Sekedar Info... · Uncategorized

Apotek Pendidikan-Rumah Sehat dan Apotek UGM

Alhamdulillah, dapat amanah menjadi apoteker bagian divisi pendidikan. Setiap bulan mengurusi mahasiswa yang akan dan sedang praktek kerja profesi apoteker di tempat ini. Setiap bulan ganti-ganti dan jadi berasa muda lagi karena mahasiswanya masih unyu-unyu, hehe…

Apotek UGM yang sekarang sudah berubah nama jadi Rumah Sehat dan Apotek UGM adalah salah satu apotek pendidikan di Yogyakarta, yang menjadi tempat praktek kerja mahasiswa yang sedang menempuh kuliah profesi apoteker maupun mahasiswa D3 Farmasi. Utamanya adalah mahasiswa Farmasi UGM, selain itu ada mahasiswa Farmasi Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, dan mahasiswa D3 Farmasi Universitas Muhammadiyah Magelang. Bulan Juni kemarin kami menerima mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (S1 semester akhir) UGM selama 2 minggu untuk mengamati pelayanan dan segala aspeknya di apotek manusia.

Kegiatan yang dilakukan pertama kali adalah pembekalan dan pretest. Kemudian simulasi mengenai apa yang harus dilakukan, dan orientasi. Selanjutnya adalah praktek kerja di apotek selama satu bulan. Setiap minggu diadakan diskusi oleh apoteker pembimbing. Kami berusaha untuk mendidik calon apoteker muda menjadi apoteker yang bertanggung jawab sesuai kompetensinya.

Praktek kerja yang dilakukan mahasiswa antara lain pelayanan resep, peracikan, penyiapan obat, pemberian informasi obat, pengelolaan obat, administrasi di apotek, penyimpanan obat, penyerahan obat dan konseling. Intinya mereka mengerti apa tugas, kewajiban, dan wewenang seorang apoteker di apotek. Berikut kegiatan mahasiswa selama praktek.

meracik

penyerahan obat

informasi dan konseling

penataan obat

diskusi tugas

pelayanan obat bebas

foto bersama mahasiswa universitas muhammadiyah purwokerto

mahasiswa D3 Farmasi UMM

foto bareng apoteker narsis :))

Setelah selesai praktek, mahasiswa diwajibkan membuat laporan praktek kerja lapangan untuk selanjutnya diujikan dalam ujian komprehensif profesi apoteker. Untuk pengujinya ada dosen (akademisi) dan praktisi. Apoteker Rumah Sehat dan Apotek UGM juga rutin terlibat sebagai penguji ujian komprehensif.

Setiap bulan jumlah mahasiswa kami bervariasi. Rasanya kalo ada mereka apotek jadi rame dan kerja jadi menyenangkan, meskipun kadang-kadang ada mahasiswa yang bikin gemes. Nggak jarang ada beberapa mahasiswa yang jadi deket dan jadi sering curhat, bahkan ada yang akhirnya menikah sama salah satu apoteker kami.

Posted by Annisa Krisridwany, S.Farm, Apt

Divisi pendidikan Rumah Sehat dan Apotek UGM

2 thoughts on “Apotek Pendidikan-Rumah Sehat dan Apotek UGM

    1. tidak disarankan menggunakan dua antibiotik berbeda dalam waktu bersamaan kecuali terdapat indikasinya.. dan sepengetahuan saya, ciprofloxacin tidak dikombinasi dengan chloramphenicol… mohon maaf jika terdapat kesalahan, terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s