Belajar masak · Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Ikan Teri Indonesia

Berawal dari dapet undangan syukuran ulang tahun temenku. Dia orang Indonesia yang nikah sama orang Jepang. Waktu itu dia masak nasi tumpeng lengkap dengan menu pelengkap seperti ayam goreng, sambal teri, tahu bacem, irisan telur dadar, lalapan. Ada juga bubur kacang ijo ala Manado, yang pake jahe gitu, ada puding, ada chirazi sushi, semacam nasi campur yang di atasnya ditaburi udang, telur orak arik *scramble egg dan ikan-ikanan, ada juga aneka buah-buahan, lengkap deh..

Yang bikin aku ketagihan adalah sambal terinya, enaakk… akhirnya aku hunting sendiri.

Namanya chirimen, itu adalah ikan teri. Ikan teri yang aku beli adalah ikan dari Indonesia. Seneng banget ketemu ikan teri Indonesia. Di foto itu, yang aku tandai tulisannya adalah Indonesia-san, artinya, berasal dari Indonesia. Harga per 100 gramnya 299 yen alias 34ribuan berdasar kurs sekarang hehe… mahal ya? Ya ikan-ikan di sini emang segituan harganya. Ikan teri Indonesia enak banget, lebih enak dari ikan teri dari Oita ken *sebuah kota di pulau Kyushu Jepang.

teri dari Indonesia

Udang di sini juga import dari Indonesia lho. Tukang potong rambut tempat suamiku potong rambut bilang klo udang Indonesia tu enak banget, bersih dan fresh gitu. Selain Indonesia, ada juga dari Bangladesh, India, dan Jepang.

Seminggu ini sudah 3 kali aku masak teri. Enak banget deh..kemana aja ya aku selama ini kok nggak nyadar klo teri Medan alias teri Indonesia tuh enak banget.. apalagi ada tambahan tempe goreng,, jadilah menu mahal di sini…

Beruntung juga aku bawa cobek asli Indonesia. Cobek dari batu. Di sini nggak ada. Klo mau uleg-uleg, mereka pake semacam mortir stamper *kayak alat buat gerus obat, terbuat dari kayu. Tetep…cobek Indonesia yang paling top. Harga murah tapi manfaatnya luar biasa.

Uleg-uleg asli Jogja

Aku akhirnya menemukan racikan sambel yang pas buat si teri ini.

Cukup haluskan 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, separuh tomat, 8 cabe merah yang semuanya digoreng terlebih dulu sampai agak layu. Tambahkan garam, gula, dan 1 sdt terasi matang. Campur teri yang sudah digoreng kering dan sambal. Cabe di sini import dari Thailand, nggak begitu pedes, tapi lumayanlaah.. Dimakan bareng nasi hangat dan lalapan.. hmmm… oishiiiii….

Jangan remehkan teri

Tau kan..kalo ikan tu baik buat tubuh kita.. terutama lemak tak jenuhnya, yang dikenal dengan omega 3. Baik untuk kesehatan jantung kita. Ikan teri ternyata banyak kandungan kalsium lho jadi bagus buat kita-kita yang dalam masa pertumbuhan dan mencegah osteoporosis.

Kadar kalsium ikan teri per 100 gram adalah sekitar 500-1200 mg., cukup untuk memenuhi konsumsi kalsium harian. Bagian ikan yang banyak kandungan kalsiumnya adalah bagian tulang, jadi karena kita makan teri semua bagaian, jadi ya kadarnya tinggi. Berdasarkan penelitian dari Universitas Sumatra Utara, semakin besar ukuran teri semakin besar kandungan kalsiumnya. Kalo katanya teri itu makanan untuk kalangan menengah ke bawah, itu salah besar. Justru teri itu ikan yang harusnya jadi sahabat buat siapa aja nggak kenal strata sosial. 

4 thoughts on “Ikan Teri Indonesia

  1. Duh….. jadi mupeng nih ^_____^ Sambelnya menggoda hehehe….

    Baca postingan ini jadi makin bangga aja sama Indonesia (dengan segala kelebihan dan kekurangannya tentunya)

    Ceritanya di sekolah baru saja kelas tema tanah air. Saya sempat download lagu2 perjuangan, kebudayaan Indonesia plus tempat2 wisata kelas dunia yang ada di Indonesia, yang kemudian di sampaikan kepada anak didik saya dengan membuat slide film.

    Proses mencari dan membuat media pembelajaran itu membuat saya menyadari betapa Indonesia negara yang kaya raya (lagi2 dengan segala kelebihan dan kekurangannya)

    Bahkan saya juga baru tahu kalau ikan teri dan udang asal indonesia enak banget. Tambah bangga aja hehehe…

    Postingan yang menggugah SEMANGAT. Semangat untuk makan dan semangat kebangsaan tentunya ^_____^

  2. Hai Cicierahma .. iya saya di sini malah baru sadar klo negeri kita tuh sebenernya kaya,, apalagi kulinernya,, rempah-rempahnya.. bumbunya yang tajam.. *bahasa Jepangnya adalah koi.

    mbak Cicierahma ngajar di mana? kita harus menghargai negeri kita sendiri, siapa lagi klo bukan dimulai dari kita🙂 saya juga sebisa mungkin di sini memberi citra yang baik tentang orang Indonesia, dan orang muslim..

    Kumamoto ada di pulau kyushu (Jepang sebelah selatan), mungkin faktor ini juga yang bikin banyak import ikan dari Indonesia.. klo boleh saya bandingin, udang Bangladesh besar-besar tapi cenderung amis, klo udang indonesia ada yang kecil dan besar, semuanya fresh,, nggak amis, hehe…
    di sini juga ada santan merek K*R* made ini Indonesia.. lumayan murah ..seneng deh sama yang murah-murah hehhe….

    Kenapa yaa kudu jauh2 dulu baru saya sadar…
    Terima kasih Cie ..
    negeri kita sebenernya memang kaya🙂

    1. Iya, betul banget. Indonesia kaya sumber daya alamnya dan kebudayaannya. Seorang sahabat saya yang asli orang korea tapi hampir 2 tahun ini stay di Indonesia dan bentar lagi kembali ke negaranya sempat saya tanya.

      Pertanyaannya adalah, Kira-kira hal apa yang akan dirindukan dari Indonesia jika nanti kembali ke Korea?
      Teman saya menjawab Makanannya. Di Indonesia makanannya enak-enak ^______^

      Oya, panggil saya cici. Saya mengajar di playgroup. Jika sempat, silahkan mampir di blog saya http://cicierahma.blogspot.com/

      Satu lagi…. saya harus panggil dirimu apa??? Nisa kah ^_____^

  3. Saya panggil teh Cici gimana ? wah asik sekali jadi guru playgroup,, blognya bagus teh .. dulu cita-cita saya waktu sma pengen jadi guru Tk atau play group, klo waktu kecil pengen jadi pramugari, hihihii… iya, panggil aja Nisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s