Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Zenzai: Bubur Jepang

Pernah dengar kacang azuki? Itu tuh yang warnanya merah, bentuknya kecil-kecil, lebih kecil dari kacang merah yang biasa dibikin sup itu, bentuknya mirip kacang hijau cuma warnanya merah. Yup.,, kacang azuki dari Jepang, yang kaya akan omega 3 dan omega 6, dijadikan masakan atau makanan ringan (mereka menyebutnya dengan okashi).

Pernah dengar anko? Yang jadi isian di dalam mochi atau taiyaki itu tuh.. (kemaren habis nonton TV Indonesia, Taiyaki dah mulai terkenal, pancake Jepang berbentuk ikan) Iya, itu isiannya juga dari kacang azuki.

Taiyaki, photo from wikipedia

Kacang azuki memang bisa diolah jadi macam-macam makanan, seperti kacang hijau yang bisa dimasak jadi burjo (bubur kacang hijau), isian bakpia, isian bakpao, dan lainnya. Orang Jepang juga punya bubur khas yang dibuat dari kacang azuki. Namanya zenzai. Pertama kali makan zenzai ini aku langsung jatuh cinta sama rasa manisnya. Jadi pengen bikin sendiri. Kacang azuki dijual dalam berbagai kemasan. Ada yang kacang utuh, ada yang kalengan sudah mengandung gula dan sudah direbus, ada yang sudah dihaluskan (anko) dengan menyisakan tekstur kacang (tsubuan) ataupun yang bener-bener halus-tanpa kulit (koshian). Kacang utuh biasanya dipakai untuk campuran bikin nasi juga lho, kalo yang sudah diolah biasanya memang untuk bikin okashi. Biar gampang (bilang aja males) aku beli yang kalengan, hehe.. hajimete desu kara (baru pertama kali sih).

Zenzai yang dulu pernah aku makan itu diberi danggo (sama kayak bulatan klepon tanpa kelapa), kalo sekarang kebetulan pas ada mochi, jadilah aku pake mochi sebagai teman azuki..

Kacang kalengan rasanya manis buanget, makanya perlu aku tambahkan air lagi, dimasak sampai mendidih, terus tambahkan kiri mochi (mochi iris). Kiri mochi bentuknya kaku, sudah diiris, jadi tinggal dicelupkan di air panas dia jadi lengket. Jadi deh..

kalo kita punya burjo, orang Jepang punya zenzai, bedanya di kacang dan santan ya .. ssssttttt…. harga zenzai nggak murah-murah amat lho, hehe… nggak kayak burjo kita, ada di warung burjo dengan harga menyenangkan :) 

10 thoughts on “Zenzai: Bubur Jepang

  1. Kalau Zenzai biasanya disajikan hangat atau dingin???

    Kalau burjo khan ada yang disajikan hangat, tapi ada juga yang disajikan dingin plus tambahan ketan hitam (haduh… ini blog bikin lapeeeeer hehehe…)

    1. Zenzai disajikan hangat.. wah asik banget klo pas musim dingin, hangat, manis, energinya jadi nambah.. di sini ada ketan hitam lho, namanya kurogome, belum tau juga mereka mengolahnya jadi apa..

      hehehe… saya doyan masakan Jepang Teh, klo masakannya nggak ada babi, mirin, alkohol dan turunannya, mungkin semua jenis masakan Jepang saya makan.. (*ini teh rakus apa laper, hahaha..) hmm… mungkin saya juga doyan masakan korea yaa.. kayaknya belum pernah deh.. Tom Yam itu dari mana Teh? korea bukan?

  2. Makanan jepang memang enak-anek kok (yang ada di resto hoka-hoka bento hehehe…) Jadinya pasti doyan🙂

    Saya juga suka Tom Yam. Kalau ngga salah itu mah kuliner khas negara Thailand.

    1. Mbak Shinta yaaa🙂
      salam kenal juga mbak…
      Nihon e asobini kite kudasai, zenzai o tabemasyou🙂
      makasih juga udah mampir…

    1. mbak Ika : kacang azuki kalengan udah pake gula, dan itu manis buanget..jadi ya dikasih air, sambil dipanasin, trus biasanya dikasih danggo *shiratama danggo.. jadi kayak bubur candil.. mending jangan pake azuki kalengan mbak, kasian anak-anak..pake yang kacang biasa tanpa pengawet🙂

    1. hai mbak Celly.. beli di 100 en shop ada, di supermarket juga ada,, yang kalengan lebih praktis mbak, tapi kerasa pemanis dan pengawetnya. selamat mencari dan mencoba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s