Belajar masak · Pengalaman di Negeri Sakura · Sekedar Info... · Uncategorized

Agar Daging Empuk

Duh duh daging sapi alot. Kalo di Indonesia masak daging ya tinggal masukin presto, bisa empuk dan nggak makan waktu lama. Di sini aku nggak punya presto. Yuuup..intinya adalah aku males beli presto, haha..dasar.. emang dah niat nggak bawa pulang dan dah diingetin berkali-kali sama ibuku , aku nggak usah beli-beli barang yang di Indonesia dah banyak dan canggih juga..hmm…untungnya aku juga nggak pengen beli presto (mengingat belum punya rumah juga di tanah air).

Hmm…muter otak buat ngolah daging biar gak alot. Di sini , aku selalu beli daging sapi di toko halal milik orang Indonesia, beliau juragannya warung halal di sini. Dagingnya itu frozen, jadi alot alias katai klo kata orang Jepang (semua toko halal di luar Indonesia ya jualnya daging beku, hehe…).

Waktu itu aku mau bikin rendang sapi buat dijual🙂 trus habis daging di unfreeze, aku iris tipis-tipis (padahal rendang di Indonesia tebel-tebel) semata-mata biar gak alot dan cepet ngolahnya… ini pengaruh ke harga gas…dan akhirnya berimbas pada laba bentoku, hihiii..

trus aku marinasi dengan campuran garam, bawang putih dan sedikit bawang merah. Campuran bumbu itu aku remas-remas dengan daging. Ini kulakukan pada malam hari. Pagi hari habis subuh baru diolah. Waktu masak rendang kurang lebih 1,5 jam. Trus hasilnya yatttaa.. nggak alot dan nggak amis.. hehe.. hasil marinasi semalaman bikin daging beku cepet empuk.

wadduh,, fotonya bento sambal ekstra.. hehe..

Tentang Marinasi….

Marinasi adalah metode preparasi pangan dengan menambahkan cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam daging untuk menambahkan rasa atau mengempukkan daging.

Metode marinasi sudah dikenal sejak lama. Pada awalnya, metode ini digunakan untuk mengawetkan ikan dengan larutan garam agar umur simpannya lebih panjang alias lebih awet. Pada perkembangannya, bahan untuk marinasi bukan lagi hanya garam tapi juga minyak makan seperti zaitun, asam seperti cuka, jus lemon, rempah-rempah, dan lain-lain.

Saat ini, tujuan utama marinasi bukan lagi untuk pengawetan tapi untuk memberikan rasa, menjaga produk ketika diolah dan atau untuk mengempukkan daging.

Penambahan asam seperti perasan jeruk lemon yang biasa aku pake buat merendam ayam berfungsi juga sebagai pengempuk, selain untuk menghilangkan bau amis karena asam dapat memotong protein (serat) daging.

Sebelumnya, untuk mengolah daging sapi aku pake enzim papain yang sengaja dikirim ibu dari Jogja. Enzim papain yang dikandung di dalam daun pepaya dapat memotong serat daging jadi bisa bikin empuk. Enzim ini aktif dengan adanya pemanasan, jadi klo marinasi pake ini cuma didiamkan 20 menit aja, dan ikut di masak, daging nggak perlu dicuci lagi.

Waktu proses marinasi bervariasi, dari hitungan menit sampai jam. Waktu marinasi yang terlalu lama bisa bikin daging jadi lembek dan hancur. Kalau daging sudah cukup empuk dan tujuan marinasi hanya untuk menambahkan rasa, cukup diamkan selama 15 menit hingga 2 jam. Kalau dagingnya kurang empuk, waktunya bisa diperpanjang 6 sampai 24 jam. Ukuran daging juga berpengaruh lho, semakin kecil ukuran daging, semakin singkat waktu marinasinya. Bisa juga dengan daging ditusuk-tusuk terlebih dulu dengan garpu.

Untuk menghindari adanya kontaminasi, proses marinasi yang lebih dari 1 jam bisa dilakukan dalam suhu kulkas, dan wadah dalam keadaan tertutup. Kalau aku cukup plastik wrap (bening). Sebaiknya jangan pakai wadah berbahan besi karena bisa bereaksi dengan asam yang dipakai buat marinasi. 


sumber : http://elvirasyamsir.staff.ipb.ac.id/mengenal-marinasi/


2 thoughts on “Agar Daging Empuk

  1. Assalamu’alaikum…

    Kunjungan perdana. Ngga sengaja tersesat di blog ini. Meski tersesat… tapi ngga nyesel. Blognya keren… apalagi bercerita seputar kehidupan di Jepang. Wah… sepertinya saya bakal sering main ke sini.

    Salam kenal ya ^______^

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Salam kenal juga buat cicierahma🙂
      terima kasih yaa sudah berkunjung..dan akan sering berkunjung🙂
      hidup di Jepang buat orang asing susah susah gampang…sekarang makin banyak orang asing di sini, jadi merasa banyak teman, hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s