Sekedar Info... · Uncategorized

Rafting Sungai Elo – Magelang, Jawa Tengah

Kalo berwisata ke kota Magelang, salah satu yang paling terkenal adalah wisata olah raga rafting di sungai Elo. Alhamdulillah kesampaian juga cita-cita 2,5 tahun yang lalu untuk rafting di sungai Elo.

Jadwal Rafting ada pagi dan siang. Pagi jam 9, siang jam 13.00. Waktu itu kami masih ragu untuk ke sana, biasalaah izin ortu agak susah karena kebayang arung jeram. Setelah mengantongi izin, kami berangkat berenam dari Jogja jam 11. Kami menghubungi tim dari kompas adventure. Kami disuruh datang ke sebuah resto di jalan menuju Borobudur (pertingaan palbapang belok kiri dari arah Jogja). Setelah makan dan sholat dhuhur, kami berangkat diangkut naek angkot yang memang khusus untuk wisata ini. Semua tas dan barang berharga gak boleh dibawa. Mobil ditinggal di restoran. Jadi klo niatnya mau rafting gak perlu bawa barang mewah atau barang berharga.

Kami diantar ke start point untuk rafting. Di sebuah desa yang aku nggak tau namanya. Kami memakai pelampung dan barang lainnya untuk persiapan rafting. Sebelum mulai kami berkumpul dengan tim yang lainnya dan berdoa bersama. Satu kapal maksimal 7 orang sudah sama pemandunya.

latihan sebelum terjun

Bismillah..kami pun mulai mendayung. Kebetulan sehari sebelumnya turun hujan deras, jadi debit airnya banyak dan cepat. Memang asiknya kalo rafting gini pas musim penghujan, paling pas bulan Maret kayaknya.

mulai perjalanan

IMG_4915 (Large)

Kami akan menyusuri sungai ini sepanjang 12,5 km selama kurang lebuh 2-2,5 jam. Di titik 6 km ada pos untuk istirahatnya. Disana masing-masing orang diberi satu buah kelapa muda dan camilan.

menuju tempar istirahat

Wuuaahh seru.. pertama-tamanya aku takut banget tapi lama-lama nagih, hehehe…

Main rafting harus siap basah-basahan, dan semua awak kapal basah semua.

seruuuu

Kami jadi bersyukur banget karena Allah menciptakan alam dengan indahnya. Pemandangannya bagus dan lingkungannya juga gak terlalu kotor. Akhirnya sampai juga di finish, di daerah candi mendut. Setelah itu kami diangkut lagi naek angkot ke restoran yang tadi. Setelah mandi dan sholat asar, kami dijamu makanan yang sederhana tapi nikmat banget. Pecel, tempe goreng, dan ayam goreng. Habis maen air selalu kelaparan ya, hehe… Alhamdulillah.

Setelah makan dan foto-foto ada ditangan, kita pulang dengan hati senang dan syukur.

Harga satu kapal 600.000 rupiah (klo rafting di Jepang harga satu orang sekitar 800.000 rupiah)

Kalo nambah foto tambah 150.000 rupiah dapat CD plus foto yang dicetak. Kalo kameranya anti air dan kira-kira aman, mending bawa sendiri, tapi susah juga sih kalo mau foto-foto pas di atas kapal.

Jangan lupa minum vitamin dan istirahat yang cukup karena kami terserang flu dan masuk angin beberapa hari setelahnya, hehehe…. yang jelas, selama rafting  ikuti instruksi dari pemandu dan jangan neko-neko untuk nyebur ke sungainya.

2 thoughts on “Rafting Sungai Elo – Magelang, Jawa Tengah

1. jdi kpengen nyobain tp blm nemu waktu ama rombonganyg pas krn sibuk bikin plampung buat rafting penghobi lainya kolo minat ada yg minat pengen punya plampung sendiri bs pesen ma saya di 0858 7855 1975