Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Apa sih yang dilakukan seorang Apoteker di Apotek?

Aku tulis tentang ini untuk memberi gambaran kepada siapa saja yang awam tentang apoteker tentang pekerjaannya dan untuk adek-adek yang lagi bingung milih jurusan. Pertama, apa sih apoteker itu? Siapa sih dia?

Apa yang ada di pikiran teman-teman saat denger kata ‘apoteker’? Apoteker itu tukang jual obat. Apoteker yang bikin obat-obat. Apoteker yang di pengadaan obat suatu instansi (RS). Apoteker itu pasti tau tentang obat. Apoteker ya orang yang sudah disumpah menjadi seorang apoteker dalam menjalankan tugas kefarmasian.

 

Trus pas kuliah belajarnya apa aja? Kimia? Biologi?

Yup, campur campur dah.. kalo sekarang udah banyak jurusannya ada farmasi bahan alam, farmasi industri yang bakalan kerja bikin obat di industri, dan farmasi klinik yang bisa di apotek maupun di rumah sakit.

 

Well, banyak temen temen yang sedang kuliah di farmasi merasa salah ambil jurusan , nanggung kenapa gak sekalian dokter (kayak aku awalnya, hehe).. dsb.. kebanyakan memang merasa seperti itu, tapi saat udah kerja dan menemukan dunianya, pasti banyak yang merasa bersyukur.. semua punya keahlian masing-masing,, tapi yaa sampe sekarang sih PR nya masih mengenalkan pada masyarakat, siapa sih apoteker itu…

 

apoteker menyerahkan obat

apoteker menyerahkan obat

Oke, aku akan cerita pekerjaan apoteker di apotek aja ya,, khususnya di Apotek UGM aja deh.

Disini tidak ada asisten apoteker..semua tenaga farmasinya ada 6 orang yaitu apoteker semua. Sisanya ya karyawan yang lain. Seorang apoteker sebagai apoteker pengelola apotek, yang 1 jadi apoteker penanggungjawab klinik (klinik sekarang harus ada apotekernya), dan 4 lainnya dibagi dalam beberapa divisi.

Kerjanya Pengelola apotek apa? Ya bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada di apotek, tanda tangan ini itu, dll. Kalau apoteker pendamping seperti kami harus berada di garda terdepan untuk langsung melayani pasien, baca resep, milihin obat, dan merangkap jadi CS juga di front line.. (harusnya kami dapat tunjangan kecantikan, hehe,,,sayangnya gak pernah di acc lha cuma di bibir saja)

Nggak ada lagi apoteker ‘tekab’ atau teken kabur.. sekarang harus ada apoteker pada jam buka apotek. jadi bagi yang sedang mencari obat di apotek, tanyailah apotekernya..

 

Terus apa lagi? Ya,, kerjanya mesen obat, nyediain obat, nyariin obat buat pasien, memenuhi permintaan suatu klinik, dokumentasi pelayanan, meracik obat, wah banyak pokoknya.. dari 7 jam kerja di apotek, nggak ada jadwal khusus buat ishoma,, semuanya gantian.

Kalau apotek pendidikan kayak gini ni, musti cermat juga ‘menata’ mahasiswa, ngasih pengarahan, tugas dan diskusi ini itu, memfasilitasi mereka untuk terjun langsung di Apotek, supervisi mereka kalo lagi nyerahin resep, dan banyak lagi.. belum lagi kalo ada program sunatan massal, pengobatan gratis,, wuih apotekernya kerja extra..

 

Memang gaji kami yang di apotek tidak sebesar teman teman yang di industri, marketing, dinas atau departemen maupun rumah sakit. Tapi banyak nilai plusnya dari kerja di apotek. banyak waktu luang, bisa atur jadwal jaga, bisa ketemu beragam orang dengan beragam karakter, banyak kenal mahasiswa yang muda-muda jadi ikutan awet muda (maunyaa…hehe..), bisa jadi dosen praktisi yang nguji mahasiswa, kenal sales obat, diskusi dengan dokter klinik ataupun dokter penulis resep dan banyak lagi…

Yah apapun itu, mencintai apa yang kita lakukan adalah yang terbaik. Menurutku, semua pekerjaan asal halal itu baik…

 

 

Jadi Wanita Mandiri Itu Sesuatu….

Saat ini, yang ada di otakku adalah bersyukur karena aku bisa jadi wanita yang mandiri..setidaknya itu menurutku… entahlah, sejak SMP mungkin ya, aku tidak banyak bergantung dengan orang lain. Kuliah, waktuku banyak kuhabiskan di kampus dan kerja jadi tentor, mobilitasku lumayan tinggi…

 

Dan, saat ini, aku yang telah menjadi istri geologist makin ditempa untuk jadi wanita mandiri. Setelah menikah 13 hari langsung pisah selama 3,5 bulan.. saat di Kumamoto, aku juga banyak kemana-mana sendirian, naik bus, sepeda, beberapa kali kereta kecuali pas ada temen. Untung daku lama-lama terbiasa. Pun saat pertama kali datang di Kumamoto harus mau ditinggal suami yang harus ke luar kota tanpa pulang ke rumah dulu, hiks, waktu itu ya nangis Bombay.. ditinggal ke Amrik ya makin nangis Bombay lha wong begitu suamiku dapet visa Amrik aja lho aku mewek hahahaha…. Tapi begitu dioleh olehi dompet mahal (bagiku sih mahal, hehe..) langsung mesem-senyum sendiri 9 hari kemudian.. padahal habis itu cuma transit semalam aja trus ditinggal lagi deh keluar kota…

 

Dari hampir 2 tahun di Kumamoto Alhamdulillah banyak bersamanya. Begitu sampe Jogja, suami harus ke Lampung karena diajak ngerjain proyek selama sebulan.. yah demi segenggam berlian yah toh…

Akhirnya aku pun mandiri lagi… sampe akhirnya suamiku pulang dari Lampung, istrinya yang tadinya luntang luntung uda dapet gawe di apotek yang dulu, hihiii…

Saking seringnya sendiri, suamiku mau ngantar atau nemeni malah akunya yang ngerasa ngga perlu, hihii… sampe dia memohon ayolah sayang kalo aku nggak ada kan kamu selalu sendiri kalo aku pas ada ijinkan aku sayang,, ihiiiyy okeeyy… Cuma kasiannya kalo aku mau beli ini itu , aku kan kebanyakan mikir jadi suka lamaaaa,,kasian suamiku meskipun sepertinya sabar dan senang menemaniku.. tapi aku tau laki-laki tu males klo belanja lama-lama..

 

Alhamdulillah juga aku diberi kemampuan oleh Allah untuk bisa naik kendaraan,, itu juga yang sangat kusyukuri,, dulu, jaman 2004 disuruh bapakku les mobil akunya yang ogah-ogahan,, sekarang aku tau manfaatnya.. meskipun aku belum punya kendaraan sendiri, tapi bisa make aja udah rezeki, sampe-sampe pas Mbak Wiwit Mas Ramli, tetangga kami yang seperti kakak kami pergi haji, si ganteng yang berupa vios pun dititipkan ke kami.. komentar si ayah,, “ngene ki jengenge rezeki, ora nduwe neng iso nganggo” (gini ini yang namanya rezeki, meskipun nggak punya tapi bisa menggunakannya). Allah yang Maha Memampukan ya, dan ternyata banyak manfaatnya.

Aku tak tahu lagi jika dihadapkan dengan fiqih bahwa wanita dilarang pergi sendirian tanpa mahram…Semoga Allah mengampuni kami…

 

Menjadi wanita mandiri bukan berarti kemana mana sendiri lho ya… Ibu rumah tangga yang mandiri juga banyak, yang bisa mengurus keluarganya, yang selalu kreatif mendidik anak-anaknya, yang selalu mendukung suami dan keluarganya..itu juga wanita mandiri..

 

Alhamdulillah terima kasih ya Allah, kau berikan aku kesempatan menjadi wanita mandiri, semoga Engkau selalu meridhoi kehidupan kami, memampukan kami dan memberi jalan yang terbaik. Kau berikan aku suami geologist sayang keluarga, semoga kami bisa saling mendukung dalam kebaikan. Aaamin

Ramadhan 1435 H at Sapporo

Hiks ramadhan kali ini suamiku sendirian di sapporo, Hokkaido Japan
Subuh jam 01.43 dini hari sementara maghrib 19.18 malam.. Jd jam tidurnya dirubah.. Tidur habis subuh bangun sebelum ngampus, habis ikut kelas nihonggo pulang unt tidur. Habis dhuhur balik lagi ke kampus. Pulang tarwih jam 23 malam. Untung apato (rumah)nya deket,, buka jendela uda keliatan kampusnya.. Ohh janji Allah selalu benar,, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan,, alhamdulillah

Nyiapin sahur sendiri buka sendiri.. Aku lega suamiku nyiapin ransum banyak hehe.. pesen sama temennya ayam pedas 2000 yen, soto, dll banyak jajanan yah gak papalah ngiritnya ntar aja daripada aku kepikiran terus..

Suamiku ganbatte ne semoga Allah memudahkan ibadah kita

Yogya, 4 Juli 2014

Lonene 300 mg obat nyeri

Ada pasien minta dicarikan Lonene, dari pagi ngubeg-ngubeg dari mana ya pabriknya, eh agak siangan baru ketemu dicarikan mahasiswa PKPA. Lonene dari pabrik PT Sunthi Sepuri, aslinya sih dari Wyeth. terus cari distributornya, dibawa sama Penta Valen atau Mensa Bina Sukses.

Lonene adalah brand name untuk obat Etodolac. Bentuk sediaannya kapsul 200 mg atau 300 mg

Etodolac adalah obat anti inflamasi non steroid untuk mild-moderate pain, demam, dan radang

bekerja dengan menghambat enzim cyclooxygenase sehingga level prostaglandin menurun. Prostaglandin bertanggung jawab terhadap terjadinya inflamasi (peradangan)

banyak digunakan untuk penyakit osteoarthritis,  rheumatoid arthritis, luka pada tendon, dan nyeri lainnya

Dosis : 200-400 mg 3 x sehari (dosis maksimal 1000 mg/hari)

diminum setelah makan dan diminum dengan air, untuk mengurangi efek samping pada lambung.

Satu hal yang perlu diperhatikan, etodolac juga memiliki efek pengencer darah sehingga hati-hati penggunaannya pada pasien yang menggunakan warfarin/coumarin

Obat disimpan pada suhu ruang (15-30 derajad Celcius)

Barusan pasienku yang minum lonene mengeluhkan sakit lambung.. Ternyata efek gastritisnya cukup besar.. Jadi dia hentikan obatnya dan sekarang sedang konsumsi obat untuk sakit lambungnya..

 

source :

http://www.medicinenet.com/etodolac/article.htm

Perpanjangan Paspor

Pagi-pagi berangkat jam 8 menuju kantor imigrasi yogyakarta di jalan solo km 10 dekat bandara Adisucipto..

Semua berkas sudah siap. Ambil formulir dulu lalu ambil nomer antrian.

Syarat perpanjangan paspor seperti bikin paspor baru (asli dan fotokopi)

1. Ktp

2. Kartu keluarga

3. Akte kelahiran

4. Akte perkawinan

5. Rekomendasi bagi pemohon yg berstatus karyawan/PNS/TNI/POLRI

6. Buku pelaut, PKL, crew list bagi ABK

7. Melampirkan paspor/SPLP lama (penggantian)

 

Untuk anak dibawah 17 th :

Ktp kedua orang tua, kartu keluarga, akte kelahiran anak, surat nikah orang tua, surat pernyataan orang tua, fotokopi paspor orang tua (jika ada), saat wawancara harus didampingi orang tua.

Jangan lupa bawa bolpoint ..

Eh udah dipanggil nomer antrian ternyata aku gak bisa perpanjang paspor karena masa berlakunya masih sampai oktober 2015,, kata petugasnya, kalau masih setahun lebih tidak bisa, kalau tinggal 6 bulan bisa,,

Yah sudah deh nggak jadi perpanjang paspor sekarang..

 

Cerita PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) Februari 2014

Setiap bulan mahasiswa praktek di Apotek UGM berganti.. menurut kami periode inilah yang paling berkesan… Februari 2014.

Awal bulan Februari seperti biasanya, ada pretest, pembekalan, simulasi dan orientasi sebelum praktek kerja. Mahasiswanya ada 17 orang (hadeh banyak banget! Mana bakal ketambahan mahasiswa D3 Farmasi dari Universitas Muhammadiyah Magelang). Ya sudahlah..udah ku plot begitu.. 14 orang dari Farmasi UGM, 3 orang dari Farmasi Universitas Sanata Dharma.

Seperti biasa.. minggu pertama masih pada malu-malu , masih suka bikin kesel apoteker kalo pada gak tau nama obat plus tempatnya. Minggu kedua mulai rame dan lebih cerdas. Anak-anak periode ini menurut kami lebih cekatan dan pengertian (maksudnya langsung bantu kami para karyawan-inisiatif gitu lah..)

Tanggal 14 Februari pagi-pagi terjadi tragedi gunung Kelud. Yogya diguyur hujan abu dari subuh. Beredarlah sms dari bu bos kalo apotek bukanya jam 9 nunggu kalo dah nggak hujan abu. Oke, aku sms ke Karnia salah satu mahasiswa yang aku simpen nomernya. Aku sms bu bos lagi. “bu, kalo belum reda buka jam berapa?” “ya buka jam 10, kita harus tetap buka melayani” karena masih hujan abu terus, beredarlah sms jam 9 kurang 10 menit kalo apotek buka jam 10. Yahh telat.. anak-anak sama beberapa karyawan udah dateng. Aku jam setengah 10 berangkat, mampir indogrosir dulu mau kulakan masker, tapi ternyata nihil,, pun aku musti balik lagi karena malah gak berani nyetir sementara hujan abu plus gerimis plus gak boleh pasang wiper.. pulang dulu, ganti motor. Sampe apotek udah rame. Si Rikat dengan sigap pinjem mobil kantor untuk nemani mbak Nani kulakan masker. Syukurlah ada Rikat. Apotek waktu itu rame banget masker dan tetes mata jadi  very fast moving product. Anak-anak yang lain nge-repact masker jadi 10 pcs dan 5 pcs.

Beberapa hari kami kulakan masker. Kali ini si Agustinus Tety yang nemeni Pak Yono buat gotong-gotong kartonan masker dan juga nganter pesenan obat sampe daerah Gabusan jalan Parangtritis. Ada juga si Noni yang punya mobil Jazz, mengikhlaskannya untuk jadi angkutan kartonan obat tetes mata, 2 kali ke pusat Vulkanologi di deket Gor Amongrogo…dia gak mau diganti bensinnya

Hari seninnya, Rektor UGM menghimbau pada masyarakat UGM untuk kerja bakti bersih-bersih debu vulkanik. Hari itu langsung ku sebar berita, ada kerja bakti di apotek, bagi yang bisa harap ikut kerja bakti , yang udah ikut kerja bakti, bebas jaga apotek. Aku kabur gak ikut kerja bakti, berdalih udah ada anak buahku haha. Alhamdulillah semua semangat..

Jam 8 mulai kerja bakti, jam 9 apotek buka. Tapi kenyataannya jam setengah 2 siang baru kelar kerja bakti,, hasilnya para karyawan males ganti baju, jadi kerja di apotek masih berkotor-kotor,, ahh gak keliatan orang masih ada debu vulkanik di mana-mana..hehe…

kerja bakti

di depan apotek

IMG-20140217-WA0002

IMG-20140219-WA0004

apoteker susan

Dan, mbak Nani yang baek hati dan inisiatif, nyiapin 2 karton Indomie selama masa bencana dan beberapak kali nasi dus juga nyiapin snack untuk kerja bakti. Hidup mbak Nani!!

Saat periode ini terjadi beberapa pengalaman berharga (berharga malahl juga)..

  1. MST digerus. Tau MST? Morphine Sustained Release… mohon maaf pada para apoteker di industri,,MST nya digerus karena menyesuaikan dosis di resep. Dosis yang kami punya pas kadaluwarsa bulan itu.. Apoteker, calon Apoteker, semua bersalah..kok bisa MST digerus..hiks.. aturan gak boleh digerus. Buat apa diformulasikan mahal-mahal sebagai obat yang dilepaskan secara terkontrol kalo akhirnya digerus? Dan.. ternyata si pasien mau dengan obat MST yang sesuai dosis tapi sudah kadaluwarsa bulan itu.. (kenapa nggak dikomunikasikan daritadi…)
  2. obat Amitriptilin yang seharusnya nggak ikut dikapsul ternyata ikut dikapsul,,jadi harus ngulang pembuatan kapsul tanpa obat amitriptilin. Yah, ini salah kami juga nggak ada yang ngawasi meskipun sudah dibuat instruksi peracikan obat…

Dan.. akhirnya akhir februari, saatnya anak-anak selesai praktek. Saking akrabnya mereka, gak terlihat mana yang UGM mana yang Sanata Dharma, semuanya lebur dan bisa kerja sama dengan siapa pun termasuk karyawan. Kadang aku nyeletuk, huh coba kalian boleh entry resep boleh entry duit,,tinggallah aku berleha-leha hehe…. Terima kasih teman-teman semua (aku lebih senang menempatkan kalian sebagai partner daripada sebagai junior dan seniornya).. semoga pengalaman sebulan ini bisa jadi pengalaman yang baik dan semoga kalian nggak merasa dimanfaatkan, hihihiii… peace

Oya aku dikasih tau Erlina katanya apoteker di apotek UGM ada yang galak, namanya mbak Nisa ..hahaha masak iya ssiiihh,,,,,

PKPA feb 14

Ayo selesaikan laporannya dan sampe ketemu di ujian kompre

Beda Imunos dan Imunos Plus

Salah satu obat yang dapat meningkatkan sistem imun kita adalah Imunos.

IMG_2285[1]

Sekarang ada lagi varian yang baru namanya Imunos Plus. apa sih bedanya ? kalau dilihat komposisinya :

Imunos : tiap kaplet mengandung

echinacea 500 mg

Zn Picolinate 10 mg

Selenium 15 mcg

Vit C/ Asam askorbat 50 mg

Imunos Plus : tiap kaplet mengadung

echinacea 500 mg

Zn Picolinate 10 mg

Selenium 15 mcg

Vit C/ Asam askorbat 50 mg

β 1,3/1,6 glucan 175 mg

ternyata bedanya ada di  β 1,3/1,6 glucan. Apa sih itu?

β 1,3/1,6 glucan adalah polisakarida (gula) yang ditemukan pada dinding sel bakteri, jamur, tumbuhan, kapang, yang dapat digunakan salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun).

Sehingga pada imunos plus ada penambah sistem imun ganda (selain dari Echinacea-tumbuhan yang berfungsi sebagai imunostimulator juga)

Kapan minum Imunos plus?

Sebenernya sih kalau sakit karena virus bisa sembuh sendiri (self limiting disease) cuma memang dengan pemberian zat penambah daya tahan tubuh , bisa lebih cepat sembuh dan membantu dalam proses penyembuhan. Jika memang sakitnya dirasa berat, bisa pake yang imunos plus, kalau biasa aja mending yang imunos biasa.

Aturan Minum

Baik imunos biasa maupun imunos plus diminum 1 x sehari 1 kaplet.

Tidak boleh lebih dari 8 minggu pemakaiannya. Jika 1 hari saja sudah membaik, bisa langsung dihentikan pemakaiannya karena nanti membuat tubuh kita jadi manja.

Jika terjadi reaksi alergi, harus dihentikan. Obat ini termasuk obat yang dijual bebas tanpa resep dokter.

source: dari berbagai sumber

posted by apoteker rumah sehat dan apotek ugm

Obat Untuk Kram Perut

Pernah merasakan sakit perut yang melilit? Bukan maag penyebabnya? Tiba-tiba terjadi? Mungkin ada masalah tu sama otot perutnya. Mungkin terjadi spasme atau keram. Atau pernah mengalami dismenorrhea (buat wanita) pada saat menstruasi?

Untuk pertolongan pertama pada rasa sakit yang seperti itu, bisa minum obat-obat /obat yang mengandung bahan obat berikut ini :

  1. Papaverin HCL
  2. Extract belladonna
  3. Hyoscine-N-buthylbromide
  4. Kombinasi analgetika (pengurang nyeri) dengan obat-obat tersebut di atas

contohnya obat merek dagang yang mengandung paracetamol dan hyoscine adalah Feminax, Gitas Plus, Buscopan Plus.

Obat yang mengandung hyoscine saja contohnya Buscopan dan Gitas

Obat yang mengandung antalgin, papaverin, dan extract belladone contohnya Spasmal, Spasminal

Obat tersebut tidak untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Maksimal penggunaan obat ini adalah 3 hari, selanjutnya segera ke dokter untuk tahu penyebab spasmenya.

Obat yang mengandung Hyoscine dapat menyebabkan kantuk pada beberapa orang, jadi harap hati-hati jika sedang mengendarai kendaraan atau menjalankan mesin berat.

Penggunaan :

Buscopan plus, gitas plus, feminax : 1 -2 tablet 3 kali sehari

Spasmal, Spasminal : 1 tablet 3-4 kali sehari (dosis maksimal sehari 4 tablet)

Beberapa efek sampingnya

Antalgin : kemerahan pada kulit

Papaverin : mual, anoreksia (gak nafsu makan), sembelit atau diare

Hyoscine : reaksi hipersensitif, mulut kering, gangguan pernapasan (terutama pada penderita asma bronkhial, jantung berdebar,

Obat-obat tersebut tidak boleh digunakan pada ibu hamil dan ibu menyusui

source: product info

Pengalaman di Parsley Bakery and Cake Yogyakarta

Kali ini aku pengen cerita pengalaman beli cake di Parsley. Kemaren tanggal 15 November suamiku ultah. Kalo tahun sebelumnya pas di lapangan, jadi gak ada moment bareng di hari ultahnya. Dua tahun yang lalu aku buatkan cake special habis belajar bareng chef Sari.. sekarang,, haddehh ribet mau bikin-bikin.. tar deehhh kalo uda punya rumah sendiri… (cita-citaaa melulu…) alhasil, paling gampang ya beli jadi (gaya kaan..belinya di Parsley pula).

Nah waktu itu keburu-buru habis nemeni ibu lihat mesin jahit, mampir parsley Jalan Magelang paling deket rumah. Yang tersisa tinggal black forrest 20 cm x 20 cm sama black forrest-tiramisu 20 cmx20 cm. Langsung aku beli yang black forrest-tiramisu biar bisa icip-icip.

cake 15 Nov

Sampe rumah, suamiku datang..seneng dapet cake. Terus bagi-bagi. Paginya ibu bilang kalo terasa pake rhum. Di black forrest memang terasa sih cuma masih ragu. Akhirnya yang dibawa buat dibagi yang tiramisu aja. Siangnya seperti biasa, keluarga suamiku rajin beli roti di Parsley jalan Kaliurang, sambil mau tanya soal cake. Aku tanya pelayannya, mau konfirmasi soal bahan yang dipake untuk buat cake. Sampe akhirnya pelayan ketiga menemuiku. Aku bersikap seramah mungkin, tanya apakah cake yang tersedia itu pake rhum. Dan,, jawabannya iya pake, yang gak pake adalah yang diorder dengan request tanpa rhum terlebih dahulu. Wadduh ternyata iya, dan sedihnya cake udah dibagi-bagi meski masih tersisa dan gak bisa di makan.

Suamiku yang komplain sekaligus kasih masukan. Istrinya, berjilbab, datang beli cake kenapa nggak dikasih tau kalo itu ada rhumnya? In case pelayan lupa ngasih tau, apa susahnya dikasih stiker di kemasannya? Bahwa mengandung ingredient ini itu. Seperti di Jepang, bisa diperhatikan bahwa setiap makanan yang dikemas ada keterangan ingredientnya (emang pake tulisan Jepang, tapi kan bisa dipelajari, misal kanjinya babi tuh yang begitu) alasan mereka adalah untuk alasan kesehatan, yaitu alergi terhadap suatu bahan makanan tertentu. Simple kan?

Ehhh lha kok..malah mau diganti cake-nya, mau dianter pula.. mau dibikinkan member pula padahal syaratnya ngumpulin struk sampai Rp 300.000,00. Aku gak nyangka, hehehe,, aku nggak minta, nggak pake marah-marah dan malah jadi heran,, tapi ya mau-mau aja,, kalo perlu, struk belanja adekku yang rajin beli parsley dikumpulin untuk bikin member card, kata pelayan yang baik hati nggak perlu, pokoknya nanti kalo member card uda jadi, dihubungi. Aku beli cake di Parsley Jalan Magelang, dapet ganti cake di Parsley Jalan Kaliurang. Cool! Cukup nunjukin struk aja.

Minggu malam,, mas-mas dari Parsley datang ke rumah, nganter cake. Alhamdulillah Parsley memenuhi janjinya. Terima kasih Parsley,.. mohon saran kami dipertimbangkan yaa,, atau yang di-display yang gak pake rhum aja, jadi yang diorder yang bisa request pake rhum.. dan, tanpa rhum, cake Parsley malah lebih enak..bener

Wisata Kereta JR SHINKANSEN NORTH KYUSHU 2011

Sekedar berbagi pengalaman waktu itu… trayek shinkanshen yang baru sudah dibuka, dan sedang dilakukan promosi. Waktu itu bulan April 2011. Sasaran tiket shinkansen murah adalah para turis yang memiliki visa turis dan  para pelajar yang memiliki visa pelajar. Harganya jadi 7000 yen untuk 3 hari, dan gratis selama yang dinaiki adalah kereta JR (Japan Railways) Kyushu. Waduh lha aku gimana visaku dependent.. trus temanku yang berbaik hati-mbak Sahara menanyakannya di Stasiun Besar (Kumamoto Eki). Alhamdulillah boleh.. Dapet by pass satu-satu.

Kami rame-rame dengan tour leadernya bernama Kung Cho – pelajar S3 dari Universitas Brawijaya. Dia sesepuh kami, dan orang yang bisa memimpin dengan baik. Waktu itu istrinya pas maen ke Kumamoto. Kita berbanyak orang (yang single, jomblo lokal, satu bayi)

First Day

sepeda bersama

Mulai pagi-pagi buta masih dingin (waktu itu musim semi) kami berangkat menuju pusat kota naek sepeda. Sepeda ditinggal di parkiran sepeda, dan kita melaju dengan tramp menuju Stasiun Besar.

Shinkansen datang selalu tepat waktu, ketinggalan sedikit dah ditinggal deh. Maklum orang Indonesia yang sedang belajar disiplin ya,, tetep aja butuh lari-lari dan Alhamdulillah masuk deh ke shinkansen. Ada banyak nama : Tsubame, Sakura, dll. Kita menuju kota Nagasaki. Shinkansen berhenti sampe ..(lupa namanya) trus ganti kereta biasa (tetep aja kereta bagus) menuju Nagasaki.

di dalam shinkansen

Sampai Nagasaki… jalan kaki ke Museum Bom Atom Nagasaki, dan ke Ground Zero-nya. Nagasaki kotanya asik, kota tua..

di depan musium bom atom nagasaki

ground zero

at nagasaki museum

salah satu bekas bangunan yang di bom.. asli lhoo

Habis itu makan siang. Kita ngejar harus sampai Kumamoto lagi karena malamnya ada festival di Kumamoto Castle. Setelah itu pulang, istirahat.

Second Day

Pagi-pagi berangkat lagi.. klo punya duit buanyak banget ya bisa gak pake pulang, cukup cari penginapan,, tapi kami ambil paket jalan-jalan hemat bareng Kung Cho, hehe..

Kali ini tujuannya adalah Huis Ten Bosch di Nagasaki (lagi) tapi kereta lanjutannya cari yang khusus ke Huis Ten Bosch. Huis Ten Bosch adalah miniatur negara Eropa di kota kecil Nagasaki. Cool…

kereta huis ten bosch

at huis ten bosch

at netherland

Ada kapal One Piece berlayar di perairannya. FYI aja, penulis komik One Piece kan orang Kumamoto.. sayangnya untuk naek itu antrinya panjang..plus mahal (catet,,) masuk Huis Ten Bosch aja udah cukup bikin meringis…

kapalnya One Piece

Keren deh, bunga tulip bisa tumbuh, sepertinya gak cuma waktu musim semi aja..

Di Huis Ten Bosch seharian sampai hampir tutup, hehe..alhamdulillah puasss,,, sampe rumah malam..

Third Day

Pagi-pagi berangkat lagi.. dan tau gak aku masih sempat-sempatnya nyiapin bekal.. selama 3 hari, hehehe..

Kami sengaja pisah dari rombongan Kung Cho. Kami berempat : aku, suamiku, Faizal, mas Idham bener-bener gak mau rugi memanfaatkan tiket murah ini. Kami berencana mentok sampe ujung pulau Kyushu. Naek Shinkansen dilanjut kereta biasa sampe ujung pulau. Sebelumnya mampir ke kota Kokura. Disana juga terkenal dengan Castle-nya sama seperti Kumamoto tapi lebih kecil. Di Kokura pas banyak sakura, dan ada lomba foto, ada foto modelnya cantik-cantik. Berhubung aku berdandan aneh menurut mereka, ada yang mengambil fotoku,,hiihiiii..bandingkan!


si Bule

model-modelan

Kokura Castle

Kokura dekat dengan laut Jepang dan disana ada kapal yang bisa disewa 500 yen per kapal pakai dayung. Huwaa takut.. klo kejauhan bisa sampai laut Jepang…

dayung sampan

Lanjut perjalanan ke kota paling ujung di pulau Kyushu : Mojiko. Kota tua macam kota tua Jakarta. Keren, disana masih ada becak tradisional Jepang. Bangunannya gak tau gaya apa ya itu, ada modern ada klasik. Ada museumnya juga.

at Mojiko

becak tradisional Jepang

kota Mojiko

Lanjut lagi naek kereta mini menuju Kanmon Tunnel… inilah jalan penyeberangan untuk pejalan kaki atau penyepeda dari titik terluar pulau Kyushu menuju titik terluar pulau Honshu di kota Shimonoseki.. cool…kita sampe juga.. melelahkan. Jalan kaki bolak balik sepanjang 1,5 km ke Honshu-Kyushu. Turun ke terowongannya naek lift. Kereen,, aku pikir bisa sambil lihat isi lautan.. ternyata tertutup

Menuju Kanmon Tunnel

Kanmon tunnel

di dalam kanmon tunnel

sampe di Honshu

Balik lagi ke Mojiko..lelaaahh.. kita ke observatory di lantai 15 kalo gak salah. Menikmati Mojiko retro dimalam hari. Subhanallah…Maha Suci Allah Kerennn..

mojiko retro

suasana malam

Stasiun di Mojiku vintage deh…

Mojiko station

Pulang kembali ke Komamoto sambil lari-lari keburu kereta terakhir habis..

Lelah selelah-lelahnya (lebay) benar-benar pengalaman luar biasa buatku.. terima kasih ya Allah

 

shinkansen

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.