Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Gempa Hokkaido 14 Januari 2016

Hari ini jadwalku nge lab, persiapan buat sequence DNA. Kali ini aku sendirian. Pas di Lab ada sensei juga sih, tapi habis itu beliau ke ruangannya.

Aku lagi serius menghilangkan etanol, tiba tiba, hape yang ada di atas meja, bunyi “Jishin desu jishin desu jishin desu” gitu terus… aku gak ngeh, meskipun tau apa artinya. iya, hapeku baru , belom ada setahun, dan belom pernah bunyi kayak gitu. Langsung, habis itu, gempaaa… agak keceng (kenceng menurutku) sampe aku deg deg an.. banyak reagen di lemari, semua goyang goyang, aku langsung sembunyi di bawah meja sambil bilang Allahu akbar.. Lab itu tadi di lantai 8, lumayanlah, ngga ada satu menit kayaknya.

Suasana engga panik kayak di Indonesia. disini semua tenang… habis reda, aku coba keluar lab., cuma beberapa orang yang jalan di koridor, dan engga panik. orang Jepang udah biasa tenang dalam menghadapi gempa bumi.

Habis itu, sensei yang tadi ngelab bareng aku, datang. dia tanya, are you okay? Kata sensei, ini gempa yang cukup besar di Sapporo, jarang banget ada gempa di Sapporo. Kata sensei, kali ini 6,7 SR di laut ., maklum-hape ku ga ada internetnya.

Terus aku balik ke ruanganku, email bapak ama adekku kalo misalnya ada berita heboh tentang gempa, jangan khawatir, alhamdulillah baik baik aja.

Habis itu suamiku ambil bento makan siang ke ruanganku ku, soalnya tadi pagi istrinya ini belum nyiapin bento, nasinya belum jadi. Terus ngobrolin soal gempa tadi. Hape nya dia juga bunyi warning padahal ada di saku. keren ya, hapenya, dia tau kalo ada gempa, tapi klo misalnya meja digoyang goyang pake tangan, dia ngga bunyi lho.. kok bisa ya radarnya cuma nangkep gempa yang asli.. hehe.. nah, hape temennya ga bunyi, karena tadi ‘cuma’ 3-4 SR aja, kalau di atas itu mungkin bunyi. dan, mereka tenang banget, padahal katanya pas di ruangannya itu banyak alat alat, nah kalo kejatuhan gimana dong…

Terus, aku balek ke Lab ku, aku tanya temenku yang orang Hokkaido asli. “eh, gimana tdi kamu lagi di mana je? ” tanyaku. “di sini aja”.. trus aku tanya tanya, gimana tadi, jawabnya datar hahaha,, biasa wae, nggak gimana gimana., emang sih gempa tadi besar.. dan Sapporo hampir ga pernah kena gempa besar.. trus dia cerita, pas di Tochigi perfectur, di Utsunomiya, pas sekolah di sana, ada gempa besar. Rak bukunya ambruk di ruangannya. Pas nengok lab nya dia, barang pecah belah pada pecah, jatuh, tapi semua aman terkendali.

ini peta gempa tadi . Source: Japan Meteorological Agency

20160114123115495-141225

1041656-map_of_japan-japan3

image from rashmanly.com

Beda yak ama di Indonesia, kalau kita udah panik teriak teriak gak jelas.. padahal yang penting tenang dulu biar bisa mikir harus gimana., aku belum pernah ikut latihan gempa bumi nih,, ngga bisa cerita juga gimana baiknya.. yang jelas, aku berlindung di bawah meja.

Beberapa saat setelah itu, ada telpon dari suamiku. Ada bom di Jakarta .. gitu katanya. waduh apa lagi ini, baru aja kemaren temen Jepangku bilang ngga mau ke Indonesia karena takut teroris, aku bilang aman, ngga ada teroris. dan, hari ini, siang ini .. terjadilah… makin takut kalik temenku,,, astaghfirullah. Sedih banget kalau Indonesia ngga aman di mata dunia, apalagi kalo bawa nama agama… pernah kapan itu ada email bahasa Jepang, yang sepertinya hati hati sama orang Indonesia, Malaysia, dsb.. dan Islam gitu.. lupa, tapi yang jelas, peringatan buat orang Jepang/ mahasiswa di sini agar hati-hati.

Semoga kita terhindar dari musibah, bencana, dan kecelakaan… amiiin..

#prayforJakarta #prayforeveryone

 

 

2 thoughts on “Gempa Hokkaido 14 Januari 2016

  1. Selalu ada Alhamdulilah, jepang sdh terbiasa gempa dan penanggulangganny pun sudah sangat baik. kalo d indonesia mungkin sdh rubuh rumah, teringat gempa yogya yang getarannya sampai pekalongan. karena baru pertama kali saya juga ikut panik langsung angkat fatih sambil “Allahu Akbar” udah mau lari keluar.
    Pengalaman gempa d Jepang, g cuma saljunya saja nte nisa, gempa juga…

    1. iya mbak Intan, disini manusianya berpikir keras untuk mengatasi gempa yang sering terjadi, semua teknologinya dibuat sedemikian rupa. orang Jepang PD aja sama bangunan ngga mudah roboh, dan early warning systemnya, jadi gempa kayak kemaren itu biasa, kalau kita udah lari, bingung ya,, hehee…

Tinggalkan Balasan

