Edukasi · Sekedar Info... · Uncategorized

Kultur sel kanker

Teman-teman, aku menulis ini hanya untuk menyampaikan sedikit informasi dari apa yang aku lakukan terhadap sel kanker untuk kepentingan penelitian. Mohon maaf sebelumnya kalau ada yang kurang berkenan.

Di sini, salah satu hal yang rutin aku lakukan adalah memelihara sel kanker, untuk selanjutnya bisa diteliti, efek senyawa yang aku peroleh dari produk alam terhadap sel sel kanker tersebut.

Sel kankernya pake MCF7 breast cancer atau kanker payudara dan H460 lung cancer atau kanker paru-paru. Sebenernya ada satu lagi kanker hati HEP G2 tapi mati karena kena kontaminasi, dan aku belum kultur lagi dari sel yang baru.

Aku transfer se hampir setiap minggu atau tergantung penuh nggak-nya sel di media kultur.  proliferasi selnya berjalan dengan cepat. Sel dikultur di medium RPMI yang disuplementasi dengan FBS (fetal bovine serum) dan diinkubasi di suhu 37 derajad celsius dan mengandung 5% CO2.

Proses transfer sel harus dilakukan secara aseptik di dalam Laminar Air Flow, disini disebut clean bench. klo di Indonesia dulu nyebutnya LAF makanya agak ga paham pas dibilang clean bench

20160513_115844

ada banyak protocol atau prosedur kultur sel. Setelah sentrifugasi, selnya akan mengendap di dasar tube dan siap untuk diukur jumlah selnya

20160513_122154

setelah di cek di cell counter, begini hasilnya,…

20160513_122425

Dalam waktu 9 hari, sel kanker paru paru berkembang sangat pesat, sekitar 120 kali dari semula, sedangkan sel kanker payudara berkembang 27 kali dari semula.

jadi, awalnya jumlah sel kanker paru-paru adalah 150.000 sel, setelah 9 hari dengan kondisi tersebut di atas, jadi 18.020.000 sel

jumlah sel kanker payudara awalnya 200.000 sel, setelah 9 hari (sama) , jadi 5.360.000 sel. cepet banget ya proliferasi selnya, tapi jumlah ini ngga selalu tetap, kadang kadang dengan jumlah awal sel yang sama, 7 hari aja udah 5 jutaan..

ini penampakan sel kanker payudara (sumber : http://www.mybiosource.com/prods/Cell-Line/MCF-7-Luc/datasheet.php?products_id=168974)

MBS168974_TD

sel kanker paru-paru cek disini http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0022264

Sekarang ini makin banyak peneliti yang nyari obat yang aman dan ampuh buat membunuh sel kanker. Semoga kita terhindar dari penyakit penyakit ini…

terima kasih Kurasaki Sensei, mohon maaf saya bakal masih sering ke lab sensei numpang kultur dan cek sel🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s