Cerita ibu · Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Properti Tanda Hamil

Huhhff huuhhff huuffhh *sambil niup keyboard laptop yang penuh debu

Maafkeun baru nulis lagi.

Beberapa waktu yang lalu, ada keributan soal rebutan kursi di gerbong khusus wanita di commuter line di Jakarta. Para wanita seolah nggak peduli satu sama lain, ibu hamil harus berebutan kursi dengan penumpang lain yang nggak hamil. Malu-maluin banget, mau duduk aja pake berantem dulu bahkan ada yang saling jambak. Beberapa ibu hamil justru memilih gerbong yang bukan khusus wanita karena lebih ‘manusiawi’.

Di Indonesia ada nggak sih penanda buat menandakan bahwa wanita yang menggunakan tanda tersebut sedang hamil,? Aku tanya adek dan temen-temen, katanya nggak ada. Ibu hamil, baru keliatan perutnya membuncit setelah masuk trimester kedua, jadi kita nggak tau kalau ada wanita hamil muda. Ibu hamil memang harus diprioritaskan. Meskipun usia kehamilan masih muda, bebrapa ibu hamil merasakan mudah capek, mual, pusing dan sebagainya. Semakin besar usia kehamilan, semakin berat jika harus berdiri lama di dalam kendaraan, apalagi kendaraan umum yang penuh sesak oleh penumpang. Semestinya ada label khusus ibu hamil sehingga mendapatkan prioritas di semua pelayanan publik, termasuk transportasi umum yang mana si pemilik label tersebut dapat prioritas tempat duduk.

Di Jepang, ada label khusus untuk wanita yang sedang hamil, bentuknya simple dan manis. Bisa digantung di tas atau di manapun yang terlihat orang lain. Dengan adanya label ini, kita bisa dapat prioritas, terutama tempat duduk di dalam transportasi umum atau mendapatkan pertolongan pertama, misalnya saat jatuh dari sepeda, orang yang menolong akan langsung tau kalo orang itu lagi berbadan dua dan butuh penanganan segera. Sampe Rumah Sakit, penanganannya jadi cepat dan tepat.

Pemerintah Jepang melalui pemerintah daerahnya, akan memberikan label ini kepada wanita yang telah dinyatakan hamil oleh dokter, dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa ada detak jantung bayi di dalam kandungan (rahim). Label ini warna, bentuk, dan tulisannya sama se-Jepang raya, sehingga di Jepang bagian manapun, kita bisa dapat prioritas yang sama.

Seperti ini nih bentuknya, gambarnya ibu yang memeluk anak

 

P1160678
gantungan tanda hamil yang kuidam idamkan 🙂

 

Tulisannya dibaca : onaka ni akachan ga imasu, artinya di dalam perut ada seorang bayi.

 

Sepertinya label ini label idaman hampir semua orang di Jepang, khususnya orang asing yang ada di sana hehee, soalnya konon melahirkan di Jepang itu nyaman dan enak dengan segala fasilitasnya. Tak terkecuali aku. Aku sejak lama pingin punya label ini hehehe pengen hamil tepatnya.

Setelah tinggal di Jepang selama hampir 5 tahun aku baru bisa punya label ini. Alhamdulillah

Pengalamanku pakai label ini, memang benar terbukti aku dapat prioritas untuk didahulukan, dan dapet kursi di transportasi umum, baik yang bertanda khusus priority seat maupun engga. Kalau kendaraan lagi penuh sesak, beberapa kali ada yang mempersilakan duduk menggantikan kursinya saat lihat label itu tergantung di tas.

Mungkin nggak ya, ada label kayak gitu di Indonesia dan bisa lebih memprioritaskan bumil?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s