medicine · Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info...

Farmasi di Jepang part III Obat Anti Mabuk Perjalanan

Aku pikir aku sudah sembuh dari motion sickness ku alias mabuk perjalanan, ternyata terakhir traveling naek bus keluar kota masih aja mabok, mungkin karena jalannya yang naek naek ke puncak gunung plus berkelak kelok, waktu itu ngga minum antimo, jadi muntah ya muntah aja, cuma enakan habis dikasih safecare/freshcare.

Oke, untuk perjalanan kali ini aku mau beli obat anti mabuk perjalanan di drugstore, bahasa Jepangnya Norimonoyoi (Norimono = kendaraan, Yoi= mabuk,mual).

Berhubung waktuku sempit, aku langsung nyari obatnya di daerah tablet flu/demam., aku temukan ini

Travelmin, motion sickness medicine in Japan
Travelmin, motion sickness medicine in Japan

Sebelumnya udah dikasih tau temen, isinya ada 6 butir., tapi dia lupa namanya.

Okey, itu bacanya Travelmin, dari gambarnya aja dah bisa ketauan ya, itu untuk orang yang mau pergi, naek kendaraan.

langsung aja aku beli, harganya sekitar 500 yen. sampe kasir, aku tanya, apakah ini obat untuk motion sickness?. Kasirnya bingung, untung ada pelayan yang lain yang bisa bahasa inggris dan bilang yes. trus aku konfirm isi kandungan obatnya,

bener gak ini bacanya difenhidramin? dan apa ini? diprofirin? . iya, jawab si pelayan toko. yang ibu kasirnya malah bilang sugooi,, sugoooi gitu…

okey, antimo yang biasa kuminum isinya dimenhidrinat. difenhidramin biasa digunakan sebagai antihistamin pada obat batuk pilek, seperti allerin expectoran, sanadryl dsb. Seingetku aku belum pernah minum difenhidramin.,

combination of diphenhydramine and diprophylline
combination of diphenhydramine and diprophylline

Antihistamin generasi pertama seperti difenhidramin bisa digunakan untuk mengatasi mual muntah akibat motion sickness.

Di Indonesia belum ada diprophylline, obat ini banyak digunakan di Prancis, Taiwan, Jepang, Italia, sebagai antiasma, dan bronkodilator (obat yang merelaksasi otot bronchial di paru-paru).

Aturan minum obat travelmin ini 3 kali sehari 1 tablet, diminum 30 menit sebelum naik kendaraan.

How to use Travelmin
How to use Travelmin

Hasilnya? nguantuuuuukkk,, aku telerrr hahahaa,, tidur terus di bus, alhasil, suamiku ditemu anak kecil dan maen terus sama dia selama perjalanan,, aku cuma minum sebiji aja, pulangnya ngga minum, dan ngga mual, tetep ngantuuukkkk. haduh bener deh antihistamin generasi pertama tu efek sedasinya luar biasa, mata nggak mau melek,, huhuuuu…. jadi inget obat di Indonesia namanya Otede, diklaim sebagai obat tidur..

Nanti kalo dah senggang, aku tulis tentang obat mual yak,,

Tinggalkan Balasan

