Belajar masak · Pengalaman di Negeri Sakura · Uncategorized

Japanese Bento

Hari ini ada event bikin bento ala orang Jepang. Aku berangkat bareng temenku yang kembar, kami nggowes naek sepeda. Yosh yossh….hampir jam 10.. huuuffttt…untung sampe sana belum telat. Tanpa panjang lebar, kami, para orang asing, dibagi jadi 4 kelompok masak. Setiap kelompok didampingi sensei.

Menu bentonya banyak banget. Orang Jepang tu porsi makannya sedikit, tapi macamnya banyak. Menu bento kali ini adalah : onigiri atau nasi kepel, ayam teriyaki, salmon, kimpira-gobo *sejenis sayuran yang di tumis, tamago-yaki atau telur dadar, sayur, dan buah.

Orang Jepang cenderung suka rasa manis, jadi banyak masakan yang perlu penambahan gula pasir. Untuk bikin telur dadar aja pake gula. Telurnya 8 butir, gulanya 2 sendok teh, dan sedikit garam.

Cara buat ayam teriyaki :

daging ayam 2 potong

shoyu *kecap Jepang 2 sdt , bisa diganti dengan kecap asin 1 sdt

gula pasir 2 sdt

air 2 sdt

daging ayam dimarinasi dengan bahan-bahan itu selama kurang lebih 10 menit. Tumis ayam dengan sedikit minyak, sampai terjadi karamelisasi, warna ayam berubah menjadi kecoklatan. Masak hingga airnya habis dan matang.

Masakan Jepang banyak pakai mirin dan sake biar warnanya mengkilat dan bagus. Sebagai gantinya bisa pake air.

Ikan salmonnya cukup diberi garam sedikit, terus di tumis dengan sedikit minyak sampai matang kedua permukaannya.

Untuk tumis sayurnya, pertama-tama kita iris tipis seperti korek api. Sayur yang dipakai adalah wortel dan gobo. Gobo itu sejenis akar, bahasa Inggrisnya adalah burdock. Di Indonesia kayaknya nggak ada tanaman ini yaa..

gobo

sayur ditumis bersama sedikit irisan cabai, shoyu, gula, dan air (sama seperti teriyaki). Setelah sayuran layu, tambahkan sedikit biji wijen, campur rata.

Kami diajari cara bikin onigiri alias nasi kepelnya. Dikepel-kepel pake tangan aja sampe membentuk segitiga. Di dalam onigiri diberi isi. Ikan atau umeboshi.. hmm…ini ni yang rasanya keccuuut habiss.. biasanya onigiri dibungkus pake nori.

Sesi menata. Kami dipersilakan menata makanan sesuka hati di kotak bento yang disediakan sensei. Kotak bentonya kecil, padahal isinya banyak..jadinya yaa sedikit-sedikit.. Setelah selesai, kami makan bersama. Hmmm… enaaakkk,, ternyata meskipun terlihat porsi kecil dan sedikit, bikin kenyang lhoo.. Asiik,, makan bareng temen-temen, tanoshiikatta🙂

onigiri

4 thoughts on “Japanese Bento

  1. bento di sini imut-imut, lucu-lucu lho teh.. orangnya kreatif…
    hehe.. makasih yaa,,, itu matanya dari biji wijen hitam, mulutnya dari gobo yang sudah jadi sayur,, icip-icipnya di resto Japan yaaa,, hehehe…

    1. Gampang bunda.. Kunci pada bento adalah pada penataannya, dan semakin beragam menunya semakin asik,, dibentuk bentuk sesuai kesukaan Najla

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s