Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Makanan enak itu bernama Sushi

Siapa yang nggak tau sushi? Makanan asli Jepang ini sekarang sudah makin mendunia, di Indonesia juga mulai banyak restoran Jepang yang menyediakan menu ini. Weekend kemaren, aku makan sushi asli bareng temen-temen. Biasanya saat weekend dan jam makan, warung sushi dipenuhi orang yang mau makan di sana, alhamdulillah kemaren nggak sampe antri. Kalo pas rame dan harus antri, kita harus ambil nomer antrian dengan mencet tombol dan menekan tombol angka yang menunjukkan jumlah orang yang mau makan di situ. Tempat duduknya ada yang lesehan ala Jepang dan ada yang duduk sendiri-sendiri.

Warung sushi yang ramah (maksudnya ramah harganya, hehe) namanya kaiten sushi, harga paling murahnya 105 yen dah dapet dua sushi. Mejanya muter sendiri sambil mengantarkan sushi-sushi yang di sediakan. Kalo yang kita pengen nggak ada di meja putar, kita bisa pesen, tinggal pencet-pencet tombol di i pad yang ada di tiap meja (hebat yaa tiap meja ada i padnya, nyambung ke dapur). Pesanan akan diantar sama shinkansen, keliatan kan di foto ada shinkansen yang nganterin pesenan, klo pesanan udah kita ambil, pencet tombol merahnya, nanti si kereta akan masuk lagi ke dapur..

Meja berjalan

Kaiten sushi

Ayo peseeen

Ikannya seger-seger, nggak amis meskipun mentah. Jenis sushi yang berupa ikan diatas dan nasi di bawah, namanya nigiri sushi. Ada beberapa yang di bawah ikan (diantara ikan dan nasi) ada wasabi, sejenis sambelnya sushi, dibuat dari akar wasabi, rasanya nyegrak, tapi enak kok… konon, ini sebagai antibakteri, antisipasi kalo ikannya masih mengandung bakteri. Awalnya aku nggak doyan, selalu aku sisihkan wasabinya, eh sekarang malah doyan.. Jenis sushi yang berbentuk bulat dan digulung nori namanya makiroru sushi (makiroll sushi). Yang ini nggak dikasih wasabi, enak juga.

Nasi yang digunakan untuk sushi ini dicampur cuka dan gula, pokonya asam-asam gimana gitu. Su dari kata sushi berarti cuka. Temen makan sushi adalah shoyu (kecap Jepang) dan syouga (Jahe yang dibikin semacam acar). Minuman gratisnya ada lho, teh Jepang. Tiap meja dilengkapi keran air. Cukup dengan menekannya, maka air panas akan keluar, tinggal dikasih teh hijau. Teh ini bagus juga, banyak kandungan antioksidannya.. kombinasi yang pas sama makanannya.

Orang Jepang kuat banget makan sushi, bisa sampe tinggi banget piringnya..ckckckck hebaat,, sampe kasir juga hebat..meskipun murah, tapi klo banyak ya sama aja kaan, hehhee… kalo dah selese, kita tinggal pencet tombol di i pad, trus si pelayan akan datang menghampiri ke meja. Dia akan menghitung piring yang ada di meja. Tiap harga, warna piringnya beda lho.. misalnya yang harga 105 warna piringnya hitam, yang harga 210 warnanya merah, begitu🙂

Di Indonesia ada nggak ya kaiten sushi? Kata temenku ada di Bogor.. Makan sushi di sini bakal jadi hal yang sangat kurindukan nanti…

6 thoughts on “Makanan enak itu bernama Sushi

  1. Waduh… lihat foto diatas, kalau di total2 ada berapa piring tuh??? hehehe…

    Jadi mupeng lihat sushi nya. Saya pilih yang topingnya ngga pake ikan mentah. Ada ngga Nisa? (Seumur-umur belum pernah makan ikan mentah… Yang ada di kepala cuma amis. Padahal pastinya ngga ya…)

    Sampai saat ini makanan jepang yang pernah saya coba dan yang berkesan adalah takoyaki hehe…

  2. yang jelas banyak piring, meskipun yang 100 yen-an, hehehe… Teman-teman Indonesia biasanya suka pilih yang udah digoreng Teh, seperti udang goreng tempura trus bawahnya pake nasi, diiket pake nori, atau gurita goreng atau cumi goreng.. tapi banyak juga kok yang langsung pada doyan mentah.. enak kok,, sama sekali nggak amis.. pasti si Teteh mah langsung doyan juga🙂

    takoyaki juga ada, lebih hemat malah, 100 yen dapet 5 butir .. cuma ya guritanya dikit banget.. Aku pernah makan takoyaki di Jogja, enak juga, rasanya udah mirip kok,.. makanan Jepang mulai menjamur di negeri kita ya..

  3. Wah… saya makan takoyaki juga sewaktu liburan di jogja. kalau ngga salah nama jualannya Takoyaki dan Okonomiyaki “TUANMUDA” di jalan Kapten Tendean.

    Di Bandung juga banyak banget resto jepang. Bahkan interior dan eksterior restonya “Jepang banget” hehehe…

  4. Tips makan sushi murah: perbanyak minum teh dan makan syouga (acar jahe)..hehehe,, yups, setuju banget mbak Nisa, ini yang akan selalu kita rindukan ketika balik nanti ke Indonesia^^

    1. hahaha.. iya mbak.. utung yaa ocha dan syouga-nya gratis..jadi bisa buat beli sushi lagi, lagi, dan lagi…
      ung, so desu yo ne🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s