Sekedar Info... · Uncategorized

Tiga Jam di Incheon, Seoul, Korea

Ini cerita waktu sebelum pulang. Waktu itu teman-teman yang mau pulang ke tanah air segera pesan tiket supaya dapat harga yang paling murah. Aku nggak bisa buru-buru beli tiket karena suamiku belum bisa request tiket pulang. Ya sabar aja. Setiap dua minggu, aku utak atik searching harga tiket pulang. Kalo lihat harga yang paling murah dari Fukuoka ya maskapai EVA Air, cuma sayangnya turun di Surabaya, sementara kami tinggal di Yogyakarta, jadi pengen cari yang tujuan Jakarta biar bisa ketemu adekku.

Ada beberapa maskapai tujuan Fukuoka Japan ke Jakarta Indonesia yaitu Thai Airways, China Airline, Singapore Airline, dan Korean Air. Dari minggu ke minggu harga terus merangkak naik, sementara suamiku belum ada keputusan naik apa, hiks.. sempat galau.. Tiket suamiku sudah disiapkan sama ‘departemen pendidikan’nya Jepang, sementara aku harus beli sendiri, jadi ya mesti cari yang murah, dan pengennya bisa pulang bareng dengan satu pesawat. Kata temen yang sudah pernah dengan beasiswa yang sama, kita bisa request. Setiap hari aku berdoa.

Tersisa dua bulan lebih beberapa hari sebelum waktunya kami pulang. Kalo lihat di internet, harga tiket dua bulan persis sebelum keberangkatan, naik beberapa persen, lumayan banyak menurut kami. Akhirnya aku nekat beli Korean Air mengingat dulu suamiku berangkat naek Korean juga, hehe.. Harga Korean Air nomer dua termurah setelah China Airline.

Satu bulan sebelum kepulangan, suamiku request minta Korean, alhamdulillah dikabulkan. Jadi kami bisa satu pesawat. Pesawat ini akan transit di bandara internasional Incheon di Seoul Korea Selatan. Sik asiik… waktu itu sempet berharap ketemu Oppa Lee Min Ho, hahaha,,,

Perjalanan dari Kumamoto ke bandara Fukuoka naek bus ditempuh dalam waktu dua jam. Perjalanan dari Fukuoka ke Seoul membutuhkan waktu cuma satu jam, deket banget kaaan??

Waktu transit di Incheon cuma tiga jam, jadi ya nggak keluar bandara. Bandaranya bagus banget, pantas aja kalo Incheon International Airport disebut-sebut sebagai bandara teramai dan terbaik. Aku melihat beberapa orang Indonesia, kayaknya Seoul jadi tempat wisata favorit buat orang Indonesia, mungkin wisata ke Jeju Island (*sok tahu, hihihii).

Kami ketemu orang Indonesia yang sekolah di Fukuoka, asalnya dari Makassar, satu pesawat dengan kami. Akhirnya kami ngobrol dan cari makan. Aku dan suamiku pilih menu makanan korea, sebelumnya kami tukar duit dulu jadi won, padahal sebenernya di restoran bandara menerima duit yen juga..yah nggak tau siih..

Makanan korea yang aku pilih tentunya yang ramah di kantongku, dan nggak neko-neko, yaitu nasi pake sop kecambah.. rasanya?? hmm.. enak sop buatanku, hahaha… sepaket ada kimchi, sama menu tambahan yang lain.Yang khas adalah makan dengan sumpit dari besi. Susaah,, berat juga. Trus bunyinya rame setelah diadu sama cawan sup dan cawan nasi.

Setelah makan, kami cari musholla untuk sholat dhuhur dan asar. Bandaranya gedhe banget,.. bingung carinya. Setelah tanya, ternyata musholla ada di dekat gate 29, dan nggak ada tempat wudhunya. Akhirnya kami cari toilet dulu. Sholatnya gantian karena kami harus menjaga barang bawaan yang nggak boleh di bawa ke gate itu (trolley harus stop sampe situ).

Sebenernya di sana ada kesempatan untuk bikin-bikin aneka kerajinan khas korea, gratis dan bisa dibawa pulang. Bisa jadi kenang-kenangan. Tapi apa daya waktunya mepet buanget. Ditengah perjalanan menuju check in, ada beberapa orang Korea pake baju khas korea bikin pertunjukan. Kayak parade gitu.. foto sebentar langsung capp cuss…

Setelah check in, langsung masuk pesawat, beberapa saat kemudian berangkat meninggalkan bandara Incheon menuju bandara Soekarno Hatta Jakarta Indonesia selama 6 jam. Pelayanan di Korean Air bagus, pramugarinya cantik-cantik, semoga gak pake operasi, hehe,,. Ada juga pramugari yang kami ajak ngobrol bahasa Inggris , dia jawab dengan bahasa Indonesia, ya, ternyata dia orang Indonesia.

Pesawatnya nyaman meskipun beberapa kali turbulensi. Alhamdulillah sampai Jakarta dengan selamat. Semoga kita-kita yang pengen ke Korea bisa ke sana, amin🙂

4 thoughts on “Tiga Jam di Incheon, Seoul, Korea

  1. Whaaaaaaa ke Korea… Meski cuma 3 jam doang yang penting udah ke Korea. Jadi mupeng…..

    Kalo baca cerita dan lihat foto2nya, sepertinya Korea memang niat banged jadi tujuan wisata dunia ya. Sampai-sampai di bandara-nya pun ada parade-nya. Kereeeennnn…

    Amin….99x untuk kalimat terakhir di paragraf paling akhir dari postingan ini🙂

  2. hehe.. iya ya Teh, alhamdulillah.. yang penting udah di Incheon, hehe..
    Iya, bener deh korea memang lagi mendunia banget.. sip deh pokoknya
    iya, tujuannya selain biar para penumpang gak jenuh nunggu, sekalian bisa menunjukkan budaya orang korea..

    Amin😉

      1. @Fitria yodongsaeng : iya ngga ketok nek dia ras melayu hehehe… ternyata mbak e bisa bahasa Indonesia, nawarin kacang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s