Uncategorized

Bangga Sebagai Orang Indonesia

logo1

Tulisanku ini untuk ikutan Gift Away tengok-tengok blog sendiri berhadiah. Wah baru pertama ini ikutan Gift Away. Tulisan selama setahun ini yang paling berkesan menurutku adalah tulisanku yang berjudul Masakan Indonesia Menggoyang Lidah Penonton Malam Budaya Sapporo Hokkaido 2014 yang aku tulis setelah sembuh dari rasa lelah (lebay, hahaha…). Tulisan ini berkesan karena aku baru dua bulan ada di Sapporo Jepang dan ikut menyukseskan acara Malam Budaya yang memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Aku suka masak dan aku senang bisa ikut bagian dari tim membuat masakan bekal ala Jepang sebanyak 350 pack, sungguh sesuatu banget. Disini aku belajar menghargai pendapat orang lain sejak mulai milih menu yang “Indonesia” banget, kita saling merebut pendapat tentang makanan terbaiknya Indonesia, sampai akhirnya diputuskan pilihan menunya oleh bu koordinator. Aku juga belajar tentang amanah dan saling tolong menolong. Ibu-ibu yang super, semangat masak masakan porsi besar, sementara bapak-bapak yang nggak tampil di panggung kebagian masak nasinya.

Ada teman Jepang yang membantu dari awal, dia ingin nonton acaranya tapi nggak punya uang, alhasil dia mau bantuin masak tapi diperbolehkan nonton gratis. Wow..dia keren banget. Dia selalu tanya ini masakan apa, aku suka Indonesia, aku ingin ke sana, kenapa masakan Indonesia banyak bumbu, dan lain-lain. Dia sering tanya apa yang dapat dia kerjakan lagi, kalau tidak ada, dia ingin membantu memasak tempe atau bantu yang lainnya, wah semangat banget pokoknya nggak pernah kulihat dia berdiam diri kecuali istirahat sambil makan siang, jadi malu kalau kita orang Indonesianya malah nggak semangat. Dia membantu sampai hampir siap packing, bahkan dia bantu bersih-bersih panciku yang gosong sampai bisa mengkilap lagi. Ini pelajaran buatku, kalau mau sesuatu, harus berjuang. Temanku ini berjuang demi bisa nonton acara malam budaya Indonesia… Rasa lelah setelah gotong royong masak terbayar oleh suksesnya acara dan komentar positif soal masakan Indonesianya. Seneng banget rasanya.

Sebenernya aku merasa tidak sedang berada jauh dari Indonesia, dari keluarga, ya mungkin karena teknologi yang semakin canggih ini. Tapi, waktu bendera sang saka merah putih dikibarkan, rasa haru merasuk kalbuku, dan aku baru menyadari bahwa aku sedang berada jauh dari Indonesia. Aku pun menggenggam amanah tak tertulis untuk menjaga nama baik negaraku tidak hanya dimata Jepang tapi juga dimata dunia. Semacam nasionalismenya bangkit gitu deh.. Terlebih, aku yang mengenakan hijab ini menjadi ciri sebagai seorang muslim dan harus menjadi muslim yang baik.

” Postingan ini diikut sertakan dalam lomba tengok-tengok blog sendiri berhadiah, yang diselenggarakan oleh blog The Ordinary Trainer” 

2 thoughts on “Bangga Sebagai Orang Indonesia

Tinggalkan Balasan

