Sekedar Info... · Uncategorized

Panas Dalam dan Kacang Hijau

Sekarang ini di Kumamoto lagi pergantian musim, dari musim dingin ke musim semi. Cuacanya lagi nggak ‘oke’ dan nggak bersahabat, soalnya kadang-kadang dingin kadang-kadang anget, lebih tepatnya 3 hari dingin, 4 hari panas, bahasa Jepangnya san kan shi ong, begitu terus selama berminggu-minggu. Kita-kita jadi gampang sakit. Harus jaga kesehatan biar tetep fit terus.

Beberapa minggu belakangan aku masak daging-dagingan terus, nah kemaren itu suamiku ngeluh sariawan, trus aku liat bibirnya kering banget, sampe tiap pagi dan malam kuolesin bibirnya pake lip balm. Kasihan, kayaknya kena panas dalam, bisa jadi karena cuaca, karena kurang serat, gangguan pencernaan, atau stress. Cuaca gini juga bikin tenggorokan kering, jadi harus banyak minum air. Suamiku juga minum banyak air tapi kok masih kayak dehidrasi gitu. Beberapa kali, sariawannya dioles obat albothyl, yang kubawa setahun yang lalu. Tetep nggak sembuh, malah nambah di bibir bagian atas. Wah kasihan,.. akhirnya dia minum air kacang hijau buatanku, alhamdulillah sekali minum udah fit, nggak ada bibir kering, sariawan juga berangsur hilang, paling nggak, hilang sakitnya.

Ini yang kulakukan :

  1. siapkan satu genggam kacang hijau., lalu cuci bersih

  2. rebus kacang hijau dengan satu gelas air (kurang lebih 150 ml) sampai mendidih.

  3. Ambil air kacang hijaunya, bisa ditambah gula jawa atau irisan jahe.

    * Kacang hijau bisa direndam dulu setelah dicuci, tapi waktu itu aku buru-buru jadi nggak pake di rendam🙂


    kacang hijau




* Apa aja sih yang ada di kacang hijau?

Kacang hijau (Phaselous aureus atau Vigna radiata) berasal dari famili polong-polongan. Menurut Ir. I. G. A. Ari Agung M., dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya,kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gram kacang hijau antara lain, 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan sisanya berupa vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan.

Banyak khasiat baik dari kacang hijau ini, yang terpenting adalah protein dan vitaminnya yang tinggi. Kacang hijau adalah sumber lemak nabati dan protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Dalam air rebusan kacang hijau, banyak terdapat vitamin B yang larut air. Selain vitamin B1 atau Tiamin, ada juga kandungan vitamin B2 atau riboflavin. Fungsi vitamin-vitamin itu adalah sebagai koenzin yangmelancarkan metabolisme di dalam tubuh kita, termasuk di sistem pencernaan.

* Apa sih panas dalam itu?

Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh kita mengalami panas berlebihan pada sistem pencernaan.Nggak ngerti juga istilah medisnya apa, ada yang menyebutnya sebagai misnomer. Ada juga anggapan orang yang mengatakan kalo panas dalam itu disebabkan karena ketidakseimbangan makanan yang bersifat dingin dan makanan yang bersifat panas. Makanan yang bersifat dingin contohnya sayur dan buah, makanan yang bersifat panas contohnya daging, goreng-gorengan, dan cabe. Yang jelas, terjadi gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan bibir pecah-pecah, dehidrasi, tenggorokan kering, sariawan, dan tubuh terasa nggak fit.

Kacang hijau, atau dalam hal ini air rebusan kacang hijau mencukupi kebutuhan vitamin B kita yang nantinya bermanfaat buat memperbaiki sistem pencernaan. Lebih baik lagi kalau minum 2 kali sehari. Insya Allah panas dalam cepet hilang.

Untuk bayi atau anak-anak, air rebusan kacang hijau ini bisa digunakan untuk melarutkan susu, sebagai ganti dari air putih. Semoga bermanfaat ya🙂

sumber :

http://journalofnovylionardo.blogspot.jp/2010/05/kacang-hijau.html

http://www.rahasiakeluarga.com/11-resep-kacang-hijau-untuk-kesembuhan/

http://dwi-jo.blogspot.jp/2011/11/pengertian-panas-dalam-dan-penyebabnya.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s