Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Mantan Bangunan Sekolah

Waktu trip ke daerah Monbetsu Hokkaido kemarin, kami nginap di bangunan yang dulunya adalah sekolah (SD sampe SMA). Harganya murah, satu orang per malam 1.800 yen. Fasilitasnya lengkap banget, ya namanya sekolah Jepang ya. sayangnya, sekolah ini dah tutup sejak 28 tahun yang lalu pada akhir bulan Maret 1989, karena ngga ada muridnya .huhuhuuu sedih banget ya, di Jepang depopulasi, orangnya habis..kebayang kampung kita..anaknya banyak, fasilitas sekolahnya minim banget..

tempatnya sangat terpencil, di daerah Engaru, hampir masuk Monbetsu. nama daerahnya Ikutahara. Nama bangunannya Kiraran Kiyosato, ini web nya http://engaru.jp/asobu-manabu/18ikutahara/kiraran/kiyosato.html

ini kalo dilihat dari google earth

ikutahara

Hokkaido adalah pulau terbesar kedua setelah Honsu, tapi masih banyak hutan belantara, masih banyak beruang, rubah, dan kijang/rusa. Bahkan katanya kijang sering lewat di jalan (daerah pegunungan/hutan). Katanya juga, kalo mobil nabrak kijang, mobilnya jadi peyot..haduh kuat banget si kijang . kalau kamu ke gunung, bisa ketemu beruang.. katanya juga, beruang beberapa kali sampe turun ke kota, bikin heboh orang orang.

Let’s back to Kiraran. Kiraran artinya semacam gemerlap bintang. Di tempat ini kaanya bisa lihat bintang di langit (langit Sapporo hampir ga pernah keliatan bintang-ga tau kenapa). Setelah sekolahnya tutup karena ngga ada murid, saat ini sering dipakai untuk acara atau kegiatan seperti meeting (mungkin maksudnya diklat), club olah raga yang latihan pas liburan musim panas, tempat menginap, dll. Waktu kita ke sana, ngga ada orang selain kita berdelapan. Bapak penjaga sekolah cuma dateng pas mau ada tamu dan pas tamu mau keluar. Tempat yang terpencil, dikelilingi pegunungan, banyak sawah, suasana desa..hmmm rasanya kok horor ya hehehe… terus ada tulisannya kalau kita bisa BBQ an di luar sekolah tapi ngga boleh nyampah karena si beruang bisa ikutan nimbrung (haduh bayanginnya dah serem)

Kami sampe sana jam 6 sore, masih terang karena maghribnya jam 7 malam. Si bapak udah nungguin. Kami diberi satu ruangan yang luas, kayaknya itu tempat meeting. ada tataminya dan lemari. Berhubung para lelaki mau nonton bola dini hari, jadinya yang cewek dikasih kamar lain, ada kasur tingkatnya di kamar itu. agak serem gimanaa gitu apalagi di luar kamar, tepat di depan pintu ada kursi roda.

Berikut foto-foto di sekolah ini

1465310815318

1465310808559

1465310820515

1465310813843

tempat ini dah di setting untuk penginapan, jadinya banyak futon, dapurnya lengkap,  kamar mandi yang dilengkapi bak besar, dll

20160528_184102

1465310822204

1465310818748

1465310817052

 

kita datang dalam keadaan bersih, maka waktu pulang juga harus dalam keadaan bersih.

Tempat ini cukup nyaman, cuma aku ga bisa tidur aja kebayang kursi roda di depan pintu..,mau jalan keluar kamar ngga berani. Bapaknya sebelum pulang bilang kalau mungkin jam 12 malam sampe 3 pagi airnya mati,jadinya aku baru bisa ambil air wudhu setelah jam 3. Ternyata airnya ngga mati kok jam segitu hehee,,, aku baru bisa tidur jam 4 pagi waktu para lelaki ada suaranya karena pada nonton bola.

Si bapak datang satu jam sebelum kami pergi. Selesai bersih bersih, kami cabut untuk melanjutkan perjalanan. Pas dadah dadah sama si Bapak, sedih juga rasanya.. si bapak cuma berpesan, jangan ada yang ketinggalan. Bapak ini kayaknya orang pemerintahan situ yang dipasrahi bangunan ini. rumahnya 10 menit dari lokasi, naek mobil., mobilnya bagus lho hehee..

Sampai jumpa lagi teman-teman di Kiraran (pasti banyak ‘teman-teman’ disana, hihiii)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s