut kayak ditusuk-tusuk, badan meriang dan dada deg-degan keras, gak bisa nelen karena kayak ada yang ngeganjal dan sakit, kira2 yang paling ampuh untuk ngurangin yang tak rasain itu apa ya? Ponstan cuma setengah hari efeknya, plis, dah 4 hari kayak gini😦

    1. Al : pendeskripsianmu keren banget ya, seolah olah yang baca jadi ikutan ngerasa ngilu . Cataflam yang fast, yang bentuknya serbuk, sachetan. Insya Allah manjur juga. ,tapi kalo penyebabnya ngga diatasi ya bisa kambuh lagi.. Itu syaraf di gigi kena yang nyambung ke kepala, makanya sakit banget..

  28. saya menderita sakit gigi karena gigi berlubang di geraham paling depan kiri, tapi nggak bengkak. saya sudah coba minum obat paracetamol, tapi hanya sedikit menghilangkan rasa nyeri-nya, paling lama setengah hari rasa nyeri-nya hilang. saya juga punya masalah maag. sebaiknya saya minum obat apa yah ?

    1. @ juni : kalau punya maag memang paling aman paracetamol. Kalau masih mau paracetamol, bisa obat yang bermereknya, seperti panadol . Kalau mau obat antinyeri yang aman ada antalgin, ada generiknya atau kalau mau yang brand bisa neuralgin (plus vitamin) minumnya 3x sehari 1 tablet setelah makan
      Itu gigi berlubangnya harus ditambal ya, hehe.. Semoga lekas sembuh🙂

      1. Mbak…Saya menderita sakit gigi geraham.. sudah 2 malam nga bisa tidur.. saran dari teman untuk konsumsi ibuprofen 400mg + cataflam 50mg.. apakah boleh di konsumsi bersamaan?? Sebelumnya sudah konsumsi ibuprofen namun tidak ada reaksi..

  29. @ hendrik : ibuprofen 400 mg dan cataflam 50 mg boleh diminum bersamaan tapi akan meningkatkan efek samping tidak nyaman di lambung, selama mas hendrik baik baik saja pencernaannya, nggak apa apa. beda halnya kalo sampai mual,
    ibuprofen bisa tiga kali sehari, cataflam dengan dosis 50 mg cukup sekali sehari aja.
    semoga sekarang dah sembuh ya

  30. Mbak mau nanya, saya punya penyakit alergi, dan saya di beri resep obat cefadroxil, asam mefenamat, dexamethason. Saya sudah mengkonsumsi obat itu 2 tahunan. Kira2 akan berdampak buruk gk y mbak,jika saya mengkonsumsinya dlam jangka panjang?
    Makasi mbak

    1. halo Ersa, obat alerginya dikasih asam mefenamat juga ya? apa merasa ada yg nyeri kalo pas alergi? pada dasarnya, obat obat itu tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang.
      alerginya apa? salah satu usahanya, kita mengenali pemicu alergi kita dan berusaha menghindarinya. kalo memang masih alergi, baru kita minum obat-obatan. alergi yang hanya topikal (dikulit) aja, bisa pake salep kecuali memang sangat mengganggu, bisa minum obat minum, seperti dexametason itu.. atau cetirizin, loratadine dan golongan anti alergi yang lain . terima kasih juga, sebaiknya kenali obat-obat yang kita konsumsi ya, bisa tanya ke apoteker di apotek atau dokter saat Ersa periksa

  31. assalam..

    makasih banyak info nya mba😀

    pengen tanya mba..
    dexamethason & asam mefenamat bisa diminum bersamaan ngga yah..?😀

    waktu itu sih pernah minum dexametjason & ibuprocen buat sakit gigi alhamdulillah baikan..

    ningung nih mau beli asam mefenamat apa ibuprofen di warung :v

    tambalan gigi saya udah bolong, insyaAllah segera ke dokter..

    makasih sbeelum nya yah mba🙂

    1. waalaikumsalam mba siti, terima kasih kembali,
      dexamethasone dan asam mefenamat memiliki mekanisme kerja yang berbeda, jdi bisa saja digunakan bersamaan, tetapi dari informasi yang saya baca, perlu pengatu
      ran dosis untuk ini. kalau dosis lazim asam mefenamat 500 mg, bisa diparo jadi 250 mg, untuk dexanya, pake yang dosis kecil 0,5 mg ya.
      kalau asam mefenamat dan ibuprofen sama cara kerjanya, cuma efek samping pada sistem pencernaan lebih minim ibuprofen. eh, diwarung jual ya? hehe.. ibuprofen aja🙂

      1. jadi sebenernya dulu saya pernah wasir & aga demam sdkit.. kebetulan gusi saya aga bengkak, tp karena berobat nyabke dokter umum, saya ga bilang sakit gigi nya :v

        klau ga salah saya dikasih 4 obat.. dexamethason, ibuprofen, vit., & antibiotik klau ga salah ciprofloxacin..

        efek lainnya, gigi saya yg bengkak ikut kempes mba :v
        jd smpe sekarang kadang saya beli dexamethason buat jaga2 sakit gigi.. klau ibuprofen beli oskadon aja..

        soalnya dlu kalau pake ponstan aja aneh nya malah ga mempan:/
        saya baru tau ibuprofen ada analgetik nya.. dikira saya cma antipiretik nya aja😀

  32. wah.. makasih bnyak lg buat info nya..
    cba ntar liat kadarnya brala mg..😀

    ada di warung.. maaf nih sbut merk dagang, hahhaa.. klau asam mefenamat skrg di warung ada yg jual ponstan mba😀 & pas liat oskadon yg biru, itu trnyata ada ibuprofen nya😀

    saya ga mnum amoxilin tanpa resep dokter.. saya ga berani :v & ga tau dosis nya..
    makanua paling saya cari antipiretik & antiradang aja😦 lbih enakan itu..

    wktu itu saya prnah berobat dikasih dexamethason mnum nya 2x sehari & ibuprofen nya klau ga salah 3x.. tp saya lupa kadar msing2 nya brapa.. tp saya cari dexametashon ke apotek pake merk & kadar yg sama bekas berobat :v

    makasih banyak mba, coba saya liat brapa mg kadar nya😀

      1. iya mbak Siti, ibuprofen ada aktivitas analgetik dan antipiretik.. Sip,, kenali obatnya dulu sebelum dipakai, kalau antibitok memang banyak yang salah penggunaannya, kadang ngga butuh antibiotik malah minum antibiotik.
        oh ada postan di apotek ya,, setahuku cuma obat batuk sirup, inzana, konidin, sama obat yang familiar di iklan aja..

        terimakasih juga udah share pengalamannya mbak… aku pernah dapet dexa tapi lupa tak minum apa engga hehe..

  33. maaf mbak mau tanya saya sakit gigi berlubang disertai gusi bengkak saya minum asam mefenamat amoxicillin sama dexamatason 3x sehari sudah 4 hari ini gak kunjung kempes bengkaknya n masih ada nyeri juga. apakah perlu ganti obat lain? kalo perlu obat apa ya?

    1. @ yeye, udah bener itu obat-obatannya, dexametason sebagai antibengkak juga.
      kalau sekarang masih bengkak juga, bisa minum kalium diclofenak 50 mg sekali sehari aja (bisa merek cataflam, kaflam atau yang lainnya) semoga dah nggak bengkak deh, maap ya respon telat🙂

  34. mbak, sy sakit gigi. kt dokter ada peradangan, tp nggak bengkak. sy diresepkan obat clyndamicin 3x sehari sama neuromec 1x sehari bila perlu.
    dokter memang menjelaskan,efek obat tidak lsg bekerja. tp nyerinya itu lho mbak….
    apa sy perlu menambah dosis neuromac atau obat lain ya mba? tolong penjelasannya. makasih…..

    1. @ liana : neuromecnya bisa ditambahin aturan pemakaiannya jadi 3 sampai 4 kali sehari, satu tablet. neuromec isinya antalgin sama vitamin B complex
      hentikan bila udah nggak nyeri.
      kalo clindamicin diminum sampe habis ya,.sesuai petunjuk dokter. cepat sembuh dan senyum lagi🙂

  35. Mau tnya mb, ini gigi sy berlubang dan sering sekali bengkak, kyaknya udah bengkak smpe 4 kali ini, sy periksa ke bidan ktnya bengkak bernanah, biasanya bidannya ngasih obat amoxicillin, dexamethasone, sm diclofenac sodium sembuh., tp ini udah 5 hr gk sembuh2 bengkaknya, apa ini krn udah kebal dgn obat itu? minta sarannya gmna? Terimakasih..

    1. @ aji : infeksi tuh,, sayangnya infonya kurang dosisnya.
      amoxicillin dosisnya bisa 500 mg 3xsehari, dexametasone bisa 0.75 mg (tapi sebaiknya 0,5 mg aja 3xsehari), dan sodium diclofenak bisa 50 mg (dewasa dosis sehari bisa 75-150 mg, kalo yg 50 mg berarti bisa diminum 3 x sehari jika nyeri)

      kalo dah sesuai semuanya tapi masih sakit, mungkin memang bakterinya sdh kebal sama amoxicillin (banyak kasus kebal amoxicillin karena penggunaan yg tdk tepat),
      Sebaiknya memang ke dokter gigi/puskesmas, sampaikan riwayat obat apa yang sudah dikonsumsi termasuk dosisnya biar jadi pertimbangan dokter buat menentukan obat yang lebih tepat. semoga lekas sembuh ya

    1. @rina : bisa diminum bersamaan, tapi penggunaanya berbeda. Cataflam untuk obat nyeri, diminum jika nyeri aja. Lincomycin antibiotik yang harus diminum sampe habis meskipun dah ngga sakit🙂

      1. Mbak nisa saya mau tanya mbak, efek obat clindamicyn kok bikin dada sesak ya mbak, ?? Mohon info nya mbak

      2. mas Bayu Putra :
        saya baca di sini http://www.patient.co.uk/health/antibiotics-leaflet
        brarti anda alergi sama clindamycin , sampaikan ke dokter yang meresepkan antibiotik tersebut kalo anda ngga cocok sama clindamycin.
        sebaiknya herntikan obatnya, sampaikan ke dokter dan harapannya dokter akan mengganti dengan obat antibiotik golongan lain yang lebih aman dan tepat sesuai penyakit mas Bayu,
        demikian, semoga bs membantu

    1. mbak Ika, untuk anak 5 tahun dengan sakit gigi disertai bengkak, bisa diminumkan ibuprofen syrup 100 mg tiga sampai empat kali sehari jika sakit (seperlunya) .
      contoh obat paten nya adalah proris syrup yg biasa (bukan forte),

      1. kemarin ke dokter dikasih amoxcilin kering. baru diminum 3kali dah gak bengkak. apakah harus dihabiskan obatnya? kata dokter kalo 3hari dah sembuh gak usah diminum lagi.

  36. assalamu’alaikum, mbak saya mau tanya, kalau sakit gigi sudah mendingan, trus tinggal bengkak gusinya dan kalu gusinya kena sikat gigi sakit sekali makanya kadang saya ga berani menyikat gigi yang gusinya lagi bengkak, buat ngilangin bengkaknya itu dikasih obat apa ya mba? trimakasih

    1. waalaikumsalam wrwb
      untuk ngilangin bengkaknya juga bisa pake kalium diclofenak (cataflam) karena sifatnya anti nyeri anti radang.
      bisa minum yang 50 mg sekali sehari sampai sembuh aja.. semoga cepat sembuh Ike

  37. mbak ika, maaf sekali baru balas.
    dokter menyampaikan seperti itu ya? biasanya memang amoxicillin sirup habis dalam 3 hari, tapi tetap harus dihabiskan.
    mbak Ika, sejauh yang kami pelajari, antibiotik
    harus diminum sampai habis meskipun sakitnya sudah sembuh, karena nanti menyebabkan resistensi pada bakteri tersebut. artinya nanti kalo anaknya sakit yang sama, dan dapat amox lagi, bisa jadi susah sembuh ngga seperti yg pertama., bisa jadi butuh dosis yang lebih tinggi atau harus ganti antibiotik lain yang lebih kuat.
    itu 3 kali langsung sembuh ya? bukan 3 hari?
    karena sudah terjadi, semoga bakterinya ngga kebal.
    di Apotek banyak sekali penjualan amoxicillin tanpa resep, dan ini sangat menghawatirkan. kalo penggunaannya ga tepat bisa terjadi resistensi. Ini pentingnya informasi yang jelas dari dokter maupun apoteker..
    kalo masih ada yang ingin ditanyakan lagi, silakan ya mbak Ika
    terima kasih.

  38. assalamu’alaikum
    mbak mau tanya ,saya sakit gigi berlubang dan tidak bengkak ,dan kadang kambuh ,bagusnya konsumsi obat apa mbak ?

    1. waalaikumsalam Vidi, itu kalau memang jelas berlubang, sebaiknya ditambal, karena kalo dibiarkan akan jdi infeksi dan tambah sakit nantinya, jadi sering kambuhan ya., sebaiknya memang diatasi penyebab nyerinya

      untuk nyeri tanpa bengkak, bisa pake antalgin (neuralgin), atau asam mefenamat (mefinal, ponstan)
      obat penghilang nyeri tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang ya, terima kasih sudah berkunjung🙂

    1. halo @miriam, iya boleh minum asam mefenamat dan spasmal bersamaan, apa ada kejang ototnya? kok minum spasmal juga

    1. waalaikumsalam wrwb
      mbak Riavidayana, iya, asam mefenamat ngga apa apa, tapi klo ada masalah lambung, sebaiknya jangan asam mefenamat, lebih baik kalium diclofenak (cataflam)
      Obat penghilang nyeri yang paling aman buat ibu menyusui adalah paracetamol dan ibuprofen, tapi saya sendiri kalau sakit gigi, nggak mempan minum paracetamol hehe..

  39. Ada yang tahu nich.klu cataflam fast untuk yang pernah operasi pasang ring pembuluh jantung stent apakah resikonya.sementara masih makanobat copidogrel,livalo dan trisedon juga losartan. nuhun buat bisa jawab.

    1. @sdr Hasan: cataflam alias diclofenac, saat ini tidak aman lagi untuk penderita penyakit kardiovaskuler (jantung), baru kemarin tertanggal 13 Juli 2015 BAPOM RI mengeluarkan surat pernyataannya.
      terima kaish informasi lengkapnya, clopidogrel, livalo, trizedon, losartan ya.. obat analgetik (penghilang nyeri) yang aman adalah Arcoxia, isinya etoricoxib
      terima kasih kembali

      1. @sdr Hasan, obat analgetik pengganti diclofenak pada pasien kardiovaskuler adalah naproxen 250 mg, 3 kali sehari, jika nyeri.
        kalau arcoxia ternyata masih belum banyak penelitian lebih lanjut, karena masih tergolong obat baru

  40. Salam dok
    Saya mau tanya, gigi geraham saya sebelah kanan bawah sakit, keliatannya giginya berlubang. Sekarang gusi nya bengkak, tadi di apotek disarankan minum asam mefenamat, cataflam, dan clindamycin.
    Saya belum ke dokter gigi, takut kena biaya mahal, asuransi jiwa saya juga tidak menanggung sakit gigi. Saudara saya pernah tambal gigi ke rumah sakit gigi dan mulut sebuah universitas negeri di Surabaya saja sudah habis biaya sampai 3 juta, apakah memang bisa sampai segitu biaya tambal gigi berlubang?

    1. @ Heidy : bagaimana giginya sekarang? kalau sudah membaik, syukurlah, clindamycinnya tetap dihabiskan ya.
      mungkin biaya 3 juta itu karena harus foto rontgen gigi atau cek lab lainnya, setahu saya nggak semahal itu,. tambal gigi dengan laser saja nggak semahal itu, saya pernah tambal gigi dgn laser di puskesmas.
      salah satu point yang mahal adalah foto panoramic gigi (rontgen gigi)

  41. Terima kasih atas infonya mbak, skrng saya sedang sakit gigi. Tapi saya alergi terhadap obat2 tersebut. Hanya bisa minum paracetamol, namun efeknya sangat kecil. Baiknya bagaimana ya?

    1. kalau ada minyak cengkeh, bisa tu, ditaruh kapas, trus oleskan ke gigi yang sakit, sifatnya sebagai antiseptik.
      antalgin dan asam mefenamat juga alergi ya?
      kalau paracetamol yang branded mempan gak? hehe maaf kalo sebut merek . panadol biru, pamol.
      habis sikat gigi, bisa kumur pake betadine gargle juga. semoga cepet sembuh ya

  42. Hallo Dok🙂, Dok, gigi geraham bawah saya berlubang, baru beberapa hari ini terasa nyeri, pagi hari saya coba minum cataflam 50, setelah minum 15-30 menit kemudian bukanya mereda sakitnya malah terasa perih sangat wuuuuaahhh !!!😦😦 di gigi saya, setelah selang 1 jam baru mereda, kemudian siang hari saya coba minum lagi terulang kembali rasa perih + sakit sekali😦😦😦, kira-kira kenapa ya Dok ? apa tidak cocok ? terima kasih Dok

    1. Hallo juga mas Bobby, saya bukan dokter tapi apoteker🙂
      habis minum cataflam dosis 50 kok malah nyeri ya? bisa jadi nggak cocok, atau bisa coba mulai dengan dosis terkecil yaitu 25 mg. kalau minum antalgin gimana? neuralgin misalnya, bisa juga buat sakit gigi
      semoga lekas sembuh

      1. Hallo mba Kris, terima kasih untuk balasannya🙂, benar mba mungkin tidak cocok😀 ya, soal saya baru 1x ini sakit gigi, teman bilang minum cataflam 50 untuk nyerinya, lalu saya penasaran malam coba minum lagi … wuuuuaahhhhh >.< !!! hasilnya sama sakit hebat😦 , esoknya cepat ke Dokter😀, perawatan dulu hehehe … sekarang sudah tidak sakit, belum sempat coba antalgin / neuralgin mba😀, saya siapkan dech jaga" pas sakit lagi, terima kasih mba Kris buat semua saran nya !! sukses selalu buat mba Kris🙂

  43. mas Bobby , terima kasih cerita pengalamannya, kalau tidak cocok cataflam berarti reaksinya malah sakit banget ya, padahal udah dosis yang tinggi. Syukurlah kalo udah ke dokter, semoga cepet sembuh ya. Sukses juga buat mas Bobby

    1. Aslkm. Mba annisa, untuk sakit gigi bolehkah parasetamol 500 diminum bersamaan cataflam 50 ? Kebetulan saya ada riwayat hipertensi. Tks atas jawabannya

      1. waalaikumsalam wrwb sdr Hubbi, trima kasih pertanyaannya
        cataflam dan paracetamol bisa diminum bersamaan hanya aturannya yg paracetamol 500 mg bisa 3 kali sehari, yang cataflam 50 mg cukup sekali sehari.
        kalau ada hipertensi, sebaiknya minum yang paracetamol aja, panadol biru misalnya, karena cataflam (kalium diclofenak) ada efek samping ke jantung. hipertensi berbeda dengan penyakit jantung, tapi merupakan salah satu faktor resiko kardiovaskuler, untuk itulah hipertensi harus dijaga tetap dalam range tekanan darah normal. Semoga cukup dengan paracetamol aja udah sembuh ya

  44. mau tanya. saya sakit gigi karena gigi berlubang. sudah 1 bulan dan sudah kedokter. sudah diberi amoxicillin dan asam mefenamat. setelah minum obat, gigi berangsung membaik. tp setelah 2 minggu, kambuh lagi. sebaiknya bagaimana ya? antibiotik sudah habis jg. mohon bantuannya. makasih

    1. @ sdr Abigail,terima kasih pertanyaan dan riwayat pengobatan yang rinci.
      kemungkinan infeksinya belum sembuh tuntas. Apakah dokter tidak menyarankan untuk ditambal? jadi setelah pengobatan selesai (dah nggak sakit), bisa langsung dibersihkan dan ditambal.

      Kemungkinan lain, bakteri penyebab infeksinya sudah kebal dengan amoxicillin, sehingga butuh obat golongan lain seperti clindamycin. kembali lagi aja ke dokter agar diresepkan antibiotik yang sesuai.
      kalau mau pengobatan nyerinya, bisa minum antalgin, atau asam mefenamat lagi.
      demikian, semoga bisa membantu

    1. @abigail , sakit giginya biasanya dipicu sesuatu ngga? misalnya minum panas atau dingin.. kalau iya, itu harus dihindari. kalau tiba-tiba sakit begitu aja mungkin belum tuntas antibiotiknya kamaren. sementara ini, setiap kambuh bisa minum penghilang nyeri dulu.. semoga gak kambuh lagi

  45. Mbk mau tny,ini sya lg ngalamin gigi geraham tumbuh di knan bwah,sakitny minta ampun smpe gusi sya bengkak dan leher skit,bdan meriang.sudah k dokter gigi dan d kasih amoxilin plus antalgin,tp bengkakny kok ttp y.kmrn smpt aq liat pke kaca,brdarah sdkit.slain itu tumbuhny bru kliatan stengah.yg stengah lg msih ktutup gusi,dan gusinya itu mulai mmbuka.aq takut klo ad sisa mknan yg msuk mlh bkin skit gk karuan.ap yg harus sya lkukan mbk?trmksh

    1. hai Nariswari, sama kayak pengalamanku tuh, suakit banget.. iya, sama tumbuhnya setengah, yang setengah ketutup gusi..tapi waktu itu aku cuma minum ponstan aja setiap kali sakit. setelah itu ngga sakit lagi, dan gusinya buka sendiri. sementara temen yang sama kasusnya, butuh dibedah gusinya, tapi habis itu bebas giginya nggak ada gusi yang nutupin.

      sekarang gimana? kalau masih bengkak, minum cataflam fast aja, yang bentuknya sachet, sekali minum. coba sekali sehari.
      usahakan makannya pake gigi sebelah kiri dulu. susah memang kalo gak biasa, tapi dicoba aja.. semoga gapapa yaa,, tambah dewasa aja hehee…

  46. Salam kenal mba kris,
    Mau tanya, saya sudah minum asam mefenamat+amoxilin+metronidazol, tp bengkaknya blum kempes jg,,saya mau coba cataflam d50 tp anti biotiknya boleh diminum bareng gk yah(amoxilin or metronidazol),,terima kasih

    1. @dindie, salam kenal kembali,
      iya, antibiotiknya diteruskan, bareng gapapa.
      asam mefenamantnya diganti cataflam d50. cataflamnya sekali sehari aja, semoga dah sembuh ya,, terima kasih kembali

  47. saya mau tny mba, tiba2 kan gusi saya paling belakang sebelah kanan bengkak. dan sakitnya sampai ke leher. sampai rasanya tdk bs menelan makan krn sakit bgt.
    berhubung dokternya baru ada 4 hari yg akan dtg, saya coba meminum Kaflam dan obat kumur tantum verde benzidamine, apakah sesuai dgn sakit saya mba?
    atau perlu danalgin?

    1. @vemy , iya sudah sesuai dengan penyakitnya. semoga mempan ya.
      apa punya danalgin? karena danalgin harus pake resep dokter karena mengandung diazepam (psikotropika). kalau tidak mempan dengan kaflam dan obat kumurnya, bisa ganti dengan danalgin seperlunya aja (kalau 1 tablet dan bisa sembuh, hentikan-nanti jadi ketergantungan) semoga ngga perlu danalgin ya🙂

  48. Gan.. mau nanyaa.. saya dah berhari hari ini kayaknya mau seminggu.. gusi saya bengkak efeknya dah sampe perubahan pada pipi alias pipiku smpe bengkak.. akhir2 ini mulai banget nyeriinya.. aku dah minum amoxicilin awalnya di kasi panadol krna saya masih menyusui.. katanya ngak aman minum antibiotik sama obat kek asamnefenamat dll krna menyusui.. ngk nahan jadi saya lsg minum cataflam.. nyeri nya cpt ilang.. tpi cepetann mana buat bisa nurunin bengkak yg bengkak banget..? Obat yg tepat gitu.. apa yg harus saya lakukan.. mama bilang pake antalgin sama amoxicilin krn ttangga sama kek saya bengkaknya lsg turun.. kata suami cataflam.. dilema saya.. kebnyakan minum obat anak saya gimana? Rencana mau ke dokter tapi pengennya turun dulu biar smpe sana ngk berlbelit2.. mau lsg saya copotin aja giginya..

    1. halo, iya, cataflam aja. apa amoxicillinnya sudah habis? kalau sudah terlanjur minum amox harus dihabiskan ya, paling ngga selama 3 hari.
      karena cataflam sifatnya digunakan jika nyeri aja, jadi minumnya bisa setelah selesai menyusui, anaknya insyaAllah gapapa🙂

      1. Ass
        Mbak mau tanya gigi geraham aku mau tumbuh kyak ketekan gt digusi sampe ke leher dibuat nelen sakit awalnya aku kasih clindamycin sama asam mefenamat trs msh skit ak bwa kedokter dan dikasih prednison pamol dan yg clindamycin itu dsruh hbiskan? Apa aku hrs hbskan yg prednison sama pamolnya?
        Terima kasih

    1. hai Wiwie. Sebenernya paracetamol dan antalgin memiliki kesamaan efek. jadi kalau bisa hanya dengan paracetamol aja dah sembuh, ngga perlu pake antalgin. tapi kalau dengan paracetamol ngga sembuh bisa aja ditambah antalgin, atau ganti paracetamol -antalgin dengan yang lebih kuat misalnya cukup satu macam kalium diklofenak.

      efek samping yang paling ringan adalah parasetamol dibandingkan dengan obat penghilang nyeri yang lain

  49. Ass
    Mbak mau tanya gigi geraham aku mau tumbuh kyak ketekan gt digusi sampe ke leher dibuat nelen sakit awalnya aku kasih clindamycin sama asam mefenamat trs msh skit ak bwa kedokter dan dikasih prednison pamol dan yg clindamycin itu dsruh hbiskan? Apa aku hrs hbskan yg prednison sama pamolnya?
    Terima kasih

    1. waalaikumsalam Wulan, sakit banget tu..
      bengkak ya? makanya dikasih prednison untuk antiradangnya.
      clindamycin harus dihabiskan ya. prednison sama pamolnya ngga usah dihabiskan
      cepet sembuh ya
      terimakasih kembali

      1. Mbak kalo boleh nanya
        Aku lg hamil muda 8 minggu.
        Tiba2 gigiku yg lubang jd sering bgt sudah 3 hari ni sakit bgt setiap makan lembut makan kasar langsung sakit smpe ke ubun rasanya.
        Dikasih paracetamol ga mempan.
        Pas seblum hamil sih tidak pernah sakit gigiku yg lobang ini.
        Kira2 obat anti nyeri apa yg aman buat bumil ya… terimakasih banyak atas bantuannya mbak nisa

  50. halo mbak dianika, selamat ya atas kehamilannya.
    pada dasarnya, hanya paracetamol obat anti nyeri yang paling aman untuk ibu hamil,
    saya tidak bisa menyarankan selain itu tanpa persetujuan dokter.
    bagaimana kalau minum paracetamol yang brand seperti panadol biru? atau pamol?

    kehamilan baru trimester pertama ya, kalau trimester kedua, bisa minum ibuprofen. kalau trimester ketiga, obat golongan NSAID tidak disarankan untuk ibu hamil

  51. udah sering menggunakan obat” tersebut tp rasa nyeri ga hilang sama sekali datang k dokter malah terus”an d kasih obat dan hasilnya sama..padahal katanya harus operasi kecil+pencabutan gigi.. dan posis giginya harus dalam keadaan tidak sakit kalau mau operasi kecil+dicabut..sesangkan sakitnya ga ilang” itu jadinya gmn ya? kan bingung jadinya

    1. @neng : udah jadi cabut gigi kah?
      sebaiknya jika penyebabnya adalah gigi yang rusak, harus dicabut, saat udah ngga sakit gigi. jadi obat penghilang nyerinya cuma buat mengatasi nyeri, setelah ngga nyeri, baru dicabut.

      kemarin temen juga ada yang ngeluh sakit gigi. minum obat macem macem ngga sembuh. terus ke dokter gigi, ternyata syaraf giginya yang kena. syaraf yang mati itu di ambil, dan sekarang dah ga nyeri lagi..

  52. .dlu prnh sakit hingga bengkak dipipih..tpi stelah aku minum cataflam yg 50 mg,sakitx ilang dan bengkakx hilng dibntu dengan koyo cabe..alhmdulilah smbuh..
    Tpi sekarng..sakitx balik lagi,,malh tmbh perih dri yg dlu..bedax ini pipi sya gk bngkak..cuman gusi sya yg dalm gk bisa rapat dengan yg atas..mngkin bngkakx didalm yah..dan sdh bbrpa macm obat analgetik yg ku makan termasuk kataflam pun skrng gk mempan lagi..emng sih aku liat lubangx sdh trllu dlm dan curiga sya ini sdh mngenai lapisan pulpa atau uratx..satu”x cara yg sya tau kali ini ialh dngn mmbawax ke dokter..tpi mslhx adalh sya tdk punya biaya..krna sya tau biaya pngobatan gigi itu mahal apalgi smpai melakukan rotgen.dan sakitx ini sudah ada 3 hri..slma 3 hri itu pula sya jdi sush makan..tiap kli mau makn hrus ditmbal dlu pke kapas biar makanx gk msuuk gigi yg brlubng..dok saranx…trimksih

    1. ponstan juga ngga mempan? atau neuralgin..
      memang kalau sudah sampai syaraf nya pasti sakit banget, biasanya tindakannya diambil syaraf yang mati.
      sdh coba ke dokter gigi di puskesmas? saya dulu pernah tambal gigi di sana, lumayan murah dari pada di dokter gigi yang umum.. sembuh juga. atau pakai BPJS, dicover ngga ya?
      karena sama aja kalo kita minum analgetik, sifatnya hanya menghilangkan sakitnya dengan sesaat aja

  53. Kemarn saya baru dari dokter gigi. Nah digigi saya yang boloong ini tumbuh daging gede diksh resep obatt cataflam 50 mg 10 tab dan cefadroxil 500 mg 10 tab.. tp digigi saya yg booloong juga diksh obat katanya buat kempesin dagingnya dulu Disemen gtu. Baru setelah 1 mggu katanya liat dulu hasil rotgen dan dicabut. saya binggung ggi saya yang ini tidak nyeri … apakah saya ttetep minum cataflam ssampai habis?

    1. salah satu tujuan cataflam dari dokter mungkin untuk membantu mengempiskannya, meskipun engga sakit, karena kalau mau melakukan tindakan harus dalam kondisi baik, engga nyeri maupun bengkak, setau saya sih gitu,
      jadi saran saya diminum aja sesuai anjuran dokter, dan dilihat nanti 1 minggu kemudian..
      semoga masalah giginya tuntas tas yaa

  54. halo mbak, gigiku berlubang dan sedang mengalami gusi bengkak. Saat ini saya sedang mengkonsumsi obat cyndamesinal, mefinal dan cataflam. Masing2 saya minum 3x sehari.
    Pertanyaan saya, apakah dosisnya sudah benar? dan apakah semuanya harus saya habiskan meskipun nanti sakit sudah hilang. Terimakasih..

    1. @Nadya, clindamycin , mefinal, dan cataflamnya masing masing brp mg dosisnya?
      kalau cataflamnya dosis 25 mg, minum 3 kali sehari sudah benar, tapi kalo cataflamnya 50 mg, minumnya 1-2 kali sehari aja (biasanya sekali sehari)

      yang perlu dihabiskan hanya antibiotik Clindamycinnya aja, mefinal sama cataflamnya hanya jika nyeri atau bengkak aja🙂

  55. Mbak..saya baru saja dari dokter gigi,katax ada gigi bungsu yg baru tumbuh,rasanya sakiiitt banget! Bengkak,susah ngunyah,susah kumur2,susah ngomong,kyk ada gusi yg mengganjal makax gigi atas n bawah g bisa rapat,kata dokter gigix yg mau tumbuh gak punya cukup t4 makax gusix terjepit n bengkak.nah sm dokter di kasih obat Clindamycin dan Analsik 500mg..apa minum obat sj cukup atau sy harus bedah gusi? Tolong infox..terima kasih

    1. @Riri, makasih pertanyaannya. itu obat yang diberikan dokter ada antibiotik untuk mencegah infeksi, analsiknya penghilang nyeri.
      ada tipe gigi yang nantinya bisa ‘tertata’ dengan sendirinya tapi ada yang butuh dibedah atau dicabut gigi yang menghalangi. seperti saya dulu, cuma minum ponstan, seiring bertambahnya umur, giginya tertata sendiri.. beda sama temen saya yang butuh di bedah..
      nah sekarang mungkin dokter mau lihat dulu perkembangannya, selagi masih bisa tanpa bedah, akan dicoba dengan obat aja..
      semoga cepet sembuh, tanpa bedah🙂

  56. Mbak,saya sdg hamil 8 bulan..gigi geraham kiri atas sy patah dan tinggal sebagian saja..sekarang sering nyeri,2 hari kmrn sy mnm asam mefenamat dan blm tau kalau tidak diperbolehkan untuk ibu hamil tm 3..klo sudah terlanjur dikonsumsi apakah bs dinetralisir?saya takut efeknya berpengaruh ke janin..

    1. @ibu Ayu, maaf baru balas. pemberian asam mefenamat pada ibu hamil trimester 3, diperbolehkan dengan pertimbangan manfaatnya lebih besar dibanding resikonya. cuma minum 1 tablet kan ya ? insyaAllah ngga apa apa

  57. Assalamualaikum mba ..

    Gigi bungsu bawah saya tumbuh miring mba, yg sebelah kiri gigi depan si bungsu jadi patah & bolong (termasuk si bungsu)
    Yang kanan gigi depan si bungsu jadi bolong dan tumbuh polip
    Katanya dokter harus operasi bedah mulut, yg mau saya tanya yg di cabut si bungsu aja atau gigi depan si bungsu juga ya biasanya ? Dan rencananya mau pake behel juga

    berhubung janji sama dokternya masih minggu depan untuk bedah mulut, si gigi bungsu sebelah kiri selalu sakit. Minum parasetamol udh ga mempan. Sebaiknya minum apa ya mba ? Biar pas ketemu dokter udh ga sakit n bisa langsung cabut ?

    Terimakasih sebelumnya, wassalam

  58. Assalamualaikum mbak… saya sekarang lagi sakit gigi,nyeri sekali tapi gusi gak bengkak. Sudah minum kaditic tapi sakitnya gak ilang juga. Biasanya setiap kambuh minum kaditic sudah hilang nyerinya. Kira2 obat apa ya yang cpt ngilangin rasa nyeri??? Trmksh sblmnya.

    1. waalaikumsalam wrwb
      dah minum kaditic ya, itu kalium diclofenak. kalau ponstan udah?
      obat sakit gigi biasanya yang mempan tu ponstan (asam mefenamat) atau antalgin

  59. Terima Kasih atas Infonya, saya cuma mau tau kalau kombinasi Cataflam 50mg + Clindamysin 300mg , dibolehkan atau tidak?.

    1. @Dewa Cataflam 50 mg dan Clindamycin 300 mg boleh dikombinasi, cuma, cataflam diminum jika nyeri aja (50 mg sekali sampai 2 kali sehari), seperlunya aja. sementara, clindamycin harus dihabiskan, meskipun udah ngga nyeri

  60. kak , aku mau tanya nih . aku sering sakit gigi . gigi nya bolong ngga parah kok bolongnya , tapi sakitnya itu mashaAllah bgt, sampe cenut2 kekuping . aku udh minum obat apa aja, bahkan semua obat yg dianjurkan diblog ini pernah aku minum, sampe2 aku dibawa kerumah sakit, atau ke dokter spesialis gigi . tapi ngga ngaruh, paling cuma setengah jam nyeri ilang, lepas itu dateng lagi . kasih masukan dong kak . kira2 ada obat yg lebih manjur lagi atau tidak ..

    terimakasih !

  61. @Herlinda: Neuralgin udah ya? kalo dari dokter spesialis gigi dapet apa? Danalgin? (Antalgin plus diazepam)..
    saran dari dokter gigi apa? soalnya mungkin itu syaraf giginya kena, jadi tindakannya dicabut biasanya.. kalo cuma ditambal aja masih mungkin kambuh lagi..

    atau bisa jadi infeksi di lubang giginya, jadinya nyeri banget
    kalau obat penghilang nyeri yang manjur lagi untuk sakit gigi apa ya..
    kalo memang ada infeksi, kombinasi obat antibiotik sama obat penghilang nyeri bisa menyembuhkan.
    antibiotiknya ikut resep dokter, saya ngga bisa menyarankan di sini karena saya apoteker, bukan dokter🙂
    semoga segera teratasi ya

  62. Assalamualaikum. Saya sedsng sakit di bagian akar gigi. Jd badan giginya sudah tidak ada. Apakah akar gigi hrus dicabut dan diberi gigi palsu? Krna stiap saya makan, ada makanan yg masuk kesitu, dan langsung nyilu berkepanjangan..
    Biasanya saya ambil sisa makanan yg nyangkut, kumur2 dan minum obat. Ponstan, Mefinal, Kataflam udah. Kataflam yg paling cepat hilang.
    Cuma saya sudah minum oskadon jam 8 malam, berpa jam lg saya bs minum obat kataflam?

    1. waalaikumsalam wrwb
      terima kasih pertanyaannya. sepertinya sakit banget yaa,, mungkin memang sebaiknya akarnya dicabut, pemasangan gigi palsu juga bisa jadi solusi, coba konsultasikan dengan dokter gigi ya
      oskadon bisa diminum 3 kali sehari, jadi besok pagi habis sarapan juga ngga apa apa… mulai jam 5 pagi udah bisa minum oskadon lagi

  63. Mba, kalo arcoxia boleh diminum bersama dengan asam mefenamat ga? Saya di kasi resep dokter clindamicyn dan arcoxia, tapi sakit nya masih terasa, sebelum ke dokter minum asam mefenamat mereda sakitnya, makasih mba.

    1. arcoxia isinya beda sama asam mefenamat. arcoxia sama sama antinyeri, anti radang, tapi lebih aman buat lambung karena mekanisme kerjanya yang beda. mbak Diah ada masalah lambung? kalau iya, mending pake arcoxianya aja mbak, asam mefenamatnya ngga usah. tapi kalau misalnya ga masalah sama asam mefenamat, bisa diminum bersama dengan arcoxia. cepet sembuh ya

  64. Salam kenal mba, saya mau tanya.. Mefinal 500gr itu diminum 3x sehari aman gak ya? Adik saya yg kelas 2 smp sejak kemarin nyeri di giginya yg berlubang dan minum mefinal, tapi selang 4 sampai 5 jam kembali merasakan nyeri. Atau adakah obat yg lebih aman? Dan berapa anjuran minumnya dalam sehari?

    1. @princesseir : mefinal 500 mg 3 x sehari aman untuk adik yang kelas 2 smp
      iya, memang bener krn sifatnya hanya pereda nyeri aja.jadi begitu efeknya hilang, sakitnya bisa kambuh lagi
      sebenernya yang harus diatasi ya penyebab sakit giginya.. misalnya memang harus ditambal, ditambal aja biar ngga nyeri lagi..
      kalau obat yang lebih aman, ya paracetamol, tapi kurang mempan kalau saya. saya lebih suka antalgin (neuralgin) untuk sakit gigi. antalgin 500 mg 3 kali sehari, setelah makan

  65. Assalamualaikum mba mau tanya.. saya sudah 2 hari sakit gigi,, sepertinya gigi geraham saya tumbuh.. saya sudah minum cataflam 50mg 7x selama 2 hari ini soalnya sakitnya g tahan.. cataflam nya beda2 efeknya.. kalo malam baru 4 jam sudah kerasa sakit lagi.. terakhir saya minum cataflam jam 1 malam.. apa saya boleh minumcataflam lg? Skrg sudah lewat 12 jam.. masih sakit banget mba
    Terimakasih

    1. @Shitta waalaikumsalam wrwb
      maaf ya baru balas
      cataflam itu salah satu efek sampiingnya adalah pada saluran cerna,. kalau kamu ada masalah di saluran cerna, sebaiknya jangan banyak banyak minumnya,,
      tapi kalau ngga ada masalah sama lambung/saluran cerna, bisa minum cataflam, yg 50 mg maksimal 3 kali sehari (150 mg)
      durasi penggunaanya seminggu ya, kalau masih sakit, baiknya ke dokter supaya diatasi penyebab sakitnya

      kalau antalgin (neuralgin) gimana? mempan ga?

  66. Assalamualaikum mba nisa..
    gigi Graham kiri atas saya sdh tanggal, gusi nya sakit nya super skali .aneh nya apabila rebahan atau posisi tiduran, sakitnya makin menjadi2. Tapi klo saya duduk atau berdiri sekejap hilang. Apakah ada hub nya dengan aliran darah ke kepala dengan posisi horizontal akan lbh menekan ke rasa sakit di gusi. Saya mengkonsumsi panadol extra Dan cefradroxil 500mg untuk rasa sakit. Ada masukan mba? Emosi mbaa klo tidur mlm nyerii😦

    1. waalaikumsalam wrwb Kiki

      maaf telat balasnya, jangan emosi ya hahaa.,
      iya, bisa jdi ada pengaruhnya dengan posisi tubuh.
      panadol ektra kurang membantu, lebih baik ponstan atau antalgin..
      cefadroxil digunakan jika ada indikasi infeksi. sejauh ini udah konsul ke dokter belum?

      1. Hai mba nisa..
        Hohoho pantesan aja nih nyeri msh betah gegara panadol ga ngaruh.. Akhirnya stlh 5malem emosi jiwa ga bisa tdr, aku minum neuralgin rx + amoxillin 500mg . Lumayan, di kantor bisa konsen kerja, tdr nyenyak.

        So, jgn percaya yah mba klo lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati..
        Hehehe.. Sakit gigi lbh sakit lahir batin Shay….😊😊😊

        Thanks ya mba nisa.. Blog nya banyak manfaat nya

  67. @Kiki, waahh akhirnya, memang antalgin lebih mempan, kadang kalo sakit kepala yang agak berat juga antalgin obatnya
    syukurlah bisa kerja dan bobok nyenyak ya
    hihiiii iya sakit gigi tu beneran ga nyaman
    seneng kalo bisa manfaat, bisa sharing pengalaman juga lewat komen2nya
    makasih yaa good luck buat Kiki🙂🙂

  68. Mba skrg sy lg skit gigi, giginya tnggal akarnya sja, trus gusinya bengkak smp pipinya jg bngkak, trus sm dkter diresepkan amoxan dn mefinal, tp brhubung msh mnyusui jd dokternya ganti mefinal dn cataflam.. apa kh aman mengonsumsi mefinal dn cataflam bersamaan?

    1. @fiqhy: makasih pertanyaannya. kok aneh ya, amoxannya malah dihilangkan, padahal amoxsan kan antibiotik yang isinya amoxicillin, dan amoxsan itu aman buat ibu menyusui… malah resepnya dobel analgetik penghilang nyeri.. hmmmm, mungkin dokter punya pertimbangan sendiri

      sebenernya aman aman aja mefinal dan cataflam diminum bersamaan, hanya nanti bisa meningkatkan efek samping gangguan pencernaan (nyeri lambung).
      kalau bengkak biasanya cukup dengan cataflam, kecuali memang nyeri sekali, bisa dikombinasi dengan mefinal

  69. Mba saya jg lg sakit banget nih giginya + bengkak jg walaupun ngga tll besar. Bukan berlubang lg tp gigi sy patah2 smp tingga 30% gitu. Sy dianjurkan teman yg dokter umum utk minum Ponstan 500mg 3x sehari & Tequinol 500mg utk antibiotiknya diminum 2xsehari smp habis (5hari).
    Sekarang sudah hari ke 2 minum obat2an itu & msh sakit sekali.
    Ptanyaan saya biasa antibiotik itu efek kesembuhannya ssdh brp hari sih mbak & Ponstan bisa ngga diminum sampai 4x sehari & boleh dminum smp brp hari? Sy takut efek samping kll pmakaian tll lama. Krn tunggu smp 8 jam tll lama. Kadang baru 5-6 jam sdh sakit lagi cekot2 smp pusing..
    Terima kasih banyak sblmnya mbak & GBU

  70. @wienny hallo.. biasanya kalau pakai antibiotik, rasa sakit akan berkurang setelah 3 hari, tapi ada juga infeksi yang butuh lebih dari 3 hari sampai hilang sakitnya. saran saya, minum Tequinol (ciprofloxacin) sesuai saran dokter, sampai habis. mungkin itu sakitnya karena syaraf giginy juga ikut kena. setelah agak mendingan, konsul ke dokter gigi ya, dia lebih tau penanganan yang tepat.

    ponstan, saya tidak menyarankan 4 kali sehari dengan dosis yang 500 mg.pemakaian ponstan tidak boleh lebih dari satu minggu
    kalau 3 kali sehari 500 mg belum cukup meredakan, bisa ganti dengan antalgin 500 mg 2 sampai 3 kali sehari (bila sakit)
    semoga cepat sembuh ya

  71. Hai mba
    Saya baru seminggu yg lalu di cabut gigi geraham nya karna berlubang
    Tapi ini kok masih sakit dan nyeri aja ya udah seminggu
    Sedangkan obat dari dokter udah habis
    Saya harus minum obat apa ya mba ?
    Makasih..

    1. @Humaira, Hai juga, waduh geraham yang dicabut ya, pasti sakit banget.
      mestinya obat dari dokter kmrn ada antibiotiknya kan ya, jadi skg hanya antinyerinya aja.

      ngga bengkak kan? bisa minum neuralgin 3 kali sehari jika nyeri atau ponstan 3 kali sehari juga
      kalau ada bengkaknya lebih baik pake cataflam 50 mg sekali sehari atau yg dosis 25 mg juga bisa, 2 kali sehari. Generik juga ada, cataflam sama dengan Kalium diklofenak
      cepet sembuh ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s