Belajar masak · Pengalaman di Negeri Sakura · Uncategorized

Batagor Kumamoto

Pengen batagor, tapi nggak ada batagor yang lewat, atau pun warung yang jual batagor. Yang ada adalah siomay di supermarket. Praktis sihh.. tinggal dikukus aja, tapi ya semuanya ada babinya.. yaah.. bikin sendiri aja deh..

Aku suka beli tahu yang di sini dipake untuk bikin inari sushi, yaitu nasi yang dibungkus tahu yang manis, bentuknya segitiga. Kalau aku sih cukup diisi adonan bakso,, jadi deh tahu bakso..

age tofu, dibelah jadi dua

Kembali ke menu batagor, berikut adalah resepnya

adonan bakso :

ayam  cincang 250 gram

bawang putih 2 siung, haluskan

garam, lada secukupnya

wortel di cincang kecil secukupnya

daun bawang diiris tipis secukupnya

tepung tapioka 8 sdm *klo di Jepang bisa beli namanya Katakuriko

1 butir telur

tahu secukupnya * age tofu

minyak untuk menggoreng

bumbu kacang:

roasted peanut / kacang yang sudah digoreng 150 gram

air 75 ml

gula Jawa 70 gram * klo di Jepang bisa pake kurozato.. 80 gram

garam

air asam 2 sdm

bawang putih yang sudah digoreng 2 siung

Caranya:

  1. Campur semua adonan bakso, masukkan ke dalam tahu.

  2. Kukus selama 20 menit. *kukusannya harus sudah panas yaaa…

  3. Goreng tahu bakso dalam minyak panas

  4. Untuk bumbu : haluskan kacang dengan bawang putih dan sedikit air.

  5. Masak dalam sauce pan, tambahkan garam, air asam, gula dan sisa air. Masak hingga mendidih.

  6. Siap disajikan bersama jeruk nipis, saos cabe dan kecap. Itadakimasu..

    Oishii Batagor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s