Sekedar Info... · Uncategorized

Manfaat Minum Air Putih

Penyakit ginjal akut merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada perfusi ginjal dan atau  kurangnya aliran darah ke ginjal akibat perdarahan. Apabila faktor pencetus pada penyakit ginjal akut segera ditangani seperti dengan pemberian cairan yang cukup, maka fungsi ginjal dapat kembali normal.  

Penyakit ginjal kronik merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Hal ini berkaitan dengan penurunan fungsi ginjal dan tidak pernah bisa kembali ke normal. Upaya yang dapat dilakukan adalah mencegah keberlanjutan penyakit ginjal tahap akhir. Jika ini yang terjadi, maka harus terapi pengganti ginjal, salah satunya dengan cuci darah. Penyakit ginjal kronis biasanya tanpa disadari, dan baru ketahuan saat memasuki stadium empat.

Faktor resiko penyakit ginjal kronik antara lain : batu saluran kemih, diabetes mellitus, glomerulonefritis (peradangan di ginjal), dan hipertensi artinya, jika kita memiliki satu aja dari sekian penyakit tersebut, kita berisiko terkena penyakit ginjal. Untuk itu, kita harus mengendalikan faktor resiko tersebut.

Menurut Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH yang disampaikan saat peringatan hari ginjal sedunia pada 6 Maret 2013, manajemen penyakit ginjal kronik adalah dengan mencegah agar tidak lanjut menjadi penyakit ginjal tahap akhir dengan mengendalikan faktor resiko, diet rendah protein, serta tidak mengkonsumsi obat yang beracun terhadap ginjal (renotoxic). Masyarakat dihimbau untuk banyak minum air putih, setidaknya 2 liter setiap hari. Air putih berfungsi untuk mencegah terjadinya batu saluran kemih, mencegah infeksi saluran kemih, mengurangi konsentrasi garam dan mineral dalam tubuh dan menjaga agar perfusi ginjal tetap baik.

glass-of-water1

Jika cuaca panas dan kita sedang beraktivitas tinggi, asupan cairan harus diperbanyak. Jangan sampai dehidrasi. Saat kita minum dan merasa segar karena kehausan, itu ada tanda-tanda dehidrasi.

Begitu banyak fungsi ginjal seperti mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit penting dalam tubuh untuk menjaga ritme jantung, membersihkan racun, mengeluarkan kotoran darah, mengeluarkan hormon, dan membantu pembentukan sel darah merah. Wow..ginjal, meskipun kecil fungsinya besar banget ya. Kita dikaruniai dua buah ginjal untuk mengatur fungsi tubuh secara otomatis. Betapa beruntungnya kita diberi dua ginjal sejak lahir oleh Allah, jadi salah satu cara kita mensyukurinya adalah dengan menjaga ginjal agar tetap baik dan sehat. Ayo kita sayangi ginjal dengan banyak minum air putih., semakin banyak minum, semakin sering zat tidak baik yang dikeluarkan tubuh, semakin baik fungsi ginjal kita.

Sumber : Medika : Jurnal Kedokteran Indonesia , Juni 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s