Belajar masak · Cerita ibu · Sekedar Info... · Uncategorized

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI) Dua Minggu Pertama

Alhamdulillah akhirnya anakku Hamdan lulus ASI eksklusif, hanya minum ASI SAJA selama 6 bulan kehidupannya, penuh drama, so pasti apalagi anak pertama huuhuu ndak tau pengalaman tentang menyusui.. semoga dengan lulusnya ASI eksklusif ini, jadi awal yang baik untuk masa depannya kelak..aamiin

Drama babak baru dimulai. Yup MPASI, makanan pendamping ASI karena ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Persiapan

Banyak baca-baca mengenai info MPASI seperti menunya, jumlah porsinya, cara membuatnya, aturan makan, jadwal makan, dan lain-lain.

Punya buku MPASI? Enggak. Rasanya browsing di internet dan nonton youtube lebih fleksible buatku.hehee…

 

Aturan WHO

Menurut aturan WHO, MPASI harus dimulai sejak usia 6 bulan dengan frekuensi pemberian 3 kali makan dan 2 kali makanan selingan. Jumlah awal MPASI dimulai sekitar 2 sampai 3 sendok makan dewasa. Kalau Hamdan sih awal-awal sekitar 1 sampai 2 sendok makan. Tekstur makanan awal MPASI adalah makanan lumat dengan cara menyaring makanan/bahan makanan yang sudah dikukus (sebaiknya dikukus biar vitamin larut airnya nggak hilang). MPASI bisa dimulai dengan menu tunggal, selama maksimal 14 hari untuk melihat reaksi makan anak, reaksi alergi, dan sembelit atau tidak. Setelah itu bisa menu lengkap 4 bintang yaitu karbohidrat, protein hewani (prohe), protein nabati (prona), dan sayur buah.

 

Alat-alat untuk membuat MPASI ala ibunya Hamdan

Alat yang aku siapkan lumayan sederhana dan hemat

  1. Untuk 6 bulan pertama, membuat makanan bayi adalah dengan cara disaring. Aku menyiapkan paket cooking set manual yang terdiri dari saringan, parutan, dan alat pencacah makanan.
  2. Alat kukusan dan panci
  3. Blender. Aku pakai hand blender
  4. Aku juga menyiapkan alat untuk bikin bubur yang bisa dimasak di rice cooker bareng sama nasi orang dewasa. Tapi entah kenapa gagal bikin bubur pake alat itu.

Aku nggak punya slow cooker dan nggak tertarik karena lama prosesnya dan boros listrik meskipun praktis tinggal cemplung, bisa ditinggal tidur, kata yang punya. Aku bikin bubur cukup pake wajan teflon biasa.

 

Cara memasak MPASI ala ibunya Hamdan

Untuk menu tunggal, simple aja. Buah tinggal disaring kecuali buah yang keras seperti apel atau bengkoang, dikukus dulu baru disaring

Untuk menu tunggal sayur/karbohidrat seperti labu siam, labu kuning, kentang, ubi jalar dll dimasak dengan cara dikukus lalu disaring atau diblender, tambah air atau ASI.

Untuk menu 4 bintang, dimasak dengan cara seperti merebus semua dalam wajan kecil. Potong semua bahan makanan, masukkan dalam wajan kecil berisi air kira-kira sampai tercelup, direbus bersamaan dengan beras putih/beras merah.

Awalnya aku pingin banget bikin tepung beras sendiri. Beberapa kali eksperimen tapi belum seperti yang kuinginkan. Pernah aku coba rendam beras, lalu diblender sehalus mungkin. Jadinya sih agak menggumpal. Lalu sangrai sampai kering dan blender lagi. Jadilah serbuk beras. Ribet. Akhirnya kutemukan cara yang paling simple, cepat dan mudah. Rendam beras dalam sedikit air sekitar 15 menit. Haluskan beras tanpa air di cobek uleg, nggak perlu sampai halus bener. Masukkan ke dalam wajan bersama bahan makanan lainnya. Dimasak kurang lebih 15 menit, blender, dan saring.

Aku memberikan menu tunggal 1 bintang selama 7 hari. Untuk menu pertama adalah papaya karena Hamdan adalah bayi ASI yang buang air besar tidak setiap hari. Mulai hari kedelapan, anakku langsung naik bintang dengan pertimbangan tidak ada alergi, berespon baik terhadap makan dan makanan, buang air besar lumayan lancar. Frekuensi pemberian makannya adalah 2 kali sehari sampai 2 minggu. Air putih kurang lebih 2 sdm dewasa setiap hari. Setelah 2 minggu, makan 3 kali sehari kadang-kadang dengan makanan selingan seperti biskuit.

Pernah sembelit nggak?

Awal-awal MPASI merupakan masa peralihan dari makanan cair (ASI) ke makanan semi padat, jadi memang respon bayi bermacam-macam, ada yang menyemburkan makanan, ada yang mau mau aja terus mengalami sembelit. Nah Hamdan ikut yang kedua, dia mau makan tapi sembelit. Mengejan sambil nangis, bab nya keras dan kecil-kecil. Haduh kasian banget deh. Aku kurang ngasih minum/ASI dan makanannya kurang encer. Hiks maapkan ibu Ndan.

Untuk mencegah sembelit, makanan harus dibuat agak encer-bertahap menjadi kurang encer, perbanyak ASI/asupan cairan.

Atur bahan makanan, jangan kebanyakan serat karena bayi berbeda dengan orang dewasa. Kalau kebanyakan serat justru bikin sembelit.

Rajin pijat “I Love You” setelah mandi pagi/sore dalam keadaan perut tidak kenyang.

 

Ini nih menu 2 minggu MPASI pertamanya Hamdan

Hari

Menu Cara Masak Respon

Keterangan

1 Pepaya + ASI Disaring Suka Buah
2 Kentang +ASI Direbus, saring Nggak suka Karbohidrat
3 Kembang kol (pagi) + ASI Direbus, saring Nggak suka Sayur
  Jambu biji (sore) + ASI Disaring Suka Buah
4 Wortel (pagi) Direbus, saring Biasa Sayur
  Pisang (sore) Disendokin Biasa Buah
5 Bubur nasi (pagi) Nasi ditambah air, direbus, saring Suka Karbohidrat
  Jeruk medan (sore) Saring Suka Buah
6 Labu siam (pagi) Kukus, saring Suka Sayur
  Semangka (sore) Saring Suka Buah
7 Udang (pagi) Rebus, saring Biasa Protein hewani
  Alpokat (sore) Saring Biasa Buah
8 Wortel, ayam, nasi Rebus hingga jadi bubur Suka Sayur, prohe, karbo
  Buah naga (sore) Saring Suka Buah
9 Brokoli, ayam, wortel, daun bawang, nasi Rebus hingga jadi bubur Suka Sayur, prohe, karbo
  Buah naga (sore) Saring Suka Buah
10 Kuning telur ayam kampung, tahu, brokoli, bayam, VCO, nasi Telur dikukus, ambil kuningnya. Rebus semua hingga jadi bubur Suka Sayur, prohe, prona, karbo, lemak tambahan
  Jeruk (sore) Saring Suka Buah
11 Ati ayam kampung, bayam, wortel, seledri, bawang merah putih sedikit, daun salam, nasi Rebus semua hingga jadi bubur Suka Sayur, prohe,  karbo
  Pisang + yoghurt plain Kerok, haluskan Biasa Buah
12 Ati ayam, daun bawang, seledri, kacang merah, nasi, bawang merah putih salam Rebus semua hingga jadi bubur Suka Sayur, prohe, prona,  karbo
13 Nasi, jagung manis, labu siam, ayam, tahu Rebus semua hingga jadi bubur Suka Sayur, prohe, prona,  karbo
14 Kentang, daging sapi, seledri, unsalted butter, kacang merah Rebus semua hingga jadi bubur Kurang suka Sayur, prohe, prona,  karbo, lemak tambahan

2018-03-19_10.12.43

Selamat menyiapkan MPASI semoga sharing ini bermanfaat. Bikin MPASI nggak perlu ngoyo, seadanya bahan di rumah aja, gunakan bahan makanan yang mudah didapat dan semampunya biar si ibu senang bayi pun senang 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s