Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Kursus Masak di ABC Cooking Studio Kumamoto

Bagi para ibu-ibu atau siapa aja yang lagi stay di Jepang dan pengen nyoba belajar masak di Jepang, bisa ikut di ABC Cooking Studio. Studio ini ada 124 studio tersebar di seluruh Jepang, nah karena waktu itu aku tinggal di Kumamoto, aku cari ABC Cooking Studio di Kumamoto.

Tempatnya di downtown, di Kamitori Shimotori, tepatnya di Wing Tsuruya. Habis selesai nihonggo, waktu itu aku iseng datang ke sana maksudnya sih tanya-tanya sekalian daftar kalau bisa..

Dengan bahasa Jepang yang alakadarnya, akhirnya aku bisa daftar, ikut yang paling murah hahaha.. 500 yen belajar sehari (2 jam) program one day lesson. waktu itu menunya Rollcake.

Hari yang dijadwalkan tiba.. aku ngajak mbak Ika yang waktu itu baru sembuh dari sakit, bela-belain ikut.. Kami diharuskan membawa apron (celemek), hand towel, sama sandal ruangan (slipper). Disana ruangannya bagus, bersih, cukup luas, orangnya ramah-ramah dan sabar banget menerangkan sampe kami kira-kira ngerti maksudnya. Waktu itu apronku dipuji kawaii.. yaahh gak tau dia apronku beli di 100 yen shop hahaha..masak bagus sih..ini aja bahannya gak nyerap apapun,, arigatou :)

Bahasa pengantarnya campur-campur untungnya ada yang bisa bahasa Inggris meskipun sedikit-sedikit. Banyak program masak di ABC cooking studio, ada bikin bento, masak masakan Jepang, Italia, aneka cake, roti, puding, dan lain-lain. harganya ada yang 2000 yen, 4000 yen, tergantung tingkat kesulitannya.

Akhirnya strawberry rollcake kami sudah jadi.. dan masing-masing kami dapat 3 pcs dari apa yang kami buat. seneng deh 500 yen dapet cake cantik, pengalaman seru rasanya eman mau dimakan haha… Ini nih hasil karyaku.. arigatou sensei

Tiap bulan menunya ganti, cuma sepertinya kalo sudah ikut yang 500 yen gak boleh ikut yang 500 yen lagi,,itu hanya untuk perkenalan.. alhamdulillah bisa ikut sekali dah seneng banget.. Ada course yang bisa dapat sertifikatnya juga, jadi bisa buka toko roti di Indonesia dan bakal dikasih resep-resep oke dari ABC cooking Studio,..harganya lumayan..

rollcake buatanku

oishii ke-ki

bersama sensei

Apa sih yang dilakukan seorang Apoteker di Apotek?

Aku tulis tentang ini untuk memberi gambaran kepada siapa saja yang awam tentang apoteker tentang pekerjaannya dan untuk adek-adek yang lagi bingung milih jurusan. Pertama, apa sih apoteker itu? Siapa sih dia?

Apa yang ada di pikiran teman-teman saat denger kata ‘apoteker’? Apoteker itu tukang jual obat. Apoteker yang bikin obat-obat. Apoteker yang di pengadaan obat suatu instansi (RS). Apoteker itu pasti tau tentang obat. Apoteker ya orang yang sudah disumpah menjadi seorang apoteker dalam menjalankan tugas kefarmasian.

 

Trus pas kuliah belajarnya apa aja? Kimia? Biologi?

Yup, campur campur dah.. kalo sekarang udah banyak jurusannya ada farmasi bahan alam, farmasi industri yang bakalan kerja bikin obat di industri, dan farmasi klinik yang bisa di apotek maupun di rumah sakit.

 

Well, banyak temen temen yang sedang kuliah di farmasi merasa salah ambil jurusan , nanggung kenapa gak sekalian dokter (kayak aku awalnya, hehe).. dsb.. kebanyakan memang merasa seperti itu, tapi saat udah kerja dan menemukan dunianya, pasti banyak yang merasa bersyukur.. semua punya keahlian masing-masing,, tapi yaa sampe sekarang sih PR nya masih mengenalkan pada masyarakat, siapa sih apoteker itu…

 

apoteker menyerahkan obat

apoteker menyerahkan obat

Oke, aku akan cerita pekerjaan apoteker di apotek aja ya,, khususnya di Apotek UGM aja deh.

Disini tidak ada asisten apoteker..semua tenaga farmasinya ada 6 orang yaitu apoteker semua. Sisanya ya karyawan yang lain. Seorang apoteker sebagai apoteker pengelola apotek, yang 1 jadi apoteker penanggungjawab klinik (klinik sekarang harus ada apotekernya), dan 4 lainnya dibagi dalam beberapa divisi.

Kerjanya Pengelola apotek apa? Ya bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada di apotek, tanda tangan ini itu, dll. Kalau apoteker pendamping seperti kami harus berada di garda terdepan untuk langsung melayani pasien, baca resep, milihin obat, dan merangkap jadi CS juga di front line.. (harusnya kami dapat tunjangan kecantikan, hehe,,,sayangnya gak pernah di acc lha cuma di bibir saja)

Nggak ada lagi apoteker ‘tekab’ atau teken kabur.. sekarang harus ada apoteker pada jam buka apotek. jadi bagi yang sedang mencari obat di apotek, tanyailah apotekernya..

 

Terus apa lagi? Ya,, kerjanya mesen obat, nyediain obat, nyariin obat buat pasien, memenuhi permintaan suatu klinik, dokumentasi pelayanan, meracik obat, wah banyak pokoknya.. dari 7 jam kerja di apotek, nggak ada jadwal khusus buat ishoma,, semuanya gantian.

Kalau apotek pendidikan kayak gini ni, musti cermat juga ‘menata’ mahasiswa, ngasih pengarahan, tugas dan diskusi ini itu, memfasilitasi mereka untuk terjun langsung di Apotek, supervisi mereka kalo lagi nyerahin resep, dan banyak lagi.. belum lagi kalo ada program sunatan massal, pengobatan gratis,, wuih apotekernya kerja extra..

 

Memang gaji kami yang di apotek tidak sebesar teman teman yang di industri, marketing, dinas atau departemen maupun rumah sakit. Tapi banyak nilai plusnya dari kerja di apotek. banyak waktu luang, bisa atur jadwal jaga, bisa ketemu beragam orang dengan beragam karakter, banyak kenal mahasiswa yang muda-muda jadi ikutan awet muda (maunyaa…hehe..), bisa jadi dosen praktisi yang nguji mahasiswa, kenal sales obat, diskusi dengan dokter klinik ataupun dokter penulis resep dan banyak lagi…

Yah apapun itu, mencintai apa yang kita lakukan adalah yang terbaik. Menurutku, semua pekerjaan asal halal itu baik…

 

 

Jadi Wanita Mandiri Itu Sesuatu….

Saat ini, yang ada di otakku adalah bersyukur karena aku bisa jadi wanita yang mandiri..setidaknya itu menurutku… entahlah, sejak SMP mungkin ya, aku tidak banyak bergantung dengan orang lain. Kuliah, waktuku banyak kuhabiskan di kampus dan kerja jadi tentor, mobilitasku lumayan tinggi…

 

Dan, saat ini, aku yang telah menjadi istri geologist makin ditempa untuk jadi wanita mandiri. Setelah menikah 13 hari langsung pisah selama 3,5 bulan.. saat di Kumamoto, aku juga banyak kemana-mana sendirian, naik bus, sepeda, beberapa kali kereta kecuali pas ada temen. Untung daku lama-lama terbiasa. Pun saat pertama kali datang di Kumamoto harus mau ditinggal suami yang harus ke luar kota tanpa pulang ke rumah dulu, hiks, waktu itu ya nangis Bombay.. ditinggal ke Amrik ya makin nangis Bombay lha wong begitu suamiku dapet visa Amrik aja lho aku mewek hahahaha…. Tapi begitu dioleh olehi dompet mahal (bagiku sih mahal, hehe..) langsung mesem-senyum sendiri 9 hari kemudian.. padahal habis itu cuma transit semalam aja trus ditinggal lagi deh keluar kota…

 

Dari hampir 2 tahun di Kumamoto Alhamdulillah banyak bersamanya. Begitu sampe Jogja, suami harus ke Lampung karena diajak ngerjain proyek selama sebulan.. yah demi segenggam berlian yah toh…

Akhirnya aku pun mandiri lagi… sampe akhirnya suamiku pulang dari Lampung, istrinya yang tadinya luntang luntung uda dapet gawe di apotek yang dulu, hihiii…

Saking seringnya sendiri, suamiku mau ngantar atau nemeni malah akunya yang ngerasa ngga perlu, hihii… sampe dia memohon ayolah sayang kalo aku nggak ada kan kamu selalu sendiri kalo aku pas ada ijinkan aku sayang,, ihiiiyy okeeyy… Cuma kasiannya kalo aku mau beli ini itu , aku kan kebanyakan mikir jadi suka lamaaaa,,kasian suamiku meskipun sepertinya sabar dan senang menemaniku.. tapi aku tau laki-laki tu males klo belanja lama-lama..

 

Alhamdulillah juga aku diberi kemampuan oleh Allah untuk bisa naik kendaraan,, itu juga yang sangat kusyukuri,, dulu, jaman 2004 disuruh bapakku les mobil akunya yang ogah-ogahan,, sekarang aku tau manfaatnya.. meskipun aku belum punya kendaraan sendiri, tapi bisa make aja udah rezeki, sampe-sampe pas Mbak Wiwit Mas Ramli, tetangga kami yang seperti kakak kami pergi haji, si ganteng yang berupa vios pun dititipkan ke kami.. komentar si ayah,, “ngene ki jengenge rezeki, ora nduwe neng iso nganggo” (gini ini yang namanya rezeki, meskipun nggak punya tapi bisa menggunakannya). Allah yang Maha Memampukan ya, dan ternyata banyak manfaatnya.

Aku tak tahu lagi jika dihadapkan dengan fiqih bahwa wanita dilarang pergi sendirian tanpa mahram…Semoga Allah mengampuni kami…

 

Menjadi wanita mandiri bukan berarti kemana mana sendiri lho ya… Ibu rumah tangga yang mandiri juga banyak, yang bisa mengurus keluarganya, yang selalu kreatif mendidik anak-anaknya, yang selalu mendukung suami dan keluarganya..itu juga wanita mandiri..

 

Alhamdulillah terima kasih ya Allah, kau berikan aku kesempatan menjadi wanita mandiri, semoga Engkau selalu meridhoi kehidupan kami, memampukan kami dan memberi jalan yang terbaik. Kau berikan aku suami geologist sayang keluarga, semoga kami bisa saling mendukung dalam kebaikan. Aaamin

Ramadhan 1435 H at Sapporo

Hiks ramadhan kali ini suamiku sendirian di sapporo, Hokkaido Japan
Subuh jam 01.43 dini hari sementara maghrib 19.18 malam.. Jd jam tidurnya dirubah.. Tidur habis subuh bangun sebelum ngampus, habis ikut kelas nihonggo pulang unt tidur. Habis dhuhur balik lagi ke kampus. Pulang tarwih jam 23 malam. Untung apato (rumah)nya deket,, buka jendela uda keliatan kampusnya.. Ohh janji Allah selalu benar,, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan,, alhamdulillah

Nyiapin sahur sendiri buka sendiri.. Aku lega suamiku nyiapin ransum banyak hehe.. pesen sama temennya ayam pedas 2000 yen, soto, dll banyak jajanan yah gak papalah ngiritnya ntar aja daripada aku kepikiran terus..

Suamiku ganbatte ne semoga Allah memudahkan ibadah kita

Yogya, 4 Juli 2014

Lonene 300 mg obat nyeri

Ada pasien minta dicarikan Lonene, dari pagi ngubeg-ngubeg dari mana ya pabriknya, eh agak siangan baru ketemu dicarikan mahasiswa PKPA. Lonene dari pabrik PT Sunthi Sepuri, aslinya sih dari Wyeth. terus cari distributornya, dibawa sama Penta Valen atau Mensa Bina Sukses.

Lonene adalah brand name untuk obat Etodolac. Bentuk sediaannya kapsul 200 mg atau 300 mg

Etodolac adalah obat anti inflamasi non steroid untuk mild-moderate pain, demam, dan radang

bekerja dengan menghambat enzim cyclooxygenase sehingga level prostaglandin menurun. Prostaglandin bertanggung jawab terhadap terjadinya inflamasi (peradangan)

banyak digunakan untuk penyakit osteoarthritis,  rheumatoid arthritis, luka pada tendon, dan nyeri lainnya

Dosis : 200-400 mg 3 x sehari (dosis maksimal 1000 mg/hari)

diminum setelah makan dan diminum dengan air, untuk mengurangi efek samping pada lambung.

Satu hal yang perlu diperhatikan, etodolac juga memiliki efek pengencer darah sehingga hati-hati penggunaannya pada pasien yang menggunakan warfarin/coumarin

Obat disimpan pada suhu ruang (15-30 derajad Celcius)

Barusan pasienku yang minum lonene mengeluhkan sakit lambung.. Ternyata efek gastritisnya cukup besar.. Jadi dia hentikan obatnya dan sekarang sedang konsumsi obat untuk sakit lambungnya..

 

source :

http://www.medicinenet.com/etodolac/article.htm

Perpanjangan Paspor

Pagi-pagi berangkat jam 8 menuju kantor imigrasi yogyakarta di jalan solo km 10 dekat bandara Adisucipto..

Semua berkas sudah siap. Ambil formulir dulu lalu ambil nomer antrian.

Syarat perpanjangan paspor seperti bikin paspor baru (asli dan fotokopi)

1. Ktp

2. Kartu keluarga

3. Akte kelahiran

4. Akte perkawinan

5. Rekomendasi bagi pemohon yg berstatus karyawan/PNS/TNI/POLRI

6. Buku pelaut, PKL, crew list bagi ABK

7. Melampirkan paspor/SPLP lama (penggantian)

 

Untuk anak dibawah 17 th :

Ktp kedua orang tua, kartu keluarga, akte kelahiran anak, surat nikah orang tua, surat pernyataan orang tua, fotokopi paspor orang tua (jika ada), saat wawancara harus didampingi orang tua.

Jangan lupa bawa bolpoint ..

Eh udah dipanggil nomer antrian ternyata aku gak bisa perpanjang paspor karena masa berlakunya masih sampai oktober 2015,, kata petugasnya, kalau masih setahun lebih tidak bisa, kalau tinggal 6 bulan bisa,,

Yah sudah deh nggak jadi perpanjang paspor sekarang..

 

Cerita PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) Februari 2014

Setiap bulan mahasiswa praktek di Apotek UGM berganti.. menurut kami periode inilah yang paling berkesan… Februari 2014.

Awal bulan Februari seperti biasanya, ada pretest, pembekalan, simulasi dan orientasi sebelum praktek kerja. Mahasiswanya ada 17 orang (hadeh banyak banget! Mana bakal ketambahan mahasiswa D3 Farmasi dari Universitas Muhammadiyah Magelang). Ya sudahlah..udah ku plot begitu.. 14 orang dari Farmasi UGM, 3 orang dari Farmasi Universitas Sanata Dharma.

Seperti biasa.. minggu pertama masih pada malu-malu , masih suka bikin kesel apoteker kalo pada gak tau nama obat plus tempatnya. Minggu kedua mulai rame dan lebih cerdas. Anak-anak periode ini menurut kami lebih cekatan dan pengertian (maksudnya langsung bantu kami para karyawan-inisiatif gitu lah..)

Tanggal 14 Februari pagi-pagi terjadi tragedi gunung Kelud. Yogya diguyur hujan abu dari subuh. Beredarlah sms dari bu bos kalo apotek bukanya jam 9 nunggu kalo dah nggak hujan abu. Oke, aku sms ke Karnia salah satu mahasiswa yang aku simpen nomernya. Aku sms bu bos lagi. “bu, kalo belum reda buka jam berapa?” “ya buka jam 10, kita harus tetap buka melayani” karena masih hujan abu terus, beredarlah sms jam 9 kurang 10 menit kalo apotek buka jam 10. Yahh telat.. anak-anak sama beberapa karyawan udah dateng. Aku jam setengah 10 berangkat, mampir indogrosir dulu mau kulakan masker, tapi ternyata nihil,, pun aku musti balik lagi karena malah gak berani nyetir sementara hujan abu plus gerimis plus gak boleh pasang wiper.. pulang dulu, ganti motor. Sampe apotek udah rame. Si Rikat dengan sigap pinjem mobil kantor untuk nemani mbak Nani kulakan masker. Syukurlah ada Rikat. Apotek waktu itu rame banget masker dan tetes mata jadi  very fast moving product. Anak-anak yang lain nge-repact masker jadi 10 pcs dan 5 pcs.

Beberapa hari kami kulakan masker. Kali ini si Agustinus Tety yang nemeni Pak Yono buat gotong-gotong kartonan masker dan juga nganter pesenan obat sampe daerah Gabusan jalan Parangtritis. Ada juga si Noni yang punya mobil Jazz, mengikhlaskannya untuk jadi angkutan kartonan obat tetes mata, 2 kali ke pusat Vulkanologi di deket Gor Amongrogo…dia gak mau diganti bensinnya

Hari seninnya, Rektor UGM menghimbau pada masyarakat UGM untuk kerja bakti bersih-bersih debu vulkanik. Hari itu langsung ku sebar berita, ada kerja bakti di apotek, bagi yang bisa harap ikut kerja bakti , yang udah ikut kerja bakti, bebas jaga apotek. Aku kabur gak ikut kerja bakti, berdalih udah ada anak buahku haha. Alhamdulillah semua semangat..

Jam 8 mulai kerja bakti, jam 9 apotek buka. Tapi kenyataannya jam setengah 2 siang baru kelar kerja bakti,, hasilnya para karyawan males ganti baju, jadi kerja di apotek masih berkotor-kotor,, ahh gak keliatan orang masih ada debu vulkanik di mana-mana..hehe…

kerja bakti

di depan apotek

IMG-20140217-WA0002

IMG-20140219-WA0004

apoteker susan

Dan, mbak Nani yang baek hati dan inisiatif, nyiapin 2 karton Indomie selama masa bencana dan beberapak kali nasi dus juga nyiapin snack untuk kerja bakti. Hidup mbak Nani!!

Saat periode ini terjadi beberapa pengalaman berharga (berharga malahl juga)..

  1. MST digerus. Tau MST? Morphine Sustained Release… mohon maaf pada para apoteker di industri,,MST nya digerus karena menyesuaikan dosis di resep. Dosis yang kami punya pas kadaluwarsa bulan itu.. Apoteker, calon Apoteker, semua bersalah..kok bisa MST digerus..hiks.. aturan gak boleh digerus. Buat apa diformulasikan mahal-mahal sebagai obat yang dilepaskan secara terkontrol kalo akhirnya digerus? Dan.. ternyata si pasien mau dengan obat MST yang sesuai dosis tapi sudah kadaluwarsa bulan itu.. (kenapa nggak dikomunikasikan daritadi…)
  2. obat Amitriptilin yang seharusnya nggak ikut dikapsul ternyata ikut dikapsul,,jadi harus ngulang pembuatan kapsul tanpa obat amitriptilin. Yah, ini salah kami juga nggak ada yang ngawasi meskipun sudah dibuat instruksi peracikan obat…

Dan.. akhirnya akhir februari, saatnya anak-anak selesai praktek. Saking akrabnya mereka, gak terlihat mana yang UGM mana yang Sanata Dharma, semuanya lebur dan bisa kerja sama dengan siapa pun termasuk karyawan. Kadang aku nyeletuk, huh coba kalian boleh entry resep boleh entry duit,,tinggallah aku berleha-leha hehe…. Terima kasih teman-teman semua (aku lebih senang menempatkan kalian sebagai partner daripada sebagai junior dan seniornya).. semoga pengalaman sebulan ini bisa jadi pengalaman yang baik dan semoga kalian nggak merasa dimanfaatkan, hihihiii… peace

Oya aku dikasih tau Erlina katanya apoteker di apotek UGM ada yang galak, namanya mbak Nisa ..hahaha masak iya ssiiihh,,,,,

PKPA feb 14

Ayo selesaikan laporannya dan sampe ketemu di ujian kompre

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.