Belajar masak · Pengalaman di Negeri Sakura · Uncategorized

Cake Yoghurt

Penasaran sama cake yoghurt. Iseng-iseng nyoba mengkombinasikan resep, dan akhirnya kudapatkan resep yang pas.

Ini bahannya :

125 gram butter/ margarin

100 gram gula pasir

2 butir telur

180 gram terigu

120 ml yoghurt plain

Pisang (optional)

Caranya:

  1. Preheat oven 170 derajad celcius

  2. Kocok gula dan butter hingga lembut

  3. Tambahkan telur satu per satu, kocok sampai lembut

  4. Tambahkan tepung sebagian dan yoghurt sebagian, aduk

  5. Tambahkan sisa tepung dan yoghurt, aduk rata

  6. Cetak ke dalam loyang , tambahkan pisang sebagai topping, panggang dalam suhu 170 derajad celcius selama 35 menit.

Cake Yoghurt

Gampang kan.. cakenya lembut.. enak. Beberapa hari yang lalu Masuda sensei pengen maen ke rumah, pengen belajar bikin cake, katanya dia nggak pernah bikin cake sendiri. Baru kali itu ada orang Jepang sendirian maen ke rumah, sebelumnya sih pernah pengajian ada orang Jepangnya di rumah. Akhirnya kami bikin cake yogurt tapi di tambah pisang yang dihaluskan. Rasa pisangnya kerasa banget cuma ya jadi agak basah di bagian bawahnya. Syukurlah Masuda sensei seneng. 

baking bareng Masuda sensei

6 thoughts on “Cake Yoghurt

  1. Aduh… itu potongan pisang di cake-nya seperti mengeluarkan madu hmmmm yummy. Kirim ke Pekalongan via blutut ya Nis🙂

    Kalau boleh tahu, di jepang khususnya kumamoto ada pisang apa saja ???(kalo di Indonesia kan ada pisang kepok, pisang ambon, pisang raja, pisang tanduk, pisang ampyang, pisang raja betawi dll)

    Oya, saya punya cerita lucu tentang pisang lho. Teman saya yang dari Korea sangat senang makan buah pisang. Katanya di Korea ngga ada pohon pisang. Kalau buah pisang sih ada itupun diimport dan cuma ada 1 macam yaitu pisang cavendish. (mungkin itu sebabnya bahasa koreanya pisang=banana)

    Waktu main ke rumahnya, saya bawain pisang dan kelengkeng. Trus dia bilang, “Dimana saya bisa beli biji buah pisang?”
    “Biji buah pisang??” tanya saya bingung (emang pisang ada bijinya??? Palingan juga pisang klutuk).
    “Untuk apa?” tanya saya penasaran.
    Trus dia bilang, “Untuk saya tanam di rumah saya di Korea.”
    Gubraaaaaaaak….hehehe…. aya2 wae😀

    1. hehe…ada-ada aja ya. Sama seperti Korea, Jepang nggak punya aneka macam pisang. Jepang mengimpor pisang dari Filipina, di sini juga disebutnya banana. Bener-bener deh Indonesia itu kaya banget.. Pisang disini gampang benyek, jadi ya klo bikin pisang goreng gak bisa garing kayak di kampung, kadang aku tambahkan tepung beras.. kalo bikin kolak pisang juga dimasukkan saat sudah mendidih jadi nggak lama kena api..

      Btw, sekarang ditoko yang jual bumbu Indonesia ada daun pisang juga lho.. disimpan di freezer.. selama ini klo mengukus ya tanpa daun pisang, pakenya aluminium foil..
      Waktu aku ke Beppu, di sana ada tempat wisata namanya Umi Jigoku (umi : laut, jigoku : neraka) di sana ada rumah kaca yang di dalamnya ada tanaman daerah tropis, salah satunya pohon pisang. Banyak orang Jepang yang ambil foto pohon itu, “di kampungku mah banyaak…”gumamku.. Bisa dipastikan orang Korea juga bakal terkagum-kagum, hehe…apalagi klo tau daunnya juga bisa dimanfaatkan jadi bungkus makanan..

      1. Iya bener… Indonesia memang kaya. Dari pisang aja jenisnya udah puluhan ya.

        Dari daun2nan untuk pembungkus juga banyak macemnya. Dari daun pisang, daun jati, daun talas, daun jambu air semua bisa buat bungkus (tentu saja di sesuaikan dengan jenis makanannya juga hehehe…)

        Kalau bisa dianalogikan, mungkin kekaguman mereka pada pohon pisang, akan sama seperti saya seandainya bisa menemukan pohon maple dan sakura (saya bakalan langsung narsis deh foto2 sambil meluk2 pohonnya hehehe…)

  2. hehe.. iya, bener deh.. Indonesia itu banyak SDA yang bisa dimanfaatkan..
    di sini mana ada daging dibungkus daun jati seperti di pasar-pasar..di sini adanya juga plastik..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s