medicine · Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info...

Farmasi di Jepang (part I)

Bismillah…huuffftthhh huuufffftthhh (tiup debu-debu) lama ngga nulis..

Pengen cerita tentang farmasi di Jepang, aku buat part I dulu.

Jadi gini, kemarin, sebut saja 28 Februari, kami maen ski. Nah berhubung gak bisa nih, bisanya jatuh bangun coba lagi jatuh lagi akhirnya bangun tidur keesokan harinya jadi sakit semua badannya. Selama tiga hari sakit buat gerak dan aktivitas berat. jadinya banyak duduk aja. ehhh lhaaah malah low back pain, sakit banget tiap mau bangun tidur. aku dan suamiku sakit.. nah untungnya searching d youtube latihan senam ringan buat ngatasin low back pain habis itu bisa berkurang sakitnya.

Hari jumatnya, sakit di badan suamiku dah hilang, tapi bagian low back nya masih nyeri, akhirnya ke matsuda center (klo di Jogja dah langsung minta diurut di UNY)..

sampe sana, disuruh xray, ya udah manut aja semoga ngga habis banyak. Katanya semua normal, baik baik. Sama dokternya dikasih resep. Aktivitas di lab memang kebanyakan duduk karena lagi ngamatin microscope jadi bikin low back nya makin nyeri, satu satunya penyebab bukan karena jatuh maen ski. Alhamdulillah pake asuransi lumayanlah masih terjangkau. Kata dokter obatnya buat seminggu, kalo masih sakit diminta datang lagi.

Okay coba kita tebus di Apotek (baca : kusuri ya : kusuri-obat ya-store tapi beda sama drug store) karena di kliniknya nggak ada toko obatnya. gini nih resepnya

Prescription in kanji character
Prescription in kanji character

Ada yang bisa baca?

kebayang gak klo aku kerja diapotek sini, terus dapet resep begituan haha.. banyak yang tanya:” kerja di apotek sana?” hellow… semua tulisannya pake kanji.. seperti itu * gak dibaca pake gaya mbak syah rini

oke mari kita analisis. yang kiri atas adalah identitas pasien dan tanggal kunjungan dan yang kanan atas adalah identitas penulis resep dan tempat resep dibuat.

lalu yg kiri kotak putih itu nama obat, yang kanan aturan penggunaannya. ada angka 1 terus 3 itu artinya satu hari tiga kali (ichi nichi san kai), setelah makan. yang angka tiga sebelah kanan, menurut pendapatku adalah jumlah obat sehari dan angka 7 adalah selama 7 hari jadi jumlah obat yang dibutuhkan adalah 3 x 7 obat nomer 1 (Loxonin 60 mg) dan 3 x 7 obat nomer 2 (Mucosta 100 mg).

Loxonin ngga ada di Indonesia, merupakan obat anti nyeri anti radang/pain killer isinya Loxoprofen sebangsa dengan Ibuprofen. Mucosta ada di Indonesia untuk obat saluran cerna/untuk mengatasi efek samping dari pain killer. di kita harganya lumayan.

Pengeen gitu ya beli beberapa tablet aja ngecer kayak di apotek kita tuh, sok tau modelnya, hehe.. tadinya suamiku dah ga mau, tapi aku coba ke apotek (kusuri ya). sampe sana tanya ada mucosta? saya mau beli 3 tablet (loxonin gak butuh karena di rumah ada Loxonin tape/plester dan keluhan saat itu adalah ga nyaman perutnya). trus sama si Apoteker (mestinya) ada resepnya? hmm maunya sih ga nunjukin. Tapi njuk merasa bersalah. kuperlihatkan resepnya. aku bilang, aku di negaraku minum Lansoprazol omeprazol, ngga usah mucosta deh , lansoprazol aja.. hmm sama si embak dibilang, klo mau ganti obat, saya harus telpon sensei (dokter disebut juga sebagai sensei). karena males ribet, suamiku akhirnya gak mau, udah ngga usah, gapapa insya Allah bisa ditahan.. yah keluar apotek dengan tangan hampa.

Nah ini niii yang bener gini.. obat keras hanya boleh ditebus dengan resep dokter, dan setiap penggantian harus atas sepengetahuan dan seizin dokter. kalo di kita? hmmm,,, banyak kemudahan tapi jadi sembarangan kalo gak sesuai peraturan..

Ya udah deh, akhirnya suamiku makan sedikit sedikit biar ga mual (malah lebih ke mual drpada sakit low back nya). untuk obat nyerinya, dikasih plester Loxonin seperti ini

Loxonin Tape
Loxonin Tape

plester ini minta di health center kampus pas dulu pernah sakit apaa gitu lupa..

plester ini digunakan sekali sehari kayak koyo cabe tapi nggak pedes. Alhamdulillah sekarang dah baik dan si resep ini masih nangkring aja sampe hari ini. Harusnya resepnya ditebus dan diminum sesuai anjuran.. gara gara istrinya sok teu nih haha…

salam sehat semua🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s