medicine · Sekedar Info... · Uncategorized

Aturan Minum Antibiotik

Pernah dapat atau sedang mendapat pengobatan dengan antibiotik dan tidak mendapatkan informasi aturan waktu penggunaannya? Aturan minum antibiotik sangat penting agar pengobatan dapat efektif. Silakan lihat di table berikut ini mengenai aturan minum sebelum atau sesudah makan, cocokkan dengan obat yang anda dapat.

No.

Nama Antibiotik

Waktu Penggunaan

Informasi lainnya

1. Amoxicillin Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan obat probenesid dan obat asam urat allopurinol
2. Azithromycin Sebelum makan Berinteraksi dengan antasida, digoksin
3. Ampicillin Sebelum makan Berinteraksi dengan probenesid, kontrasepsi oral dan allopurinol
4. Ciprofloxacin Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan antasida, zat besi, dan susu sehingga penggunaannya dapat dijeda sekitar 2 jam
5. Cefadroxil Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan antibiotic golongan penicillin, aminoglikosida, probenesid, dan diuretika
6. Cefixim Setelah makan
7. Cefalexin Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan obat golongan aminoglikosida, antikoagulan oral, antibiotic chloramphenicol
8. Clindamycin Sebelum atau setelah makan Telan utuh dengan segelas air dan dalam posisi tegak
9. Chloramphenicol Sebelum makan Berinteraksi dengan phenytoin, fenobarbital
10. Co-trimoxazole Setelah makan Berinteraksi dengan obat antikoagulan dan tiazid
11. Claritomycin Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan teofilin dan carbamazepin
12. Cefprozil Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan aminoglikosida
13. Doxycyclin Setelah makan Minum dengan segelas air dan dalam posisi tegak selama 30 menit (jangan lekas berbaring)
14. Eritromycin Sebelum makan Berinteraksi dengan teofilin
15. FG Troches (Fradiomycin dan Gramicidin) Sebelum atau setelah makan
16. Levofloxacin Sebelum makan Berinteraksi dengan antasida, obat anti inflamasi non steroid, dan obat antidiabetes
17. Lincomycin Sebelum makan
18. Moxyfloxacin Sebelum atau setelah makan Telan utuh, Berinteraksi dengan antasida, zat besi, zinc, obat diabetes glibenclamide, dan obat antiaritmia
19. Ofloxacyn Sebelum makan Berinteraksi dengan susu (calcium) : minum antibiotic dulu baru 2 jam kemudian minum susu
20. Paramomycin Setelah makan
21. Roxitromycin Sebelum makan Berinteraksi dengan obat turunan ergot
22. Spiramycin Sebelum atau setelah makan
23. Sulfadoxin-pirimetamin Sebelum atau setelah makan Berinteraksi dengan antikoagulan, antidiabetes, dan phenytoin
24. Trisulfa Sebelum atau setelah makan
25. Thiamphenicol Sebelum makan
26. Tetracyclin Sebelum makan Harus dihindari penggunaannya pada ibu hamil, bayi, dan anak-anak <8 tahun.Minum dengan segelas air putihInteraksi dengan susu, calcium, zat besi, antasida (obat maag) sehingga harus diberi rentang waktu sekitar 2 jam setelah minum antibiotik.

Tidak boleh bersamaan dengan obat penisilin atau golongan cephalosporine

Interaksi dengan karbamazepin, fenitoin, dan anti koagulan

Source : leaflet produk

Obat yang dapat diminum sebelum maupun setelah makan berarti obat tersebut tidak terganggu dengan adanya makanan, namun jika obat harus diminum sebelum makan berarti keberadaan makanan dapat mempengaruhi penyerapan maupun efek obat tersebut.

Sebelum makan maksudnya adalah saat perut kosong, yaitu sekitar 30 menit sebelum makan atau dapat juga 2 jam setelah makan.

Obat yang diminum setelah makan ditujukan agar sifat obat tersebut tidak mengiritasi lambung. Setelah makan adalah saat selesai makan hingga 1 jam setelah makan.

Aturan penggunaan antibiotik tergantung penyakitnya sehingga harus benar-benar rekomendasi dokter. Obat antibiotik harus diminum sampai habis meskipun baru 3 tablet rasa sakitnya sudah hilang. Jika penggunaannya tidak tepat, akan menyebabkan kuman di tubuh kita kebal terhadap antibiotik tersebut sehingga butuh obat dengan dosis yang lebih tinggi dan atau obat dengan level yang tinggi, dan selanjutnya dapat mempengaruhi fungsi hati dan ginjal kita. Jadi, jangan coba-coba minum antibiotik tanpa petunjuk dokter. Tanyakan semua hal yang ingin anda ketahui kepada dokter dan minta informasi yang jelas mengenai aturan penggunaannya kepada dokter maupun apoteker di apotek. Jangan sungkan untuk bertanya karena itu adalah hak pasien dan kewajiban tenaga medis🙂

Posted by Annisa Krisridwany, S.Farm, Apt

Apoteker Rumah Sehat dan Apotek UGM

156 thoughts on “Aturan Minum Antibiotik

    1. @ yuri : levifloxacin dosisnya tergantung jenis infeksinya obat ini termasuk golongan quinolon yang sangat ampuh, jadi pastikan dulu infeksinya apa. Ada levofloxacin 250 mg 2 x sehari ada juga yang 500 mg satu kali sehari
      Konsultasikan ke dokter anda dan ingat ya minumnya sampai obat habis agar bakterinya tidak kebal
      Terima kasih

    1. @ Ucy ; pada dasarnya, penggunaan antibiotik didasarkan pada jenis infeksinya. aturannya beda-beda, jadi sebaiknya pastikan lagi kepada dokter yg meresepkan obat tersebut.
      Sebagai gambaran, berikut penggunaan Ampicillin bisa dicek di http://www.drugs.com/dosage/ampicillin.html
      kalau cefadroxil, dosis lazimnya 2 kali sehari 500 mg tapi juga tergantung jenis infeksinya..
      terima kasih kembali🙂

  1. Mba saya konsultasi ke sokter yang lagi ambil spesialis tentang kesehatan saya. Saya di beri obat Azithromyci, hanya diberi Azithromycin 500mg 2tab sekaligus di minum, tpi hanya untuk satu hari saja, minggu depannya kontrol. Saya takut doktor itu coba” untuk melihat ada reaksi resisten. sebaiknya gimana mba, apa saya harus beli obat lagi. Tolong pencerahanya.

    1. @ parlin : maaf sekali telat responnya… terima kasih pertanyaannya

      tergantung sakitnya ya, azithromycin memang salah satu antibiotik yang sangat kuat. Dokter pasti punya pertimbangan tertentu untuk memberi anda obat ini (apalagi dosisnya besar)
      biasanya obat ini untuk pasien yang infeksinya lama, dan susah sembuh..
      jadi, menurut saya, jika memang dokter memberi sesuai dengan kondisi pasien, ya tetap butuh obat itu. tapi kalau infeksinya hanya ringan, bisa konsul ke dokter lain sebagai second opinion (kalo saya, infeksi ringan seperti batuk, tidak minum azithromycin)
      demikian, semoga segera membaik.

  2. maaf… mau tanya.. saya kan menderita ims.. nah dokter nyah minggu kemarin suruh minum obat azithromycin selama 2 minggu 3×1 … cmn kmrin saya periksa lagi.. tau nyah masiih positif .. nah dokternya nyuruh saya minum obat lagi dgn dosis di tambah 4×1 .. selama 1 minggu.. apakah itu emg seharus nyah begitu dgn di tambah dosis… baik nyah sblum mkan atau sesudah mkan… ? terimakasih

    1. terima kasih atas pertanyaannya, setelah saya baca kmbali, memang benar azithromycin untuk pengobatan ims, tapi beberapa ada yang kombinasi dengan ciprofloxacin atau doxixyclin. tergantung kondisi anda. dokter lebih menyarankan menambah dosis daripada kombinasi dengan obat lain, pasti ada pertimbangannya. dosisnya yang 250 atau 500 mg per tabletnya? mungkin yang 500 mg ya
      apakah dokter ngga menyarankan untuk single dose (sekali minum)?
      sebaiknya tanyakan ke dokter anda, hak anda untuk tahu terapi anda

      sumber
      http://www.guideline.gov/content.aspx?id=38352
      https://www.mja.com.au/journal/2002/176/11/6-sexually-transmitted-infections-new-diagnostic-approaches-and-treatments

      sebaiknya diminum sebelum makan, tapi efek samping pada lambung atau saluran pencernaan lebih besar, seiring dengan tingginya dosis penggunaan. saran saya diminum setelah makan (perkiraan ada `bantalan di lambung’ cukup perut terisi aja.
      Semoga lekas sembuh, penggunaan obat ini harus extra dan disiplin, semoga sampai tuntas hilang infeksinya

      1. terimakasih buat jawaban nya dok… saya binggung entah mau bicara kesiapa lagi… dgn masalah yg saya alami ini… cmn saya bisa bilang ke dokter2.. saya ga berani klo bilang ke ortu.. mknya saya cari2 info…
        ok.. brti setelah makan ya dok minum obatnya..🙂

        kurang tau… dy bilang suruh minum obat itu lagi yg 500mg.. cmn dosis nyah di naikin jadi 4×1 ..

        apakah ims bisa sembuh dok😦
        trus tdi harus nyah minum obat nyah jam 7… salah malah telat… jadi jam 8 segera inget saya langsung minum .. apa tidak apa apa dok. dalam terapi saya… ?

  3. mas cahyadi, yang pertama, saya bukan dokter hehe,, saya apoteker, yang ada di apotek…
    Bismillah.. IMS yang disebabkan karena bakteri, asal tuntas pengobatannya bisa sembuh, cuma ya harus disiplin minum antibiotiknya. jika terlewat, segera minum. kalo cuma selisih satu jam ngga apa apa.. klo sampe beda hari, lupakan dosis yang sebelumnya (hari kemaren) tapi langsung minum dosis hari itu (jangan dobel dosis maksudnya).. tetap minum obat antibiotik sesuai resep dokter sampai habis meskipun gejala penyakitnya sdh hilang.
    kalau Ims karena virus, kemungkinan tidak bisa sembuh 100% tapi gejalanya bisa diatasi dengan obat-obatan.

    http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sexually-transmitted-diseases-stds/basics/treatment/con-20034128

    semoga saat ini dah sembuh ya

  4. mbak sy ingin konsultasi….anak saya klo batuk,pilek mesti keluar cairan ditelinga…dan akhir2 ini dia bapil lg tp tidak sampai keluar cairan cuma dibawah telinganya ada kelenjar yg dirasa sakit…umur anak saya 1th dan kerap sekali minum obat antibiotik cefadroxil..apakah tidak bahaya bt sikecil…trimakasih

    1. mbak eny, mungkin anak anda terkena otitis media atau radang pada telinga, lebih tepatnya pada saluran Eustachia.
      coba buka link ini mbak
      http://www.panadol.com/id/informasi-kesehatan/nyeri-anak-dan-kehamilan/sakit-dan-infeksi-telinga-pada-anak.html

      atau http://www.parenting.co.id/article/bayi/kenali.infeksi.telinga.pada.anak/001/002/230
      cefadroxil aman mbak, apalagi kalau sebelum sebelumnya selalu ikuti dosis dokter ,pemakaiannya sampai habis. biasanya infeksi karena bakteri menyebabkan sakit.,
      semoga lekas sembuh ya

  5. Mbak, cefadroxil boleh dicampur susu gak? Anak saya sulit sekali diberikan obat, ngamuk dan melawan selalu. Kalau dipaksa terus takutnya dia trauma. Makasih.

      1. Makasih tanggapannya, mbak. Tapi pemberian antibiotiknya terpaksa saya hentikan sebab anak saya sepertinya alergi thd cefadroxil. Dia jadi diare, meski volumenya tidak banyak tapi fesesnya cair dan frekwensinya 4-5 kali sehari. Padahal sewaktu dirawat di RS bab-nya sehari sekali.

  6. @geugeut : oh gitu ya, tapi sebaiknya disampaikan ke dokter ya, dan besok lagi jika si anak sakit, sampaikan dokter kalo ada kemungkinan alergi cefadroxil biar nggak diresepin sama lagi

    1. Iya, mbak. Tadi sewaktu kontrol sudah saya bilang bahwa anak saya alergi cedroxil. Dia juga alergi cefixime dan thiamphenicol. Waktu dikasih resep ketika dia keluar rs juga saya bilang bahwa anak saya alergi kedua antibiotik tsb.

      1. amoxicillin juga alergi kah? iya, dokter punya pertimbangan sendiri dalam pemilihan antibiotik, mestinya beliau juga sudah mempertimbangkan kejadian alergi yang akan terjadi.

        selain antibiotik yg disebutkan tadi, ada erytromicin atau golongan sulfa yang biasa diresepkan buat anak anak juga., Saya pribadi alergi golongan sulfa dan turunan penicillin

      2. Kalau amoxilin saya kurang tahu karna belum pernah memberikannya pada anak saya.
        Oh begitu. Rasanya anak saya juga pernah diresepkan erytromicin, waktu dia step dan didiagnosa terkena infeksi saluran pernapasan. Tapi alergi juga. Hehe.

        Oh iya, oot, kalau imunos boleh dicampur dgn susu gak? Waktu itu saya selalu mencampurnya, karna ya itu tadi, anak saya selalu berontak tiap kali diberikan obat.

  7. Imunos bisa diminum dengan susu.
    sirup imunos saja juga gak mau ya?
    Imunos interaksinya dengan obat yang lainnya, seperti dexamethasone, methylprednisolon, atau prednison.
    sebaiknya imunos tidak diberikan secara rutin untuk anak ya, kalau memang dibutuhkan saja🙂

    1. Iya, gak mau. Pokoknya dia itu kalau melihat sendok takar yang berisi itu pasti langsung menghindar. Jadinya setiap minum obat harus dicampur susu atau dipegang erat seluruh tubuh, tangan, dan kakinya.

      Iya, imunos sudah dihentikan sejak seminggu yg lalu. Digantikan oleh sirup multivitamin oleh dokter anak.

      1. Iya, mbak.
        Aamiiin. Makasih, mbak.
        Makasih juga karna sudah meluangkan waktu untuk menanggapi pertanyaan saya.

    1. Anak saya habis batuk pilek tp gejalanya sdh hilang,,tp sampai sekarang masih minun antibiotiknya krn kt dr hrs dihbskan,,,,yg ingin sy tanyakan bolehkan anak sy imunisasi di saat dia msh mengkonsumsi antibiaotik?

      1. mbak Susi, terima kasih atas pertanyaannya. Jawabannya boleh.
        Bagi anak anak yang sedang sakit ringan seperti batuk pilek, dan sedang mengkonsumsi antibiotik, bisa tetap mendapatkan vaksin, dan tidak mempengaruhi respon tubuhnya terhadap vaksin.
        berbeda dengan anak yang sakitnya bukan hanya infeksi ringan, atau anak yang menkonsumsi obat antivirus, dapat mempengaruhi vaksinasi, sebaiknya ditunda dulu.

        infonya ada di sini bunda
        http://www.cdc.gov/vaccines/hcp/patient-ed/conversations/downloads/fs-child-sick.pdf

  8. saya mengalami kencing nanah pada awal nya nanah tersebut tidak keluar dgn sendiri tetapi saya tekan di bagian kelapa penis nya baru keluar nanah langkah awal saya beli di apotek obat floxifar ciprofloxacin 500mg sdh 2 hari ini saya minum nya dok tetapi tetap keluar nanah tersebut , pertnyaan saya apa bner obat yg saya minum untuk menyembuh kan kencing nanah tersebut bila salah obat apa yg seharus nya saya minum , terima kasih.

    1. waktu beli floxifar, apa kata apotekernya? karena kalo dah minum itu, harus tuntas sampai waktu penyembuhan. biasanya 2 x sehari 500 mg selama 5 hari. Kalau masih belum sembuh harap ke dokter aja biar tuntas dan nggak kambuhan
      ciprofloxacin adalah salah satu antibiotik yang kuat dan harus tuntas minumnya., kalau nggak nanti bakterinya kebal dan butuh dosis lebih besar atau antibiotik yang lebih kuat lagi

      1. dok kan saya sdh berobat ke dokter spesialis kelamin sdh 2 kali berobat tetapi dihari ke 2 setelah berobat saat pagi hari saya sengaja menekan penis saya lalu masih tetap keluar seperti cairan putih-putih dok , nah apa yg harus saya lakukan dok kembali ke dokter spkk tmpt sebelum sya berobat atau membeli obat di apotek ? terima kasih

      2. misal kan saya berobat ke dokter yang berbeda gmna dok soal nya jarak dari tmpt saya ke tmpt dokter yg pertama saya berobat lumayan jauh dan saya juga hanya bisa kesana hanya hari sabtu tetapi di tmpt saya berada skrng ada juga dokter spkk tapi di RSUD , apa nanti penanganan untuk keluhan saya akan berbeda penanganan nya atau kah sama dok soal nya kan saya sdh berobat 2x di tmpt dokter pertama saya. mohon pendapat nya apa yang saya lakukan dok terima kasih.

      3. iya dokter tgl 2 september saya sdh ke dokter buat priksa sdh di berikan injeksi dan obat oral sekali minum , tetapi tetap saya masih keluar cairan putih terus saya lanjut kan tgl 5 september saya balik ke doter tersebut dan saya di berikan injeksi dan obat oral yang berbeda sekali minum lagi , tetapi smpai hari ini cairan putih masih tetap keluar pada saat pagi hari tetapi berkurang dari hari pengobatan pertama , yg saya tnya kan apa saya harus balik ke dokter tmpt saya kemaren berobat atau saya membeli obat di apotik misal kan saya membeli obat di apotik obat apa yang harus saya beli agar penyakit saya hilang , terima kasih.

  9. mba maaf mau nanya, saya kan sedang konsumsi obat buat kelenjar paru LEVOFLOXACIN dan RIFAMPICIN, kemarin saya kedokter buat periksa gigi sama dokter dikasihi AMOXICILLIN, koordinasi ya 2 diatasi aturan minumnya 1x sehari karena pengobatan dah mau habis, ya amoxicillin 3x sehari, saya lupa nanya dokter. kira-kira ada pengaruhnya g y kok saya minum semuanya, sebaiknya bagaimana, terima kasih banyak…

    1. @ sdr Wartini, iya, amoxicillinnya 3 kali sehari sampai habis. itu aturan minum obat kelenjar parunya satu kali sehari kah?
      apakah waktu periksa di dokter gigi, anda menyampaikan bahwa sedang konsumsi levofloxacin dan rifampicin?
      sebenarnya rifampicin tersebut sesuai untuk pengobatan parunya., dan berdasarkan informasi yang saya dapat, tidak ada interaksi antara ketiga obat tersebut, dan, amoxicillin untuk sakit giginya hanya 3 hari (tidak jangka lama).
      demikian, semoga membantu dan lekas sembuh ya

  10. @risky, sebaiknya kembali ke dokternya, dan tanyakan harus berapa kali kunjungan dan pengobatan antibiotiknya?
    kalau memang harus pengulangan antibiotik, minta resep ke dokternya, dan pastikan resep tersebut bisa diulang tanpa harus berkunjung ke dokter. (ada tanda ‘iter’ di resep, yang artinya boleh diulang.
    pastikan pengobatannya tuntas, semoga lekas sembuh

  11. @Ade Dede. yang pertama, saya bukan dokter, saya apoteker.
    Dokter yang berbeda nggak papa, asal sampaikan riwayat penyakit dan riwayat pengobatan yang sudah dan sedang dilakukan. Menurut saya, penanganan lebih cepat lebih baik. lagipula, kalau beda dokter, bisa jadi second opinion. Penatalaksanaanya penyakit infeksinya sama, yaitu butuh antibiotik jangka panjang. lebih baik lagi kalau ingat nama obat injeksi dan obat oralnya, agar jadi pertimbangan dokter yang baru dalam meresepkan atau mengulang dosisnya.
    apakah obat oralnya kandungannya Azythromycin?

    1. saya tidak tau itu kandungan nya Azythromycin atau tidak soal nya obat yang pertama saya di kasih kapsul merah gtu seperti nya racikan sedang kan yang ke 2 ini obat nya ber warna putih kapsul dan di belakang nya ada tulis an A/F dan obat tersebut tanpa ada label atau bungkus obat nya hanya di berikan di plastik obat dan berisi aturan obat nya 1x minum saja itu . jadi itu bagaimana saya memberitahuakan ke dokter yang baru ini apa saja obat oral yang saya minum sedang kan saya tidak tau apa nama obat yang saya minum soal nya tidak ada bungkus atau nama obat nya di beritahukan dengan dokter saya sebelum nya

      1. hmmm.. susah juga kalau nggak tahu kandungannya. antibiotik untuk infeksi tersebut dan yang diminum oral single dose, kalau tidak Azithromycin ya golongan cephalosporin.
        cukup sampaikan ke dokter yang baru, penanganan yang pertama dan kedua adalah obat injeksi dan obat oral sekali minum. tulisan A/F di kapsulnya biasanya nama pabrik pengemas/pembuatnya., bisa jadi obat oral yang pertama dan kedua adalah sama

      2. mba , kalo misal kan punya saran gak untuk obat apa gtu yg bagus untuk penyakit saya ya mengurangi kalo bisa menghilang kan penyakit yg saya derita ini apa ya , mohon saran nya soal nya klo gK nnya sama yg tau obat apa untuk penyakit ini saya gak berani klo misal kan nnya ke dokter biaya nya lumyan jga klo cuman hnya konsul nnya obat , terimak kasih mohon saran nya ya mba.

  12. saya mau tanya obat yg paling bagus untuk tipes apa y?
    saya sudah 2hari kena tipes tengorokan buat nelan makanan juga sakit…
    tlng bantu saya…

    1. @abrisam : kalau sudah pasti tifus, antibiotik yang bisa digunakan adalah cholarmphenicol atau thiamphenicol, harus resep dokter.
      kalau untuk tenggorokan yang sakit buat nelan,bisa pake tablet hisap (kayak permen) seperti degirol atau SP troches, 3-4 kali sehari.
      bisa minum imunos atau suplemen penambah daya tahan tubuh lainnya.,dan yang penting adalah bedrest, makan makanan yang lebut seperti bubur.
      semoga cepat membaik

      1. iya terimakasih balasanya…
        saya dari kemarin sudah minum chlorampenicol ini sudah tidak panas lagi tp badan msh lemas…
        dan untuk radang tenggorokan saya minum dexamethason alhmdulillah dah membaik…
        oy katanya pake levofloxacin atau ciprofloxacin lebih ampuh untuk mengatasi tipes?

  13. Iya tifus memang lemas sekali. Dexamethasone adalah anti radang yang kuat makanya langsung sembuh,,hehee,.. yg saya bilang kmrn itu adalah antiseptik.

    obat antibiotika golongan quinolon seperti levo dan ciprofloxacin adalah antibiotika yg sangat kuat (apalagi ciprofloxacin). memang ampuh, tapi efek samping lebih besar. dan, penggunaan obat golongan quinolon yang tidak bijaksana (sakit dikit, tembak quinolon) bikin bakterinya resisten, dan kalo sampe cipro ga mempan, wah bisa gawat tu butuh obat yang levelnya di atas quinolon, dengan harga dan efek samping yang lebih besar juga.

    Sampe saat ini masih jadi tugas dokter dan apoteker untuk tidak mengeluarkan obat golongan ini tanpa alasan yang kuat.

    drug of choice untuk tipes sampe saat ini masih thiamphenicol / chloramphenicol

    1. halo, mbak. ketemu lagi. hehe
      anak saya baru keluar dari rs kemarin setelah dirawat inap selama empat hari karena tipes, pas pulang dibekali amoxilin. yg ingin saya tanyakan adalah mengapa setiap pulang dari rawat inap, pasien selalu dibekali antibiotik?
      makasih.

  14. Pagi Dok, salam kenal, saya mau tanya, hari senin kemarin saya di diagnose sedang mengalami gejala tipes, saya dikasih obat Floxifar (antibiotik), Ranitidin, Protagesic, Fasidol. Yang ingin saya tanyakan apa obat yang diberikam ini sudah sesuai dengan penyakit saya? saya mengalami demam, lemas, pusing, sempat diare juga, dan kembung

    Terimakasih

    1. salam kenal juga mas Jodi, sebenernya saya apoteker hehee…
      terimakasih atas pertanyaannya.
      Protagesic, apa maksudnya pritagesic ya? kalo iya, itu kandungannya sama kayak neuralgin, isinya penghilang nyeri (antalgin) dan vitamin syaraf (B complex)
      obat obatnya sudah bener, Ranitidin untuk kembungnya. Fasidol obat demam. dari semua obat itu, yang harus habis hanya floxipharnya aja, karena antibiotik. sisanya hanya pengurang gejala saja, demikian semoga lekas sembuh

      salam

  15. Mba mau tanya, tgl 10 Des 2015 saya operasi kecil cabut gigi atas, dikasih obat antibiotik utk 5 hari. Obat tersebut abis di hari selasa 15 Des 2015. Trs tgl 17 saya sakit asam lambung & radang tenggorokan, dikasih obat antibiotik cefadroxil sm dokternya. Yg mau saya tanyakan. Amankah bila jeda 1 hari setelah sembuh dr operasi, kemudian minum antiobiotik karena sakit radang. Mohon balasannya ya mba. Terimakasih

    1. @Tini : apakah antibiotik untuk cabut gigi sama radang tenggorokan beda? (mestinya beda). kalau memang beda, ngga apa apa diminum., jeda sehari oke.
      kalau antibiotiknya sama, lebih baik tanyakan lagi ke dokter penulis resepnya.

      minum cefadroxilnya juga sampai tuntas ya..

      di Indonesia dokter selalu meresepkan antibiotik untuk batuk dan radang tenggorokan ya, di Jepang, dokter ngga ngasih antibiotik untuk batuk, ini sekarang aku lagi batuk, dikasihnya obat-obat simptomatik aja (penghilang gejala)…

      semoga lekas sembuh ya, salam sehat🙂

      1. Antibiotiknya beda mba. Utk gigi sebelum dicabut diberi Clindamycin, setelah dicabut dikasih Lincomycin. Jeda 1hari saya sakir radang & asam lambung. Jd gpp ya mba. Selain antibiotik kyk obat asam lambung apa harus dihabiskan jg mba. Trmksh mba

  16. mbak Tini, yang obat lainnya (selain antibiotik) ngga perlu sampe habis,
    yang harus sampai habis cuma antibiotiknya aja
    semoga cepat sembuh ya

  17. Mbak maw tanya dr mr.p saya keluar nanah dan saya brosing di internet untuk minum anti biotik azhitrhomycin dan saya beli di apotek. Lalu saya lupa tanya minum obatnya berapa kali sehari dan sebelum apa sesudah makan.. terima kasih

    1. @Adhit, terimakasih pertanyaannya.. hati hati ya jika membeli obat antibiotik tanpa resep dokter, apalagi sekelas azythromicin.. yang sudah dibeli dosisnya berapa?
      jika dosisnya besar, biasanya sekali minum (single dose),
      diminumnya bisa sebelum atau setelah makan
      jika terjadi efek samping diare yang berair, hentikan minum obat ini

      1. jika dosisnya besar, minumnya cukup satu kali (1 biji) jadi ya hari itu saja. jika belum sembuh, sebaiknya ke dokter sja, karena azithromycin termasuk obat yang kuat dan pengobatannya harus berdasarkan penyakitnya/infeksinya
        mungkin dokter akan menyarankan tes lab terlebih dahulu untuk tau jenis nanahnya/infeksinya. Semoga lekas sembuh ya

  18. Hai mau tanya nih
    Saya kn minum antibiotik ciprofloxacin
    Anjuran dokter 2xsehari 1
    Tapi saya lagi melamun dan minum 2tablet sekaligu pada pagi hari.
    Apakah saya perlu minum obat lagi nanti malam?
    Atau besok saya?
    Thx

  19. selamat pagi bu dokter, saya lagi radang tenggorokan, kemarin saya di kasih sama dokter dengan antibiotik cefadroxil, dan itu harus di habiskan, saya baru minum hanya sekali 1 kapsul, kalo saya tidak teruskan minum antibiotiknya gimana dok? karna yang saya baca antibiotik itu resikonya lumayan besar, mohon kasih rekomendasi nya ya dok, diteruskan saja atau di stop. terimakasih

    1. mas Ilham, pertama tama, perkenalkan, saya bukan dokter, tapi apoteker🙂
      terima kasih pertanyaannya. setiap obat memang memiliki efek samping yang sifatnya individual (tiap org beda-beda).
      nah, dokter memberikan cefadroxil untuk radang tenggorokan ya, dan sudah minum 1 kapsul. saran saya minum aja sampai habis, meskipun sudah ngga sakit.
      dokter sudah mempertimbangkan manfaat pemberian cefadroxil lebih besar dari pada kalau ngga dikasih cefadroxil.

      banyak minum air putih aja, jadi metabolit (sisa metabolisme) obatnya bisa keluar lewat urin. semoga bisa membantu

  20. Selamat pagi mba, saya mau tanya, sudah dua minggu yang lalu saya dari dokter, dan dokter memberikan obat ciprofloxacin 500mg untuk keluhan saya, saya merasa tidak ada perubahan pada keluhan saya, maka saya hentikan minum obat tersebut 1 minggu yang lalu dan obatnya masih ada. Yang jadi pertanyaan saya bolehkah saya melanjutkan kembali minum obat yang 1 minggu lalu saya hentikan dengan jumlah yang sama dengan pemberian dokter tersebut?

    1. maaf, riwayatnya sy kurang jelas.
      Jadi, obat ciprofloxacin yang dikasih dokter ada berapa biji?
      sisanya berapa biji yang mau diminum?
      obatnya sdh diberhentikan satu minggu yang lalu?
      untuk infeksi seperti saluran kemih misalnya, dosis lazimnya 500 mg dua kali sehari selama seminggu sampai 2 minggu tergantung anjuran dokter.
      kalau memang infeksinya masih sama dgn yang sebelumnya (yang dokter kasih cipro), bisa minum lagi, dihabiskan. tapi kalo tinggal 2 tablet aja atau tinggal dikit, sebaiknya ke dokter dulu. terima kasih, lekas sembuh ya

  21. assalamualaikum mbak, mohon bantuannya
    dua hari yang lalu saya ke dokter dengan keluhan sakit pinggang bagian belakang dan perut bagian kiri bawah serta kaki terasa kebas, oleh dokter didiagnosa infeksi saluran kemih. saya diresepkan sanmol 10 (3×1), levocin 5 (1×1) dan celebrex 5 (1×1). saya sedang menyusui anak usia 1 tahun dan sudah saya beritahu ke dokter sebelumnya. saat di praktek dokter saya juga diinjeksi norages. karena demam sudah turun, sanmol tidak saya minum. kemarin pagi saya minum levocin dan celebrex, setelah saya minum saya baru kepikiran untuk cek interaksi obat, ternyata dua obat itu ada interaksi, jadi tadi pagi saya hanya minum levocin saja. yang membuat saya ragu adalah ternyata di leafletnya levocin ada kontraindikasi untuk ibu menyusui. pertanyaan saya apakah saya tetap harus melanjutkan minum levocin? saya khawatir dengan anak saya, tetapi saya juga tidak berani untuk berhenti minum begitu saja karena sudah terlanjur minum.
    mohon bantuannya mbak, terima kasih sebelumnya.

  22. @mbak april , terima kasih atas penjelasannya.
    levocinnya 500 mg sekali sehari ya? insyaAllah gapapa, diminum aja, sebaiknya minumnya habis menyusui. jarak waktu untuk menyusui lagi lebih baik setelah lebih dari 6 jam (untuk amannya 7 jam)..
    cek di sini http://www.drugs.com/breastfeeding/levofloxacin.html
    cuma lima hari mbak, gapapa diminum sampai habis. sebenarnya belum ada literatur atau laporan yang jelas mengenai levofloxacin yang masuk ke dalam air susu.

    syukurlah kalau dah ngga nyeri.
    soal interaksi, memang benar levofloxacin ada interaksi dg celecoxib (celebrex). waktu pakai bersamaan kemarin ngga terjadi tremor ataupun kejang kan? aman aja berarti.
    ya sudah, kalau memang tidak nyeri, cukup levocinnya yang dihabiskan

    cepat sembuh ya., banyak minum air putih mbak🙂

  23. Mba saya sakit gigi sampai bengkak minum asam mefenamat dan amoxillin tp koq jd denam ya? Apakah amoxillin blh dihentikan minumnya krn jika hanya minum asam mefenamat tdk pernah demam spt skg. Mungkinkah demam efek dr amoxillin (saya juga penderita asma)
    Trims

    1. mungkin saja, bisa jadi demamnya karena amoxicillin. sudah minum berapa tablet? kalau baru satu saja ngga papa dihentikan.
      asam mefenamat bisa menghilangkan nyeri, tapi tidak bisa menghilangkan bengkaknya. dokter memberi antibiotik kemungkinan untuk mengatasi infeksinya ( yang salah satu tandanya adalah bengkak).

      kalau masih bengkak, asam mefenamatnya bisa diganti kalium diklofenak 50 mg, satu kali sehari

  24. Mba.. anak sy typus. Diberi levofloxacin 500mg 1xsehari. Biasanya levofloxacine diminum brp hari yah untuk typus? Anak sy umur 14thn tb/bb 165cm/48kg.
    Makasih sebelumnya sudi kiranya dibalas..

    1. ibu Rosalia, terima kasih pertanyaannya, maaf kalau saya balasnya terlambat.
      sudah benar ibu dosisnya, 500 mg sekali sehari, diminumnya selama satu minggu ..meskipun misalnya 5 hari sudah sembuh, diminumnya sampai 7 hari,
      semoga lekas sehat lagi ya

  25. Bu, mohon info, saya lagi perawatan di dentist karna ada gigi taring yg berlubang dan sampai abses. Saya di beri resep a biotin 300 yg isi nya clindamicyn, nah pertanyaan saya kalau dengan amoxilin 500 dan cefadroxil 500 dosis tinggi mana? Saya takut kurang mempan, karna biasa minum yg 500 mg. Mohon pencerahan. Terima kasih sebelumnya..

  26. Bu, mohon info apakah abiotin 300 (isi clindamicin) setara atau lbh rendah dosis di banding amoxilin atau cefadroxil 500? Saya lg dlm perawatan gigi. Saya biasa minum antibiotik yg 500 mg. mohon pencerahan bu

    1. @anita: clindamycin, amoxicillin dan cefadroxil adalah antibiotik yang beda golongan dan cara kerjanya, jadi dosisnya ngga sama.

      clindamycin adalah golongan antibiotik lincosamide yang biasanya ditujukan untuk pasien yang alergi amoxicillin (golongan penicillin) ataupun cefadroxil (golongan cefalosporin).
      Clindamycin banyak digunakan untuk keperluan dental, persiapan bedah mulut, dan semacamnya. dosisnya bervariasi mulai dari 150-300 mg 3 sampai 4 kali sehari, selama 5 sampai 7 hari, tergantung resep dokter.

      jadi, sebaiknya ikuti anjuran dokter, minum clindamycin 300 mg tersebut.
      semoga lekas sembuh ya🙂

      1. Mbak,saya mw tanya nich,saya ada radang trus saya beli cefadroxil 500 mg diapotok,bsknya saya periksa kedokter dikasih antibiotik yg isinya clindamycim 300 mg,pertanyaan saya apakah saya stop cefadroxilnya dilanjutkan dgn clindamycin,ato saya lanjutkan dan makan keduanya,soalnya yg cefadroxil baru makan sehari.tq

  27. selamat siang mbak nisa, mbak, kalo albiotin 300 (isi clindamycin Hcl) bagaimana dibandingkan amoxilin 500 mg atau cefadroxil 500 mg? saya salam perawatan gigi taring yang berlubang dan ada abses sehingga disamping hidung jika ditekan, sakit nyeri nya sampai ke gigi taring yang berlubang. lalu dengan dokter gigi diberikan albiotin 300, saya takut antibiotiknya kurang mempan. mohon infonya. terima kasih sebelumnya mbak.

    1. mbak Anne, terima kasih pertanyaannya, clindamycin banyak digunakan untuk sakit gigi, sampe ada absesnya ya, insyaAllah mempan mbak, diminum sampai habis seperti anjuran dokter ya, dibikin catatan aja biar ngga lupa. biar pengobatannya sampai tuntas

  28. mbak Anne, terima kasih kembali pertanyaannya.. hak pasien untuk bertanya sama tenaga medis, sebaiknya kita tahu betul obat apa yang kita minum biar pengobatannya tepat dan tuntas🙂

    1. assalamualaikum mbak ,saya mau nanya ,asam mafenamat dan antalgin boleh diminum secara bersamaan gak ,untuk mengobati sakit gigi yang berlubang ,dan amoxilin harus di habiskan ya ,terima kasih

      1. @farizy, sakit banget ya sampe butuh dua macam penghilang nyeri? sebenarnya boleh saja diminum bersamaan, tapi akan meningkatkan efek samping pada lambung. diminum seperlunya saja jika nyeri.
        iya, betul, amoxicillin diminum sampai habis

  29. Salam kenal Dokter. Saya diberi Azithromycin 500mg, saya lupa jika sedang menyusui. Apakah boleh tetap mengkonsumsi obat ini? Apa efek samping untuk bayi? Bayi saya 22 bulan. Terima kasih

  30. Anak saya 6tahun smlm minum tiampenicol setelah bangun tdr mata agak kemerahan dan kelopak seperti bengkak tp sedikit. Apa itu reaksi alergi jg?
    Jg tmen sya, anaknya minum amoxcilin ttpi perut jd panas. Apa boleh berhenti sebelum amoxcilinnya habis???
    Terima kasih

    1. ibu Fatma, kemungkinan alergi obat ya, tapi sebelumnya ngga bengkak matanya?
      sebelumnya sudah pernah diminumkan Thiamphenicol belum? sebaiknya telpon dokter penulis resepnya, apakah dilanjutkan atau bisa dihentikan..

      amoxicillin salah satu efek sampingnya adalah diare dan sakit perut.
      mengenai boleh ngganya berhenti minum obat, itu harus sepengetahuan dokter penulis resep, karena menyangkut pengobatan infeksinya juga.
      maaf kalau tidak membantu Bu

      1. Maaf mbak, blm pernah minum.krna kmrn tes darah hasilnya infeksi saluran pencernaan jd di kasih tiampenicol udh sya stop tiampenicol tp td pagi mulai muncul ruam dikulit. Kata dokter campak jd pengobatan gejala tipys di hentikan. Tp cm diberikan paracetamol, obat batuk n bedak gatal2… Apa gak ad obat khusus campak y mba??….
        Terima kasih banyak…mohon reply secepatnya…

  31. ibu Fatma: campak itu karena virus bu, insyaAllah sistem imun anaknya sendiri yang akan melawannya.
    benar obatnya, penurun demam, obat batuk seperti sakit flu. jangan lupa dibanyakin minum cairan/air putih, jangan sampe dehidrasi, minum lemon, madu
    sebelumnya sudah pernah di vaksin campak belum?

    anaknya pernah minum imboost sirup? itu sirup yang gunanya untuk penambah daya tahan tubuh. pakai yang imboost sirup biasa aja (ngga perlu yang imboost force). dosisnya ada di kemasan, lihat yang untuk 6 tahun, cukup sekali sehari aja.
    tanya Apotekernya untuk lebih jelas ya bu..

    sebenernya antara perlu atau ngga perlu obat penambah sistem imun ini, obat ini hanya bersifat membantu saja, pada dasarnya sistem daya tahan tubuh alaminya si anak yang akan bekerja melawan campak.
    saya waktu kecil kata ibu sering banget campak (bahasa jawanya gabagen)

    semoga anaknya segera pulih ya bu..

    1. Terima kasih banyak mbak… Iya adek biasa saya kasih imboost syrup 2x sehari @5ml….
      Msh demam naik turun smpe 38,4. Hanya batuknya yg sampe ngikil gt… Maaf kalo sya hitung2 adek udh minum penurun panas hampir seminggu karena diagnosa awal kan gejala typus smpe skrg ternyata campak. Apakah g apa2 y mbak minum paracetamol dlm jangka waktu lama???

      Terima kasih, mohon penjelasan. Maaf merepotkan…

      1. Mba aku mau tanya,2 minggu yg lalu aku berobat ke dr kulit dikasi antibiotik doxicor 100 doxicyclin 100mg 15 tablet,dokter menyarankan klo 15 tablet sudah habis dan jerawat msh bernanah tambah lg 10 tablet,kebetulan hri ini obat nya habis dan saya cari dsni ga ada yg jual,rencana hri kamis saya baru beli lagi di dr kulit saya,apa ga masalah mba ada jeda hari meng konsumsi antibiotik??

      2. maaf ibu Fatma, lama responnya, ini baru buka lagi. sekarang gimana kondisinya? semoga udah sehat banget.

        kalau paracetamol memang obat yang paling aman buat siapa aja, jangka waktu penggunaannya setiap obat memang tidak baik diminum jangka panjang.
        kalau paracetamol dosis maksimalnya 4 gram sehari.. untuk jangka panjangnya tidak disebutkan, tapi menurut saya 1 minggu minum paracetamol aman,dengan dosis lazim.
        tapi jika lebih dari satu minggu masih demam juga, sebaiknya ke dokter.
        ada paracetamol yang dimasukkan lewat dubur (dumin rectal) lebih cepat efeknya

  32. Hai mbak,mo nanya nich. Sy sedang minum antibiotik dr dokter selama 5 hari, 2×1. Di hari ke empat malam hari,sy ketiduran kelupaan g minum. Itu gmn mbak?apa hrs mulai lg dr awal? Padahal tinggal 2x minum harusny. Trm ksh.

    1. @Kris, maaf banget telat jawabnya…
      ingetnya paginya ya? diminum pagi hari, jadi pagi, sama malam, sesuai aturan., yang kelewat udah aja.. ngga perlu dari awal lagi karena dah tinggal 2 biji. pengobatan dgn antibiotik biasanya 3-5 hari. kalo dah tinggal 2 biji brarti dah 4 hari…

  33. Mba,aku mau tanya 2 mggu lalu aku berobat ke dr kulit dikasi doxicor 100 doxiciclyn 100mg 15 tablet,dr bilang klo sudah habis dan msh bernanah tamba lg 10 tablet,skr obat nya sudah habis dan msh bernanah aku hrus beli lg 10 tablet,dsni ga ada yg jual susah nyari,aku harus kembali lg ke dr kulit ku baru bisa hari kamis,apa ga masalah mba ada jeda hari dalam mengkonsumsi antibiotik??

    1. jedanya cuma dua hari ngga apa apa, langsung lanjutin 10 tablet aja,,
      itu pas pertama ngga dikasih dokter copy resep doxicornya? jadi bisa beli di apotek sendiri tanpa harus ke dokter lagi…
      nanti klo ke dokter, tanyakan lagi yang jelas ya, kalo masih butuh antibiotik, minta copy resepnya biar kamu ngga perlu ke dokter baru beli obat

    1. Maaf sintia klo udahtelat jawabnya.salam kenal juga ya
      Amox untuk bisul sama saja, tiga kali sehari 1 tablet diminum setelah makan,selama 3 sampai 4 hari. Kalo dptnya satu strip isi 10 tablet,itu aja dihabiskan ya. Semoga cepet sembuh

  34. Slmt siang…untuk infeksi prostat baiknya minum ciprofloxacin atau levofloxacin? Dan sehari mnm brp kali dan brp hari? Mksih…

    1. Infeksi prostat, cipro maupun levofloxacin sama saja, tapi kebanyakan ciprofloxacin, untuk dosis tepatnya, silakan konsultasi ke dokter karena tergantung tingkat infeksinya, semoga lekas sembuh ya

  35. Pagi mbak salam kenal.. langsung ajj ya.. saya mau tanya saya kan sakit gigi udh 2 hari ini trs saya beli obat d’kasih obat sakit giginya diclofenac potassium 50 mg sama di kasih antibiotik lincomycin hci 500 mg suruh minumnya 3x sehari sesudah makan dan saya baru tahu klo lincomycin d’minumnya sebelum makan apa itu tidak apa-apa mbak???
    Dan saya mau tanya lagi semalem saya pergi ke dokter dan kata dokter nya saya kena gejala tipes terus di kasih obat.. tapi saya lupa nanya sama dokternya kalo saya sedang sakit gigi dan boleh apa tidak obat sakit gigi sama antbiotiknya di minum bersama’an dengan obat gejala tipes ?? Mohon jawabannya ya mbak terima kasih…

    1. Amalia, gak apa apa sebelum makan, ngga ada keluhan nyeri lambung kan?
      Lincomycinnya bakal hbis kapan?
      Obat tipesnya beda dengan lincomycin? Apakah thiamphenicol? Chloramphenicol? Klo iya, berarti beda golongan sama lincomycin , so, aman aja diminum

  36. mbak kalo utk ISK anyang2en ringan, apa cukup amoxilyn ato ada obat lainnya ya? Berapa kali minum mba utk yg 500 mg & sampai berapa hati? Trimakash sbelumnya

    1. @Novi, ISK ringan amoxicillin bisa, 500 mg 3 kali sehari, selama 3 hari.
      ada antibiotik yang lain, tapi kalo bisa sembuh dengan amox, sebaiknya amox aja, pada beberapa orang amox bekerja dengan baik mengatasi ISK

  37. @Lhina azhari : minum yang clindamycinnya aja., cefadroxilnya dihentikan. minum clindamycinnya sampe habis ya sesuai petunjuk dokter.. meskipun radangnya sembuh sebelum obat habis🙂

  38. Pagi. Saat ini saya sdg mengkonsumsi Cefadroxil. Sebelumnya sy jg pernah mengkonsumsinya smp habis dan tdk menimbulkan efek smping atau alergi trhdp obat. Tp sy tdk bs meminum obat dlm bntuk kapsul, dan slama ini jk ada vitamin atau obat kapsul slalu sy buka kapsulnya, trmsuk ktk sy sdg mkonsumsi Cefadroxil. Apa tdk apa2 sy buka kapsulnya? Dan sbnrnya kapsul itu berfungsi untuk apa? Dan krn sy sdh trlnjur mengkonsumsi Cefadroxil tnpa kapsul, apkh akab brbahaya bgi tubuh?

    1. @Naurah, terima kasih pertanyaannya
      ada beberapa tujuan obat dibentuk dalam sediaan kapsul, antara lain, karena rasanya terlalu pahit, bau yang tidak enak, sasarannya agar lepas di lambung, pelepasan obat berkala (slow release untuk kapsul khusus) dan sebagainya., tergantung sifat obatnya.

      pada dasarnya, cefadroxil diserap penuh dalam lambung, artinya, tujuan pengkapsulan adalah agar obatnya terlepas sempurna di lambung. kalau dibuka sebelum diminum, bisa jadi efektivitasnya berkurang.
      jadi, sebenarnya tergantung obatnya apa.
      kalau cefadroxil sepertinya ga ada yang tablet ya, kalau sirup juga bisa, tapi dosisnya menyesuaikan. cefadroxil sirup agak mahal kayaknya, karena butiran obatnya juga khusus, biar obat terlepas di lambung🙂

  39. Malam, mbak. Saya mau tanya. Mungkin diluar topik, waktu itu saya mengkonsumi antibiotik atas resep dokter, setelah 2 hari konsumsi saya sdh enggak konsumsi lagi dalam jangka 12hari, setelah 12hari jeda konsumsi saya mulai konsumsi lagi antibiotiknya(berniat menghabiskannya) apa itu masih boleh?

    Knp saya jeda 12hari dlm minum antibiotik, itu krena pas hari ketiga saya coba minum, dan hasilnya gak ketelen tuh obat, jadinya saya memutuskan untk gak konsumsi slma itu

    1. @erika, makasih pertanyaannya,. dapat dari dokter berapa tablet? kalau misalnya 10 tablet dengan aturan penggunaan 2 kali sehari, brarti kalau 2 hari, sdh 4 tablet ya, sisanya 6 tablet.
      kalau sudah jeda 12 hari, obat kebanyakan sudah termetabolisme. jika mau mulai lagi, sebaiknya nambah 2 hari seperti aturan yang disarankan dokter sejak awal. tapi jika sudah terlanjur ya tidak perlu mengulang lagi.
      setiap penyakit infeksi, ada durasi dan lama pengobatannya,. jadi sebaiknya memang mengikuti aturan minum dari dokter, kecuali pemberhentian obat dikarenakan efek samping yang terjadi.

  40. @anisa maharani, ciprofloxacin jarang digunakan untuk penyakit jerawat. antibiotik yang sering diresepkan adalah doxycycline atau clindamycin.
    obat oles yang mengandung antibiotik banyak dipasaran, seperti mediklin atau yang mengandung benzoil proxyde (untuk jerawat yang ringan sampai sedang)
    obat oles atau topikal yang mengandung tretinoin juga ampuh untuk mengatasi jerawat yang cukup parah.

    1. Pagi mbak, saya ega umur 19th. Saya batuk dan pilek udah seminggu lebih, kemarin saya beli antibiotik di apotek yg cefadroxil. Saya baru minum satu hari, 2kapsul dan sekarang sudah berheni. Apakah tidak apa apa mbak?

      1. @Ega, kenapa berhenti? sudah sembuh ya sakitnya..

        sebaiknya minum cefadroxil sampai habis, kalo ga salah berarti 5 hari ya, karena udah terlanjur minum. nanti kalau ngga gitu, jadi kebal bakterinya,, besok kalau sakit yg sama dan minum cefadroxil lagi susah sembuh/ butuh antibiotik yang lebih kuat lagi..

  41. Hai mbak. Mau brtanya. Apakah efektif kalo konsumsi antibiotik brsamaan dengan obat golongan steroid ? Saya dikasih bidan krna otitis media. Trimakasih

    1. @Khatarin, obat oral ya? kombinasi antibiotik dan steroid untuk otitis media pada orang dewasa cukup efektif. Antibiotiknya amoxicillin kah? atau co-amoxiclav (kombinasi dengan asam clavulanat)? steroidnya apakah dexamethasone? steroidnya hanya untuk membantu mengurangi inflamasi (peradangannya aja) semoga lekas sembuh ya

  42. Mbak mau tanya. Saya ini kan paling gak bisa makan obat langsung begitu saja, bisanya harus dihancurkan terlebih dahulu. Nah, kalo minum obat kapsul itu boleh dibuka kapsulnya tidak? Terimakasih

    1. @Sintia, tujuan obat dibuat kapsul antara lain untuk menutupi rasa atau bau, untuk tujuan agar hancur di lokasi tertentu (misal usus kecil), obat yang terlalu higroskopis, dll. tergantung obatnya mbak.. Obatnya apa ya? kalo memang hanya karena rasa pahit atau bau, dan mbak Sintia ngga masalah dengan hal itu, ya ngga apa apa dibuka cangkang kapsulnya🙂

  43. Dok…
    Saya menderita kencing nanah….
    Saya mendapat rekomendasi dari teman yang pernah kena kencing nanah juga untuk memakai azythromicin yg 500gr….
    Apakah bole saya memakai obat itu tanpa anjuran dokter dok?

    1. @mas Anto, saya bukan dokter, tapi saya apoteker🙂
      azithromycin 500 mg adalah salah satu obat antibiotik yang keras, jadi penggunaannya harus anjuran dokter dan dalam pengawasan apoteker.
      silakan konsultasi dulu dengan dokter, dokter umum juga ngga apa apa

      1. mbak mohon bantuanya:3hari yg lalu sy baru tau kalau saya sehabis kencing terus d urut penis saya keluar seperti nanah terus saya ke apotik di kasi ceprofloxacin di suruh minum 3×1 trus hari ke3 minum nyeri berkurang dan nanah tidak ada tapi awal dan hampir selesai kencing keluar darah,apa karena pengaruh anti biotiknya atau salah aturan minum.terimakasih sebelumnya

      2. @Ray
        mungkin ada infeksi saluran kemih ya.. itu kemarin ciprofloxacin yang diminum 3 kali sehari dosisnya berapa?
        biasanya kalau dosis 500 mg, diminum 2 kali sehari, bisa 3 sampai 7 hari
        kalau yang diminum adalah dosis 250 mg, diminum 3 kali sehari, masih masuk rentang dosis
        adanya darah di urin bisa jadi tanda masih ada infeksinya, atau ada luka di saluran kencing atau ada infeksi di ginjal, sebaiknya jika masih ada darah di urin, segera konsultasi kedokter, terima kasih

    1. @wiwi, Dexamethasone yang diminum bersama dengan luminal atau phenobarbital, efek dexamethasone akan berkurang.
      ada infeksi apa kah? obatnya amoxicillin dan dexamethasone
      kalau amoxicillinnya ga ada interaksi dengan luminal

  44. mbak, ciproloxacin umumnya paling lama diminum berapa hari ? adakah cara untuk tau atau memastikan kalau bakteri sudah hilang tanpa periksa darah ?

    1. @Elma, durasi penggunaan ciprofloxacin tergantung panyakit infeksinya, ada yang cuma 3 hari, ada yang seminggu, bahkan 2 minggu.
      salah satu tanda infeksi bakteri adalah rasa nyeri/sakit, radang, kemerahan..
      mungkin secara fisik itu bisa jadi tanda ya, tapi memang cek darah adalah yang paling tepat karena meskipun rasa sakit udah hilang, ternyata masih ada bakterinya di dalam darah

    1. @Aan, tergantung infeksinya apa. maaf saya belum menemukan info mengenai pengulangan dosis dengan jeda 5 hari, karena biasanya azithromycin diminum beberapa hari, atau hanya sehari saja. sebaiknya konsultasi ke dokter ya
      terima kasih

    1. @Ronald: Dexamethasone dan asam mefenamat ngga bisa diminum bersamaan, jika harus diminum bersama, harus ada penyesuaian dosis.
      apa ada inflamasi (radang)? kalau ngga ada, dexamethasone nya ngga usah aja,. asam mefenamat bisa untuk mengurangi nyeri. , diminum jika nyeri, minumnya setelah makan.
      amoxicillinnya 500 mg 3 kali sehari 10 tablet (sekitar 4 hari ) ya,.diminum sampai habis
      semoga lekas sembuh lukanya

  45. Malam mbak,

    Beberapa hari lalu sewaktu kebelet buang air kecil, saya mengejannya agak kuat, tiba-tiba keluar bercak darah dan akhirnya hingga saat ini ketika buang air kecil terasa sakit, ditambah lagi area genital terasa panas, tadinya saya mengkonsumsi vitamin c (ester c) buat jaga2 untuk menghindari gejala infeksi dan mempercepat penyembuhan, tapi skg saya memutuskan ingin mengkonsumsi antibiotik, apakah saya bisa mengkonsumsi ciprofloxacin? yang berapa gram ya mbak? dan sehari dosisnya bagaimana?

    Terimakasih.

    1. udah pasti kena infeksi saluran kencing kah?
      kalau udah pasti, memang obat yang disarankan dokter adalah ciprofloxacin, sebaiknya ke dokter atau puskesmas untuk minta resep obat ini.

      kalau belum tentu, bisa minum obat herbat nephrolit, ada di apotek dan bisa dibeli bebas.. itu untuk keluhan sakit saat kencing dan memperlancar saluran kencing.

      banyak banyak minum air ya, semoga cepet sembuh🙂

  46. Mba saya mau tanya, kulit wajah saya sudah lama berjerawat setelah saya tanya2 di apotek saya dianjurkan meminum doxycycline 100mg 3×1saya dikasih 10 kaplet..tapi bila saya meminum hanya 1 kali saja sehari apakah mempengaruhi hasilnya?lalu bila habis apakah saya harus beli lagi?berapa lama saya harus pakai?soalnya apotek tempat saya beli itu jauh dari rumah.

    1. @Fini, makasih atas pertanyaannya.
      kalau memang jerawatnya seperti infeksi, bisa minum doxycycline 100 mg 2 kali sehari selama 3 sampai 6 minggu (sampai ada perbaikan gejala).
      kalau cuma minum 1 kali sehari saja, bisa jadi ngga mempan karena dosisnya kurang.,
      jadi kalau memang indikasinya sesuai, bisa beli 4 strip (@isi 10), buat 3 minggu aja. tapi obat ini harus pakai resep dokter

      kalau saya pribadi, prefer obat topikal (gel/krim) yang ada antibiotiknya seperti mediklin gel. (isinya antibiotik clindamycin)
      sebenarnya ada yang lebih manjur, yang mengandung tretinoin (biasa disingkat TR)
      memang jerawat jadi keliatan tambah parah, tapi cepet kering. kalau obat obat topikal, bisa dibeli tanpa resep dokter meskipun ada antibiotiknya

  47. Assalamualaikum dok,
    Mau tanya, sy diare sudah 2 hari. Coba minum novatrim langsung 2 tablet. Apakah boleh berhenti minum obatnya soalnya sudah baikan. Makasih

    1. @Zasli, waalaikumsalam wrwb, salam kenal ya, saya apoteker🙂
      kalau sudah minum antibiotik, sebaiknya diminum sampai habis, biasanya dosis terapinya untuk 3 hari,, kalau tidak demikian, nanti bakterinya akan resisten atau kebal dgn antibiotik yang sekarang sehingga butuh antibiotik yang lebih kuat

      semoga cepat tuntas.,

  48. Mba Nisa…

    Mohon dibantu info, putra sy didiagnosa gejala tipes. Hny lewat cek darah tnpa distetoskop, diintip lidahnya, diperiksa matanya, bahkan di termometer jg tdk.

    Putra sy diberi 6 renceng obat yg semuanya dosis diberikan 1/2 tablet yg mana sangat sulit tuk dpt memotong obat dg akurat termasuk antibiotiknya ciprofloxacin 500 mg dosis 1/2 sehari 2x. Dan putra sy baru 10 thn. Baru 2x minum dia mengeluh punggungnya jd sakit, gigi sakit bahkan kakinya jd sakit dan ngilu. Krn sy pikir ini antibiotik harus habis jd tetap sy minumkan hingga sdh 7x minum.

    Tetiba sy penasaran dan ternyata dr bbrp referensi sy baca ciprofloxacin bahaya bagi anak dan bs merusak pertumbuhan tulang. Sy shock sekali. Bhkan anak sy tdk kuat diajak ke dokter lg krn bdnnya jd sakit semua. Apakah harus sy teruskan antibiotiknya yg tinggal 3x ini? Dan kenapa dokter itu nekat kasih obat ini ke anak sy yg hanya gejala tipes? Mohon pencerahannya… dan tuk melawan bahaya antibiotik ini anak sy harus konsumsi apa? Thx…

    *anak saya pasien BPJS di klinik daerah jagakarsa. Dtg hny ditanya, tes darah berbayar cash tnpa disentuh sm sekali sbg layaknya pasien dicek kondisinya, tulis resep, ambil obat ukuran dewasa yg disuruh potong2 sendiri sehingga dosisnya ga akurat.

    1. @mama Ita, maaf baru balas
      makasih banyak pertanyaannya,.. ikut sedih juga soalnya dulu penyakit tipes diobati dengan Thiamphenicol atau chloramphenicol yang ramah buat anak anak
      sayangnya sekarang banyak yang sudah resisten (kebal) dengan obat ini… cuma menurut saya pribadi, jika anak ibu belum pernah kena demam thyphoid (tipes) dan blm pernah diberi Thiamphenicol, sebaiknya diberi itu.. mungkin dokternya mau yang langsung kuat, dan bisa membunuh bakterinya, ya langsung diberi Cipro

      saya baca efek samping di sendi/tulang sifatnya reversible (bisa balik seperti sedia kala) tapi butuh waktu beberapa minggu sampai bulan
      sudah 7 kali minum, artinya udah 3 hari ya , hentikan saja, insyaAllah sudah masuk rentang dosisnya…
      saran saya, banyak2 minum air putih, karena obat ini dikeluarkan lewat urin dalam keadaan utuh sekitar 40%
      http://www.accessdata.fda.gov/drugsatfda_docs/label/2005/019537s057,020780s019lbl.pdf

      Besok kalau ke dokter, sampaikan riwayatnya, jadi jangan sampai dokter meresepkan ciprofloxacin lagi untuk anak ibu. (karena pernah minum cipro dan merasa tidak nyaman)
      Dan, saran saya, tanyakan sejelasjelasnya kepada dokter soal penyakit dan obatnya (dokter hanya lihat hasil darah) , karena itu hak pasien,.

      semoga membantu, cepat sembuh, sehat seperti sedia kala. kalau ada yang belum jelas, bisa balas komen ini, atau sekedar share pengalaman…

  49. Mau Tanya …ibu saya dapat obatt antibiotic cefixime100 3×1 Dan clindamycin300 3×1.adapun diagnosis dari Dr. Cellulitis +DM.apakah visa antibiotic diatass Diminum.bersamaan.terimakasih

  50. mlm.. mau tanya, saya ada infeksi saluran kemih.. dikasih Dr cefixime 200mg x 2. dulu saya jg pernah sakit ini, trus dikasih ciprofloxacin 500mg x 2 (dr nya beda)..
    jika saya ganti antibiotik nya ke ciprofloxacin lg gpp gak? krn saya merasa cefixime terlalu keras.. saya br minum cefixime nya satu kapsul.. terima kasih..

    1. @ronal, Cefixime 200 mg 2 kali sehari bisa untuk infeksi saluran kemih,
      ciprfloxacin lebih kuat (beda golongan) dan lebih lama treatmentnya.,
      saya rasa dokter memberi cefixime karena memang sesuai indikasi dan lebih “aman” untuk pasien daripada ciperofloxacin. mungkin juga dokternya ngga ingin langsung memberi Cipro mengingat resistensi bakteri nantinya.
      menurut saya tetep minum yang cefixime 200 mg sampai habis, kecuali ada efek samping yang tidak nyaman dengan obat ini.
      semoga cepet sembuh, terimakasih

  51. Hai mba Nisa… assalamu alaikum…salam kenal ya..
    Awalnya saya mengira kena radang tenggorokan biasa dan saya bawa ke dokter umum akhirnya diberi obat cefadroxyl 500mg 2×1/hari dan asam mefenamat 3×1/hari biasanya 2 hr sudah mendingan dan sembuh, sampai obat habis ternyata nyeri di tenggorokan sebelah kanan masih terasa.

    Karena ada tambahan nyeri ditelinga saat menelan ludah, lalu saya bawa ke RSUD ke poli THT dan saya hanya diberikan Mefenamic Acid 500mg 14 tablet diminum 3X1/hari hingga habis tidak ada perubahan.

    Dan kalau saya hitung total sudah 1,5 bulan radang tenggorokan ini pengobatannya tidak membuahkan hasil, kemudian saya coba melihat sdri rongga mulut dengan bantuan cermin kecil, ternyata saya lihat pada amandel sblh kanan ada benjolan, lalu saya putuskan pergi ke Dokter Spesialis THT KL dan saat pemeriksaan ada tindakan medis pada benjolan di amandel dengan diolesi obat “saya Lupa” rasanya perih panas dan untuk resep 4 hr saya diberikan Azithromicyn 500gr 3×1/hari, Cetirizen 10mg 1×1/hari, dan obat kumur betadine. Dan setelah obat habis saya diharuskan kontrol lagi.

    Satu lagi mohon maaf bukannya saya tdk percaya dengan dokter, memang setiap mendapatkan obat dokter sebelum saya minum selalu saya tanya ke petugas apotik dan coba re-check di google mengenai obat tsb.

    Dan yang jadi pertanyaan saya adalah :
    – Azithromicyn 500gr apakah tidak berbahaya diminum 3×1/hari ? karena saya coba baca blog2 di google aturan minumnya 1×1/hari.
    – Selain minum Azithromicyn 500gr 3×1/hari dan Cetirizen 10mg 1×1/hari dari dokter, apakah boleh saya tambahkan asam mefenamat sebagai penghilang rasa nyeri di tenggorokan saya?

    Mohon maaf sebelumnya mba Nisa atas panjang lebar curhatan saya ini, semoga mba Nisa berkenan untuk memberikan jawaban dan saya sampaikan banyak terima kasih.

    1. @iddha waalaikumsalam Iddha salam kenal juga
      wah ceritanya lengkap
      pake cefadroxil ngga membaik ya., lama juga ya 1,5 bulan.
      saya juga cari-cari info, belum menemukan dosis azithromycin 500 mg tiga kali sehari. untuk tonsilitis , biasanya 1 kali sehari dosis 500 mg selama 3 hari.
      http://cid.oxfordjournals.org/content/40/12/1748.full

      ada kontak dokternya ngga? kalau memang dibutuhkan dosis sedemikian banyak, mungkin ada pertimbangan dari dokter. Waktu nebus obatnya, ada keterangan yang disampaikan oleh pemberi obat?
      maaf ya kalo ngga menjawab pertanyaan.

      soal asam mefenamat untuk penghilang nyeri, bisa diminum juga, 250 mg atau 500 mg ngga apa apa, seperlunya aja
      bisa juga kumur pake air garam yang hangat.

      semoga lekas sembuh ya🙂

  52. Salam Kenai mba, Mau Tanya clindamycin dan Assam menamat boleh diminum bersamaan tidak? Saya sudah minum 3x tapi Koq malah Bangkak ya gusi saya jadinya, sebelumnya saya Cabut Gigi 3 sekaligus oleh dokternya. Trims mba informasinya

    1. @Tia, salam kenal kembali🙂
      iya bisa. Clindamycin dan asam mefenamat bisa diminum bersamaan.
      ngga apa-apa dilanjutkan aja sampai habis. mungkin bengkaknya karena infeksi pasca cabut 3 gigi. Clindamycin cukup kuat sbg antibiotik.
      asam mefenamat sebenernya kurang untuk aksi antibengkaknya, tapi dokter punya pertimbangan sendiri, dan sudah meresepkan obat itu. Sebagai info aja, yg bersifat sbg antibengkak ada kalium diclofenak (Cataflam).

      semoga cepat sembuh ya

  53. Mbak mau tanya kadang kadang keluar cairan bening sehabis, lengket tapi tidak bau cuma mirip2 bau sperma sewaktu buang air kecil kenapa ya? Itupun kadang berselang beberapa bulan atau minggu dan sehari cuma sekali saja! Saya kencingnya biasa saja, gak ada rasa nyeri ato sakit atau gejala aneh… Bolehkah saya minum antibiotik azithromicyn untuk pencegahan? Kata teman itu gejala kencing nanah! Mau periksa tapi terkendala biaya? Kalo untuk pencegahan berapa dosis yang sesuai

    1. @damian, makasih atas pertanyaanya. pertama, saya bukan dokter, jadi saya ngga berhak ngasih saran anda untuk minum antibiotik yang harus pakai resep dokter. Azythromycin memang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kemih, tapi tidak disarankan diminum ( apalagi untuk pencegahan, yang belum tentu memang itu infeksi saluran kemih). Obat ini sangat kuat, seperti obat ciprofloxacin juga. Kalau udah kebal sama obat antibiotik yang kuat seperti ini, jadi susah pengobatan nantinya.
      lebih baik coba atur pola hidup dulu, misalnya banyakminum air putih (hindari kopi, teh dan soda), jangan suka nahan kencing, makin banyak minum, sering kencing, bakteri bisa keluar… tanpa antibiotik. kalau ada rasa sakit, bisa minum paracetamol 500 mg 3 kali sehari atau ibuprofen.
      kalau ngga ada perubahan, bisa ke puskesmas, paling ngga, ketemu sama dokter umum, nanti dikasih antibiotik yang sesuai

      semoga lekas sembuh ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s