Cerita ibu · Sekedar Info... · Uncategorized

Pengalaman Pijat Bayi

Halo, si ibu lagi asik ngurus bayi nih, jadi lebih sering corat-coret soal bayi dan anak hehehee. Kali ini mau sharing cerita tentang bayiku waktu pijat.

 

Kenapa sih bayi butuh dipijat?

Banyak keuntungan dengan memijat si bayi. Pijatan yang ringan dengan sentuhan yang halus akan merelaksasi otot dan syaraf si bayi. Pijat bayi dapat membantu mengatasi rasa ketidaknyamanan seperti perut kembung, membantu tumbuh kembang bayi, melancarkan perncernaan dan pernapasan, badan capek karena sering menangis, meningkatkan nafsu makan, membuat bayi tidur lebih nyenyak, membuat bayi lebih ceria dan masih banyak keuntungan positif lainnya. Bayi boleh dipijat sejak dia lahir, tentunya dengan sentuhan dan tekanan yang sangaaaat halus.

Sekarang ini banyak beredar video cara memijat bayi yang benar, jadi si ibu bisa melakukan sendiri di rumah. Bisa jadi aktivitas yang menyenangkan dan menambah emosi kedekatan dengan si bayi. Sentuhan hangat penuh cinta dari ibu bisa membuat rileks dan nyaman. Pijat bayi sendiri bisa dilakukan tiap habis mandi, dalam keadaan tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar, tidak mengantuk, dan di ruang yang hangat (bebas dari angin/AC). Untuk memijat bayi, bisa menggunakan minyak telon atau baby oil.

Beberapa kali aku memijat bayiku sendiri, terutama saat perutnya kembung dengan cara memijat perutnya dengan gerakan tangan memutar ke bawah, dan saat sudah beberapa hari nggak buang air besar dengan cara memijat kedua betisnya dengan jari ke arah atas (menuju jantung). Baik dengan minyak telon maupun baby oil, bayiku nyaman-nyaman aja. Setelah pijat, bayiku ‘nge-gym’ dengan cara mengangkatkan kakinya ke atas, setelah itu mengangkatkan tangannya ke atas, seperti senam. Dia terlihat sangat senang dengan ativitas ini. Sekarang bayiku udah umur 4 bulan, jadi tekanan pijatanku sudah makin kuat karena disertai rasa gemes hahaaa

Well, ada kalanya butuh pijat bayi yang proper dengan tenaga kesehatan yang proper juga ya hehee, sama bu bidan misalnya. Bayiku, Hamdan beberapa kali aku pijatkan sama bu bidan. Baru sekali sama bidan di Rumah Sakit Sakina Idaman, beberapa kali sama bidan di Rumah sakit ibu anak Sadewa,  sekali sama bidan homecare yang dilanjutkan dengan baby spa di rumah, dan di baby Zania baby shop. Berikut reviewku sebagai emaknya

 

  1. RSIA Sakina Idaman di jalan Nyi Tjondrolukito

Kita langsung datang ke rumah sakit dan ambil nomor antrian untuk mendaftar. Setelah dipanggil, kita sampaikan kalau mau pijat bayi. Pijat bayi di sini ada setiap hari dari hari Senin sampai Sabtu, jam 8 sampai jam 2 siang. Harganya Rp 10.000 untuk administrasi dan Rp 20.000 untuk jasa pijatnya jadi total Rp 30.000.

Kita harus menunggu antrian pijat sampai nama kita (anak kita) dipanggil. Hanya ada satu ruang pijat untuk satu bayi (lebih private), tepatnya di ruang fisioterapi, laki-laki atau bapak-bapak boleh masuk. Hamdan dipijat waktu umur 1 bulan. Waktu datang ke rumah sakit, dia masih tidur jadi waktu itu dibangunkan untuk mulai dipijat, dan dia pake nangis dulu karena kaget. Tapi habis itu anteng (tenang), sepertinya menikmati pijatannya. Kata mbak Tika (terapis-nya), sebaiknya pijat bayi dilakukan sejak dia lahir dan nggak perlu nunggu bayi rewel. Aku bawa bayiku pijat setelah disuruh eyang kakungnya, setelah melihat Hamdan yang sering nangis rewel hehee maklum nggak paham.

 

2018-01-15_22.04.11
Hamdan umur 1 bulan, pijat di Sakina Idaman

 

Pijat bayi sekitar 15 menit setelah itu nge-gym sebentar. Setelah dipijat, nggak kelihatan efeknya secara langsung. Masih rewel, tidurnya masih belum nyenyak nafsu makan juga biasa tapi setelah beberapa hari sepertinya lebih tenang.

 

  1. RSKIA Sadewa di Babarsari

Pijat bayi di RS ini setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai jam 2 siang. Hari Selasa rame banget karena pas sama jam praktek dokter anak. Hari Sabtu juga rame karena banyak ibu bekerja yang libur dan menyempatkan pijat bayinya di sana. Hamdan pernah pijat di sana hari Selasa dan Kamis.

Sebaiknya datang jam 2 kurang biar dapat antrian awal. Pas kami sampe sana jam 2.15 pm, udah dapet nomer antrian 6.

Pertama, kita butuh antri di pendaftaran. Setelah itu akan dapat nota untuk dibayarkan ke kasir. Harga pijat bayi Rp. 25.000, nggak ada biaya admin/pendaftaran. Setelah itu langsung naek ke lantai 2 di ruang senam hamil (ruangan luas, karpet). Di sana bisa santai-santai sambil mendengarkan suara tangisan bayi yang lagi dipijat. Kalau bayi anda termasuk yang mudah terganggu dengan suara, kayaknya nggak nyaman di sana, tapi kalau tipenya suka banyak teman, nyaman-nyaman aja di ruangan itu. Berbagai macam usia anak sampai kira-kira 3 tahun menunggu antrian pijat. Kebayanglah ya ada yang merangkak, lari-lari, teriak2, ngoceh, tidur, diem aja bengong, ada yang nyusu ibunya. Laki-laki nggak boleh masuk di sini, jadi bapak bapak nunggu di luar ruangan.

 

2018-01-15_22.00.15
ruang pijat bayi di Sadewa

 

Hamdan pijat disana pertama kali waktu umur 2 bulan. Alhamdulillah nggak rewel nggak nangis. Tapi waktu pijat kedua kalinya, Hamdan nangis waktu dipijat punggungnya, sampe selesai. Entah kenapa..

2018-01-15_21.56.10
muka tegang sebelum dipijat

 

Bu bidannya ada 2 orang, jadi antrinya lumayanlah nggak lama-lama banget. Sama seperti di Sakina, setelah dipijat, bayi diajak nge-gym total waktunya kurang lebih 20 menit. Bidannya baik dan ramah, kita juga bisa ngobrol-ngobrol sama ibu-ibu yang lain soal anak. Lumayan puas pijat bayi di sana, meskipun efek pijatannya juga nggak langsung kelihatan.

 

3.  Homecare baby massage (dapet via instagram)

Waktu itu Hamdan masuk usia 3 bulan dan aku kebelet pengen liat bayiku berenang. Akhirnya aku cari cari info homecare baby spa sekaligus pijat dan baby gym. Kenapa homecare? Karena males ke lokasi baby spa dan males antri waktu itu. Homecare ini pijatnya aja lebih mahal dari pada di Sakina dan Sadewa, tapi kalau pake yang paket 3 macam (baby spa, pijet, gym) jadi hemat. Mirip-mirip harganya sama baby spa di lokasi baby shop. Terapisnya juga bu bidan. Pijatannya juga sama, cuma menurutku kurang lama, rasanya nggak sampe 15 menit soalnya habis itu berenang. Lumayan oke pilihan homecare kalau lagi males keluar rumah.

4. Baby Zania Baby shop

Baby shop ini letaknya di jalan laksda Adisucipto Yogya. Pijat di tempat ini cukup nyaman, ruangannya bersih dan kira kira muat untuk 4 anak. Sebaiknya reservasi dulu beberapa hari sebelumnya, apalagi kalau lagi weekend. Harga sekali pijatnya 55.000 rupiah, kalau sepaket sama baby spa harganya 115.000  rupiah. Kalau kita punya member card baby zania, bisa dapet diskon 5%, lumayan kan heheee. Waktu itu Hamdan nyobain yang paketan baby spa. Karena udah reserve sebelumnya, kita datang langsung bayar ke kasir dan naek ke lantai 2. Air hangat di kolam udah siap. Tempat baby spanya bersih nyaman. Setelah berenang baru deh dipijat. Jangan lupa bawa kaos kaki buat pendamping anak, karena kalau mau masuk ke ruang pijat harus pake kaos kaki. Hamdan menikmati pijatannya. Lumayan lama dan telaten, kemarin sepaket baby spa plus pijat menghabiskan waktu hampir satu jam. Recommended deh.

 

Dari keempat tempat itu, Hamdan udah tiga kali pijat di Sadewa. Selain karena harga terjangkau dan dekat rumah mertua, Hamdan pijat di sana bareng adek sepupunya, jadi transportnya jadi satu hehee.

Segitu dulu ya infonya. Terima kasih 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s