Pengalaman di Negeri Sakura · Uncategorized

Kaze.. Yukkuri kudasai….

Apa artinya? Artinya adalah angin, berhembus yang pelan yaa…

Sekarang di Jepang lagi musim hujan (baca: tsuyu), ini pergantian dari musim semi ke musim panas. Tsuyu berlangsung sekitar 1 bulan. Hampir tiap hari hujan, cuma hujannya ya gerimis, hujan biasa, kalaupun hujan besar, jarang banget sampe deresss.. yang jelas, nggak sampe banjir kayak di Indonesia (karena sistem perairan yang baik dan nggak ada yang buang sampah sembarangan juga tentunya hehehe..)

Sekarang lagi hujan cukup deras, mereka mengenalnya dengan ooame (oo atau ooki : besar, ame : hujan), dan disertai kaze (angin). Hari ini aku les nihonggo naek bus, trus sorenya nekat nyepeda ke pasar, supaya ada kepulan asap makanan dari dapurku hihii… Jarak dari rumah ke pasar lumayan, sekitar 10 menit, jadi ya PD aja naek sepeda sambil payungan (eiiitss.. jangan ditiru yaaa,,,abunai ! *bahaya).

Terasa banget hembusan angin yang kencang. Waktu berangkat hujannya masih rintik-rintik..cuma anginnya kuat.. dah tau gitu ya tetep aja, hehe.. bismillah.. sampe rumah basah kuyup, alhamdulillah selamat tak kurang suatu apa pun. Kalau pas angin kenceng gitu aku berhenti.

Saat-saat seperti ini buat kita orang Islam adalah salah satu waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Saat hujan, suhu disini sekitar 18-20 derajad. Kalau waktu panas bisa 32-35 derajad lho.. dan lembab, mereka menyebutnya mushi atsui (humid and hot). Lihat di perkiraan cuaca, presentase kelembabannya adalah 93 %.

Hari Rabu minggu lalu diramalkan terjadi taifun, dan bakalan lewat Kumamoto. Alhamdulillah, dia nggak jadi lewat, waktu tanya sensei, katanya sudah di daerah atas, di Hokkaido.. cuma masih ada taifun berikutnya.. Kalau taifun datang, paling aman adalah berlindung di dalam bangunan., sama sekali nggak boleh naek sepeda, nanti bisa-bisa terbang… Taifun biasanya berlangsung satu sampai dua jam.

kaze.. yukkuri kudasai..  :)

4 thoughts on “Kaze.. Yukkuri kudasai….

  1. Jadi teringat sebuah artikel tentang hujan. Katanya, kalau di jepang hujannya ngga terlalu deras tapi lamaaaaaaa ne poll. Bisa seharian hujan gerimis. Betul ngga Nis???

    Trus… hati-hati ya jangan maksain bersepeda sambil hujan-hujanan. Ngga kebayang kalau nanti payungnnya sampai kebalik mirip antena parabola karena terkena angin. hehehe….

    Kalau bahasa jepangnya “take care ya”… apa Nis???

    1. betul…. sering banget seharian gerimis.. khas langit putih yang hujannya rata dan lama..
      orang muda di sini pada pake payung, sementara sudah ada peringatan nggak boleh payungan sambil naek sepeda di jalan raya.. masih proses.. biasalaah anak muda, males pake jas hujan, hehe… malah kadang mending kehujanan..mirip di Indonesia kaan…

      take care untuk perjalanan: ki o tsukete kudasai (bhs sopan).. kalo ke temen sendiri ki o tsukete ne.
      klo ada orang yang sakit, kita bilang take care atau semoga lekas sembuh : odaijini

      1. Ki o tsukete ne Nisa…
        Semoga taifunnya ngga jadi berhembus. Kalopun berhembus semoga tak ada yang celaka dan terluka amin….

  2. arigatou Cici-san🙂
    kemaren-kemaren sempat angin kencang..hari Rabu kemaren juga gempa 2 SR,.. alhamdulillah gak papa..
    di mana pun, kapanpun, ki o tsukete ne🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s