Cerita ibu · Kesehatan · medicine · Sekedar Info... · Uncategorized

Panik Saat Anak Sariawan, Apa Obatnya?

Anakku (usia 19 bulan) tiba-tiba susah makan (biasanya juga susah sih), dan anehnya dia juga nggak mau minum. Dia bahkan menolak menyusu langsung. Panik! Panik! Panik! huuu sedih banget dia nangis terus sambil pegangin mulut dan seolah uring-uringan sendiri. Tiap kali mau aku susui, dia menutup bajuku tanda nggak mau nenen.  Ada apa ya? Aku lihat hanya seperti mau tumbuh gigi. Sehari sebelumnya memang badannya angak hangat, dan biasanya memang anakku harus melalui proses demam dulu sebelum tumbuh gigi. Tapi yang ini kok nggak mau nyusu, gimana kalau dia sampai kekurangan cairan? Alhamdulillah suamiku cukup menenangkanku dengan keberadaannya disampingku meskipun aku lihat si ayah ikut uring-uringan bingung karena si anak nggak mau apa –apa, dan nangis terus. Kami yang tidak terbiasa dengan anak rewel pun tambah bingung.

Sedikit demi sedikit kami coba beri dia cairan. Oleh kakeknya, diberi teh manis. Alhamdulillah mau meskipun sedikit. Anak nangis, nggak bisa tidur, nggak mau minum, dan nggak mau makan, menambah pikiran-pikiran buruk tentang dehidrasi . Saat itu, aku sedang sibuk-sibuknya persiapan visitasi akreditasi kampus. MasyaAllah beginikah rasanya meninggalkan anak dalam keadaan sakit? Waktu itu aku pulang jam 7 malam. Anakku masih saja rewel. Jam 2 pagi kami bawa ke IGD Rumah Sakit. Buat apa? Buat konsul kondisi anak kami yang nggak mau makan minum. Aku beneran takut kalau dehidrasi.

Si kecil yang tadinya sudah tenang, kembali menangis histeris saat diperiksa dokter, dan berujung pada “nggak ada diagnosis”. Bu dokter bilang “apa yang membuat ibu datang jam segini ke IGD?” aku jawab “saya bingung kenapa anak saya nggak mau makan bahkan minum dan menyusu. Dugaan saya karena mau tumbuh gigi, tapi kenapa nggak mau minum juga, saya khawatir dia dehidrasi” . Dokter bertanya apakah ada sariawan, dan aku jawab tidak ada. Aku minta dokter untuk memeriksa perutnya ,apakah ada kolik., atau apakah kalau misalnya ada sariawan, itu ada tanda flu singapura. Duh duuh si ibu pasien ini banyak sok taunya hahaha. Kata dokter, salah satu tanda gejala flu singapura selain banyak sariawan, ada alergi di telapak tangan, dan Alhamdulillah anakku tidak menunjukan gejala tersebut. Dokter memberikan paracetamol dan obat mag setelah mengecek kondisi perut si kecil yang kembung. Dokter juga mengatakan bahwa anakku tidak ada kekhawatiran dehidrasi karena masih mengeluarkan air mata dan energy yang besar saat menangis memberontak. Akhirnya setelah tenang, dini hari itu anakku mau minum susu kotak sedikit.

Beberapa hari sejak badannya hangat dan rewel, kami terus memberikan paracetamol, ditambah obat mag yang didapat dari dokter. Hari Minggu, si kecil masih rewel dan belum mau makan. Kami masih berpikir sakit karena gigi mau tumbuh. Kebetulan saat aku menggendong untuk menidurkan si kecil, dia terus menangis dan disaat itulah aku melihat ada 2 titik putih di langit-langit mulutnya. Astaghfirullah ternyata dia kena sariawan! Mungkin anakku kurang asupan vitamin C-nya. Pantesan nggak mau  makan, susah minum bahkan nggak mau nyusu langsung. Langsung aku kabari suamiku yang saat itu sedang di luar rumah untuk membeli obat sariawan untuk anak.

Obat yang kami beli adalah GOM atau borax gliserin 10% setelah konsultasi dengan apoteker. Bentuknya cairan dan rasanya manis. Obatnya berlogo lingkaran hijau, artinya adalah obat bebas tanpa resep dokter. Obat ini aman buat anak-anak dan cukup efektif dalam mengatasi sariawan. Obat ini sifatnya sebagai antiseptic untuk mengatasi luka di rongga mulut atau tenggorokan. Obat diteteskan di cotton bud lalu dioleskan ke tempat yang sakit, 3 kali sehari. Dengan penuh perjuangan, kami oleskan ke sariawan yang entah kena obatnya atau engga, karena lokasi yang sulit dijangkau. Alhamdulillah keesokan harinya si kecil mulai mau makan, tandanya sariawannya sudah mulai sembuh, dia juga mau menyusu langsung. Dan, sekarang gigi gerahamnya juga sudah mulai bermunculan. Ya Allah lega banget rasanya.

9016733_97edb990-1f8a-47a1-a8ff-b4eb545cc167
GOM (Borax glycerin 10%)  Source: https://www.tokopedia.com/sehatindonesia/gom-cito-8-ml-obat-sariawan-borax-glycerine-gliserin-slime

 

Kita harus jeli observasi rewelnya si kecil ya Bun. Si kecil yang nggak mau makan minum dan terus rewel kemungkinan terdapat sariawan di mulutnya, perut yang tidak nyaman, nggak enak badan, atau tumbuh gigi. Semangat ayah dan bunda dalam membersamai anak-anak 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s