Pengalaman di Negeri Sakura · Uncategorized

Oshougatsu

Akemashite omedetou gozaimasu…

Alhamdulillah dah ganti tahun.. 

Tahun baruan di Jepang sangat special.. pada momen ini ada juga yang namanya tradisi mudik, kumpul keluarga di rumah anak tertua dan ada acara makan-makan.

Untuk menyambut tahun baru, orang Jepang membuat craft yang namanya kado matsu. Ada makna di setiap materialnya, misalnya tali yang membentuk wadah itu rapat, artinya semoga tahun depan jalinan antar teman semakin erat, pokoknya hal-hal yang baik. Aku mendapat kesempatan bikin mini kado matsu, bareng temen-temen, lebih tepatnya anak-anak Jepang, sampe-sampe aku masuk tv Jepang lho,, hihihiii narsis ya,, gak nyangka juga ada tv di situ.. berhubung orang asingnya hanya 4 orang jadi ya aku juga diwawancara, hehehe……

ini nih foto kado matsunya

Mini kado matsu

Layaknya lebaran di Indonesia, saat menyambut tahun baru, pasar ramai oleh pengunjung, ada beberapa harga bahan makanan melonjak, seperti ikan contohnya, dari yang biasanya 300 yen-an jadi 500 yen-an, sayuran juga ada yang jadi mahal.. klo daging aku gak ngamatin harganya.. Pasar dekat rumahku tutup 2 hari jadi kami siap-siap stok makanan untuk beberapa hari.

Downtown di sini justru sangat ramai, karena orang-orang berebut yang namanya “happy bag”. Di tas itu berisi paket-paket yang murah harganya daripada kalau kita beli secara terpisah. Wuiiihh, ramai sekali, aku juga ikut hunting happy bag, siapa tau dapet barang mahal tapi murah hehehe…

Ternyata memang bener lho jadi murah daripada kalau beli terpisah. Ada happy bag yang kita nggak tau isinya. Misalnya jam tangan. Semua tas dalam keadaan tertutup, jadi gak bisa milih model jam tangan, yah untung-untungan jadinya., tapi ada juga happy bag yang contohnya ada di display, seperti baju merek Rusty misalnya, isi di dalam tas itu ada 5 item, kita tinggal milih ukuran aja,, nah gini ini yang asik dan jadi murah banget…

Semua orang bersuka cita di tahun baru ini, semoga tahun ini kita mendapatkan banyak hal baik..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s