medicine · Sekedar Info... · Uncategorized

Obat-Obat Penting Saat Musim Hujan

Alhamdulillah sekarang sudah musim hujan. Sampai saat ini keadaan cuaca di Jogja sedang nggak tentu. Kadang puanaas terik menyengat, kadang langsung mendung dan hujan, kadang mendung tanpa hujan tapi gerah banget. Mungkin beberapa daerah di Indonesia juga seperti ini. Kalo pas panas bisa puanas banget, kalo pas hujan deras disertai petir bisa sampai banjir. Subhanallah…

Cuaca seperti sekarang ini menyebabkan banyak ketidakseimbangan di tubuh kita. Salah satu reaksinya ada gejala flu, batuk, dan demam. Kalo sudah terserang gejala flu, harus segera diobati biar nggak makin parah. Kalo belum terserang gejala flu, kita bisa minum suplemen makanan, vitamin C, makan makanan bergizi, perbanyak minum air putih, dan istirahat yang cukup.

Berikut ini obat-obat penting yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit saat musim hujan :

  1. Suplemen penambah daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan makan makanan sehat dan bergizi, selain itu bisa juga dengan vitamin C, produk herbal seperti Imunos, Imboost, Imboost force, Stimuno, Redoxon fortimmun, Becom C, Renovit, Becom Zet, Remufit, Enervon C, Vitalong C dan lain sebagainya. Jika mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi (1000mg) jangan terlalu sering ya, kasihan ginjalnya.Bisa juga minum jamu untuk mengatasi masuk angin. Saat ini makin banyak mereknya, ada yang untuk anak dan dewasa, ada bentuk cair dan tablet.
  2. Penurun panas dan penghilang nyeri (saat meriang) Obat penurun panas yang paling terkenal dari jaman dulu sampai sekarang adalah Parasetamol dimana bekerja menurunkan suhu tubuh melalui kerjanya di hipotalamus. Obat ini dijual bebas. Dosis minumnya 3-4 kali sehari satu tablet setelah makan. Kalo udah nggak demam nggak perlu dihabiskan ya. Obat ini aman untuk anak, dewasa, ibu hamil dan ibu menyusui. Di apotek banyak sekali mereknya. Parasetamol selain menurunkan demam juga bisa menghilangkan nyeri. Meskipun obat bebas, parasetamol tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Dalam dosis 4 gram sehari bisa menyebabkan kerusakan hati.Obat penghilang nyeri yang lain dan termasuk obat keras adalah natrium diklofenak, kalium diklofenak, asam mefenamat, ibuprofen, dan ketoprofen. Obat-obat ini juga beragam mereknya. Ada cataflam (Na-diclofenak), kaflam (K-diclofenak), ponstan (asam mefenamat), proris (ibuprofen), pronalges (ketoprofen), dan lain sebagainya. Ingat ya, minumnya kalo sakit aja. Diantara obat tersebut, yang dapat menurunkan panas adalah ibuprofen, jadi tergantung keluhannya yaa…kalo nggak ada demamnya ya bisa pake Na-diclofenak.

3. Pelega saluran pernapasan

Pilek. Duh nggak nyaman banget buat tidur ya.. cari obat yang mengandung decongestan (pelega pernapasan) dan anti alergi. Obat yang bersifat decongestan adalah pseudoefedrin sedangkan anti alergi yang bekerja di saluran napas adalah triprolidin. Biasanya obat decongestan jadi satu dengan obat parasetamol atau obat batuk. Jadi lebih praktis kaan. Tapi kalo terserang pilek aja ya nggak perlu obat lainnya. Contoh obat-obat ini adalah Aldisa, Trifed, Disudrin, dan lain-lain.

4. Pereda batuk

Batuk adalah respon tubuh terhadap sesuatu dari dalam dan harus dikeluarkan. Jadi ini merupakan proses yang baik. Tapi kalo mengganggu ya harus di atasi. Untuk batuk berdahak bisa pakai obat yang mengandung Glyceril guailacos, Ammonium chloride, Bromheksin, atau Ambroxol. Untuk batuk tidak berdahak bisa pakai obat yang mengandung Dextromethorphan HBr. Biasanya obat-obat ini ada dalam satu sediaan. Tapi, tetep kok, ada yang sediaan tunggal. Misalnya Mucopect (ambroxol 30 mg) atau Romilar (dextromethorphan HBr). Tersedia juga obat generiknya.

5. Pelega tenggorokan

Banyak sediaan permen di pasaran yang dapat untuk melegakan tenggorokan. Sebut aja permen woods, srepsils, fisherman, dan lain-lain. Ada antiseptic juga. Nama zat aktifnya adalah dequalinum hidrochlorida , dengan merek Efisol, SP troches, atau degirol, semuanya tablet hisap. Ada juga isinya antibiotic, nama obatnya FG throches (Fradiomicyn and Gramicidyn). Obat-obat ini juga secukupnya aja yaa.. Khusus FG throches belinya satu strip (10 tablet) dihisap 3-4 kali sehari sampai 10 tablet itu habis.

6. Obat Antidiare

Musim hujan gini kalo sanitasi tidak terjaga, kita bisa terserang diare. Obat yang paling aman adalah norit atau carbo adsorbent. Obat lainnya adalah attapulgit dan kaolin pectin. Untuk bayi dapat diberikan yang sediaan sirup seperti guanistrep sirup atau kaolin pectin sirup. Obat ini juga relatif aman untuk ibu hamil dan menyusui. Yang terpenting dari penanganan diare pada bayi dan anak adalah jangan sampai terjadi dehidrasi. Berikan tambahan oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Banyak pasien datang ke apotek minta obat antibiotik untuk mengatasi flu dan demam, padahal ini nggak tepat. Antibiotik hanya bisa untuk mengobati penyakit karena bakteri, bukan virus.

Jangan lupa cuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas ya. Makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Semoga sehat selalu ya.

Posted by Annisa Krisridwany, S.Farm Apt
akrisridwany@gmail.com
Apoteker Rumah Sehat dan Apotek UGM
Jalan Prof Sardjito 25 Yogyakarta

6 thoughts on “Obat-Obat Penting Saat Musim Hujan

  1. Alhamdulillah . .ada mbak nis yg murah hati rela meluangkan waktu buat ini . . .sangat bermanfaat. . Semoga mendapat Balasan yg lebih baik

  2. bagus mbak, alhamdulillah bermanfaat sekali. Kalo minum becom-c digabungin sama paracetamol boleh gak mbak? Berhubung saya agak meriang sama pusing

    1. iya boleh mas Robby silakan minum Becom C 1 kali sehari dan paracetamol 3-4 kali sehari jika pusing, setelah makan ya,, banyak makan dan minum air, semoga gak jadi sakit..
      alhamdulillah, makasih uda berkunjung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s