Pengalaman di Negeri Sakura · Uncategorized

Belajar Nihonggo

Minggu kemarin aku menambah jam belajar nihonggoku dengan ikut kursus kloter jam kedua. Pada jam pertama, aku belajar nihonggo bareng mbak Ika , teman dari Indonesia yang juga ikut suaminya. Surprize banget dapet bento kawainya beliau yang terkenal seantero Kumamoto ini.. aku simpan dulu mau di foto di rumah, hehe… Arigatou mbak Ika.. pengen deh bisa bikin bento kawai kayak mbak Ika dan masak yang enak-enak.. suka ngiler deh liat foto-foto di blognya :) 

Bento kawai dari mbak Ika

Karena biasanya aku hanya ikut jadwal kloter pertama, koordinator sensei jadi bingung,.. ya gimana, kan sensei sama muridnya sudah pas. Untungnya langsung diajak Yamada sensei, senseiku yang sekarang mengajar huruf kanji, padahal dia dah ada murid. Yahh.. yokatta ..(syukurlah)

Aku disapa sensei yang lain , senseiku waktu aku belajar kanji kelas 1 dan 2 SD. Hisashiburi desu ne (lama nggak ketemu yaa). Setelah cerita panjang lebar, aku menuju meja Yamada sensei bersama muridnya. Dia memperkenalkan diri dengan bahasa Jepang. Ternyata beliau lahir di Turki, tapi tinggal di Canada 13 tahun. Ya…bule gitu deh. Logat bahasa Jepangnya lucu, masih campur-campur. Istrinya orang Jepang. Aku selalu salut dengan pasangan menikah yang lintas negara. Komunikasinya gimana… ternyata istrinya mahir berbahasa Inggris.. wow.. kebayang deh hebatnya.. jarang-jarang orang Jepang yang fluent in English..

Belajar bareng sambil ketawa-ketawa jadi nggak ngantuk. Sensei lucu, ditambah teman baru yang lucu juga. Setelah satu jam, dia minta break. oh.. ternyata, teman baruku bawa oleh-oleh kiriman dari adeknya di Turki. Dia membawanya di ruang sensei untuk dimakan bersama. Dia bilang namanya Lokum, Turkish delight. Rasanya manis banget, enak, kenyal.. waktu aku tanya itu terbuat dari apa, dia bilang, “wah aku nggak bisa njelasin, susah.. pake nihonggo nggak bisa, pake English, aku juga nggak tau.. googling ajaa…” hahaha… ya ya…

Kadang kami berbicara bahasa Inggris. Senengnya kalo ngobrol sama native. Asiknya kalo belajar nihonggo sama orang Jepang, belajar bahasa Inggris sama bule, belajar bahasa arab sama orang Arab…

Tiba-tiba sensei mengeluarkan wadah yang isisnya lokum, terus membaginya denganku dengan terlebih dulu bilang ke teman baruku.. wahh Yamada sensei memang bener-bener baik. Dia berbagi oleh-oleh dari Turki yang sebenernya buat dia.

Lokum

Setelah aku search Lokum, ternyata terbuat dari corn starch atau maizena. Bisa lihat resepnya di sini. Banyak variasi isian untuk camilan ini.

Alhamdulillah..terima kasih mbak Ika, terima kasih teman, terima kasih sensei, tanoshiikatta (menyenangkan)🙂

10 thoughts on “Belajar Nihonggo

  1. Wah… berarti waktu itu oleh-olehnya banyak ya Nis… Ada bento dan juga lokum. Penasaran pingin icip-icip Lokum-nya🙂

    Btw Yamada Sensei itu yang mau minjemi televisi itu kah???

    1. alhamdulillah..seneng🙂
      Lokum rasanya manis banget, kayak jelly gitu..

      Yamada sensei itu yang mau repot-repot nganterin TV ke rumah dan selalu cerita kalo hari-harinya sibuk nonton kankoku dorama (drama korea) hahaha… klo angkat telpon bilangnya bukan moshi-moshi tapi yobseyyo (bener nggak Teh?) hehehe… aku ngakak pas dia angkat telpon sambil bilang gitu…padahal lawan bicaranya orang Filipin, sama orang Filipin dijawab Nihao ma (bhs china ya?) ah.. ada-ada aja..

      salamnya udah kusampaikan..salam kembali🙂

  2. Nisa… Bagaimana keadaannya??? Aduh, barusan saya baca di yahoo news. Katanya, banjir bandang melanda Jepang. Trus pas saya lihat fotonya ternyata banjir terjadi di prefektur kumamoto. Langsung keingetan postingannya Nisa yangg “kaze yukkuri kudasai”. Nisa dan keluarga baik-baik aja khan?

    Ki o tsukete ne Nisa…

    1. Alhamdulillah Teh, baik-baik. memang bener, kemaren kamis terjadi banjir dan longsor, kampus diliburkan seharian karena dekat dengan sungai yang airnya meluap, bebrapa ruas jalan ditutup. Hujan deras sejak rabu malam, Alhamdulillah rumah teman-teman Indonesia baik-baik. yang kasian di daerah lain, sampe rumahnya gitu deh, suamiku kebetulan ambil sample lumpurnya karena diduga itu mengandung lahar dari gunung api Aso Kumamoto. Ada foto-foto banjirnya cuma nggak tega Teh, Sejak hari Minggu sampai sekarang puanaaas… sampe 41 derajad celcius siang hari..

  3. Kata senseinya suamiku 22 tahun yang lalu pernah terjadi banjir seperti ini, 50 tahun yang lalu juga pernah. Sejak kamis pagi ramai suara ambulan dan helikopter, bener-bener tanggap, tempat untuk evakuasi juga dah disiapkan..

    1. Alhamdulillah… syukurlah kalau begitu. Kalau lihat foto2 di yahoo news bayangannya ngeri aja.

      Memang ya dalam hal tanggap bahaya dan evakuasi korban bencana serta recovery paska bencana, Indonesia harus banyak belajar dari Jepang.

      O’ya… Di Indonesia insyaAllah Jum’at ini sudah mulai shaum ramadhan. Bagaimana dengan Kumamoto???

      Selamat memasuki bulan Ramadhan ya Nis. Mohon maaf lahir dan batin kalau ada komen saya yang ngga berkenan di hati. Semoga Ramadhan ini lebih baik dari Ramadhan yang lalu. amin…

      1. Insya Allah kami di Jepang semuanya ikut yang hari Sabtu tanggal 21 Juli, Jepang ikut Malaysia.. Mohon maaf juga ya Teh atas segala yang tidak berkenan Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.. semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya untuk kita🙂

  4. waaaa..nisaa bentonya dipajang disini..hihi..maap kayaknya plastiknya kependekan jadi matanya ilang😀
    waaa..seantero piyee..terkenal serumah iyoo :))
    bentomuuu yang terkenal seantero kumamoto tuu😀
    baru lihat2 postingmu, banyak resep2 baru yaaa…asiiknyaaa..😉 kapan2 contek resepnya yaaaa🙂 thank you🙂

    1. mbak Ika .. iya aku surprise soalnya dapet bento dari mamadhinar.. enaak.. itu makannya habis tak foto, hehe..
      yo nek bento kawai kan trade mark nya mamadhinar, nek aku ki judule bento belajar atau belajar bento ,, hahaha…
      iya, silakan di coba..tapi aku malu klo lihat resepnya si mamadhinar, lebih banyak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s