Cerita ibu · Sekedar Info... · Uncategorized

Cara Menghilangkan Noda/Jamur pada Teether Bayi dari Karet

Waktu hamil muda dulu, aku sengaja beli teether buat perangsang tumbuh gigi bayi di Sapporo, Jepang. Aku milih yang harganya terjangkau menurutku. Teether-nya terbuat dari  bahan karet yang sudah diformulasikan khusus aman untuk digunakan oleh bayi.

Nah, waktu itu, bayiku baru umur 3 bulan tapi si ibu kebelet pengen ngasih teether-nya. Namanya juga masih 3 bulan ya hehee… kemampuan menggenggam dan fase oralnya belum maksimal, jadinya teether-nya sering di-anggurin sama dia. Beberapa lama barang itu ada di atas kasur, sampe akhirnya waktu mau beres-beres, kutemukan teether-nya kotor seperti ada noda hitam yang nempel di permukaan karet. Seperti ini.

 

 

IMG-20180118-WA0009
noda hitam di permukaan

 

Aku coba cuci dan sikat pake cairan pencuci perlengkapan alat makan bayi ternyata nggak hilang.

 

Baca-baca di internet, cara menghilangkan noda jamur di karet bisa menggunakan asam cuka. Akhirnya kucoba dan kumodifikasi deh.

Gini caranya.

  1. Siapkan sikat gigi yang bersih., asam cuka (cuka makan), krim pembersih piring yang bersifat abrasif (aku pake merek cif pembersih piring), cairan pencuci alat makan bayi, dan kain bersih yang kering.
  2. Teteskan asam cuka sedikit di noda tersebut, sikat dengan sikat gigi (aku menyikat cukup keras saking semangatnya). Nggak perlu direndam ya, takutnya asam cukanya malah nempel di karet dan merusak formulasi bahan-bahannya. Lalu, bilas dengan air
  3. Setelah itu oleskan krim pembersih piring dan gosok dengan sikat secara halus karena jika kamu menyikatkan terlalu keras, bisa meninggalkan goresan. Bilas lagi dengan air. Ulangi dengan asam cuka secara bergantian dengan krim pembersih piring. Noda hitam berangsur-angsur akan menghilang.
  4. Terakhir, baru dibersihkan dengan cairan khusus pencuci alat makan bayi. Bilas dan bersihkan dengan kain kering yang bersih. Teether harus dalam keadaan kering. Setelah digunakan bayi, cuci dengan air biasa dan keringkan, simpan.

 

20180208_110950
bersih lagi

 

Alhamdulillah masih rezeki bisa pake teether lagi. Kali ini si kecil udah pintar menggenggam dan memasukkan teether ke dalam mulutnya sambil gosok-gosok gusinya hehee. Enak ya nak. Semoga bermanfaat 🙂

 

Iklan

2 respons untuk ‘Cara Menghilangkan Noda/Jamur pada Teether Bayi dari Karet

  1. Selamat siang , mau nanya terkait tentang antibiotik, saya habis operasi ambeien dan antibiotik yg saya minum ada cefadroxil diminum 2 kali sehari jam 6 pagi dan sore. Tp karena terlalu byk nya obat saya teledor waktu jam 9 malam saya minum cefadroxil lg . gimana ya efeknya. Mohon dibalas . terimakasih

    1. Desinta, Cefadroxilnya yang dosis 500 mg kapsul kan ya, jdi kemaren minum 3 biji dalam sehari? jam 6 sore minum, jam 9 malam minum ya.
      efeknya nggak apa apa krn masih dalam batas terapi (1500 mg per hari) nggak papa dosis maksimal sehari 4 gram.
      jam 6 tadi pgi minum nggak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s